Dalam melakukan produksi sebuah video, terdapat berbagai jenis video yang diproduksi sesuai dengan kebutuhan yang ada. Proses pembuatan video memang cukup panjang dan melelahkan, namun jika hasil tersebut bisa diapresiasi oleh banyak orang tentu kita akan merasa senang. Maka dari itu, kita harus melakukan promosi yang maksimal agar video kita nantinya bisa dikenal oleh lebih banyak orang. Untuk melakukan promosi pada sebuah video, biasanya tidak hanya berbentuk sebuah poster saja, namun bisa juga berbentuk video.

Video untuk keperluan promosi tentu saja berbeda. Jenis-jenis video tersebut dibedakan dari durasi videonya. Mungkin Anda pernah mendengar istilah “Teaser” dan juga “Highlight”. Meskipun memiliki durasi yang sama-sama pendek. Namun keduanya memiliki fungsi yang berbeda. Dalam dunia produksi video dua hal ini sangat penting dan berperan besar dalam menarik perhatian penonton. Berikut ini adalah beberapa perbedaan dari teaser dan juga highlight.

Perbedaan Teaser dan Highlight

Teaser dan highlight video adalah dua jenis video pendek yang digunakan untuk mempromosikan acara atau konten tertentu. Meskipun keduanya memiliki tujuan yang sama yaitu untuk menarik perhatian dan minat audiens, namun terdapat perbedaan antara keduanya. Berikut adalah perbedaan dari teaser dan highlight video:

  • Durasi

Video untuk teaser umumnya durasinya lebih pendek daripada highlight video, dengan durasi sekitar 10-30 detik. Sementara highlight video biasanya memiliki durasi yang lebih panjang, dengan durasi sekitar 1-3 menit.

  • Konten

Teaser umumnya hanya menampilkan gambaran singkat dari acara atau konten yang akan datang, seperti beberapa adegan menarik atau adegan singkat dari acara atau konten tersebut. Tujuan dari dibuatnya teaser adalah untuk membangkitkan minat dan membuat penonton penasaran dengan acara atau konten tersebut. 

See also  Jasa edit video Youtube

Sementara highlight video biasanya menampilkan cuplikan-cuplikan dari acara atau konten tersebut yang terbaik dan paling menarik, dengan tujuan untuk memberikan gambaran yang lebih lengkap tentang apa yang bisa diharapkan dari acara atau konten tersebut.

  • Tanggal rilis

Video teaser umumnya dirilis jauh sebelum acara atau konten tersebut dirilis atau ditayangkan. Hal ini berfungsi untuk memancing para penonton agar penonton semakin penasaran dengan isi video tersebut. Sedangkan highlight video dirilis setelah acara atau konten tersebut ditayangkan.

  • Tujuan

Tujuan dari teaser adalah untuk membangkitkan minat dan membuat penonton penasaran dengan acara atau konten yang akan datang. Sementara tujuan dari highlight video adalah untuk memperlihatkan momen-momen terbaik dari acara atau konten yang telah ditayangkan serta memberikan gambaran yang lebih lengkap tentang acara atau konten tersebut.

Teaser dan highlight video dapat digunakan bersama-sama untuk mempromosikan sebuah acara atau konten. Meskipun keduanya memiliki durasi dan konten yang berbeda, keduanya memiliki peran yang penting dalam mempromosikan sebuah acara atau konten kepada audiens.

Bagaimana dengan Trailer? 

Apakah Teaser dan Trailer adalah hal yang sama? Trailer merupakan jenis video yang juga bisa digunakan sebagai salah satu bentuk promosi. Untuk durasi, biasanya trailer lebih panjang sekitar 2-3 menit. Lantas apakah trailer sama dengan highlight? Meski memiliki durasi yang hampir sama, namun isi dari kedua video itu berbeda. Meskipun memperlihatkan momen terbaik dari isi video tersebut, namun fokus utama dari trailer adalah memberikan gambaran yang lebih lengkap tentang acara atau konten tersebut. Untuk trailer biasanya diluncurkan setelah teaser.

Tidak hanya dalam sebuah film atau drama saja, pada sebuah acara kita juga bisa melakukan hal serupa untuk bisa menarik perhatian bagi banyak orang. Jika Anda berminat untuk melakukan promosi terhadap acara Anda, Anda bisa menggunakan jasa video production untuk mewujudkan hal tersebut. 

See also  Jasa Sewa LCD Proyektor Semarang

Anda bisa menggunakan jasa video production dari kami. Kami Studio Pelangi merupakan penyedia jasa video production yang siap membantu mempromosikan acara Anda. Kami sudah banyak berpengalaman dibidangnya, jadi Anda tidak perlu khawatir dalam memilih jasa dari kami. Anda bisa langsung menghubungi kami melalui whatsapp di nomor yang sudah tertera di halaman web kami, jika Anda tertarik menggunakan jasa dari kami.