Click Here
Click Here
Click Here
Previous
Next

Mengapa Memilih Kami

Berpengalaman Lebih dari 5th

Tenaga Ahli Berpengalaman

Di Dukung 100% Pabrik

Integrasi Ratusan CCTV

Jasa Pasang CCTV Semarang Terbaik dan Terpercaya Untuk Rumah Kantor Ruko Toko Gudang Pabrik Hubungi: 0821-3867-4412

Daftar Harga Paket Jasa Pasang CCTV Tahun 2022

Harga Paket CCTV 2 Kamera

Mulai 2 Jutaan

Rp2.000 K
  • 1 DVR 4CH AHD 1080P VGA HDMI
  • 1 HDD 500GB
  • 1 camera CCTV indoor ahd 2MP
  • 1 camera CCTV outdoor ahd 2MP
  • 1 power suplay 12V 5A box
  • Up to 20 meter kabel coaxial rg59
  • 1 kabel HDMI
  • Gratis jasa instalasi
  • Gratis seting online

Harga Paket 4 Kamera CCTV

Mulai 3 Jutaan

Rp3.000 K
  • First Feature
  • Second Feature
  • Third Feature

Pricing Plan

Description

$50/month
  • First Feature
  • Second Feature
  • Third Feature

Pricing Plan

Description

$50/month
  • First Feature
  • Second Feature
  • Third Feature

Jasa Pasang CCTV

Keamanan menjadi salah satu kebutuhan utama bagi semua orang. Hampir kebanyakan orang akan merasa aman dan tenang jika sistem keamanan ada serta melindungi dan juga menjaga kita dari ancaman yang ada. Rasa tenang karena adanya tempat yang nyaman tanpa ancaman akan membuat orang itu nyaman tanpa was-was dalam melakukan entah itu pekerjaan, beristirahat atau hal lainnya yang membutuhkan keamanan dan ketenangan yang tinggi. Adanya keamanan jadi sebuah ketenangan tersendiri.

LATAR BELAKANG PENGGUNAAN CCTV

Kondisi keamanan lingkungan tergantung dari daerah itu sendiri. Sebenarnya tidak ada yang bisa menjamin suatu lingkungan itu aman atau tidak dari kondisi daerah tersebut. Kondisi daerah perumahan yang sepi dan jauh dari kebisingan bisa juga menjadi target dari tindakan yang tidak diinginkan. Begitupula sebaliknya, kondisi yang ramai dengan banyak orang juga bisa jadi target tindak kejahatan. Jadi sebenarnya tindak kejahatan itu tergantung dari kondisi orangnya masing-masing dan bagaimana cara mereka mengatasi hal tersebut.  Salah satu hal yang bisa digunakan untuk mengatasi ataupun mengantisipasi tindak kejahatan adalah dengan bantuan teknologi. Teknologi semakin lama semakin berkembang peralatannya dan juga fiturnya. Semakin banyak perkembangan teknologi yang membantu manusia dalam menjaga keamanan dan juga kenyamanan dalam melakukan pekerjaan sehari-hari. Selain itu banyak pekerjaan yang harus dilakukan dengan jarak yang cukup jauh, dengan penggunaan bantuan jaringan internet. Tuntutan untuk bekerja secara online menjadi sebuah beban tersendiri bagi beberapa orang. Bekerja secara online/jarak jauh membuat semua sedikit merepotkan karena tidak bisa bertemu secara langsung dan memantaunya secara langsung. Banyak kendala yang bisa ditemui karena bekerja secara jarak jauh. Selain itu, kita sebagai manusia harus bisa mengikuti tren dan arus di zaman sekarang dimana semua kegiatan dilakukan secara online. Hal tersebut dilakukan agar tidak ketinggalan zaman dan tidak merasa tertinggal karena hal tersebut akan berpengaruh terhadap keloyalan dari para pelanggan. 

CCTV menjadi sebuah teknologi di zaman sekarang yang mampu membantu pekerjaan manusia dalam memantau sebuah pekerjaan. Tidak hanya pekerjaan yang dilakukan oleh manusia saja, namun sebuah mesin juga butuh diawasi karena bisa saja terjadi malfungsi pada mesin tersebut yang bisa menyebabkan kecelakaan kerja. Selain untuk penggunaan mengawasi tindak kejahatan, CCTV bisa juga dijadikan kamera pengawas untuk mengawasi kinerja pada sebuah ruangan.   

DEFINISI DAN PENGERTIAN DARI TEKNOLOGI CCTV

CCTV akhir-akhir ini sudah banyak digunakan pada setiap sudut ruangan dimanapun kita berada. Keberadaan CCTV ini sangat membantu semua orang dalam memantau sebuah ruangan ataupun daerah tertentu. CCTV merupakan sebuah akronim dari Closed Circuit Television. CCTV merupakan sebuah televisi yang dioperasikan menggunakan sinyal yang bersifat tertutup, berbeda dengan televisi yang biasanya menggunakan sinyal siaran. CCTV tidak hanya digunakan pada sebuah pabrik ataupun perkantoran besar saja, namun kini sudah digunakan oleh banyak orang, bahkan kini juga digunakan pada sebuah rumah untuk memperketat keamanan.    Saat ini CCTV sudah digunakan dalam berbagai bidang. Bahkan di negara China diketahui memiliki sistem kamera pengawas terbaik dan juga terbesar di dunia. Negara tersebut tercatat telah menggunakan sekitar 200 juta CCTV di tahun 2018 dan juga diperkirakan China akan memiliki 560 juta kamera baru akan dipasang di tahun 2021. Kamera pengawas di Negeri Tirai Bambu ini sudah dilengkapi dengan teknologi kecerdasan buatan atau artificial intelligent (AI) yang memudahkan mereka dalam mendeteksi keberadaan manusia bahkan mendeteksi suhu tubuh serta bisa mendeteksi plat nomor serta mengenali setiap wajah yang ada. 

PERKEMBANGAN TEKNOLOGI CCTV

CCTV awalnya hanya terdiri dari kamera dan monitor saja. Diciptakan oleh Bruch pada abad ke-20. Pada masa itu teknologi perekaman video belum dibuat, jadi hanya bisa melakukan pengawasan saja dan tidak bisa memutar video yang sudah terlewat. Latar belakang pembuatan CCTV ini adalah pada saat tahun 1942 di Jerman, saat itu insinyur Walter Bruch merancang sistem kamera untuk memantau peluncuran roket V-2. Dengan adanya CCTV ini, peluncuran roket ini bisa berjalan dengan lancar tanpa harus turun langsung kelapangan untuk memantau semuanya. Di tahun 1947 di Amerika Serikat juga menggunakan teknologi CCTV ini untuk memantau keadaan sekitar, terutama di daerah New York yang pada masa itu sangat rawan dengan kejahatan. Dan disusul oleh Inggris pada tahun 1960 untuk mengawasi demonstrasi yang terjadi pada masa itu.   Lalu pada beberapa tahun terjadi banyak perkembangan pada CCTV, mulai dengan penggunaan beberapa monitor dengan teknologi multiplexer VCR untuk penggunaan yang lebih efisien. Jadi tidak perlu memiliki banyak monitor untuk bisa memantau dalam sekali lihat. Selain itu, sudah terdapat kaset yang memungkinkan kita bisa mengulang tayangan yang sudah terlewat. Lalu selanjutnya pada tahun 1990, terciptalah teknologi digital video recorder atau DVR. Dengan sistem ini, resolusi tinggi dari kamera dapat menghasilkan gambar yang lebih baik dan jelas. CCTV di masa sekarang sudah dilengkapi dengan AI atau Artificial Intelligence yaitu merupakan sebuah bidang ilmu komputer yang dikhususkan untuk memecahkan sebuah masalah kognitif yang terkait dengan kecerdasan manusia, seperti pembelajaran, pemecahan masalah, dan juga  pengenalan pola. Dengan adanya teknologi AI pada CCTV akan mempermudah banyak pihak dalam melakukan pekerjaannya. CCTV kini tidak hanya dipakai untuk alasan keamanan saja, kini juga bisa digunakan untuk mendeteksi suhu tubuh manusia. Masa pandemi, CCTV digunakan oleh banyak pihak supaya bisa mengenali orang tersebut serta sekaligus mendeteksi suhu tubuhnya. Jadi CCTV berteknologi AI memudahkan manusia dalam melakukan pekerjaannya. 

MANFAAT MEMASANG CCTV

CCTV punya banyak fungsi yang mendatangkan kemudahan bagi penggunanya, beberapa diantaranya adalah

  • Meningkatkan Keamanan. Kita tidak tahu tindak kejahatan bisa terjadi dimana saja. Ada baiknya kita berjaga-jaga dengan memasang kamera pengawas agar kita bisa merasa aman dan juga bisa membantu orang disekitar kita. 
  • Memantau Aktivitas Pegawai. Jika kita memiliki sebuah usaha, kita perlu memasang sebuah kamera pengawas. Kita tidak tahu apa saja yang dilakukan oleh pegawai kita dan bisa dijadikan sebagai arsip bukti jika ada sesuatu yang tidak diinginkan terjadi
  • Menjaga Aset Perusahaan. Adanya kantor atau sebuah gudang biasanya menyimpan sebuah barang berharga yang harus dijaga keamanannya. Kamera pengawas menjadi salah satu perangkat keamanan yang bisa membantu kita dalam mengawasi barang berharga tersebut. 
  • Barang Bukti Tindak Kejahatan. Seperti yang kita tahu, kejahatan bisa terjadi dimana saja, jika ada kejadian yang tidak diinginkan terjadi. Pihak berwajib bisa segera meringkusnya bila sudah terdapat barang bukti berupa CCTV yang bisa merekam seluruh kejadian
  • Arsip Kegiatan Usaha. Kegiatan usaha jadi sebuah kegiatan yang harus memiliki dokumentasi/arsip agar bisa dijadikan sebagai bukti jika kinerja yang dihasilkan oleh pegawainya bagus dan tidak mengada-ada.

PEDOMAN MEMILIH VENDOR CCTV

Pemasangan CCTV untuk keamanan juga harus diperhatikan siapa saja yang akan dijadikan vendor untuk dipercaya dalam melakukan pemasangan CCTV. beberapa tips diantaranya adalah,

  • Melihat portofolio perusahaan dan testimoni klien

Yang pertama yang harus dilakukan adalah dengan melihat portofolio dari vendor pemasang CCTV tersebut serta testimoni dari para klien calon vendor pemasangan CCTV yang akan dipilih. Testimoni dari pelanggan adalah ulasan paling jujur karena memang itulah hasil dari pekerjaan vendor tersebut, hasilnya memuaskan, atau mungkin masih kurang itu ada ditangan para klien yang merasakan sendiri hasilnya. 

  • Legal perusahaan

Mengetahui perusahaan tersebut sudah legal atau belum juga  merupakan salah satu hal yang wajib diketahui. Perusahaan yang belum legal belum ada jaminan pasti karena pasti ada beberapa hal yang masih kurang baik.

  • SDM crew vendor

Penting dalam melihat siapa saja SDM yang bekerja pada perusahaan tersebut. SDM yang ada harus berkualitas agar dapat menghasilkan hasil yang baik dan maksimal.

  • Alat-alat yang profesional dan memadai

Selain SDM yang memadai, alat yang profesional dan dalam kondisi baik patut diperhatikan karena akan berpengaruh terhadap hasil dan juga keawetan dari CCTV tersebut.

  • Berpengalaman dalam pekerjaan

Memiliki pengalaman juga menjadi hal utama yang dibutuhkan karena dengan adanya pengalaman karena jika terdapat hal yang tidak diinginkan akan bisa mengatasi hal tersebut dan tanpa ada kesulitan, karena mereka sudah pernah mendapatkan sebuah kendala seperti itu.

  • Liat pertimbangan daftar harga

Pertimbangan harga patut diperhatikan karena kita harus mampu menyesuaikan dengan budget yang kita miliki dan juga hasil yang didapatkan, apakah sepadan dengan hasil dan biaya yang telah dibayarkan.   Selain memperhatikan vendor dalam melakukan pemasangan CCTV, kita juga harus bisa menentukan jenis CCTV terbaik yang bisa memberikan kualitas terbaik. Beberapa tips yang bisa dipilih adalah,

  • Kamera

Pemilihan kamera sangat penting karena ini menjadi hal utama dalam sebuah CCTV. Kamera CCTV memiliki resolusi yang bermacam macam. Terdapat tiga jenis kamera yang pada CCTV, kamera analog, kamera HD (High Definition dan Kamera Internet Protokol (IP). Kamera resolusi gambar rendah mampu mendeteksi orang dan memantau dengan lebih baik. 

  • Resolusi

Resolusi memungkinkan kamera CCTV dapat mempertahankan kualitas gambar yang tinggi meskipun diperbesar secara digital. Kamera IP memiliki resolusi tertinggi sekitar 8 MP, kamera kelas menengah memiliki resolusi kamera sekitar 5 MP hingga 8 MP, sementara resolusi kamera kualitas rendah sekitar 2 MP.

  • Pengelihatan inframerah

Fitur ini memungkinkan CCTV untuk bisa merekam dengan jelas apa yang terjadi pada malam hari. Semakin banyak cahaya infrared, maka semakin jelas hasil yang bisa didapatkan.

  • Zoom

Ada dua jenis zoom. Yaitu zoom optik dan zoom digital. Hal Ini ditentukan oleh jenis lensa yang melengkapinya. Zoom digital dapat dilakukan pada rekaman langsung, namun hal tersebut dibatasi oleh resolusi kamera. Zoom optik memiliki fungsi yang sebaliknya, berfungsi seperti teropong yang bisa melihat lebih jauh dengan gambar yang lebih jelas dibandingkan dengan zoom digital karena menggunakan lensa zoom nyata.

JENIS LAYANAN PASANG CCTV

Pemasangan CCTV juga memiliki beberapa jenis yang bisa dipilih berikut ini adalah beberapa jenis layanan pasang CCTV,

  • Instalasi jaringan CCTV baru

Pemasangan CCTV baru pada sebuah tempat harus memiliki beberapa pertimbangan dahulu mulai dari resolusi, kualitas zoom, jenis kamera dan tempat mana saja yang harus dipasang CCTV. karena pemilihan sudut kamera CCTV sangat penting untuk membuat efisiensi dalam memasang CCTV. meskipun zaman sekarang terdapat CCTV yang bisa berputar 360 derajat. Namun tetap saja pemilihan sudut yang tepat akan dapat merekam keseluruhan ruangan dengan baik. 

  • Perbaikan jaringan dan upgrade

Melakukan perbaikan sangat dibutuhkan demi mendapatkan keamanan yang maksimal. Upgrade dapat memberikan pelayanan paling baru dan paling modern demi menunjang pekerjaan kita. Karena tidak hanya ponsel saja yang butuh upgrade, namun fitur pada CCTV juga perlu diupgrade agar bisa semakin canggih.

MEMILIH JENIS DAN TIPE CCTV

Ada banyak jenis CCTV yang bisa dipilih untuk melengkapi keamanan dari rumah maupun bisnis kita. Beberapa jenisnya adalah, 

  • IP Camera, atau biasa disebut Internet Protocol Camera merupakan sebuah kamera yang biasanya digunakan di rumah rumah. IP Camera ini memiliki dua jenis yaitu IP kamera desentralisasi dan terpusat. Kamera ini banyak digunakan karena lebih hemat biaya dan hanya menggunakan internet, jadi bisa dipantau dari jarak jauh.
  • Dome Camera Indoor, biasanya terletak didalam ruangan karena tidak tahan terhadap cuaca. Namun, kamera ini dilengkapi dengan day/night, infrared night vision, dan high-definition. CCTV ini pun juga sangat mudah dipasang dan dihubungkan dengan berbagai tipe TV, DVR, DVD Recorder, dan sebagainya. Format ini merupakan salah satu 
  • CCTV Bullet Camera, biasanya paling sering digunakan pada rumah, mall, hingga toko. Biasanya kamera ini berada diluar ruangan, karena memiliki weatherproof atau ketahanan terhadap cuaca.
  • CCTV PTZ, kependekan dari Pan Tlit Zoom yaitu kamera yang mampu berputar ke kanan-kiri, atas dan bawah, dan mampu memperbesar objek hingga beberapa kali lipat.
  • CCTV Day and Night Camera, seusai dengan namanya, kamera ini mampu digunakan pada keadaan malam dan juga siang hari. Cahaya infrared membantu kamera untuk merekam dalam keadaan kondisi gelap. 
  • CCTV HD Camera, seperti namanya, kamera ini mampu memberikan hasil High Definition, jadi mempermudah dalam melakukan pembesaran ke objek tanpa merusak kualitas videonya.
  • CCTV Weatherproof, jenis CCTV ini tahan terhadap segala cuaca dan sangat cocok untuk dipasang diluar ruangan. Kamera ini memiliki fitur pemanas built-in, sehingga kamera tetap bisa beroperasi meskipun dalam kondisi dingin atau titik beku.
  • CCTV explosion proof, kamera ini sangat cocok untuk diletakkan di luar ruangan khususnya di lokasi berbahaya seperti kilang minyak hingga tambang, karena tahan terhadap ledakan. 

KEUNTUNGAN MEMASANG CCTV

Ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan dalam melakukan pemasangan CCTV. beberapa diantaranya adalah,

  • Mengurangi dan mencegah tindak kejahatan

Tujuan utama dari memasang CCTV adalah agar kita mendapatkan rasa aman karena semua tindakan ada yang merekam bahkan mengetahuinya. Jadi jika ada orang yang ingin berniat melakukan kejahatan, bisa mengurungkan niatnya karena terdapat CCTV yang bisa merekam semua perbuatannya.

  • Mengurangi kebutuhan sekuriti

Sebagai kamera pengawas, pasti mampu memiliki fungsi untuk mengawasi gerak gerik serta keamanan lingkungan sekitar. Peran sekuriti atau penjaga keamanan juga sangat penting. Namun dengan adanya CCTV pekerjaan sekuriti jadi lebih ringan karena ada kamera pengawas yang bisa memantau beberapa ruangan hanya dengan menyaksikan sebuah monitor saja. 

  • Mengurangi penggunaan biaya

Terlalu banyak sekuriti mungkin membuat Anda kewalahan dalam memberikan gaji kepada mereka. Adanya CCTV mampu memangkas sedikit biaya pengeluaran Anda karena CCTV selalu aktif selama 24 jam. 

  • Jaminan pelaku kejahatan tertangkap

CCTV mampu merekam semua kejadian yang ada, jadi bukti kejahatan atau tindakan yang tidak diinginkan lainnya mampu direkam serta semua orang dapat melihat ciri fisik dan bisa dijadikan barang bukti ke pihak berwajib.

PERALATAN UNTUK CCTV

Jika ingin melakukan pemasangan pada CCTV sebaiknya menyiapkan beberapa peralatan yang dibutuhkan. Beberapa peralatan yang dibutuhkan adalah,

  1. Monitor, ada beberapa jenis monitor yang bisa digunakan yaitu LED, LCD, cembung, atau layar televisi. Syarat utama untuk layar monitor yang dipilih adalah memiliki kabel coaxial. Secara tampilan, monitor ini mampu menampilkan visual dengan ukuran 2×2, dan 4×4. Selain itu, pembagian juga harus dipertimbangkan dengan ukuran monitor, usahakan untuk memilih layar dengan ukuran 14 inci. 
  2. Kamera CCTV, yang kedua adalah pemilihan jenis kamera CCTV. ada beberapa jenis dari kamera CCTV yang bisa dipertimbangkan dan masing masing memiliki kelebihan dan fungsinya masing-masing. Beberapa diantaranya adalah, IP Camera, Fixed Dome, Pan/Tlit/Zoom Camera, Fixed Dome, dan lainnya. Selain itu, pemilihan jenis kamera CCTV ini juga harus dipikirkan letak, fungsi, dan posisi penempatannya. 
  3. DVR, atau Digital Video Recorder merupakan penyimpan data rekaman dari kamera yang kemudian ditransfer ke monitor. Format dari file ekstensi dari DVR cukup beragam mulai dari AVi, MPEG4, GCIF, dan lain-lain. Dalam penyimpanan DVR, tentukan dulu besar penyimpanan yang diinginkan. 
  4. Adaptor dan Power Supply, bisa menentukan merk dan juga jenis dengan disesuaikan dengan budget yang ada, tegangan yang biasanya digunakan oleh kamera yaitu 12v DC, 24v AC-DC. Dengan harga yang berkisar dari Rp 300.000 hingga Rp 1.000.000.
  5. Kabel power, kabel power CCTV memiliki jenis yang berbeda dengan kabel biasa. Kabel ini memiliki fungsi untuk menghantarkan tegangan listrik ke kamera CCTV. jenis kabel ini terdiri dari 2×1,5 mm dan 3,25 mm dengan instalasi pipa high impact conduit agar lebih aman dalam penggunaan. 
  6. Kabel coaxial, kabel ini merupakan penghantar sinyal video yang direkam oleh kamera CCTV menuju DVR sebagai pengolah dan penyimpan data rekaman. Kabel ini memiliki beberapa jenis, antara lain adalah,
  • RG-11 untuk pengguaan jarak 1500 kaki atau lebih
  • RG-6, untuk penggunaan jarak 1000 kaki atau lebih
  • RG-59, untuk penggunaan jarak 750 kaki atau lebih
  1. Konektor BNC, Bayonet Neil Concelman merupakan konektor yang memiliki fungsi untuk menghubungkan kamera CCTV dengan DVR, atau dari CCTV menuju ke monitor. Konektor ini memiliki fungsi sebagai penghantar dari satu perangkat ke perangkat lainnya. 
  2. Tang crimp kabel coaxial, hal ini jadi peralatan terakhir yang disiapkan karena merupakan sebuah alat khusus untuk memotong kabel. Tang ini memiliki desain khusus untuk pemasangan konektor BNC pada kabel coaxial dengan harga berkisar sekitar Rp 100.000 hingga Rp 300.000.

TEKNIK PENEMPATAN KAMERA CCTV

Sesuaikan kebutuhan

Pastikan dan sesuaikan dengan kebutuhan dari zona yang akan dipantau. Jika ingin memantau ruangan didalam rumah, bisa memiliki jenis kamera CCTV yang tepat seperti tipe dome atau bullet.

Tentukan lokasi 

Menentukan lokasi dari pemasangan CCTV sangat diperlukan, hal tersebut agar menghemat biaya pengeluaran untuk pembelian perangkat CCTV. Jika kita bisa meletakkan CCTV di tempat yang tepat kita dapat menghemat biaya pengeluarannya. Hal tersebut juga termasuk jarak pandang, dan juga kondisi. Lokasi yang bisa dipertimbangkan yaitu di lokasi indoor dan outdoor. Kedua jenis lokasi itu juga harus diperhatikan letaknya agar CCTV bisa bertahan sesuai dengan semestinya. Pemilihan CCTV indoor dan outdoor sudah disesuaikan dengan jenisnya, jadi kita bisa mempertimbangkan dengan tepat jenis CCTV dan juga bisa memaksimalkan fungsinya karena diletakkan di tempat yang tepat. 

Target yang diawasi

Tentukan target yang diawasi dan juga letak tinggi kamera. Hal tersebut agar tidak terlalu jauh objek yang diamati. Biasanya sudut yang diambil sekitar 100 derajat hingga 115 derajat untuk outdoor. Untuk diluar ruangan, prioritaskan letak kamera di bawah atap atau zona terlindungi lainnya karena untuk melindungi kamera dari hujan, angin, dan juga panas matahari. 

Perawatan CCTV

Semua barang pasti perlu untuk dilakukan perawatan, tak terkecuali CCTV terutama pada CCTV yang berada diluar ruangan. Selalu menjaga kebersihan lensa kamera CCTV, digital video recorder (DVR), monitor, dan segala hal yang berhubungan dengan CCTV. jika kamera CCTV buram, maka akan mendapatkan hasil yang buran dan tidak jernih. 

BERBAGAI MACAM SUDUT PEMASANGAN CCTV

Ada beberapa tips yang harus yang diperhatikan dalam melakukan pemasangan pada CCTV terutama sudut yang ditetapkan. Saat kamera terpasang kita harus membuat semuanya tepat agar terjadi efisiensi dan juga agar CCTV bisa bekerja sesuai dengan tugasnya secara maksimal. Beberapa tips yang bisa digunakan dalam memasang sudaut dari CCTv agar bisa merekam secara maksimal adalah,

  • Ukuran lensa 2.5 mm sama dengan sudut pandang 110°, memiliki jarak pandang ideal 8
  • Ukuran lensa 2.8 mm sama dengan sudut pandang 100°, memiliki jarak pandang ideal 10 meter
  • Ukuran lensa 3.6 mm sama dengan sudut pandang 90° memiliki pandang ideal 12 meter
  • Ukuran Lensa 4 mm sama dengan sudut pandang 80° memiliki pandang ideal 15 meter
  • Ukuran Lensa 6 mm sama dengan sudut pandang 65° memiliki pandang ideal 20 meter
  • Ukuran Lensa 8 mm sama dengan sudut pandang 55° memiliki pandang ideal 25 meter

*toleransi 10%-30%, dikarenakan adanya perbedaan hasil pengukuran pada beberapa kamera dan objek. Semakin kecil sebuah lensa maka semakin besar pula sudut pandangnya, namun jarak pandangnya akan semakin menurun terhadap objek, dan berlaku pada sebaliknya. Sebagai acuan, Anda bisa menggunakan kamera ponsel untuk menentukan sudut dari lensa/kamera CCTV. kamera/lensa pada kamera ponsel biasanya berukuran 4 mm.  

FAQ SEPUTAR PEMASANGAN CCTV

Definisi dan pengertian dari teknologi CCTV

CCTV merupakan sebuah akronim dari Closed Circuit Television. CCTV merupakan sebuah televisi yang dioperasikan menggunakan sinyal yang bersifat tertutup, berbeda dengan televisi yang biasanya menggunakan sinyal siaran.

Perkembangan Teknologi CCTV

Latar belakang pembuatan CCTV ini adalah pada saat tahun 1942 di Jerman, saat itu insinyur Walter Bruch merancang sistem kamera untuk memantau peluncuran roket V-2. Dengan adanya CCTV ini, peluncuran roket ini bisa berjalan dengan lancar tanpa harus turun langsung kelapangan untuk memantau semuanya.

Manfaat memasang CCTV

  • Meningkatkan Keamanan
  • Memantau Aktivitas Pegawai
  • Menjaga Aset Perusahaan
  • Barang Bukti Tindak Kejahatan
  • Arsip Kegiatan Usaha.

Pedoman memilih vendor CCTV

Memilih vendor dalam melakukan pemasangan CCTV wajib diperhatikan agar kita bisa merasa cocok dan puas dengan harga dan kualitas yang didapatkan, dna juga bisa dimintai pertanggung jawaban jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan,

  • Melihat portofolio perusahaan dan testimoni klien
  • Legal perusahaan
  • SDM crew vendor
  • Alat-alat yang profesional dan memadai
  • Berpengalaman dalam pekerjaan
  • Liat pertimbangan daftar harga

Jenis layanan pasang CCTV

Kita harus mengetahui pasti apa yang akan kita lakukan pada rumah maupun kawasan pekerjaan kita, apakah melakukan pemasangan baru atau melakukan pembaruan untuk meningkatkan kualitas.

Memilih jenis dan tipe CCTV

Memilih dan jenis dan tipe yang cocok akan mengefisienkan pengeluaran kita dan keamanan rumah maupun kawasan pekerjaan kita menjadi aman, karena CCTV bekerja secara maksimal sesuai dengan fungsinya.

Keuntungan memasang CCTV

Ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan dalam memasang CCTV,

  • Mengurangi dan mencegah tindak kejahatan
  • Mengurangi kebutuhan sekuriti
  • Mengurangi penggunaan biaya
  • Jaminan pelaku kejahatan tertangkap

Peralatan untuk CCTV

Ada beberapa peralatan yang bisa dipersiapkan untuk melakukan pemasangan CCTV, jadi bisa dipersiapkan terlebih dahulu peralatan yang dibutuhkan agar tidak merasa bingung saat sudah mempersiapkan semuanya.

Teknik penempatan kamera CCTV

Dalam pemasangan CCTV tidak sembarangan memasang dna harus memperhatikan beberapa pertimbangan agar tepat dan CCTv bekerja secara maksimal

  • Sesuaikan kebutuhan
  • Tentukan lokasi 
  • Target yang diawasi
  • Perawatan CCTV

Berbagai macam sudut pemasangan CCTV

Sudut yang tepat akan memberikan hasil perekaman dan kita dapat merekam dengan baik dan menyeluruh serta efisen dalam melakukan pembelian serta pemasangan. Jadi sudut juga jadi hal yang paling utama dalam pemasangan CCTV.