Video editing tentu tak bisa dilepaskan begitu saja dari tren vlogging atau video blogging yang tengah jadi tren masa kini. Pasalnya, sebuah video yang menarik, apapun jenis kontennya pasti membutuhkan teknik video editing yang mumpuni.

Trik membuat video editing yang menarik perhatian penonton

Sejak tahun 2013 lalu, YouTube menjadi semakin populer karena mampu memberikan tambahan penghasilan kepada para pengunggah video sesuai jumlah penonton melalui adsense. Sejak saat itu, muncul banyak orang yang mengunggah beragam jenis video yang berbeda melalui platform satu ini untuk sekadar menyalurkan hobi ataupun mencari pemasukan.

9+ Bagaimana Membuat Video Editing yang Menarik

Jadi jangan heran, jika ada beberapa vlogger yang mampu meraup penghasilan hingga miliaran rupiah meski hanya berbekal video melalui YouTube.

Lantas, bagaimana cara membuat video editing yang mampu menarik perhatian penonton? Berikut beberapa tips yang bisa Anda coba terapkan.

  1. Merencanakan ide awal konten

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah merencanakan ide awal konten tersebut. Sebaiknya, catat setiap konsep yang muncul dalam benak Anda. Kemudian, breakdown satu per satu ide yang paling menarik dan unik.

Anda juga bisa membuat daily vlog yang isinya hanya berupa kegiatan sehari-hari saja. Namun pastikan ide ini dengan matang. Sebab, setiap video yang berkualitas harus memiliki sesuatu yang menarik, baik dari alur maupun kreativitas ketika masuk dalam tahapan editing.

  1. Mempersiapkan peralatan pendukung

Setelah menentukan dan menuangkan ide sebagai acuan, maka selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah menyiapkan semua peralatan pendukung. Mungkin banyak orang yang berpikir, bahwa membuat video membutuhkan banyak sekali peralatan. Padahal, kenyataannya tidak seperti itu.

Di zaman serba canggih seperti saat ini, Anda sudah bisa membuat video hanya dengan bantuan smartphone. Namun yang perlu diingat, kamera pada smartphone tersebut harus memiliki kualitas mumpuni. Hal ini bertujuan agar kualitas di dalam video tersebut semakin bagus. Anda juga disarankan menambah beberapa alat lain, seperti stabilizer, mic, dan juga tripod.

  1. Menentukan tujuan membuat video

Tujuan adalah salah satu hal paling penting yang perlu Anda lakukan sedari awal ketika ingin membuat video. Sebab, tujuan pembuatan video ini juga akan memengaruhi kinerja Anda dalam mengambil gambar hingga melakukan proses penyuntingan.

Misalnya, video yang hanya dibuat karena iseng bisa diunggah kapan saja. Temanya pun pasti berubah-ubah sesuai keinginan. Namun berbeda halnya dengan video yang ditujukan untuk kepentingan bisnis. Anda harus membuatnya dengan konsep yang jelas. Mulai dari pemilihan konten, proses video editing hingga penjadwalan tayang video tersebut di beberapa kanal.

  1. Lakukan teknik pengambilan gambar dan editing dengan seksama

Anda wajib memperhatikan faktor pencahayaan ketika melakukan proses pengambilan gambar. Selain itu, Anda juga harus mempertimbangkan sudut pengambilan gambar dan dasar-dasar sinematografi lainnya supaya video bisa terlihat lebih menarik serta elegan.

Ketika melakukan video editing, Anda disarankan untuk menggunakan berbagai software yang mudah digunakan. Pastikan, software atau aplikasi tersebut benar-benar memiliki interface yang user friendly atau mudah digunakan.

Alangkah baiknya jika Anda melakukan pertimbangan komposisi antara isi konten dan kreativitas dalam menggunakan efek hingga durasi video saat melakukan editing. Setelah video benar-benar siap, lakukan preview beberapa kali sebelum mengunggahnya untuk menghindari adanya teknik yang mungkin saja kurang sempurna.

  1. Pastikan video yang dibuat mampu menyentuh emosi penonton

Video yang mampu menyentuh hati dan perasaan penonton pasti akan lebih berkesan. Bahkan, penonton pun tak akan ragu untuk membagikannya melalui media sosial sehingga video tersebut semakin dikenal oleh banyak kalangan.

Coba Anda ingat baik-baik, apapun jenis konten videonya, pasti ada satu ciri khas yang membuat konten tersebut dibagikan dan mendadak viral. Salah satunya adalah kesan mendalam hingga membangkitkan emosi penontonnya. Apalagi jika konten tersebut cenderung memiliki nilai positif dan optimistis.

Kesan yang menyentuh hati seperti ini juga bisa dihasilkan melalui proses editing yang mumpuni. Anda bisa memberikan sentuhan musik ataupun kata-kata yang berkesan sehingga menghasilkan video yang sulit dilupakan oleh audiens.

  1. Jangan ragu untuk mengikuti tren terkini

Trik berikutnya untuk membuat video editing yang menarik, kreatif, dan viral adalah selalu mengambil kesempatan terhadap sesuatu yang baru, baik event atau tren yang tengah digandrungi. Anda bisa mencoba membuat konten dengan topik populer karena besar kemungkinannya video tersebut ditonton dan dibagikan oleh banyak orang.

Hal ini bisa terjadi karena tak sedikit orang yang penasaran, lalu mencarinya melalui bantuan Google, YouTube, Instagram, dan lain sebagainya.

Contoh paling sederhana, ketika tantangan Kiki Challenge atau In My Feelings Challenge mendadak viral beberapa waktu lalu. Tantangan menari diiringi lagu dari Drake ini memang sempat booming dan banyak dilakukan oleh para pengguna media sosial.

Nah, semakin Anda mampu membuat video editing yang super kreatif, maka semakin banyak pula orang yang akan menyukainya.

  1. Ciptakan kesan pertama yang luar biasa

Pada dasarnya, tak ada aturan khusus dalam membuat suatu konten video yang menarik. Namun, sebagian besar orang yang menonton video hanya akan bertahan selama 5-10 detik saja. Oleh sebab itu, Anda patut memperhatikan 10 detik pertama ketika akan membuat sebuah video.

Agar penonton betah dan bertahan untuk menonton video yang Anda buat, letakkan informasi yang menarik, lucu, ataupun mengejutkan pada bagian awal video tersebut. Pastikan juga konten yang dibuat tidak terlalu bertele-tele. Selain itu, ketika Anda ingin membuat konten video viral, jangan menyimpan bagian terbaiknya pada akhir video.

  1. Meningkatkan viewers menggunakan pilihan keyword yang tepat

Poin paling penting yang bisa Anda terapkan untuk menghasilkan video yang menarik perhatian penonton adalah pemilihan keyword atau kata kunci video yang tepat. Hal ini penting untuk dilakukan karena bisa memberikan sejumlah keuntungan untuk Anda. Sayangnya, masih banyak video maker, YouTuber, ataupun vlogger yang mengabaikan poin ini.

Oleh sebab itu, pastikan Anda telah mengisi dan memilih keyword terbaik dan paling banyak dicari di kolom pencarian sehingga video Anda bisa terindeks dengan keyword tersebut.

  1. Lakukan segala yang terbaik demi menjadi yang terunik

Saking banyaknya konten-konten hebat yang tersedia di YouTube, tentu saja tidak akan cukup jika Anda hanya membuat video ala kadarnya. Untuk membuat video editing yang menarik secara visual, Anda harus melakukan sesuatu yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Mulai dari mengembangkan citra hingga menciptakan cerita yang unik.

  1. Mengutamakan kreativitas, ketekunan, dan kerja keras

Jika Anda ingin video yang Anda buat mampu menarik perhatian banyak orang, maka Anda membutuhkan usaha yang setimpal. Pahamilah, bahwa semua hal harus dirintis sedikit demi sedikit hingga akhirnya menjadi besar.

Selain itu, kreativitas juga sangat berperan penting terkait soal satu ini. Demi video editing yang menarik, Anda pun harus kreatif dalam menentukan persona, tema, dan jeli melihat selera pasar. Pastikan saja Anda melakukan segala upaya di dalamnya dengan sangat serius dan tekun demi kesuksesan video itu sendiri.

Cara paling ampuh mempromosikan video

Ada beberapa cara paling ampuh yang bisa Anda lakukan untuk mempromosikan suatu karya video. Berikut di antaranya.

  • Manfaatkan topik yang sedang hangat diperbincangkan

Apabila Anda cukup sering menghabiskan waktu untuk memproduksi video, maka Anda pasti tahu kalau ini adalah salah satu cara yang paling sering dimanfaatkan oleh para video maker. Baik itu pembuat video profesional maupun pemula.

Rumus yang Anda butuhkan sangat sederhana. Anda hanya perlu mencari topik yang sedang hangat diperbincangkan saat ini, kemudian buat video seputar topik tersebut. Tak bisa dipungkiri, konsep dasar ini memang sangat sederhana. Namun, proses pencarian idenya sebenarnya lebih kompleks dari perkiraan Anda.

Ada banyak sekali hal yang patut dipertimbangkan. Mulai dari apakah tema video cukup relevan hingga apakah topik yang diangkat cocok untuk target penonton Anda.

Lantas, bagaimana cara mencari topik terpopuler yang cocok dengan tema video Anda? Tentu saja, seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Anda bisa memanfaatkan keyword yang tengah merajai daftar teratas mesin pencarian.

Berdasarkan fungsinya, keyword memang mampu menunjukkan apa yang paling sering dicari oleh target penonton Anda. Misalnya, Anda membuat video tentang cara mendekorasi ulang rumah tipe sederhana. Maka, Anda hanya perlu mengetikkan beberapa kalimat di kotak pencarian, lalu Anda akan melihat berbagai keyword yang sering dicari oleh penonton.

Anda juga bisa mengambil beberapa keyword yang muncul sebagai ide untuk konten video Anda. Apabila video tersebut mampu menjawab apa yang dibutuhkan oleh penonton, kemungkinan besar video Anda muncul di hadapan target penonton pun jadi semakin besar.

  • Amati, Tiru, Modifikasi

Salah satu cara paling tepat dan mudah untuk belajar adalah belajar dari yang terbaik. Melalui cara ini, Anda akan menemukan banyak cara baru untuk sekadar mempromosikan video yang Anda buat.

Anda disarankan untuk mencari channel populer yang sesuai dengan niche Anda, lalu pelajari cara mereka dalam mempromosikan videonya. Anda bisa mulai dengan memperhatikan beberapa faktor, di antaranya cara menyampaikan konten, kualitas video dan audio, judul video, isi, konten, dan masih banyak faktor lain yang bisa diperhatikan.

Analisis satu per satu apa yang membuat video tersebut mampu menarik perhatian banyak orang. Anda harus ingat, semakin menarik sebuah video, maka semakin mudah pula untuk mempromosikannya.

Setelah Anda tahu apa yang membuat video tersebut populer, Anda bisa menerapkkannya pada video yang dibuat. Langkah awal yang bisa Anda coba adalah dengan mengamati video kompetitor secara seksama, meniru konsep yang mereka buat, dan memodifikasi video tersebut agar jadi lebih menarik.

  • Membuat intro dan outro video

Apabila Anda ingin membuat video yang tengah dibuat terlihat jadi lebih profesional, maka sebaiknya buatlah intro dan outro untuk video-video tersebut. Intro merupakan segmen pembuka di dalam suatu video. Sementara outro merupakan segmen penutup suatu video.

Kehadiran intro dan outro mampu memberi ciri khas di setiap video yang Anda buat. Jadi, penonton bisa lebih mudah mengetahui bahwa tayangan yang mereka saksikan berasal dari channel Anda.

Lantas, apa yang bisa dipasang sebagai intro dan outro? Banyak orang lebih memilih menggunakan gambar, klip ataupun audio. Apapun yang Anda gunakan, cukup pastikan intro dan outro-nya tidak membuat penonton merasa kesal ataupun bosan.

Perlu Anda ketahui, ada beberapa kesalahan yang dibuat saat seorang editor membuat intro dan outro video. Di antaranya adalah durasi yang terlalu lama, volume yang terlalu berisik, topik video tidak sesuai, dan kualitas gambar yang kurang sempurna.

Pastikan video yang Anda buat menampilkan intro dan outro yang singkat, unik, dan menarik. Sebaiknya, awali video dengan rangkuman singkat tentang tema video yang Anda pilih. Kemudian, lanjutkan dengan klip singkat berisi layar intro.

  • Memberikan deskripsi video yang menarik

Tahukah Anda, deskripsi video bisa dianggap layaknya caption di postingan media sosial. Keduanya sama-sama memberi penjelasan seputar konten yang diunggah. Sementara fungsi lain dari deskripsi video ini adalah untuk membuat video Anda tampak lebih relevan dengan topik yang diangkat.

Pada tips sebelumnya, kita membahas soal keyword. Nah, keyword juga bisa Anda gunakan pada bagian ini. Namun, Anda wajib memperhatikan konteks dan hindari penggunaan keyword yang berlebihan atau keyword stuffing.

Anda pun bisa mempromosikan link konten video tersebut di beberapa platform lain, seperti blog. Namun ingat, utamakan deskripsi video Anda lebih dulu, baru kemudian Anda bisa mengarahkan para penonton untuk mengunjungi link konten Anda yang lain.

Selain itu, Anda juga bisa memasukkan hashtag ke dalam kolom deskripsi guna meningkatkan relevansi video Anda tentang suatu topik.

  • Jadikan video yang Anda buat terlihat menarik di mata penonton

Sebelum memutar suatu video di dunia maya, ada dua hal yang kerap jadi bahan pertimbangan para calon penonton, yaitu judul dan juga thumbnail. Apalagi kedua unsur ini menarik, maka penonton tidak akan melewatkannya begitu saja.

Perlu diketahui, ada beberapa cara yang bisa membuat judul video Anda jadi lebih menarik. Di antaranya adalah menggunakan kalimat yang mampu membuat penonton penasaran, seperti manfaat konten, pertanyaan, dan lain sebagainya.

Sebaiknya, gunakan pemilihan kalimat yang tepat, singkat, dan mudah dimengerti. Jangan pernah menggunakan clickbait untuk mengecoh penonton. Simpan keyword topik Anda tepat di deretan judul. Namun tetap perhatikan konteksnya. Pastinya keyword yang dipilih memang benar-benar relevan dengan judulnya. Jangan lupa juga untuk menambahkan tahun pembuatan video agar terlihat lebih up-to-date.

Sebenarnya, masih ada banyak cara untuk membuat judul video yang lebih menarik. Salah satunya dengan memperhatikan judul video kompetitor yang mendapat banyak jumlah view atau engagement. Kemudian, ambil metode yang bisa diterapkan pada judul video Anda demi meraih kesuksesan yang sama.

  • Manfaatkan call-to-action

Saat menonton suatu video, Anda pasti sering mendengar kalimat, “Jangan lupa like, share, dan subscribe ya!”

Kalimat tersebut adalah salah satu ciri dari call-to-action atau CTA yang merupakan ajakan kepada penonton untuk melakukan suatu tindakan. Mengapa kita perlu mengajak penonton untuk melakukan like, share, dan subscribe?

Jawabannya cukup sederhana. CTA diketahui memiliki peran sebagai pengingat. Jadi, ketika penonton benar-benar merasa puas dengan video yang Anda buat, mereka tidak akan pernah ragu lagi untuk segera memberikan feedback berupa like, share, dan subscribe tersebut.

Lantas, di mana Anda bisa menyimpan CTA yang dimaksud?

Umumnya, CTA bisa diucapkan atau dicantumkan secara langsung dalam video, deskripsi, atau di dalam cards and end screens. Namun, Anda wajib mengutamakan kenyamanan penonton.

Anda juga disarankan untuk tidak terlalu sering mengucapkan CTA di dalam video. Sebab, hal seperti ini cukup mengganggu para penonton dan memilih teralihkan dari isi video.

Demikian beberapa cara membuat video editing yang menarik perhatian penonton. Dengan mengetahui cara ini, dipastikan perkembangan bisnis Anda yang dimulai dari video ini akan meningkat secara signifikan. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.