Genset merupakan sebuah alat yang dapat membantu untuk menghasilkan energi listrik. Karena kebutuhan listrik yang ada di zaman sekarang sudah semakin banyak, maka tidak heran jika terkadang kita merasakan listrik padam selama beberapa saat. Hal tersebut merupakan salah satu proses untuk perbaikan. Biasanya listrik padam bisa disebabkan oleh beberapa masalah seperti kerusakan di gardu listrik, kerusakan jaringan kabel atau bagian lain dari sistem distribusi, sebuah sirkuit pendek (korsleting), atau kelebihan muatan. Biasanya masalah listrik padam tersebut dialami oleh negara di daerah Asia Tenggara, karena biasanya infrastruktur masih masih belum memadai serta kondisi geografis yang tidak merata. 

Maka dari itu, dalam setiap penyelenggaraan acara ataupun pada beberapa daerah pelosok yang kesusahan dalam mendapatkan akses listrik mereka menggunakan genset agar bisa tetap mendapat aliran listrik. Genset merupakan kependekan dari generator set. Merupakan alat yang bergerak dan mampu menghasilkan listrik karena tenaga kinetiknya dikonversikan menjadi tenaga listrik. Genset diciptakan oleh Michael Faraday dan Rudolph Diesel. Michael Faraday di tahun 1831 menemukan induksi elektromagnetik yang kemudian berkembang menjadi generator modern dan kemudian disempurnakan oleh Hippolyte Pixii pada tahun 1982. Genset merupakan salah satu alat yang mudah untuk digunakan karena bahan bakarnya mudah untuk ditemukan yaitu bensin, atau solar.

Penggunaan Genset

Genset banyak digunakan untuk kebutuhan sehari-hari terutama pada keperluan umum seperti pada sebuah perkantoran, rumah sakit, restoran, serta beberapa tempat umum lainnya. Karena tempat umum tersebut memang sangat bergantung dengan menggunakan listrik setiap harinya untuk melayani kebutuhan umum bagi para masyarakat. Maka dari itu tenaga listrik harus ada agar bisa terus membantu masyarakat dalam kondisi apapun. Tidak hanya untuk membantu para masyarakat saja, namun genset juga biasanya banyak digunakan oleh orang-orang dalam menyelenggarakan sebuah acara. Faktor lain dari listrik padam biasanya juga disebabkan karena penggunaannya yang berlebihan dalam satu waktu. 

See also  Jasa Sewa Sound System Area Semarang

Maka dari itu, untuk menghindari pemadaman listrik yang diluar kapasitas, maka genset digunakan sebagai pengganti aliran listrik agar acara bisa terus berlangsung. Selain itu genset juga mampu mengurangi pengeluaran biaya listrik yang berlebih karena penggunaannya yang berlebihan dalam satu hari. Pada setiap penyelenggaraan acara genset selalu ada dan digunakan untuk menunjang jalannya acara. Biasanya penggunaan genset juga disesuaikan dengan kebutuhan acara yang akan diselenggarakan. 

Cara kerja genset yaitu dengan mengubah tenaga kinetik (gerak) menjadi sebuah tenaga listrik. Genset mengubah energi bahan bakar fosil menjadi energi mekanik, kemudian energi mekanik tersebut dikonversi oleh generator sehingga menghasilkan daya listrik.

Kami Studio Pelangi merupakan penyedia jasa sewa genset. Berikut ini adalah beberapa jenis genset yang kami punya, 

  • Sewa genset 40KVA
  • Sewa genset 50 KVA
  • Sewa genset 60KVA
  • Sewa genset 80KVA
  • Sewa genset 100KVA 

Genset FAQs: 1 KVA= 1000 Watt.

Info pemesanan

Jika Anda akan menyelenggarakan acara, jangan lupa untuk mempertimbangkan menggunakan genset untuk mengurangi kendala listrik padam yang bisa menyebabkan penundaan pada acara. Anda bisa menggunakan jasa sewa genset dari kami. Kami Studio Pelangi merupakan penyedia jasa sewa genset dengan kualitas terbaik dengan penggunaan maksimal selama 8 jam. Jika Anda berminat dengan jasa sewa genset dari kami, Anda bisa menghubungi kami melalui whatsapp di nomor 0813-2976-2650.