Live streaming sering diartikan sebagai konten video yang disiarkan langsung melalui perantara internet dan tidak membutuhkan editing maupun tahap produksi lagi. Pengguna live streaming hanya membutuhkan kamera untuk merekam kegiatan yang ingin disiarkan. Waktunya juga fleksibel, bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja, misalnya live streaming RCTI.

Walaupun melalui internet, nyatanya live streaming bersifat interaktif karena dapat menjalin komunikasi dengan audiens melalui kolom komentar yang tersedia selama video berlangsung. Dengan begitu, interaksi tetap berjalan tanpa harus bertatap muka secara langsung. Lalu, apa manfaat bila melakukan live streaming?

Menguntungkan Kedua Belah Pihak 

Berkat bantuan teknologi, Anda bisa memanfaatkan live streaming untuk meliput sebuah acara penting seperti wisuda, pernikahan, workshop, seminar, ulang tahun, hingga pernikahan. Dengan begitu, pengguna tidak perlu mengeluarkan budget besar untuk menyewa sebuah tempat. Pihak audience juga bisa menikmati siaran meski tidak berada di lokasi tersebut. Jadi, kedua belah pihak sama-sama mendapatkan keuntungan.

Meningkatkan Popularitas Melalui Live Streaming

Tidak perlu masuk ke dunia entertainment, melalui bantuan live streaming bisa meningkatkan popularitas. Hal ini bisa mengacu untuk perorangan (pembawa siaran) maupun konten yang berisi sebuah bisnis. Dengan menyajikan sebuah konten yang bermanfaat dan menghibur, tentu dapat menjangkau lebih banyak audience, follower, hingga engagement. Kualitas dari layanan jasa streaming juga tidak kalah dengan stasiun TV besar, seperti acara live streaming RCTI.

 

Sebagai Wadah Belajar

Bukan hanya meningkatkan sebuah popularitas saja, melainkan juga menjadi tempat belajar. Mengingat, segala kegiatan harus dibatasi dan menghindari tatap muka. Adanya live streaming dapat membantu proses pembelajaran dari jarak jauh, sehingga tetap menjaga komunikasi antara pengajar maupun siswanya. Bagi Anda yang kegiatannya dilakukan dari jarak jauh, bisa menggunakan jasa live streaming Jakarta.

Meningkatkan Omset Penjualan

Beberapa orang memilih live streaming sebagai sarana mendapatkan pundi-pundi dengan cara yang relatif efisien. Mengapa? Melalui siaran langsung, Anda tidak hanya menarik perhatian penggemar atau followers, melainkan juga menarik audience baru. Selain itu, Anda bisa menerima endorse atau mengiklankan sebuah produk yang pastinya akan mendapat bayaran lebih. Dengan keuntungan yang didapat, Anda bisa mengembangkan bisnis yang sedang dijalankan sekaligus mempromosikan produk maupun jasa.

Sebagai Strategi Marketing

Live streaming termasuk bagian dari content marketing, di mana strategi pemasaran ini dapat menjangkau audience lebih banyak tanpa mengenal batasan wilayah. Umumnya, orang lebih menyukai konten video daripada harus membaca sebuah review melalui blog atau website. Tak hanya itu, konten live streaming yang menarik pun dapat dibagi dan disebarkan, tentu akan meningkatkan sebuah bisnis yang sedang dijalankan tanpa harus mengeluarkan budget lebih. Bahkan, beberapa stasiun televisi seperti live streaming RCTI juga menggunakan siaran langsung guna mempromosikan produk mereka.