Alat-alat yang Digunakan untuk Shooting Multicam

Shooting multicam adalah proses pengambilan gambar atau video yang menggunakan beberapa kamera dengan masing-masing kamera sudah saling terintegrasi. Proses shooting multicam ini membutuhkan peralatan yang lengkap agar proses shooting berjalan dengan lancar. Adapun daftar peralatan yang harus tersedia saat shooting multicam adalah:

1.Kamera

Jenis kamera yang digunakan untuk shooting multicam adalah kamera studio, yang merupakan jenis kamera dengan fasilitas terlengkap serta sudah pasti terintegrasikan dengan kamera lainnya. Bisa juga menggunakan kamera EFP (Electronic Field Production) yang fleksibel digunakan di dalam dan luar ruangan.

 2. Camera Control Unit

CCU merupakan alat yang digunakan untuk mengatur fungsi pada kamera. Pengaturan tersebut di antaranya: pencahayaan, temperature warna, kecepatan, white balance, dan warna hue (red, green, blue).

 3. Vision Mixer

Sederhananya sebuah keyboard yang memiliki fungsi untuk memilih gambar berikut dengan transisinya. Vision mixer ini ada banyak jenisnya, mulai dari yang sederhana dengan 3 source input dan 1 source output hingga yang memiliki puluhan source input dan output

 4. Monitor

Monitor merupakan benda yang digunakan untuk melihat gambar yang dihasilkan kamera. Jumlah monitor ada banyak, seperti jumlah kamera yang ada.

 5. Video Tape Recorder

Video tape recorder ini merupakan benda yang tidak asing, berupa sebuah kaset yang digunakan untuk merekam proses shooting.

 6. Character Generator

Alat ini dibutuhkan untuk menunjukkan title dan subtitle, serta menunjukkan tayangan grafik dari produksi yang dihasilkan.

 7. Waveform

Alat ini digunakan untuk mengukur kualitas suatu video sekaligus audio yang direkam oleh kamera.

 8. Talkback

Talkback merupakan mikrofon dan headset yang digunakan kru produksi. Digunakan dengan tujuan agar bisa berkomunikasi satu sama lain dengan terarah.

9. Teleprompter

Alat ini diperlukan untuk anchor dalam menyampaikan informasi. Berupa monitor yang terintegrasi dengan kamera dan komputer di MCR.

10. Audio Mixer

Alat ini diperlukan guna mengatur tinggi rendahnya suara yang diperlukan dalam proses shooting.

Butuh jasa untuk shooting multicam? Studio Pelangi, solusinya!