Webinar merupakan sebuah singkatan dari web seminar, seminar yang dilakukan secara online. Webinar kini mulai banyak digunakan untuk mengganti seminar secara offline karena adanya pandemi yang melanda karena berpotensi dapat menyebarkan virus covid-19. Seminar biasanya memberikan pengajaran dan berbagai informasi. Webinar sama saja dengan seminar, hanya saja dilakukan secara online tanpa bertatap muka secara langsung. Webinar bisa menggunakan smartphone, laptop, komputer, ataupun ponsel pintar kita. Webinar juga memungkinkan kita dalam menyelenggarakan acara tersebut dalam ruang yang terbatas ataupun sempit karena kita tidak perlu mengundang para audiens ataupun para pengisi acara di sebuah ruangan yang sama sekaligus.

Mungkin banyak yang sedikit bingung mengenai perbedaan webinar dengan workshop. Tujuan diselenggarakannya webinar/seminar adalah pemaparan materi berupa infomasi ataupun perkenalan sebuah program kepada peserta secara umum. Sedangkan untuk workshop adalah mencari solusi dari sebuah masalah yang diangkat menajdi sebuah topik, dan peserta diminta untuk mencari solusi melalui konsep yang telah dijelaskan. Jika webinar hanya dilaksanakan selama durasi waktu 1 hingga 3 jam sesuai topik, sedangkan workshop biasanya dilakukan selama 1 hingga 3 hari tergantung topik yang dibicarakan, biasanya berdurasi sekitar 5-9 jam. Peserta yang hadir jika seminar/webinar adalah orang awm yang ingin menambah pengalaman dan pengatahuan. Sedangkan workshop pesertanya merupakan sesorang yang sudah sangat menguasai materi ataupun seseorang yang ingin mempelajari lebih dalam lagi. 

Seperti acara yang diselenggarakan oleh Kemenko Kemaritiman dan Investasi yang berjudul Webinar Hukum Laut Rebound : UNCLOS 1982 dan Tantangan Kontemporer Perubahan Iklim dan Pendayagunaan Sumber Daya Pesisir di Semarang pada hari Kamis, 21 Oktober 2021. Acara tersebut bekerjasama dengan Kementrian kelautan dan Perikanan dan Universitas Diponegoro. Diselenggarakan di PO Hotel yang beralamat di Jl. Pemuda No.118, Sekayu, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah. Acara Live streaming tersebut diselenggarakan lewat platform Zoom dan juga Youtube. Acara tersebut salah satunya membahas tentang hal yang menjadi perhatian utama di seluruh dunia internasional yaitu efek sea level rise pada delimitasi maritim. Dan Indonesia memiliki kedulatan penuh untuk memanfaatkan sumber daya alam di perairan kedalaman, kepulauan, dan laut teritorial yang harus sbisa dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk kemakmuran rakyat. 

See also  Jasa Live Streaming Area Kabupaten Semarang


Live streaming tersebut menggunakan jasa live streaming dari kami, Studio Pelangi. Kami merupakan perusahaan event production yang terintegrasi dengan baik yang akan menghasilkan kualitas dan hasil yang terbaik untuk kesuksesan acara Anda. Jika Anda berminat, kami siap melayani Anda yang berada di luar kota Semarang, seperti Bandung, Surabaya, Jakarta, malang, Pekalongan, Solo, Yogyakarta, dan kota-kota lainnya. Kami sudah profesional di bidangnya, jadi jangan ragu untuk menggunakan jasa kami. Jika berminat menggunakan jasa live streaming kami bisa segera menghubungi kami lewat whatsapp di 082138674412.