Rasanya sulit dipungkiri, bahwa video company profile merupakan medium yang memiliki pengaruh cukup kuat demi meningkatkan engagement brand dan trust konsumen terhadap suatu perusahaan

Hal ini terbukti dari tren penggunaan video company profile sebagai marketing tools yang masih terus berjalan hingga kini. Selain itu, perubahan perilaku konsumsi atas informasi pun turut jadi faktor penyumbang mengapa tren semacam ini tak kunjung mereda hingga beberapa tahun ke depan. 

Setelah berakhirnya masa-masa di mana sebagian besar orang menggunakan media konvensional seperti koran, brosur, radio, dan televisi, kita memasuki fase di mana informasi jadi lebih mudah diakses. Semuanya mendadak serba cepat dan ringkas. 

Jadi jangan heran, jika ada lebih dari 500 jam konten yang diunggah ke YouTube setiap menitnya. Fakta yang lebih mencengangkan, angka tersebut hanya total konten yang dihitung dari satu platform saja, belum konten yang tersebar di berbagai platform serupa lainnya. 

Bukti tersebut seakan menguatkan posisi video company profile bagi para marketer di hadapan konsumen potensialnya masing-masing. Bisa dikatakan, video semacam ini jadi peluang terbesar bagi setiap brand dalam menciptakan daya tarik yang jauh lebih luas dan efektif demi menjaring minat konsumen maupun mitra bisnis. 

Dengan berpedoman pada pola pikir tersebut, akhirnya muncul kebutuhan untuk memproduksi sebuah video company profile berkualitas tinggi. Lantas, mengapa video seperti ini sangat dibutuhkan sebagai strategi marketing suatu brand?

Alasan pentingnya video company profile bagi perusahaan dan brand tertentu

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, video company profile ini cukup berpengaruh besar terhadap perubahan konsumen potensial menjadi konsumen loyal. Di samping itu, ada beberapa alasan lain di balik kehadiran video profil perusahaan satu ini, antara lain:

  • Media berbagi cerita dengan cara yang menarik

Percayalah, medium video company profile sangat cocok untuk membangun brand awareness dengan sifat multifungsi. Tidak seperti teks yang tertulis, melalui video, Anda tidak menuntut audience untuk menggunakan imajinasi mereka. Justru video company profile membantu para konsumen membentuk ekspektasi terhadap suatu brand melalui kisah yang disampaikan secara menarik dan kreatif. 

  • Membangun trust konsumen terhadap perusahaan

Company profile yang dikemas dalam bentuk video adalah pengantar paling ideal untuk para konsumen yang sebelumnya mungkin belum terlalu mengenal brand perusahaan Anda. Tak sekadar menuturkan cerita, video company profile berkualitas mampu menciptakan trust atau rasa percaya konsumen terhadap brand. Caranya dengan membiarkan audience melihat apa yang terjadi di belakang layar bisnis sekaligus proses kerja yang dilakukan sehari-hari. 

Bukan hanya rasa percaya, video company profile terbaik juga mampu membuka peluang bagi brand supaya tampak lebih menonjol dengan menjelaskan keunikan proses kerja beserta seluruh produk dan jasa yang ditawarkan. 

  • Membantu meningkatkan traffic website

Tahukah Anda, memasukkan video company profile ke dalam website resmi perusahaan ternyata berdampak positif terhadap SEO. Bahkan, video semacam ini mampu meningkatkan traffic ke situs web berdasarkan pencarian organik. Tentu saja, hal ini sangat menguntungkan perusahaan Anda, terutama saat konsumen sedang mencari suatu produk dan jasa yang ditawarkan secara online

Di samping itu, rata-rata pengguna internet menghabiskan sekitar 88% waktu lebih lama pada situs web yang menyematkan video company profile. Artinya, konsumen masa kini lebih reseptif terhadap brand awareness yang Anda buat dan menjadikan brand semakin mudah diingat oleh konsumen ketika mereka memutuskan untuk membeli suatu produk. 

Ketahuilah, company profile berbentuk video juga sangat cocok bagi perusahaan B2B. Ada sekitar 65% pembuat keputusan bisnis cenderung mengunjungi suatu situs brand tertentu setelah menonton tayangan video company profile. Tentu saja, hal semacam ini memberi kesempatan bagi Anda untuk mendapat target konsumen yang potensial. 

  • Membantu meningkatkan performa email marketing

Siapa sangka, ternyata email bisa dijadikan cara paling tepat untuk menjangkau audience sekaligus menghasilkan leads baru. Dengan catatan, Anda harus memastikan bahwa email yang terkirim benar-benar dibaca oleh mereka. 

Menariknya, video company profile juga sangat berguna untuk meningkatkan performa email marketing perusahaan Anda. saat Anda memasukkan video pada paragraf awal email, maka Anda berkesempatan untuk meningkatkan rasio klik sampai menyentuh angka 96%. 

Diketahui, video company profile memang dinilai ideal sebagai pendahuluan sebuah email yang dikirimkan kepada calon konsumen. Pasalnya, video seperti ini mampu menjelaskan seperti bisnis Anda dan apa yang Anda lakukan melalui cara-cara yang menarik, gampang diingat, dan dicerna. 

3 Poin utama yang wajib diperhatikan ketika ingin membuat video company perusahaan

Salah satu kiat paling efektif untuk memperkenalkan suatu perusahaan atau bisnis adalah membuat video company profile yang berkualitas. Biasanya, video ini memiliki tujuan untuk memberi gambaran dan informasi seputar perusahaan kepada para stakeholder. Selain itu, video profil perusahaan kerap dijadikan media untuk menggambarkan kondisi perusahaan. Untuk informasi yang tersaji bisa berupa gambaran secara garis besar ataupun analisis mendalam.  

Di samping itu, informasi yang disajikan dalam sebuah video company profile sangat beragam. Video ini bisa berisi informasi mengenai sejarah perusahaan, kinerja selama beberapa periode ke belakang, sampai prestasi yang berhasil diperoleh selama ini. 

Tentu saja, video company profile jadi layaknya media yang cukup efektif dan efisien dalam menunjukkan sisi positif beserta seluruh potensi yang dimiliki perusahaan. Secara garis besar, video company profile ini dibuat khusus untuk Rapat Umum Pemegang Saham atau RUPS. Bisa dikatakan juga, video ini merupakan bentuk laporan terkait kinerja dan kondisi terbaru dari perusahaan bersangkutan. 

Namun kini, ada banyak perusahaan yang menampilkan video serupa pada website ataupun media sosial resminya. Hal ini dilakukan untuk memberi gambaran perusahaan kepada audience secara luas. 

Kemudian muncul pertanyaan berikutnya, seperti apa sih video company profile yang baik untuk bisnis masa kini?

Pada dasarnya, tak ada acuan resmi bagaimana seharusnya sebuah video profil perusahaan dibuat. Semua aspek tersebut benar-benar tergantung pada keinginan dan daya kreativitas manajemen perusahaan masing-masing. 

Kendati demikian, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan untuk mendapatkan kualitas terbaik dari suatu video company profile. Di antaranya sebagai berikut:

  • Buat video sekreatif dan semenarik mungkin

Poin pertama yang perlu Anda perhatikan saat membuat sebuah video company profile adalah kualitasnya. Anda pasti tahu, membuat video kompleks seperti ini membutuhkan banyak biaya dan waktu. Oleh sebab itu, pastikan hasil akhir dari video yang Anda buat dari para penyedia jasa video company profile ini tidak mengecewakan. 

Sebenarnya, ada banyak pilihan yang bisa Anda lakukan guna memastikan kualitas dari video company profile yang sesuai harapan. Beberapa di antaranya adalah kualitas gambar yang baik, proses editing gambar dan suara yang profesional. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan alur cerita ataupun ide menarik lainnya untuk membantu menyampaikan pesan yang tersirat pada company profile tersebut. 

  • Memastikan seluruh informasi yang diberikan relevan

Salah satu tujuan video company profile ini adalah memberikan informasi dan gambaran seputar kondisi terkini suatu perusahaan. Adapun informasi yang diberikan berupa prestasi, performa, sejarah, hingga CSR yang selama ini telah dilakukan. 

Nah, segala bentuk informasi yang tersaji dalam video company profile ini harus dipastikan benar dan relevan. Sebab, kesalahan data ataupun informasi bisa jadi penyebab berkurangnya rasa percaya masyarakat kepada perusahaan. 

Menekankan fakta pada sisi positif dan juga prestasi tentu patut dilakukan. Kendati demikian, Anda harus menghindari upaya window-dressing atau manipulasi informasi karena berisiko membahayakan reputasi perusahaan dan kepercayaan publik di masa yang akan datang. 

  • Buat durasi secara tepat dan akurat

Ternyata, panjang durasi sebuah video company profile jadi hal paling penting yang harus Anda pertimbangkan secara matang. Tentu, memasukkan lebih banyak informasi jadi sesuatu yang ideal, akan tetapi video yang terlalu panjang justru terkesan monoton dan membosankan. 

Inilah alasan mengapa memilah informasi yang akan disajikan pada video company profile dikatakan sangat penting. Anda disarankan untuk memilih informasi yang relevan saja dan menghindari pengulangan informasi serupa supaya tetap terkesan elegan. 

Jangan lupa juga untuk menghindari deretan kalimat yang kurang efisien untuk membantu mengurangi durasi video. Satu hal lagi, gunakan editing terbaik dan tidak bertele-tele. 

Demikian tadi beberapa informasi seputar video company profile untuk perusahaan beserta hal paling krusial yang harus diperhatikan dalam proses pembuatannya. Demi mendapatkan hasil yang sesuai ekspektasi, gunakan jasa video company profile terbaik di kota Anda sehingga tujuan dari pembuatan video tersebut tercapai sebagaimana mestinya.