Live streaming merupakan salah satu bentuk inovasi dari teknologi modern di zaman sekarang. Adanya live streaming memudahkan kita semua dalam bertemu banyak orang dari berbagai macam belahan dunia lain tanpa memikirkan berapa biaya yang dibutuhkan untuk kesana, karena kita sudah memiliki teknologi canggih yang bisa menghubungkan satu sama lain dengan mudah tanpa harus keluar rumah. Live streaming juga bisa dikatakan flesibel karena bisa dilakukan dimana dan kapan saja.

LATAR BELAKANG

Daftar Isi

Kondisi perkembangan kota Semarang terhadap PPKM sama seperti kebanyakan kota yang ada di Indonesia. Bahkan Jawa Tengah termasuk kedalam urutan ke 3 per provinsi setelah DKI Jakarta dan juga Jawa Barat karena banyaknya kasus positif yang masuk. Banyaknya kasus ini membuat kita semua harus tetap waspada dan tetap menjaga jarak agar kita tidak tertular oleh virus berbahaya tersebut. Kota semarang sebagai ibukota provinsi memiliki banyak kesibukan setiap harinya, karena merupakan pusat dari semua kegiatan yang ada di Jawa Tengah. Kota Semarang sebagai pusat dari segala kegiatan di Jawa Tengah tentunya menjadi sebuah kendala diberlakukannya PPKM.

PPKM merupakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat yang mana artinya semua kegiatan kita dibatasi guna menurunkan kasus virus covid-19. Hal ini tentu saja akan sangat berdampak pada kegiatan kita sehari-hari karena semua kegiatan berpusat di kota Semarang. Tapi bagaimanapun juga, kita harus tetap melakukan kegiatan sehari-hari kita agar roda ekonomi selalu berputar. Banyak sekali sektor yang berhenti bahkan hilang dimasa PPKM seperti ini. Dengan adanya beberapa inovasi dan perkembangan, diharapakan kita mampu menggerakkan kembali roda perekonomian kita.

Live streaming jadi salah satu inovasi yang ada di masa kini. Live streaming memudahkan kita dalam bertemu banyak orang hanya dengan sekali klik pada layar ponsel atau komputer kita. Banyak sekali kini perusahaan yang beralih ke dunia modern dengan menggunakan siaran live streaming untuk banyak kegiatan seperti peluncuran produk baru, wedding, webinar ataupun hal lainnya.

Live streaming dibutuhkan karena di masa pemberlakukan PPKM yang masih belum usai ini, kita semua dilarang untuk berkerumun dan harus selalu menjaga jarak demi mencegah penularan virus covid-19. Live streaming juga terhitung mudah dalam penggunaannya. Kita hanya tinggal menyambungkan ponsel atau komputer kita ke internet dan kita sudah bisa menghubungi banyak orang tanpa harus berpindah tempat.

Live streaming merupakan salah satu kegiatan mudah yang bisa kita lakukan sendiri di rumah. Hanya dengan menggunakan kamera, tripod, dan juga jaringan internet kita sudah bisa melakukan siaran langsung kita dengan sederhana dan simpel. Banyak yang sudah melakukan siaran langsung dengan menggunakan banyak platform penyedia siaran langsung. Alatnya pun juga tergolong mudah dan dapat dibeli dimana saja karena hal tersebut merupakan hal yang lumrah yang sering ditemui di pasaran.

Akses informasi live streaming ke seluruh dunia sudah cukup mudah karena internet telah menghubungkan kita semua menjadi satu kesatuan tanpa ada sebuah batas lagi. Selain itu teknologi internet juga sudah bisa didapatkan oleh hampir seluruh masyarakat di dunia. Internet membuat kita bisa saling mengerti budaya dari satu sama lain. Live streaming juga bisa diakses oleh banyak orang karena dunia maya ini benar-benar tak terbatas.

Latar Belakang Ramenya kebutuhan live streaming video

Perkembangan kondisi dunia yang terdampak pada perubahan global PPKM dan Pandemi

Perkembangan dunia teknologi membawa kita kepada kemajuan teknologi teknologi modern. Salah satunya yaitu pada setiap penyelenggaraan sebuah acara atau event. Pada zaman dahulu apabila mengatakan sebuah event tentunya kita harus menghadiri acara tersebut agar kita bisa mengikuti jalannya sebuah acara yang sedang diselenggarakan. Akan tetapi pada kemajuan teknologi sekarang kita bisa memanfaatkan sebuah perform live streaming sebagai sarana agar kita lebih mudah untuk menyelenggarakan sebuah acara tanpa harus menghadiri acara tersebut. Dengan menggunakan live streaming ini kita menjadi lebih mudah untuk menghadiri sebuah acara  ataupun mengadakan sebuah acara dan lebih menghemat pengeluaran kita saat mengadakan sebuah event.

Kondisi perkembangan teknologi informasi dan peralatan live streaming.

Perkembangan teknologi live streaming yang semakin maju, membuat pabrikan mengeluarkan berbagai macam perangkat kamera dan berbagai keperluan streaming, seperti MIXER kamera, jenis kamera PTZ, kamera pabrikan mini untuk streaming dan masih banyak lagi. Munculnya persaingan teknologi streaming ini dipicu adanya pertumbuhan permintaan dari pasar akan kebutuhan live streaming.

Kebutuhan live streaming

Sangat dibutuhkan pada masa pandemi seperti saat ini. Karena dengan menggunakan live streaming kita bisa mengadakan sebuah acara tanpa mengundang banyak audience. Ada dua dalam menyelenggarakan sebuah acara live streaming, yang pertama yaitu streaming yang diselenggarakan tanpa mengundang sama sekali undangan akan tetapi menyiarkannya melalui platform streaming. Yang kedua yaitu diselenggarakan secara hybrid, yaitu acara ini diselenggarakan dengan mengundang sebagian tamu undangan ke tempat acara dan yang lainnya menyaksikannya melalui platform live streaming. Membicarakan tentang live streaming, studio Pelangi merupakan salah satu penyedia jasa layanan live streaming khususnya bagi Anda yang bertempat tinggal di Kota Semarang dan sekitarnya. Studio Pelangi sebagai event production Yang berpengalaman selama bertahun-tahun tentunya studio Pelangi memiliki banyak klien yang pernah menggunakan jasa dari studio Pelangi. Pelangi dipercaya oleh dari berbagai perusahaan swasta ataupun milik negara.  Sehingga klien dari studio Pelangi yaitu dari perusahaan swasta ataupun perusahaan negara pernah menggunakan jasa layanan live streaming milik studio Pelangi. Salah satu klien yang menggunakan jasa layanan dari studio Pelangi yaitu Bank BRI Sudiarto Semarang.

DEFINISI DAN PENGERTIAN JASA LIVE STREAMING

Live streaming adalah sebuah siaran langsung yang disiarkan secara real-time. Artinya, pada waktu itu benar-benar menayangkan siaran langsung dan biasanya sang streamer ada dan memandu acara dari live streaming tersebut. Perbedaan lainnya adalah live streaming kita bisa mengirim komentar ataupun reaksi kita kepada para streamer dan mereka juga bisa mengetahui komentar kita pada saat itu. Live streaming juga mampu menarik perhatian para penonton 10x lebih banyak daripada video streaming biasa.

Sedangkan jasa live streaming adalah jasa penyedia yang akan membantu Anda menayangkan live streaming. Jasa live streaming biasanya memberikan Anda banyak manfaat ketika anda menggunakan. Anda hanya tinggal bersiap menyiapkan konsep untuk live streaming Anda dan pihak vendor live streaming akan merekam dan menyiarkan siaran Anda dengan kualitas yang lebih baik. Dengan begitu Anda bisa lebih berkonsenterasi dengan siaran langsung Anda tanpa memikirkan alat karena semua alat sudah disiapkan oleh pihak vendor jasa live streaming.

PERKEMBANGAN TEKNOLOGI PERALATAN LIVE STREAMING

Peralatan sederhana sebenarnya bisa kita gunakan untuk melakukan live streaming. Kamera ponsel di zaman sekarang sudah melalui banyak perkembangan dari waktu ke waktu. Kita bisa memanfaatkannya dengan menggunakan kamera dari ponsel kita untuk melakukan live streaming sederhana kita. Selain itu menggunakan kamera ponsel juga terhitung mudah dan terlihat ringan dan mudah dibawa kemana-mana. Jadi kita bisa melakukan siaran langsung dimanapun dan kapanpun kita berada.

Dimasa pandemi kini banyak sekali orang yang mencoba banyak hal baru salah satunya adalah live streaming. Karena masa pandemi juga membuat banyak orang bisa menghabiskan lebih lama waktu untuk menatap layar ponsel karena banyak waktu yang bisa dihabiskan didalam rumah. Untuk para pemula biasanya kita hanya membutuhkan kamera dari ponsel, tripod khusus ponsel sebagai penyangga agar kamera kita tetap stabil dan juga jaringan internat agar kita bisa terhubung dangan banyak orang. Selain itu, siaran langsung yang dilakukan juga harus menarik agar bisa menarik perhatian banyak orang. Live streaming juga harus dilakukan secara konsisten agar para penonton tidak terlalu lama menunggu siaran kita dan malah akan beralih ke siaran lainnya.

Perbedaaan yang sangat berbeda ada pada keperluan kita saat melakukan live streaming. Jika pada siaran langsung yang berskala besar tentu saja harus membutuhkan beberapa alat canggih supaya bisa menunjang keindahan dari live streaming tersebut. Biasanya live streaming yang berskala besar juga merupakan acara formal yang dihadiri oleh banyak orang dan merupakan acara besar yang dihadiri oleh beberapa orang penting. Alat yang biasanya digunakan dalam dunia broadcast adalah kamera, mixer, tripot, lampu, green screen, dan alat lainnya. Beberapa alat tersebut juga selalu mengalami perkembangan agar mampu mendapatkan kualitas terbaik dan bisa semakin menarik banyak perhatian penonton.

Live streaming dengan menggunakan green screen pastinya harus melewati beberapa tahap terlebih dahulu sebelum ditayangkan secara langsung dan disaksikan banyak orang. Karena green screen merupakan alat yang membantu menghilangkan background pada video dan menggantinya dengan video/gambar lainnya agar lebih terlihat menarik. Jika pada video streaming pre-recorded mereka mengeditnya terlebih dahulu dengan menggunakan aplikasi software lalu baru mengunggahnya pada situs seperti Youtube, berbeda dengan siaran live streaming yang merupakan siaran yang langsung bisa disaksikan dengan banyak orang. Biasanya mereka menggunakan aplikasi khusus untuk menggabungkan ketiga hal tersebut, biasanya menggunakan aplikasi software vMix dan juga OBS.

Vmix merupakan adalah Software Video Mixer dan Switcher yang memanfaatkan kemajuan dalam perangkat keras komputer untuk memberikan video HD sewaktu melakukan siaran langsung. Sedangkan OBS merupakan kependekan dari Open Broadcasting Software yang merupakan salah satu software atau perangkat lunak broadcast yang digunakan dalam streaming serta kebutuhan recording. Dua aplikasi ini yang biasanya digunakan untuk menggabungkan ketiga hal tersebut menjadi sebuah satu kesatuan yang akhirnya menjadi video menakjubkan yang bisa disaksikan oleh banyak orang tersebut.

See also  Jasa Live Streaming Semarang

MANFAAT JASA LIVE STREAMING

Penggunaan live streaming memiliki banyak manfaat yang bisa didapatkan. Mulai dari penggunaan pribadi hingga untuk perusahaan kita. Selain itu, menggunakan jasa live streaming kita juga bisa mendapatkan banyak keuntungan. Jasa live streaming untuk perorangan merupakan penggunaan pribadi untuk diri sendiri dan biasanya bersifat informal. Live streaming secara pribadi biasanya menggunakan platform Youtube, Instagram, dan media sosial lainnya. Jasa live streaming untuk Youtube jika mampu menampilkan hal yang menarik perhatian dari para penggunanya pasti akan mendapatkan banyak penonton dan mampu membuat akun kita semakin naik dan memiliki banyak peminat.

Media sosial lain yang bisa digunakan untuk live streaming adalah instagram. Di indonesia pengguna Instagram termasuk yang terbanyak ketiga setelah Whatsapp dan juga Youtube. Maka dari itu potensi menarik perhatian banyak orang lewat media Instagram sangat besar karena penggunanya saja sudah cukup banyak, hanya saja tinggal menciptakan inovasi dan siaran yang menarik.

Sedangkan jasa live streaming untuk perusahaan swasta bisa untuk melakukan promosi untuk dalam rangka inovasi baru, peluncuran produk baru, atau hal lainnya yang bisa menarik banyak perhatian lebih banyak pelanggannya. Promosi sebagai salah satu dari bagian proses penjualan produk. Penjualan yang dilakukan promosi secara besar besaran di media tentu saja akan dapat menarik perhatian banyak orang. Secara berkala mengadakan live streaming agar bisa menciptakan brand awareness kepada seluruh masyarakat. Merupakan salah satu dari manfaat melakukan live streaming.

Bagi instansi pemerintah juga live streaming mampu memberikan manfaat, seperti melakukan sosialisasi ataupun penyuluhan dengan mudah karena menyelenggarakan siaran langsung lewat media sosial dimana disana sangat banyak penggunanya. Dengan melakukan pendekatan seperti itu, masyarakat akan dengan mudah menerima hal tersebut. Pemerintah juga akan merasa lega jika bisa terlaksana dengan baik.

PEDOMAN DALAM MEMILIH VENDOR JASA LIVE STREAMING

1. Melihat portfolio perusahaan dan testimoni klien

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan melihat testimoni dari para klien calon vendor yang akan dipilih. Testimoni dari para pelanggan adalah ulasan paling jujur karena memang seperti itulah hasil dari pekerjaan vendor tersebut, apakah hasilnya memuaskan, atau mungkin masih kurang. Hal itu bisa jadi sebuah acuan utama dalam memilih.

2. Legal perusahaan

Penting juga untuk mengetahui perusahaan tersebut sudah legal atau belum. Perusahaan yang belum legal belum ada jaminan pasti yang bisa digunakan jika ada hal yang tidak diinginkan terjadi.

3. SDM crew vendor

Penting dalam melihat siapa saja SDM yang bekerja pada perusahaan tersebut. SDM yang dipilih harus berkualitas agar dapat menghasilkan hasil yang baik dan bisa bertanggung jawab.

4. Didukung alat-alat yang professional dan memadai

Selain SDM yang memadai, alat yang profesional dan dalam kondisi baik patut diperhatikan karena juga akan berpengaruh terhadap hasilnya dan dapat menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

5. Berpengalaman dalam pekerjaan

Memiliki pengalaman juga menjadi hal utama yang dibutuhkan karena dengan adanya pengalaman karena jika ada hal yang tidak diinginkan akan bisa mengatasi hal tersebut dan mampu bertanggung jawab.

6. Liat pertimbangan daftar harga

Pertimbangan harga patut dilakukan karena kita harus bisa menyesuaikan dengan budget yang kita miliki dan dengan hasil yang didapatkan, apakah sepadan dengan hasil dan harga yang dibayarkan.

7. Berdiskusi dengan vendor penyedia jasa live streaming

Tahap terakhir sebelum memutuskan untuk bekerjasama dengan vendor penyedia jasa live streaming, kita kembali berdiskusi dengan vendor tersebut untuk membahasa keseluruhannya dan memastikannya sekali lagi apakah sudah cocok dengan apa yang kita harapkan.

BERBAGAI JENIS JASA LAYANAN LIVE STREAMING

Live streaming pada dasarnya merupakan sebuah siaran yang menayangkan sebuah acara secara langsung. Live streaming punya banyak jenis ditengah masa pandemi karena kita dilarang untuk menciptakan kerumunan. Berikut ini beberapa jenis acara yang bisa dijadikan live streaming.

  • Live streaming pernikahan / wedding
  • Live streaming wisuda
  • Live streaming konser
  • Live streaming upacara
  • Live streaming webbinar
  • Livestreaming E-sport
  • Live streaming event wrkshop
  • Live streaming event lomba
  • Live streaming virtual event
  • Live streaming acara pengajian keagamaan
  • Live Streaming pemberkatan dan peneguhan nikah (kudus) / Holy Matrimony
  • Live Streaming Acara Resepsi Pernikahan (Wedding)
  • Live Streaming Promosi dan Launching Produk
  • Live Streaming Acara Akad Nikah
  • Live Streaming Talkshow
  • Live Streaming Acara Ulang Tahun
  • Live Streaming Virtual Meeting Perusahaan
  • Live Streaming Seminar / Workshop
  • Live Streaming Webinar
  • Live Streaming Event Konser Musik
  • Live Streaming Wisuda Sekolah Online
  • Live Streaming Teleconference Meeting
  • Live Streaming Lamaran/Tunangan/Engagement
  • Live Streaming Event Game E-sport
  • Live Streaming Acara Olahraga
  • Live Streaming Acara keagamaan Gereja

DAFTAR HARGA LIVE STREAMING

A. LIVE STREAMING PACKAGE

Purpose : live perform, live show, acara keagamaan, talkshow

1. Paket Stream Basic 1 shift 1.950.000

● Live video 1 camera HDV Full HD
● Broadcast quality video capture card
● 1 unit PC/Notebook streaming Core i7
● Single platform : YouTube, (Instagram + Rp.750.000,-)
● Tanpa Zoom
● Free operator & technical support
● *) Koneksi internet dari klien minimal 10 Mbps

2. Paket Stream Plus HDV 1 shift 3.500.000

● Live video 2 camera HDV Full HD
● Video recording
● Broadcast quality video capture card
● Broadcast quality sound card
● Video switcher 4 channel Full HD
● Audio mixer
● 1 unit PC/Notebook streaming Core i7
● 1 unit notebook host/presentation
● Live streaming dual platform
● Available platform : YouTube, (Instagram + Rp.750.000,-)
● Sound system 1000 watt + 4 Wireless
● Free operator & technical support
● Free 1 unit backup modem 4G
● Free 1 unit LED TV monitor FHD 43″ + stand
● *) Koneksi internet dari klien minimal 20 Mbps

B. TELECONFERENCE PACKAGE ZOOM + STREAMING

Purpose : virtual meeting, webinar, teleconference
1. Paket Connect Plus 1 shift 4.500.000

● Live video 2 camera HDV Full HD
● Video recording & editing
● Broadcast quality video capture card
● Broadcast quality sound card
● Video switcher 4 channel Full HD
● 1 unit PC/Notebook streaming Core i7
● 1 unit notebook host/presentation
● 2 unit studio lighting LED + stand
● Sound system 1000 Watt + 4 wireless microphone/wireless clip on
● Free operator & technical support
● Live streaming dual platform
● Available meeting/conference platform : Zoom/ Skype/ Webex/ Google Meet/ MS Team
● Available streaming platform : YouTube, (Instagram + Rp.750.000,-)
● Free 2 unit backup modem 4G
● Free use Zoom meeting up to 100 -300 participants
● Free 1 unit LED TV monitor FHD 43″ + stand
● *) Koneksi internet dari klien minimal 20 Mbps

2. Paket Connect Plus XD 1 shift 6.250.000

● Live video 3 camera XDCam Full HD
● Video recording & editing
● Broadcast quality video capture card
● Broadcast quality sound card
● Video switcher 4 channel Full HD
● 1 unit PC/Notebook streaming Core i7
● 1 unit notebook host/presentation
● 4 unit studio lighting LED + stand
● Sound system 3000 Watt + 2 wireless microphone/wireless clip on
● Free operator & technical support
● Live streaming dual platform
● Available meeting/conference platform : Zoom/ Skype/ Webex/ Google Meet/ MS Team
● Available streaming platform : YouTube, (Instagram + Rp.750.000,-)
● Free 2 unit backup modem 4G
● Free use Zoom meeting up to 500 participants
● Free 1 unit LED TV monitor FHD 43″ + stand
● *) Koneksi internet dari klien minimal 20 Mbps

Catatan :
● 1 shift = 5 jam, untuk pemakaian 2 shift/full day dikenakan tambahan biaya sewa 50%
● Harga sewa proyektor, screen, LED screen, TV plasma/LED, notebook, PC sudah termasuk instalasi standar (kecuali disebut khusus)
● Pembayaran DP minimal 50%, sisa pembayaran dilunasi sebelum acara.

C. Paket Jasa VIRTUAL STUDIO : Zoom + teleconfrence ULTIMATE Rp. 9.000.000,- /ontime

1. PAKET Equipment

● Kamera live 3 Camera (NX100) FULL HD + MC 88
● Dua arah maksimal 4 jam
● Kualitas video bisa mencapai 1080 p (sesuai koneksi internet)
● Koneksi Internet 50 MB dari kami
● Instalasi estimasi waktu 5 jam sebelum acara
● Kelebihan waktu atau overtime dikenakan biaya 300rb/jam
● Available on Zoom + Youtube Streaming + Instagram
● SDM : 7 orang ·Kamera NX 100 + Operator
● Laptop Zoom + operator
● Include Mix Desain : untuk membuat Grafis tampilan dan presentasi
● Mixer Kamera HD 4 input, 8 Chanel
● Zoom akun sampai 500 peserta
● Preview Monitor 2 TV 42 inch
● Include Green Screen 2,5×4 meter .
● Include 1 Virtual SET Background Desain

Green Screen SET tambahan

● Ukuran 2,5×4 meter ( inframe 2 orang) –> Rp 1.500.000,-
● Ukuran 2,5×6 meter ( inframe sd 4 orang) —> Rp 2.500.000,-
● Ukuran 2,5×6 meter + wing 2,5×2 meter 2 unit ( inframe 6 orang) –> Rp. 9.000.000,-

PERALATAN JASA LIVE STREAMING

Live streaming membutuhkan banyak peralatan menunjang yang digunakan. Terlebih lagi jika kita menginginkan hasil yang lebih, tentu saja kita harus mengeluarkan effort yang berlebih juga. Peralatan yang biasanya digunakan dalam melakukan siaran langsung adalah,

● Berbagai jenis kamera
Berbagai jenis kamera sesuai fungsinya akan salling bekerja satu sama lain dan akan menghasilkan hasil yang baik.

● MIXER kamera

● Software streaming
Software streaming digunakan untuk menggabungkan berbagai macam video dan juga gambar agar bisa ditayangkan bersamaan. Contohnya seperti vMix dan juga OBS.
● Lighting
Pencahayaan yang tepat dan baik akan mendapatkan hasil rekaman yang bagus dan menakjubkan, ditambah lagi dengan kualitas kamera yang sangat baik. Pastinya akan membuat hasil semakin maksimal.
● Green screen
Digunakan biasanya sebagai pelengkap untuk virtual stage agar semakin indah tampilan live streaming yang disiarkan. Green screen mempermudah dalam proses menyeleksi background agar diganti dengan video atau gambar yang lebih menarik.

MEMILIH MEDIA PLATFORM JASA LIVE STREAMING

Banyak platform yang menyediakan jasa live streaming agar para penggunanya tetap bisa berinteraksi dengan semua orang-orang yang mereka sayangi. Pemilihan platform untuk live streaming tergantung dari pilihan Anda masing-masing. Beberapa platform penyedia jasa live streaming adalah,
● Youtube.
Media ini sudah tidak asing bagi semua orang. Youtube memiliki banyak jenis video dari mulai hibran hingga edukasi. Pada perkembangannya Youtube akhirnya membuat fitur live streaming dimana hal itu juga diikuti oleh beberapa platform media sosial lainnya.
● Instagram
Memiliki pengguna terbanyak setelah Whatsapp dan Youtube, Instagram juga punya fitur live streaming yang memungkinkan kita untuk menjangkau lebih banyak orang dan berinteraksi dengan lebih mudah.
● Facebook
Facebook memiliki hampi 2,7 miliar pengguna aktif di dunia. Tidak ada salahnya jika kita mencoba melakukan siaran langsung disana. Akan ada banyak orang yang bisa menyaksikan siaran langsung kita dimanapun mereka berada.
● Zoom
Platform ini akhir-akhir ini tengah naik daun akibat merebaknya virus corona. Banyak orang yang melakukan kegiatan mulai dari belajar hingga bekerja di sini.
● Marketplace
Marketplace online saat ini tengah jadi sorotan karena masa pandemi yang tidak memungkinkan kita untuk keluar rumah, maka kita punya pilihan lain yaitu berbelanja melalui toko online. Mengadakan promosi disana akan memiliki potensi pasar yang sangat luas terutama jika kita bisa memberikan diskon yang tentu saja dapat menarik banyak pembeli.

See also  Jasa Video Shooting Pernikahan Terbaik dan Termurah

KEUNTUNGAN DAN KELEBIHAN JASA LIVE STREAMING DIBANDING PROMOSI LAIN

● Memberikan info update terbaru

Live streaming merupakan siaran yang ditayangkan secara real-time atau waktu sebenar-benarnya. Para streamer yang melakukan siaran ada dan datang secara langsung. Jadi mereka tentu saja memberikan info terbaru karena kondisinya mereka benar-benar live secara langsung.

● Menjaga hubungan dengan audience atau customer

Dengan adanya live streaming yang konsisten dan teratur, kita bisa dengan stabil menjaga hubungan kita dengan para audience/customer karena kegiatan bertahap yang kita lakukan membuat mereka menunggu kita untuk melakukan siaran setiap waktunya.

● Membangun brand awareness

Dengan adanya rutinitas atau kegiatan yang ada tersebut, secara otomatis kita bisa membangun brand awareness dengan para pelanggan kita. Hal tersebut akan berpengaruh terhadap penjualan kita.

● Lebih memahami keinginan customer

Dengan live streaming kita bisa semakin dekat dengan para pelanggan kita dan kita jadi semakin tahu apa yang diinginkan para pelanggan. Hal tersebut bisa diketahui saat mereka mengirimkan komentar dan reaksi mereka kepada kita.

● Penyampaian konten dengan mudah dan hemat

Siaran langsung merupakan cara termudah dalam promosi, karena kita bisa dengan nyaman berbicara mengenai kelebihan dan keuntungan dari produk yang kita tawarkan.

TEKNIK DAN TUTORIAL LIVE STREAMING PEMULA

Pada awalnya memang kita membutuhkan sebuah persiapan yang matang saat ingin memulai siaran langsung. Berikut ini merupakan cara memulai live streaming

● Melakukan persiapan awal

Melakukan persiapan yang matang harus jadi hal utama yang dilakukan. Jika tidak ada persiapan, semuanya kan terasa merepotkan. Kamera, tripod, dan mic bila perlu suapaya suara dapat terdengar dengan jelas. Tripod yang disediakan berfungsi nagar kamera tetap stabil saat siaran berlangsung.

● Konsisten dengan konsep konten dan visual

Jadi konsisten itu baik, semua orang akan sudah konsep yang tertata dan rapi. Konten yang disiapkan harus bisa menyambung satu sama lain. Jika yidak, itu akan membuat para penonton terheran-heran dengan acara yang kita bawakan dan berdampak pada penonton yang didapatkan.

● Melakukan interaksi yang baik dengan penonton

Tujuan dari melakukan siaran langsung salah satunya adalah agar kita bisa berinteraksi dengan para penonton. Meskipun tidak secara langsung, tapi stidaknya semua yang mereka tanyakan harus bisa kita pahami dan jadilah pendengar yang baik yang bisa menerima kritik dan saran dari para penonton.

● Mempromosikan acara live streaming sehingga banyak yang menonton

Promosi merupakan hal yang terakhir yang dilakukan. Ketika semuanya siap tapi tidak ada prmosi satupun, siapa yang akan melihat siaran langsung kita. Maka dari itu perlunya promosi agar banyak orang yang bisa tertarik menonton siaran langsung kita. Jangan lupa membuat media promosi yang bisa menarik perhatian orang lain.

BERAGAM ACARA YANG BISA DIBUAT LIVE STREAMING

Banyak sekali sebenarnya acara yang bisa dibuat secara live streaming. Hal tersebut tergantu dari kita sendiri bagaimana mengemasnya. Jika yang diselenggarakan menarik, tentu saja akan mendapatkan banyak penonton. Maka dari itu kita harus dengan matang menyiapkan konsep live streaming yang akan diselenggarakan. Dengan begitu live streaming kita akan sukses dan mendapatkan banyak penonton. Yang biasanya diselenggarakan secara live streaming adalah siaran langsung pernikahan, live streaming webinar, live streaming wisuda, dan masih banyak yang lainnya.

KONSEP LIVE STREAMING

● Virtual event

Virtual event merupakan tambahan panggung virtual (tidak nyata) pada video kita. Tujuannya adalah semakin mempercantik siaran langsung kita dan akhirnya bisa menarik banyak perhatian penonton.

● Konsep live streaming

Live streaming merupakan siaran langsung yang tanpa adanya proses pengeditan terlebih dahulu. Waktu yang diselenggarakan real-time benar benar waktu saat ini. Dan komentar serta reaksi yang dikirimkan bisa langsung tersampaikan kepada sang streamer.

● Konsep live streaming hybrid

Live streaming hybrid ini merupakan sebuah konsep live streaming dimana sebagian penontonnya hadir di lokasi acara berlangsung dan sebagian lagi menyaksikannya lewat siaran langsung. Biasanya ini ada pada webinar.

 

FAQ SEPUTAR LIVE STREAMING

APA ARTI DARI LIVE STREAMING?

Live streaming atau biasa disebut dengan siaran langsung merupakan video yang disiarkan langsung dengan menggunakan media aplikasi dan jaringan internet. Live streaming ini disiarkan langsung pada saat kejadian, jadi tidak perlu repot mengeditnya. Saat akun Anda melakukan siaran langsung, maka para pengikut Anda akan mendapat notifikasi dan membuka siaran langsung Anda. Mereka bisa juga berkomentar dan Anda bisa langsung menjawabnya melalui siaran langsung itu.

APA ITU JASA LIVE STREAMING?

Live streaming atau biasa disebut dengan siaran langsung merupakan video yang disiarkan langsung dengan menggunakan media aplikasi dan jaringan internet. Live streaming ini disiarkan langsung pada saat kejadian, jadi tidak perlu repot mengedit videonya. Jasa live streaming merupakan penyedia jasa untuk melakukan siaran langsung.

 

APA PERBEDAAN STREAMING DAN LIVE STREAMING?

Meskipun sama-sama streaming, nyatanya keduanya adalah kegiatan yang cukup berbeda. Tidak jarang orang mengira jika streaming dan live streaming adalah hal yang sama. Selengkapnya Baca: Perbedaan Streaming dan Live Streaming

 

APA SAJA MACAM-MACAM JASA LIVE STREAMING?

 


Untuk menggunakan dan memulai live streaming sebaiknya Anda mengetahui paket atau layanan apa saja yang ada di sana. Nah, pada kesempatan kali ini akan kita bahas 5 layanan saja namun jika diulas lagi masih ada banyak lagi. Selengkapnya: Macam-macam Jasa Live Streaming

APA PENTINGNYA MENGGUNAKAN JASA LIVE STREAMING?

Untuk saat ini, penggunaan live streaming itu penting sekali karena ada banyak alasan yang mendasari. Salah satunya adalah karena adanya masa pandemi yang melarang kita untuk keluar rumah. Inilah dia alasan mengapa jasa tersebut sangat penting di zaman ini. Lebih Lengkap Silahkan Baca: Pentingnya Menggunakan Jasa Live Streaming

BAGAIMANA MEMILIH JASA LIVE STREAMING YANG BAIK DAN BENAR?

Untuk menggunakan jasa ini untuk live streaming tidak boleh sembarangan loh. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar bisa mendapatkan jasa live streaming terbaik dan juga mempu memuaskan Anda. Selengkapnya: 5 Cara Memilih Jasa Live Streaming yang Baik dan Benar

BAGAIMANA CARA PROMOSI DENGAN MEDIA LIVE STREAMING?

Saat pertemuan dengan orang banyak dibatasi, bukan berarti usaha Anda juga ikut berhenti. Justru adanya teknologi perlu dimanfaatkan dengan sebaik mungkin untuk mendapatkan keuntungan. Ada banyak hal yang bisa dilakukan dengan promosi ini. Selengkapnya Baca: Cara Promosi Dengan Media Live Streaming

PLATFORM APA YANG BISA DIGUNAKAN UNTUK LIVE STREAMING?

Anda tidak perlu bingung harus melakukan siaran langsung di platform media sosial apa dan bagaimana cara menyiarkannya. Selama memiliki akun media sosial, streaming bisa dijalankan. Baca: 4 Platform yang bisa digunakan untuk live streaming

BERAPA HARGA PASARAN JASA LIVE STREAMING?

Jika berbicara soal harga jasa live streaming ada bermacam-macam jenisnya. Ada jasa yang menawarkan harga murah ada juga yang mahal dan hal itu relatif. Biaya yang akan Anda keluarkan nantinya akan disesuaikan dengan beberapa hal yang ada pada artikel berikut ini: Paket Harga Live Streaming

APA SAJA KEUNTUNGAN MENGGUNAKAN JASA LIVE STREAMING MURAH?

Pada saat ini, ada banyak sekali jasa live streaming murah. Meskipun murah mereka juga akan memberikan layanan yang berkualitas dalam hal live streaming. Selain itu, menggunakan jasa ini akan memberikan Anda beberapa keuntungan, Selengkapnya Baca: Jasa Live Streaming Murah

Portfolio studio Pelangi

Pada kesempatan kali ini video Pelangi dipercaya untuk mengurus sebuah event yang diselenggarakan oleh bank BRI Sudiarto. Mungkin BRI sudah tidak asing lagi bagi kita, BRI atau singkatan dari  Bank rakyat Indonesia, salah satu perusahaan milik Badan Usaha Milik Negara atau disingkat dengan BUMN, berada di bagian keuangan yang melayani simpan pinjam dana rakyat Indonesia. Acara yang diselenggarakan oleh bank BRI kali ini yaitu acara ” Panen Hadiah Simpedes tahap 1 tahun 2021″ atau disingkat PHS 2021. Tujuan diselenggarakannya acara ini adalah untuk mengapresiasi nasabah Setia Bank BRI yaitu dengan mengundi berbagai macam hadiah agar nasabah semakin bersemangat dalam menggunakan jasa layanan bank BRI. Adapun berbagai macam hadiah yang diundi pada acara PHS 2021 ini , hadiah utamanya yaitu sebuah mobil, kemudian ada kulkas, TV, kipas angin dan hadiah lainnya. Karena dengan diadakannya acara ini nasabah akan semakin bersemangat dan semakin mempercayakan kebutuhannya kepada bank BRI khususnya yang berada di Kota Semarang ini. Acara ini dihadiri oleh jajaran pegawai Bank BRI Sudiarto dan dihadiri pula oleh dari nasabah bank BRI. Dikarenakan masih masa pandemi acara ini diselenggarakan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang sudah ada, seperti menggunakan masker, menjaga jarak, menggunakan hand sanitizer. Meskipun pemerintah sudah menurunkan status zona di Kota Semarang, akan tetapi mematuhi protokol kesehatan itu wajib agar kita tetap terlindungi dari segala penyakit pertama covid-19. 

Acara Panen Hadiah Simpedes yang diselenggarakan oleh bank BRI Sudiarto, dilaksanakan pada Kamis, 4 November 2021 yang bertempatkan di Hotel Ciputra.  Hotel Ciputra merupakan salah satu hotel terkenal yang berada di Kota Semarang yang beralamatkan di Jl. Simpang 5 NO 1. Pakunden, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah. Acara ini berjalan dengan kondusif acara yang diselenggarakan pun berjalan dengan baik tanpa adanya sebuah masalah. 

Studio Pelangi sebagai penyedia jasa layanan pada acara yang diselenggarakan oleh bank BRI Sudiarto, dapat menyelesaikan semua pekerjaannya dengan baik tanpa adanya masalah, karena studio Pelangi merupakan salah satu event production Yang berpengalaman, didukung oleh tim yang berpengalaman dalam bidang yang selama bertahun-tahun, pekerjaan yang dipercayakan kepada studio Pelangi dapat ditangani dengan baik tanpa adanya masalah Kendala. Atas koordinasi yang baik antara panitia penyelenggara dengan tim studio Pelangi sehingga acara Panen Hadiah Simpedes tahapan 1 tahun 2021, yang diselenggarakan oleh bank BRI Sudiarto, sukses diselenggarakan.

Kamera studio Pelangi

Studio Pelangi sebagai event production Yang berpengalaman tentunya didukung dengan alat-alat yang berkualitas sehingga mampu memberikan kontribusi terbaik pada sebuah acara, Berikut ini adalah kamera yang digunakan studio Pelangi dalam acara panen hadiah simpedes yang diselenggarakan oleh bank BRI Sudiarto :

SONY NX 100

  • Single 1″ Exmor R CMOS Sensor.
  • 1920×1080 up to 60p.
  • Sony G Lens with 12x Optical Zoom.
  • 24x Clear Gambar Zoom, 48x Digital Zoom.
  • Discrete Manual Konsentrasi, Zoom, Irish Rings.
  • XAVC S, AVCHD 2.0, DV Recording Codecs.
  • Create dan Sharing Picture Profiles.
  • Slow and Quick Motion Function.

SONY MC 88

  • 14.2MP 1″ Exmor RS CMOS Sensor.
  • BIONZ X gambar prosesor.
  • Record up to Full HD 1080p60 at 28 Mb/s.
  • 29mm ZEISS Lensa Wide-Angle.
  • OLED Viewfinder dengan 2.36 Million Dots.
  • Sony Multi Interface (MI) Shoe.
  • 3.5″ OLED touchscreen LCD monitor.
  • 0.39″ viewfinder.

Info pemesanan

Bagaimana Apakah anda tertarik menggunakan jasa layanan live  streaming studio Pelangi? Studio Pelangi sebagai penyedia jasa layanan live streaming, tentunya studio Pelangi akan memberikan kontribusi terbaik bagi acara yang akan anda selenggarakan, dengan didukung nya dari tim studio Pelangi Yang berpengalaman sehingga acara yang akan anda selenggarakan akan menimbulkan kesan yang sangat baik pada setiap momen yang akan anda selenggarakan. Sudah banyak yang membuktikan jasa layanan live streaming studio Pelangi merupakan jasa yang sangat baik dan profesional, sekarang giliran anda. Segera hubungi kami di  0821-3867-4412.

Pasti akan datang dan siap untuk menayangkan segala acara yang akan anda selenggarakan.