Bermain game memang menjadi keasyikan tersendiri bagi para penggunanya. Beberapa mengatakan jika bermain game mampu mengurangi bahkan menghilangkan stress. Awalnya game memang hanya untuk kesenangan semata, namun di tahun 1970 e-sports perlahan mulai diciptakan. Namun ditahun itu nama e-sports belum dikenal dan sepopuler di era ini. Awalnya mereka hanya mengadakan kompetisi game di Universitas Stanford untuk mendapatkan paket langganan majalah Rolling Stone selama satu tahun. Pertandingan tersebut hanya dengan membandingkan skor yang bisa didapatkan antar pemain untuk menentukan pemenangnya. Hal itu membuat semakin maraknya video game pada zaman itu.

Beberapa tahun berlalu, sejarah e-sport jadi populer berkat Korea Selatan. Hal itu dimulai dari krisis ekonomi 1997. Melihat keaadan itu, pemerintah Korea Selatan fokus melakukan pengembangan infrastruktur telekomunikasi dan internet.Dampak dari hal tersebut adalah koneksi internet yang cepat dan mampu menarik perhatian para anak muda di Korea Selatan sana. Di tahun 2000 pemerintahan mendukung penuh kegiatan tersebut dan berinvestasi terhadap kegiatan tersebut dan diciptakannya komunitas Korea E-Sports Association (KeSPA).

2014, merupakan awal mula masuknya permainan MOBA di Indonesia. Melalui beberapa pengembangan ditahun tersebut mampu mengasilkan game MOBA 3v3. 2017 merupakan sebuah fenomena baru, dimana mobile legend masuk ke Indonesia dan membuat sebuah kompetisinya.

Mengapa di sebut e-sport?

Bermain game bukan sembarang bermain. Walaupun hanya untuk menghilangkan stress semata, bermain game juga ternyata dapat menghasilkan uang. Perlombaan e-sport bukan main-main megahnya, maka dari itu hadiah yang didaptkan juga pasti sangat besar. E-sport kini bisa jadi sebuah hobi yang mampu menghasilkan penghasilan. Bahkan kini ada yang tidak ragu menjadikan e-sports sebagai pekerjaan mereka, di era ini.

Bermain game pasti membutuhkan latihan yang keras dan juga strategi yang tepat agar mampu mengalahkan lawan. Selain itu bermain secara kelompok juga membuat kita harus bisa saling bekerjasama dengan teman-teman satu tim. Maka dari itu, game kini juga bisa disebut sebagai olahraga, walaupun hanya secara online melakukannya. karena hal itulah permainan video game online disebut e-sport.

Acara kompetisi tahunan yang diselenggarakan oleh Akpol yaitu Porsimaptar dengan tema ‘Optimalisasi Potensi Seni, Akademik dan Olahraga di Era Adaptasi Kebiasaan Baru Guna Mewujudkan Generasi Berprestasi’, yang merupakan sebuah ajang kompetisi yang dapat diikuti oleh seluruh pelajar di Indonesia. Ajang e-sports juga termasuk didalamnya. Selain itu ada pula Art Competitions, Short Movie Competitions, Poster Design Competitions, English Competitions, dan juga beberapa ajang yang bisa diikuti oleh para pelajar akpol dari luar negeri khususnya di bidang karya tulis ilmiah tingkat Internasional dan Public Speaking.
Acara tersebut dilaksanakan secara live streaming lewat Zoom dan juga Youtube. Berlangusng di Akpol di Jl. Sultan Agung No.131, Candi Baru, Kec. Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah, acara tersebut dibuka sejak tanggal 18 Oktober hingga 22 Oktober 2021.

Acara tersebut menggunakan jasa live streaming dari Studio Pelangi. Kami merupakan salah satu jasa live streaming terbaik yang akan membantu melancarkan event Anda. Kami siap melayani Anda yang berada diluar kota Semarang. Jasa live streaming kami selalu memberikan yang terbaik bagi Anda. Jika berminat silahkan menghubungi kami lewat whatsapp di nomor 082138674412.