Adanya pandemi yang terjadi saat ini, memberikan pengaruh yang cukup besar dalam setiap aspek kehidupan, salah satunya dalam bidang Teknologi Informasi. Saat ini, hampir semua kegiatan dari pendidikan hingga pekerjaan telah terhubung dengan video live streaming. Kebutuhan akan video live streaming di Indonesia, membuat masyarakat membutuhkan jasa video live streaming.

5 Tips dan Trik Meningkatkan Kualitas Video Live Streaming

Jika anda belum memiliki banyak budget untuk menyewa jasa live streaming, berikut beberapa tips yang dapat digunakan untuk meningkatkan video live streaming anda.

  1. Menggunakan Kamera Full HD atau 4K

Baik buruknya video yang ditampilkan saat live streaming, dipengaruhi juga dengan peralatan yang digunakan. Pastikan anda menggunakan kamera full HD untuk memperjelas tampilan video. Jangan sampai video anda menjadi tidak jelas karena tidak sesuainya alat yang digunakan.

  1. Optimalisasi Pengaturan Live Encoder

Pengoptimalan enkode saat melakukan live streaming sangat penting dilakukan. Encode dibutuhkan untuk mengubah video kedalam format yang dibutuhkan saat streaming. Sehingga jangkauan video live streaming yang ditayangkan akan lebih luas jika pengaturan encode maksimal.

  1. Kecepatan Internet

Saat anda melakukan video siaran langsung, anda akan memerlukan internet dengan kecepatan yang memadai. Kebutuhan tersebut mutlak diperlukan karena bandwidth unggahan video streaming membutuhkan kecepatan dua kali lebih besar dari kecepatan bit siaran. Sehingga pastikan anda memilih internet dengan kecepatan tinggi.

Biasanya, video live streaming Indonesia menggunakan koneksi nirkabel. Jaringan tersebut lebih dipilih karena untuk menghindari tidak stabilnya jaringan.

  1. Melakukan Uji Coba Sebelum Live Streaming

Melakukan live streaming membutuhkan banyak alat dan komponen agar menghasilkan tampilan yang bagus. Banyaknya alat yang digunakan, membuat anda harus menguasai dulu kemungkinan masalah-masalah yang akan muncul selama live streaming dilakukan.

See also  Persiapan Sebelum Melakukan Live Streaming

Sehingga tidak ada salahnya jika anda melakukan uji coba terlebih dahulu sebelum acara streaming dilakukan. Coba anda perhatikan video live streaming Indonesia yang dilakukan oleh instansi atau orang yang sudah ahli, tentu mereka akan melakukan uji coba terlebih dahulu. Maka dari itu, lakukanlah uji coba sebelum melakukan siaran langsung

  1. Gunakan Resolusi yang Optimal

Selain enkode, resolusi dan rasio adalah bagian penting dalam video live streaming. Jika anda menginginkan video anda memiliki resolusi yang baik dan tidak terlalu besar, gunakanlah resolusi 1280×720 pixel (720p) atau 1920×1080 pixel (1080p). Resolusi tersebut biasanya sering digunakan penyedia jasa video live streaming saat melakukan siaran.

Perlu anda perhatikan bahwa tidak semua resolusi tinggi, bisa anda gunakan saat melakukan live streaming. Pilihlah resolusi yang sesuai dengan kebutuhan dan pemirsa anda, atau bisa juga menggunakan saran yang telah diberikan.

Itu tadi,  5 tips dan trik dari jasa video live streaming untuk meningkatkan kualitas video anda. Namun, jika anda merasa kesulitan dalam menghasilkan video streaming yang baik, segeralah menghubungi jasa live streaming Jakarta yang akan siap membantu memenuhi keperluan anda.