Memotret menu makanan dan minuman membutuhkan tips dan trik tersendiri. Terutama minuman, yang mungkin harus dipotret dalam waktu cepat agar hasil fotonya menampilkan minuman yang segar.  8 Tips Fotografi Minuman yang Memikat Audiens

Minuman yang disajikan kerap menggunakan gelas tinggi. Terkadang, fotografer pun bingung sendiri mau membidik dari arah mana. Lantas, harus bagaimana ya Sahabat Studio Pelangi? 

Kali ini Studio Pelangi Semarang membahas tips fotografi minuman. Semua dirangkum dari berbagai sumber. Bagaimana tips fotografi minumannya ya? Inilah pembahasannya. 

Potret dari arah setara dengan pandangan mata

Tips fotografi minuman yang terutama adalah memotret dari arah yang setara dengan pandangan mata. Hal ini wajar karena membuat tampak depan dari gelas dan isi minuman jadi lebih detail. Minuman pun jadi tampak menggiurkan. 

Perlihatkan seluruh bagian

Memotret dengan arah setara dengan pandangan mata membuat fotografer perlu memperlihatkan seluruh bagian gelas. Meski gelas sajinya menggunakan gelas tinggi, tetapi tidak akan masalah. 

Tambah aksen berwarna

Karena memotret minuman sedikit berbeda dari memotret makanan, ada baiknya Sahabat Studio Pelangi menambah aksen yang lebih berwarna.

Aksen berwarna cerah ini akan menciptakan foto minuman yang menggugah selera. Terlebih lagi kalau dipadu dengan warna cerah dan kondisi pencahayaan optimal. 

Warna pada minuman beserta aksen-aksen pendukung akan menciptakan persepsi rasa dan sensasi. Misalnya, Sahabat Studio Pelangi memotret minuman berwarna kuning di gelas tinggi. Maka kesan yang muncul di benak fotografer dan audiens adalah rasa lemon atau rasa jeruk. 

Sertakan aksesoris yang mendukung

Aksesoris yang mendukung pemotretan foto minuman membuat hasil foto tampak relevan. Misalnya, Sahabat Studio Pelangi memotret minuman rasa jeruk, maka sertakan property irisan jeruk, sedotan berwarna oranye, plus es batu. 

Akseoris yang mendukung akan membuat audiens mengerti terhadap pesan yang dibawa fotografer dan klien. Nah, apakah Sahabat Studio Pelangi sudah menemukan aksesoris dan properti yang mendukung? 

Gunakan peralatan yang mumpuni

Peralatan-peralatan mumpuni ini dapat mendukung pemotretan fotografi minuman. Misalnya, gunakan reflektor dan latar belakang berwarna gelap untuk menangkap uap minuman panas. Arahkan reflektor secara berlawanan dari datangnya cahaya. 

Bagaimana dengan minuman dingin? Bulir-bulir minuman dingin menarik untuk dipotret. Gunakanlah es batu palsu berbahan akrilik yang aman untuk minuman. Kemudian, semprotan berisi air mineral untuk menambahkan kesan minuman segar dan meminimalkan pantulan cahaya. 

Lakukan dengan cepat

Tips fotografi minuman yang paling penting adalah melakukan pemotretan dengan cepat. Baik itu untuk minuman panas maupun minuman dingin. Hal ini bermanfaat agar Sahabat Studio Pelangi memaksimalkan momen dan suasana pemotretan minuman. 

Sertakan komposisi

Komposisi dalam fotografi minuman cukup penting. Komposisi seperti angle 45 derajat cukup membuat seluruh bagian objek foto tampak terlihat jelas. 

Selain itu, komposisi seperti rule of third dan diagonal juga membuat objek lebih dinamis dan menarik. 

Komposisi warna juga berperan penting dalam fotografi minuman. Warna-warna senada dengan isi minuman dan properti akan membuat mata audiens semakin fokus dan mengerti pesan yang disampaikan. 

Maksimalkan pencahayaan

Tips fotografi minuman yang memaksimalkan pencahayaan akan menghasilkan hasil foto yang maksimal pula. 

Pencahayaan yang tepat akan menambah kedalaman atau depth of field foto Sahabat Studio Pelangi. Agar cahaya masuk secara maksimal, gunakanlah gelas berkaca bening atau tembus agar cahaya bersinar. Cairan dalam gelas akan memberi efek bersinar. 

Nah, itulah 8 tips fotografi minuman yang dirangkum oleh Studio Pelangi Semarang. Bicara soal tips fotografi minuman, Sahabat Studio Pelangi perlu banyak latihan dan eksplorasi. Referensi fotografi minuman juga bisa didapatkan dari Instagram dan Pinterest agar kreativitas lebih terpacu. 

Sekian 8 tips fotografi minuman kali ini. Semoga tips ini memudahkan Sahabat Studio Pelangi dalam memotret minuman. 

Studio Pelangi Semarang juga membantu Anda dalam pemotretan foto minuman dan makanan. Jadi, jangan sungkan hubungi Studio Pelangi Semarang di studiopelangi.id ya! 

Studio Pelangi Semarang berpengalaman dalam jasa foto minuman, makanan, produk, fesyen, wedding, pre-wedding, dan dokumentasi acara. Yuk konsultasi jasa pemotretan Anda di sekarang!


0 Komentar

Tinggalkan Balasan