Setiap brand bisnis memerlukan adanya video marketing atau video ads sebagai salah satu strategi pemasaran yang paling efektif. Tentu saja, hal ini bukanlah ide yang baru. Menariknya, video marketing semacam ini telah jadi sorotan besar pada setiap platform dan saluran dalam beberapa tahun terakhir.

Pentingnya Video Ads atau Video Iklan untuk Media Promosi

Bisa dibilang, strategi pemasaran seperti ini bukan lagi sekadar bagian dari trik untuk meningkatkan penjualan saja. Video ads memiliki peranan sangat besar dalam upaya menjangkau pelanggan potensial dan brand campaign yang Anda miliki.

Jika Anda perhatikan lebih seksama, akhir-akhir ini banyak brand ternama yang lebih sering mengunggah konten video di berbagai akun media sosial mereka.

Bahkan, Google juga menyatakan bahwa menciptakan konten video jadi cara paling cerdas bagi setiap perusahaan yang ingin melakukan pemasaran di era digital seperti ini. Apalagi, pada mesin pencari semacam Google, konten video juga seringkali mendapat peringkat tinggi karena orang-orang cenderung tertarik dengan tampilannya.

Nah, setelah mengetahui betapa pentingnya sebuah video iklan, mari kenali apa saja langkah yang perlu Anda lakukan untuk membuatnya. Tapi sebelumnya, ketahui lebih dulu definisi yang tepat dari video ads atau video iklan.

Apa yang dimaksud dengan video ads

Video ads merupakan suatu metode pemasaran baru dalam dunia marketing online yang menggunakan media video.

Pada dasarnya, video ads adalah salah satu bentuk strategi terbaik pemasaran bisnis Anda di era digital seperti sekarang ini. Pasalnya, jika video ads telah terkonsep dan hasilnya menarik, maka video ini bisa menampilkan gambar dan audio secara bersamaan yang mudah diserap oleh audiens sekaligus mengubah mereka menjadi pelanggan Anda.

Beragam jenis video iklan

Sebelum Anda mulai merekam sebuah video marketing, Anda perlu menentukan lebih dulu jenis video mana yang ingin dibuat. Jadi, coba lihat daftar jenis video ads berikut ini supaya Anda lebih memahami pilihan atau variasi media pemasaran yang tepat untuk bisnis Anda.

  1. Video demo

Jenis video ads yang pertama adalah video demo. Video marketing satu ini akan menunjukkan bagaimana produk atau layanan Anda bekerja. Selain itu, Anda juga bisa menekankan keunggulan dari brand Anda ketimbang kompetitor.

  1. Video event

Video marketing berikutnya adalah video yang berisi rekaman ketika perusahaan Anda tengah menyelenggarakan diskusi produk, aksi sosial, seminar, atau beragam acara lainnya.

  1. Video edukasi

Video edukasi atau yang bisa disebut juga dengan video tutorial ini digunakan untuk mengajarkan pelanggan mengenai sesuatu yang baru. Bisa juga untuk membangun pengetahuan dasar yang mereka butuhkan supaya lebih memahami bisnis dan solusi dari brand yang Anda jalankan.

  1. Video branding

Jenis video satu ini biasa digunakan untuk membantu audiens lebih memahami alasan mereka membutuhkan produk atau layanan yang Anda tawarkan. Ada banyak sekali contoh video branding dari brand ternama yang biasanya memuat pesan tentang bagaimana produk tersebut mampu mengatasi kesulitan seseorang.

  1. Video studi kasus dan testimonial pelanggan

Para pelanggan potensial Anda pasti ingin tahu apakah produk yang dibeli bisa menyelesaikan masalah khusus mereka. Nah, salah satu cara terbaik untuk memamerkan hal ini sekaligus membangun kepercayaan mereka adalah dengan membuat sebuah video studi kasus yang menampilkan deretan pelanggan setia Anda.

Anda juga bisa mengajak para pelanggan yang telah ada untuk ikut tampil di depan kamera dan turut menjelaskan bagaimana perusahaan Anda telah membantu mereka dalam mencapai suatu tujuan yang diinginkan.

Langkah-langkah membuat video ads yang menarik dan berkualitas

Setelah Anda mengetahui ragam video ads yang bisa dibuat sebagai suatu strategi pemasaran bisnis, sekarang coba ikuti langkah berikut ini untuk membuatnya.

  1. Jangan pernah ragu untuk melakukan riset lebih dulu

Anda harus ingat, riset sangat diperlukan sebelum kita melakukan apapun, terutama soal bisnis. Dalam hal ini, Anda bisa mendapatkan berbagai inspirasi dari berbagai video ads yang telah banyak tersebar di media sosial.

Nah, video-video semacam itu bisa jadi patokan bagi Anda dalam memaksimalkan pembuatan video iklan untuk bisnis Anda sendiri.

  1. Tentukan jenis konten video iklan sesuai kebutuhan

Setelah menonton berbagai referensi video ads yang bertebaran di media sosial, Anda bisa mulai untuk menentukan tema atau jenis konten apa yang ingin dibuat. Ada banyak jenis konten video yang biasa beredar. Mulai dari wawancara, tutorial, monolog, video explainer hingga video yang mengandung unsur humor.  Tentu saja, Anda pun harus menyesuaikan jenis videonya sesuai produk dan layanan yang ingin dipasarkan.

  1. Jangan lupa pesan dan nilai yang harus disampaikan oleh video tersebut

Membuat suatu video iklan untuk bisnis tidak selalu hanya berisikan tentang materi penjualan saja, tapi Anda juga bisa menyisipkan berbagai pesan ataupun nilai yang berkesan. Dengan begitu, para calon pelanggan bisa lebih tertarik untuk melihat video iklan Anda meski awalnya tidak ada niatan untuk membeli produk yang ditawarkan tersebut.

Bukan hanya itu saja, Anda pun bisa menyisipkan tutorial, humor, atau apapun yang penting bisa dibagikan secara positif kepada calon pelanggan. Setelah itu, Anda bisa mempromosikan produk yang ingin dijual pada akhir video atau sesekali di sela video yang tengah berjalan.

  1. Buat video iklan dengan metode inbound

Banyak perusahaan yang tak segan melakukan lompatan besar dengan membuat video pertama mereka. Bahkan, mereka rela menghabiskan banyak uang untuk jenis video edukasi ataupun dokumenter untuk kebutuhan homepage. Namun, ketika proyek tersebut usai, maka semua rencana video tersebut berhenti begitu saja.

Di sisi lain, ada banyak juga brand yang menghasilkan banyak video ramah semacam ucapan hari raya ataupun lainnya di media sosial mereka. Namun sayangnya, mereka hanya meniru model umum yang kebanyakan mereka temukan sehingga hanya ada sedikit substansi dari konten tersebut. Akhirnya, mereka jadi kurang memperhatikan kebutuhan audiens atau pelanggan potensial mereka yang sebenarnya.

Mengingat banyaknya uang, waktu, dan sumber daya yang dihabiskan dalam pembuatan sebuah video iklan, proyek ini tidak bisa menjadi kegiatan impulsif yang bisa langsung dilakukan begitu saja. Anda perlu membuat suatu strategi pemasaran video komprehensif yang meliputi bagaimana saluran pemasaran dan penjualan Anda. Bisa disimpulkan bahwa Anda perlu berpikir dalam konteks metodologi inbound.

Metodologi inbound merupakan pendekatan pemasaran sekaligus penjualan yang hanya fokus untuk menarik pelanggan melalui konten dengan menciptakan interaksi relevan dan bermanfaat. Setiap video yang dibuat harus mengakui, bahwa ada sejumlah tantangan yang dialami oleh audiens dan brand Anda harus mampu memberikan solusinya.

Secara garis besar, konten ini yang memandu audiens untuk melalui perjalanan mulai dari menjadi sadar, mengevaluasi sikap, hingga kemudian membeli produk atau layanan.

  1. Membuat storyboard

Anda diharuskan menulis naskah seperti pada saat hendak memulai posting blog. Sebaiknya, buat daftar poin-poin kunci dan tampilkan berdasarkan pada urusan pesannya secara logis. Selain itu, Anda mungkin juga perlu memilih voice over atau pembicara dengan jenis suara dan penampilan yang menarik. Dengan begitu, orang pun pasti bakal tertarik untuk menontonnya.

  1. Memaksimalkan durasi demi menarik simpati

Detik-detik awal video bisa dianggap sebagai momen yang paling penting, bahkan sebagai penentu penonton ataupun calon konsumen akan lanjut untuk melihat video iklan tersebut atau tidak. Jika memungkinkan, jangan langsung memperkenalkan produk yang ingin Anda tawarkan. Sebab, penonton pasti langsung merasa bosan.

Sebaiknya Anda membuat konten yang menarik sehingga penonton penasaran untuk terus menonton video hingga selesai. Setelah itu, selipkan promo produk atau layanan yang ingin Anda jual.

  1. Perjelas tulisan dan gambar pada video ads

Setiap proses pembuatan video iklan untuk bisnis pasti memerlukan elemen tulisan dan gambar. Oleh sebab itu, Anda perlu memastikan setiap tulisan dan gambar yang ada pada video tersebut cukup berkualitas.

Jangan lupa juga untuk memastikan komposisi dari setiap komponen telah sesuai dan seimbang dengan kebutuhan video. Sebab, video yang dipenuhi dengan tulisan saja sudah pasti akan mengurangi minat penonton. Karena itulah, Anda harus mampu membuat komposisi yang seimbang antara video, tulisan, dan gambarnya. Cara ini juga bisa mempermudah penyampaian pesan yang tersirat dari video kepada para calon konsumen.

  1. Mempersiapkan studio atau tempat rekaman

Jangan lupa untuk mempersiapkan semua kebutuhan rekaman video Anda. Bisa dipastikan Anda akan membutuhkan lampu, tripod, mikrofon, dan lain sebagainya. Selain itu, pilih tempat yang pas dengan konten video Anda sekaligus menarik secara visual. Bahkan, Anda juga bisa mendekor ruangan kerja sekadar untuk dijadikan tempat syuting.

  1. Rekam dan edit

Langkah satu ini jadi langkah paling krusial yang perlu Anda lakukan. Sebaiknya, rekam dan edit hasil rekaman tersebut dengan baik. Anda juga bisa memanfaatkan template video gratis yang saat ini telah banyak disediakan di berbagai platform untuk memberikan efek lebih sempurna pada video ads Anda.

  1. Jangan ragu untuk melakukan SEO video

Video yang baik menjadi tidak ada artinya jika tidak disertai dengan SEO yang baik pula. Langkah satu ini juga terbilang penting sehingga tidak boleh dilewatkan begitu saja. Apabila Anda ingin meraih lebih banyak audiens dan menjadikannya pelanggan setia, maka coba dulu untuk melakukan Search Engine Optimization video.

  1. Menentukan platform pemasaran yang tepat

Setelah semua langkah di atas dilakukan dengan baik dan sesuai dengan instruksi, maka hal yang tak kalah penting untuk diperhatikan adalah menentukan platform pemasaran yang tepat. Hal ini dilakukan demi mendapatkan hasil yang optimal.

Saat ini ada banyak platform media sosial yang bisa Anda manfaatkan sebagai media pemasaran. Mulai dari Instagram, Facebook, Twitter, hingga YouTube. Ketahuilah, semakin Anda memaksimalkan pemasaran, maka semakin maksimal pula hasil yang bisa didapatkan.

  1. Menentukan waktu paling tepat untuk mengunggah video

Sebelum memutuskan untuk membuat suatu video iklan untuk bisnis, Anda pasti juga sudah mengamati kapan waktu paling optimal dari perilaku sasaran Anda di media sosial. Meski memiliki video yang berkualitas, tapi Anda tidak memperhatikan waktu pengunggahan, maka Anda tidak akan bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

Sebaiknya, Anda perlu menyesuaikan kapan waktu follower Anda sedang banyak yang online. Dengan demikian, peluang video tersebut bakal ditonton oleh calon pelanggan pun semakin tinggi.

Pentingnya perusahaan untuk menggunakan iklan digital

Semakin maraknya penggunaan internet di masa kini oleh sebagian besar masyarakat urban, promosi iklan saat ini bukan hanya sekadar menggunakan media konvensional saja. Penggunaan berbagai jenis iklan melalui media digital ternyata menjadi kian relevan dan dibutuhkan di era informasi yang serba dinamis seperti saat ini.

Namun, masih ada beberapa perusahaan yang nyatanya masih ragu untuk menggunakan video ads sebagai media promosi produk ataupun layanannya. Mereka beralasan belum percaya akan efektivitas iklan digital semacam itu. Bahkan, tak sedikit pula yang mengeluhkan biaya cukup besar ketimbang promosi iklan yang mereka lakoni saat ini.

Padahal bila dipelajari lebih lanjut, promosi melalui iklan seperti ini justru jauh lebih efektif dan menguntungkan ketimbang media promosi offline. Nah, berikut ini beberapa alasan mengapa Anda membutuhkan video ads untuk kegiatan promosi brand perusahaan.

  • Memiliki jangkauan yang lebih luas

Tak bisa dipungkiri, internet bukan lagi jadi sesuatu yang mahal di kalangan masyarakat umum. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh We Are Social bersama Hootsuite, pada tahun 2019 lalu, pengguna internet di Indonesia telah mencapai 150 juta orang.

Bisa dibilang, hampir seluruh warga negara Indonesia telah menggunakan internet untuk segala rutinitas sehari-hari. Tentu saja, hal ini menjadi peluang yang bisa dimanfaatkan oleh perusahaan untuk bisa mempromosikan produk dan brand secara masif.

  • Target pasar yang jauh lebih terarah

Jangkauan boleh luas, namun bagaimana dengan target pasar yang telah ditentukan? Pertanyaan ini juga jadi salah satu mengapa perusahaan merasa ragu dalam menggunakan video iklan.

Beberapa produk internet, seperti mesin pencari Google, media sosial Facebook dan aplikasi pesan seperti LINE memungkinkan perusahaan untuk menarik diri dari penggunanya melalui fitur insights.

Data ini berupa profil, perilaku pengguna dan ketertarikannya. Nah, data-data ini juga bisa digunakan oleh pengiklan untuk menentukan target pasar mana yang ingin dicapai dalam kegiatan promosi tersebut sesuai dengan produk yang dipasarkan. Tentu saja, kegiatan promosi ini jauh lebih efektif dan lebih tepat sasaran.

  • Memiliki banyak pilihan media

Media digital seperti video iklan ini memungkinkan Anda untuk menggunakan banyak format pengiklanan yang lebih beragam dalam satu wadah. Misalnya saja, Google. Melalui fitur Google Ads, Anda bisa beriklan dengan format gambar, teks, dan juga video di dalam platform tersebut.

Bukan hanya itu saja, Anda juga bisa menentukan sendiri kapan dan di mana iklan tersebut muncul. Tentu saja, hal ini akan semakin memudahkan Anda dalam mengontrol dan mengendalikan kampanye promosi iklan yang sedang berjalan.

  • Lebih efektif dan terukur

Salah satu fitur terbaik yang dimiliki oleh video iklan adalah kemampuannya dalam melacak atau tracking traffic dari iklan yang dipromosikan tersebut. Melalui fitur ini juga, Anda bisa melihat kanal iklan digital mana yang paling efektif dan menguntungkan. Dengan begitu, Anda bisa dengan cepat mengalihkan alokasi budget iklan ke kanal tersebut.

Selain itu, fitur tracking juga semakin mempermudah Anda dalam menghitung Return of Investment (ROI) dari dana yang telah dikeluarkan untuk pembuatan video ads.

  • Tergolong efisien dalam pengeluaran budget

Gabungan dari empat poin yang telah dibahas di atas akan membuat dana yang Anda keluarkan untuk beriklan di media digital jadi lebih efisien. Hal ini pula yang jadi alasan penting dalam hal pemanfaatannya media digital sebagai media promosi iklan produk dan juga brand suatu perusahaan.

Demikian panduan lengkap mengenai pentingnya video ads atau video iklan. Ternyata, bukan hanya jadi media pemasaran yang efektif saja, video seperti ini juga bisa dijadikan strategi branding yang bagus untuk bisnis yang tengah dilakoni.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan