Fotografi minimalis? Mungkin Sahabat Studio Pelangi pernah mendengarnya. Di jagat media sosial, fotografi minimalis menjadi genre yang populer bagi pengguna internet dan fotografer. 

Tren penggunaan ruang kosong, warna hitam-putih atau pastel, objek tunggal, elemen garis dan kontras warna menjadi karakter dalam fotografi minimalis.

Tampaknya mudah ya, Sahabat Studio Pelangi. Tetapi jangan salah, fotografi minimalis ternyata lebih susah dan membutuhkan jam terbang tinggi lho. Dibutuhkan waktu dan eksperimen yang banyak agar Sahabat Studio Pelangi mendapatkan hasil foto sesuai yang diinginkan. 

Kali ini Studio Pelangi Semarang merangkum tips fotografi minimalis agar mudah dipraktikkan. Inilah pembahasan tips fotografi minimalis. 

Buat objek sederhana

Objek sederhana bukan berarti membosankan dan tidak menarik. Tetapi objek tersebut tidak mengambil banyak tempat dan pasti menjadi pusat perhatian. Sehingga, ruang negatif atau negative space lebih banyak. 

Beri ruang negatif

Ruang negatif atau negative space atau ruang kosong menjadi latar belakang. Tujuannya, agar objek utama terisolasi dan mempertegas pusat perhatian atau PoI (point of interest). 

Ruang negatif ini cenderung membuat objek menonjol. Sahabat Studio Pelangi dapat bereksperimen dan bermain-main dengan ruang negatif ini. 

Gunakan latar belakang sendiri

Latar belakang buatan sendiri sangat mudah ditemukan. Misalnya tembok rumah, warna meja, kertas, dan sebagainya. Latar belakang ini praktis digunakan menerapkan tips fotografi minimalis di rumah lho, Sahabat Studio Pelangi. 

Manfaatkan langit

Langit memiliki kontras dan warna yang menonjol. Tidak heran kalau sering dijadikan latar belakang dan ruang negatif. 

Sebagai tips fotografi minimalis, bidiklah dari sudut rendah mengarah ke langit untuk mendapatkan latar belakang ini. 

Gunakan kontras warna

Selain latar belakang polos dalam satu warna, ternyata penting untuk memasangkan objek yang berwarna kontras. Tujuannya, agar komposisi semakin menarik dan tidak membosankan. 

Misalnya, latar belakang polos warna hitam atau kuning, maka pasangkanlah dengan warna putih atau biru sebagai kontras warna. 

Sertakan sedikit bagian objek

Memberi sedikit bagian dari objek akan membuat foto tampak dinamis dan hidup. Misalnya, tangan, lengan, kaki, atau rambut orang. 

Dengan begitu, audiens lebih penasaran dengan apa yang dilakukan subjek. Sehingga, foto menjadi lebih bercerita. 

Buat siluet

Efek siluet memberi kesan misterius dalam foto. Agar mudah menerapkan tips fotografi minimalis ini, manfaatkanlah waktu pagi dan sore hari untuk membuat siluet. 

Caranya, posisikan objek atau subjek pada latar belakang kosong di bagian belakang. Lalu, bidik objek dari sudut rendah atau sudut tinggi hingga timbul siluet. Siluet muncul dari sisi samping dari arah datangnya cahaya. 

Potret garis dan pola

Garis dan pola menjadi daya tarik dalam fotografi minimalis. Selain itu, garis dan pola yang menyambung akan membentuk sebuah geometri sederhana. Misalnya lingkaran, kotak, silinder, persegi, segitiga, kurva, dan sebagainya. Tambahkan unsur bayangan atau shadow dalam memotret ini. 

Buat foto hitam putih 

Meski minimalis, warna hitam putih dalam foto menciptakan kesan surealis. Namun, pastikan latar belakangnya memiliki ruang negatif yang besar agar objek foto tetap menonjol. 

Berceritalah

Tips fotografi minimalis yang terakhir adalah buat foto bercerita. Dengan menyampaikan cerita, audiens mengerti pesan yang Sahabat Studio Pelangi ekspresikan. 

Caranya, potret objek dari posisi lebih tinggi. Sehingga, kondisi sekitar objek terekam dan dapat melengkapi hubungan dengan objek. Kemudian, carilah kontras warna agar dapat menunjang komposisi. 

Jangan lupa, manfaatkan mode burst agar Sahabat Studio Pelangi tepat merekam decisive moment atau momen genting. 

Tetap sederhana

Tetap sederhana adalah prinsip dalam tips fotografi minimalis. Memotret fotografi minimalis memang tidak mudah dan mungkin membosankan. Tetapi, Sahabat Studio Pelangi dituntut lebih kreatif dan peka terhadap sekitar. 

Studio Pelangi Semarang tentu menyediakan jasa fotografi wedding, pre-wedding, produk, fesyen, dan dokumentasi acara dengan genre fotografi minimalis. 

Diskusikan konsep fotografi minimalis yang diinginkan kepada Studio Pelangi Semarang. Manfaatkan jasa fotografi berpengalaman dan terjangkau di Semarang ini. Kunjungi studiopelangi.id untuk lebih lanjut. 


0 Komentar

Tinggalkan Balasan