Sekolah merupakan kebutuhan yang paling krusial. Bahkan pemerintah sangat menganjurkan program wajib belajar 12 tahun, mulai dari jenjang SD/sederajat sampai SMA/sederajat. Namun tentu saja, pemilihan sekolah juga menjadi sebuah pertimbangan. Sekolah yang baik selain lingkungan yang nyaman dan aman, akreditasi juga dibutuhkan dalam pertimbangan pemilihan sekolah.

Akreditasi, menurut KBBI adalah pengakuan terhadap lembaga pendidikan yang diberikan oleh badan yang berwenang setelah dinilai bahwa lembaga itu memenuhi syarat kebakuan atau kriteria tertentu. Menurut keputusan menteri Pendidikan Nasional Nomor 087/U/2002, akreditasi sekolah bertujuan untuk

  1. Memperoleh gambaran kinerja sekolah sebagai alat pembinaan, pengembangan, dan peningkatan mutu
  2. Menentukan tingkat kelayakan suatu sekolah dalam penyelenggaraan pelayanan pendidikan

Selain itu, manfaat adanya akreditasi sekolah yaitu,

  1. Acuan dalam upaya peningkatan mutu pendidikan dan perencanaan pengembagan sekolah
  2. Bahan masukan untuk pemberdayaan dan pengembangan kinerja bagi seluruh warga sekolah
  3. Menjadi motivasi peningkatan kualitas sekolah
  4. Selain sebagai sekolah yang berkualitas, sekolah yang sudah terakreditasi juga akan mendapatkan dukungan dari pemerintah, masyarakat maupun sektor swasta dalam hal moral, dana, tenaga kerja dan lain sebagainya.

Maka dari itu, akreditasi sangat diperlukan dalam dunia pendidikan. Akreditasi mendapatkan banyak manfaat baik dari sekolah itu sendiri, para warga sekolah, dan juga para orang tua murid. Orang tua murid akan merasa aman dan nyaman jika mengetahui sekolah tempat anaknya menimba ilmu merupakan sekolah yang terbaik, baik dari segi lingkungan dan juga segi kualitas para pengajarnya. Maka dari itu, akreditasi sekolah sangat dibutuhkan dan merupakan syarat wajib bagi setiap lembaga pendidikan.

 

Akreditasi terdiri dari tiga jenis, A merupakan akreditasi dengan nilai yang sangat memuaskan dengan nilai antara 86-100. Sedangkan predikat B, yaitu baik dengan nilai antara 75-85. Predikat C yaitu Cukup dengan nilai antara 56-70. Jika nilai tersebut kurang dari 65 maka sekolah tersebut belum layak untuk mendapatkan status “terakreditasi”. Mendapatkan akreditasi sekolah juga tidak mudah, sekolah juga harus menyiapakan beberapa hal dan juga melalui proses yang cukup panjang untuk mendapatkan akreditasi. Dan juga akreditasi dilaksanakan setiap 5 tahun sekali.

Akreditasi biasanya dilakukan secara tatap muka, namun karena pandemi covid-19 yang masih belum usai ini, akreditasi terpaksa dilakukan secara online. Namun anda jangan khawatir, Studio Pelangi menyediakan jasa virtual event yang bisa membantu anda dalam mendapatkan tampilan virtual stage yang baik yang mampu membuat anda makin percaya diri dalam menjawab wawancara akreditasi dan mampu mendapatkan nilai yang memuaskan. Studio pelangi merupakan perusahaan event production yang selalu terintegrasi dengan baik yang menghasilkan kualitas, jaringan bisnis dan layanan yang pastinya memberikan kesan yang tak terlupakan bagi acara anda. Studio pelangi tak hanya menyediakan virtual stage untuk acara akreditasi sekolah secara daring saja, tapi kami juga melayani jasa virtual stage custom,

  • Webinar
  • Event online
  • Presentasi online
  • Seminar online

 

 

Bagaimana, apakah anda tertarik menggunakan jasa kami? Studio Pelangi sudah dipercaya oleh beberapa instansi dalam penyelenggaraan event online. Sudah banyak yang menggunakan jasa layanan kami dalam perihal jasa event virtual stage custom. Dengan banyak pengalaman yang kami miliki, Studio Pelangi mampu memberikan anda pengalaman terbaik. Selain itu kami juga melayani jasa virtual stage  custom di daerah luar kota Semarang, seperti  Jakarta, Bandung, Bogor, Depok, dan sekitarnya. Jika anda berminat, bisa menghubungi kami di nomor yang tertera dilaman web kami.


0 Comments

Leave a Reply