Acara seminar kini telah berinovasi menjadi semakin modern. Adanya teknologi canggih mampu membantu manusia dalam melakukan pekerjaannya. Seminar merupakan sebuah pertemuan atau persidangan untuk membahas suatu masalah di bawah pimpinan ahli. Seminar biasanya diselenggarakan secara offline dengan mendatangkan pembicara/ahlinya secara langsung untuk memberikan paparan kepada para peserta. Tujuannya adalah untuk bertukar pikiran tentang suatu permasalahan ilmiah. Kegiatan tersebut biasanya terjadi antar peserta dan para ahli yang dihadirkan. 

Acara seminar biasanya berlangsung selama 2 hingga 3 jam tergantung pembahasannya. Biasanya juga tema dan topik pembahasannya sudah disiapkan sebelumnya, jadi hanya tinggal memaparkan saja materi yang sudah dipersiapkan. Sangat berbeda dengan training yang memakan waktu terkadang hampir beberapa hari atau bahkan beberapa bulan. Namun karena adanya pandemi yang cukup lama menyerang hampir seluruh dunia, semua kegiatan terpaksa dibatalkan karena akan menciptakan kerumunan yang bisa menyebarkan virus corona. Virus yang pertama kali muncul di Wuhan, China ini dikenal dengan covid-19 karena ditemukan pada akhir tahun 2019.

Adanya penyebaran virus ini, membuat semua negara membatasi kedatangan para warga dari negara lain dan ada yang beberapa menutup total akses untuk masuk di kotanya bahkan negaranya. Dengan begitu negara akan aman dari serangan virus yang sudah menyebabkan banyak korban yang meninggal ini. Pengadaan vaksinasi juga dipercepat agar penyebaran virus tidak semakin parah dan tetap selalu mengurangi kerumunan dan selalu menjaga jarak aman.

 

Kenapa Live Streaming?

Dengan adanya pandemi yang membatasi gerak manusia untuk keluar rumah dan bahkan harus selalu menjaga jarak, teknologi live streaming jadi pilihan banyak orang agar tetap bisa menyelenggarakan acara. Live streaming merupakan sebuah siaran langsung yang disiarkan tanpa melalui proses pengeditan terlebih dahulu dan menghadirkan para pengisi acara secara langsung saat siaran berlangsung. Kemudahan live streaming ini diterima banyak orang dan cukup menguntungkan bahkan ditengah masa pandemi seperti ini. Penghematan pengeluaran biaya jadi faktor utama banyaknya orang yang kini malah semakin banyak menggunakan media live streaming. Meskipun seminar diselenggarakan secara online/live streaming, namun tidak mengurangi semangat para peserta dalam menimba ilmu dan bertukar pikiran. Webinar merupakan sebuah perkembangan dari seminar. 

Jika seminar diselenggarakan secara offline, webinar diselenggarakan secara online yaitu live streaming. Adanya hal ini adalah untuk mempermudah para peserta untuk bisa hadir karena anjuran jaga jarak dan larangan berkerumun diberlakukan. Seperti acara yang diselenggarakan oleh Kominfo dalam Gen Posting. Sebuah webinar yang diadakan oleh Kominfo dengan berbagai macam tema yang berbeda setiap minggunya. Acara ini rutin diselenggarakan oleh pemerintah, demi menambah edukasi masyarakat. 

Penggunaan Live Streaming

Acara Gen Posting kali ini bertajuk Webinar Gemar Makan Ikan : Yuk Makan Ikan Agar Generasi Indonesia Sehat, Kuat, dan Cerdas. Acara ini berlangsung pada hari Senin, 29 November 2021 di PO Hotel yang beralamat di Jl. Pemuda No.118, Sekayu, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah. Disiarkan secara hybrid yaitu separuh dari jumlah peserta hadir dan separuhnya lagi bisa menyaksikannya melalui platform zoom dan melalui kanal Youtube Ditjen IKP Kominfo.

Acara ini juga menghadirkan beberapa narasumber yang sangat ahli di bidangnya, seperti Ibu Septriana Tangkary, SE.,MM selaku Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim, Kemenkominfo, Bapak Nur Kholis selaku Kepala Dinas Perikanan Kota Semarang, Bapak dr. Khairuddin, Sp.GK selaku KSM Gizi Klinik RSUP Dr. Kariadi Semarang, dan Bapak Rulli Nasrullah selaku Pakar Sosial Media. Selain itu pula dihadirkan Bapak Usman Kansong, S.Sos, M.Si selaku Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik, Kemenkominfo sebagai keynote speaker pada webinar kali ini. 

Acara tersebut dimulai pada pukul 13.00 WIB hingga selesai dan setelah acara selesai, para peserta bisa mendapatkan e-sertifikat dan juga saldo digital untuk 100 peserta terpilih dan ada juga beberapa hadiah lainnya yang sudah disiapkan sebelumnya. Dengan adanya hal ini, diharapkan masyarakat bisa mendapat edukasi tentang pentingnya makan makanan dari laut, salah satunya ikan yang mengandung gizi tinggi dan membantu dalam pertumbuhan terutama pada anak kecil. Acara tersebut menggunakan jasa live streaming dari kami, dan berikut ini kami berikan beberapa contoh kamera yang biasa kami gunakan sewaktu live streaming, 

SONY NX 100
  • Single 1″ Exmor R CMOS Sensor.
  • 1920×1080 up to 60p.
  • Sony G Lens with 12x Optical Zoom.
  • 24x Clear Gambar Zoom, 48x Digital Zoom.
  • Discrete Manual Fokus, Zoom, Irish Rings.
  • XAVC S, AVCHD 2.0, DV Recording Codecs.
  • Create dan Share Picture Profiles.
  • Slow and Quick Motion Function.
SONY MC 88
  • 14.2MP 1″ Exmor RS CMOS Sensor.
  • BIONZ X gambar processor.
  • Record up to Full HD 1080p60 at 28 Mb/s.
  • 29mm ZEISS Lensa Wide-Angle.
  • OLED Viewfinder dengan 2.36 Million Dots.
  • Sony Multi Interface (MI) Shoe.
  • 3.5″ OLED touchscreen LCD monitor.
  • 0.39″ viewfinder.

Info pemesanan

Bagaimana? Apakah Anda cukup tertarik dengan tawaran kami? Jika berminat bisa segera menghubungi kami melalui whatsapp dengan nomor 0821-3867-4412. Kami siap membantu Anda. kami sudah berpengalaman selama 13 tahun jadi kami punya team dan alat terbaik yang bisa menunjang kesuksesan acara Anda. kami Studio Pelangi bersedia membantu jasa live streaming untuk Anda yang berada di Jakarta, Bandung, Solo, Yogyakarta, Surabaya, dan kota-kota lainnya.