Sebuah produksi pembuatan video terbagi atas dua hal, tergantung dari kamera yang digunakan. Yang pertama adalah Single Cam, yaitu sebuah produksi yang dalam proses syutingnya menggunakan 1 kamera saja. Yang kedua adalah Multicam, yaitu sebuah produksi yang dalam proses syutingnya menggunakan lebih dari 1 kamera.

Kebutuhan Video Multi Camera 

Berbagai acara yang biasanya menggunakan system multicam adalah berbagai acara yang sering kita nonton di televisi, seperti acara music, acara varietas, acara permainan, situasi komedi, dan talkshow. Di televisi tentunya kita sering menemukan tayangan dengan keterangan Live di ujung kanan atas. Nah, tayangan televisi yang seperti ini menggunakan system multicam.

Dalam pengambilan video menggunakan system multicam, jenis-jenis peralatan yang digunakan akan lebih beragam jika dibandingkan dengan sistem single cam. Setidaknya ada 11 daftar alat yang wajib dibawa jika akan shooting dengan menggunakan system multicam. Alat-alat tersebut di antaranya:

  1. Audio Mixer
  2. Audio Set (Clip On, Microphone, dsb)
  3. Camera Control Unit/ CCU
  4. Character Generator
  5. Kamera
  6. Monitor
  7. Talkback
  8. Teleprompter
  9. Vision Mixer/ Switcher
  10. Video Tape Recorder
  11. Waveform

Portfolio Studio Pelangi

Membicarakan Video multi camera studio pelangi merupakan salah satu penyedia jasa layanan video multicamera khususnya bagi anda yang tinggal di kota semarang dan sekitarnya. Studio pelangi merupakan salah satu penyedia jasa layanan video shooting yang memiliki pengalaman selama bertahun-tahun, sudah banyak event yang menggunakan jasa dari studio pelangi dan mereka merasakan pelayanan dari studio pelangi yang profesional. Dengan pengalaman yang dimiliki studio pelangi jadi tidak diragukan lagi tentunya studio pelangi memiliki banyak klien dari berbagai daerah di indonesia.

Pada kesempatan kali ini mendapat kepercayaan dari Badan Usaha Milik Negara ( BUMN ) yaitu PT.Phapros, TBK. Phapros merupakan perusahaan nasional yang memproduksi dan memasarkan produk farmasi yang dimiliki oleh Kimia Farma, anak usaha Bio Farma. Acara yang diselenggarakan yaitu acara “TASYAKURAN HUT PT.PHAPROS, TBK KE – 67”. Tujuan diselenggarakannya acara ini yaitu sebagai ungkapan rasa syukur segenap jajaran PT.PHAPROS yang sudah menginjak umur 67 tahun sejak didirikannya oleh  Oei Tiong Ham

Pada 21 Juni 1954. Acara idi dimulai dengan Registrasi Peserta dan Persiapan (09.00 – 09.15), kemudian acara berlanjut dengan Pembukaan dan Menyanyikan lagu kebangsaan indonesia (09.15 – 09.20 ). Setelah menyanyikan lagu kebangsaan indonesia raya acara dilanjutkan dengan Pembacaan Ayat Kursi Al Quran dan Saritilawah (09.20 – 09.25). Acara selanjutnya yaitu sambutan dari Direktur Utama PT Bio Farma (Persero) – Bp. Honesti Basyir, dan dilanjutkan sambutan dari Direktur Utama PT Kimia Farma Tbk – Bp. Verdi Budidarmo dan terakhir sambutan dari Komisaris Utama PT Phapros Tbk – Bp. Maxi Rein Rondonuwu (09.25 – 09.55). Acara berlanjut dengan pemutaran Video Ucapan HUT dari Keluarga PT Kimia Farma Group, kemudian acara dilanjutkan dengan Inspirational Session with Jamil Azzaini dan Simbolis Pemotongan Tumpeng dengan diiringi pembacaan Doa (10.00 – 10.40 ). Kemudian dilanjutkan dengan Pengumuman Juara 1 Lomba Video Ucapan HUT Penyampaian rangkaian event HUT PT Phapros Tbk serta rangkaian HUT RI ke 17 Agustus 2021 secara ringkas  MC kemudian dilanjutkan dengan penutupan acara yang dibawakan oleh MC (10.50 – 11.00). 

Acara ini diselenggarakan pada Senin. 21 Juni 2021 yang diselenggarakan di kantor PT.PHAPROS, TBK yang beralamatkan di  Jl. Simongan No.131, Bongsari, Kec. Semarang Barat, Kota Semarang, Jawa Tengah . Acara ini dihadiri oleh segenap jajaran pimpinan PT.PHAPROS, Kimia Farma dan Bio Farma. Dikarenakan masih dalam situasi pandemi acara ini dilaksanakan secara online, guna memutus rantai penyebaran virus covid-19 yang sedang melanda negeri kita tercinta ini, jadi setiap tamu undangan cukup mengikuti acara ini melalui live streaming zoom dan Youtube yang sudah disediakan.

Acara ini berjalan dengan sukses tanpa adanya kendala, studio pelangi sebagai penyedia jasa layanan Virtual event dapat melakukan tugasnya dengan baik tanpa adanya kendala sehingga acara dibuka hingga ditutup berjalan sesuai susunan acara yang telah dibuat sebelumnya. Atas koordinasi yang baik antara panitia penyelenggara dan tim studio pelangi acara ini sukses dilaksanakan.

Kamera Yang Digunakan Studio Pelangi

Pada “TASYAKURAN HUT PT.PHAPROS, TBK KE – 67” studio pelangi menggunakan kamera SONY NX100 dan Kamera SONY MC 88 dengan Spesifikasi :

SONY NX 100

  • Single 1″ Exmor R CMOS Sensor.
  • 1920×1080 up to 60p.
  • Sony G Lens with 12x Optical Zoom.
  • 24x Clear Image Zoom, 48x Digital Zoom.
  • Discrete Manual Focus, Zoom, Iris Rings.
  • XAVC S, AVCHD 2.0, DV Recording Codecs.
  • Create & Share Picture Profiles.
  • Slow and Quick Motion Function.

SONY MC 88

  • 14.2MP 1″ Exmor RS CMOS Sensor.
  • BIONZ X image processor.
  • Record up to Full HD 1080p60 at 28 Mb/s.
  • 29mm ZEISS Lensa Wide-Angle.
  • OLED Viewfinder dengan 2.36 Million Dots.
  • Sony Multi Interface (MI) Shoe.
  • 3.5″ OLED touchscreen LCD monitor.
  • 0.39″ viewfinder.

Dengan kualitas kamera yang dimiliki oleh studio pelangi tentunya hasil streaming yang dihasilkan sangat memuaskan terlihat jelas dan hidup dan enak untuk dipandang.

Info

Untuk anda yang tertarik dengan jasa sewa video Multicamera kami dan ingin menyewa atau hanya sekedar konsultasi saja, anda dapat menghubungi nomor berikut 0821.3867.4412, dan kami merupakan vendor yang berpengalam sudah bertahun tahun dengan operator dan crew professional yang sudah berpengalaman.

Sekian artikel ini kami buat, semoga bermanfaat dan sampai jumpa di lain artikel