Kini, mengedit video jadi lebih mudah berkat semakin banyaknya pilihan aplikasi editing video yang bisa digunakan di laptop, PC, maupun smartphone. Bahkan para pemula sekalipun juga bisa menyunting video sendiri dengan menggunakan bantuan dari aplikasi-aplikasi tersebut.

Mengenal Aplikasi Profesional untuk Editing Video

Aplikasi untuk editing video ini cukup beragam. Ada yang gratis hingga berbayar. Semua aplikasi tersebut memiliki fitur, keunggulan, dan kekurangannya masing-masing.

Nah, daripada Anda bingung menentukan aplikasi editing video mana yang terbaik dan sesuai kebutuhan, berikut ini daftar aplikasi profesional untuk keperluan penyuntingan yang bisa Anda jadikan referensi.

Aplikasi profesional untuk editing video

  1. Sony Vegas Pro

Aplikasi satu ini jadi salah satu aplikasi yang paling direkomendasikan jika Anda ingin menyunting suatu video dengan hasil layaknya profesional. Sony Vegas Pro merupakan aplikasi yang diproduksi oleh perusahaan asal Jepang, yaitu Sony. Aplikasi ini telah dibekali dengan beberapa fitur yang terbilang cukup lengkap. Maka tak heran, jika ada banyak video maker yang profesional yang menggunakan salah satu aplikasi editing video terbaik ini.

Meski membidik kelas profesional, Sony Vegas Pro tetap membuat software-nya terasa nyaman untuk digunakan oleh kalangan pemula. Tak heran, jika cara pengoperasian aplikasi ini terbilang sangat mudah.

Misalnya, fitur timeline di dalamnya terbilang sangat sederhana yang terbagi atas audio dan video. Anda sebagai pengguna hanya perlu menumpuk video dan audio yang diperlukan secara langsung pada track yang berbeda.

Seiring dengan kualitas video yang dihasilkan, tak heran jika ukuran video yang dihasilkan aplikasi editing video ini menjadi super besar. Namun Anda tak perlu khawatir, sebab video yang dihasilkan tersebut tetap bisa Anda kompres sesuai kebutuhan.

Sony Vegas Pro memiliki beberapa kelebihan, di antaranya fitur pengeditan dan cara pengoperasiannya mampu membidik semua kalangan, baik profesional maupun pemula. Selain itu, pengoperasiannya termasuk mudah karena menggunakan interface yang tergolong user friendly.

Namun sayangnya, aplikasi satu ini memiliki fitur yang belum terlalu kompleks jika dibandingkan dengan pesaingnya, yaitu Adobe Premiere Pro.

  1. Adobe Premiere Pro

Tak hanya tersedia sebagai aplikasi editing video di smartphone, Adobe Premiere Pro juga bisa menjadi aplikasi saingan terberat Sony Vegas Pro. Bahkan, tak sedikit pengguna yang sering membandingkan kedua aplikasi editing terbaik ini. Hal ini bukan hanya dilihat dari cara pengoperasiannya yang mudah, tapi juga beragam fitur yang ditawarkan oleh Adobe Premiere Pro.

Proses editing video menggunakan aplikasi ini sangat cocok untuk Anda yang berprofesi sebagai video editor profesional. Namun sayangnya, Anda harus berlangganan dan membayar biaya bulanan yang cukup menguras kantong untuk menggunakan Adobe Premiere Pro seri terbaru.

Meski demikian, Anda juga bisa mencoba versi gratis dengan menggunakan aplikasi Adobe Premiere Pro CS2. Aplikasi ini bisa Anda unduh tanpa dikenakan biaya apapun alias gratis.

Perlu Anda ketahui, Adobe Premiere Pro juga telah mendukung aktivitas editing video dengan resolusi mencapai 4K. Anda disarankan untuk menggunakan aplikasi pemutar video yang telah mendukung resolusi 4K pula jika ingin melakukan preview hasil pengeditan video yang lebih maksimal.

Salah satu keunggulan dari aplikasi ini adalah fitur yang lumayan lengkap untuk kalangan profesional. Bahkan, semua fitur di dalamnya telah teruji di kalangan YouTuber, movie maker, dan pegiat video lainnya.

  1. Cyberlink PowerDirector

Rekomendasi aplikasi profesional untuk editing video berikutnya diluncurkan oleh Cyberlink. Cara penggunaan aplikasi sangat mudah dengan fitur berlimpah. Tak hanya sekadar melakukan editing video secara manual saja, tapi Anda juga bisa mengedit menggunakan fitur Express Video Creation. Dengan begitu, proses menyunting video bisa lebih cepat.

Aplikasi ini bukan hanya cocok untuk digunakan para profesional saja, tapi juga untuk kebutuhan editing video para pemula. Ada beberapa fitur menarik yang layak Anda coba. Mulai dari 360 video editing, color adjustment, motion tracking, hingga chroma key.

Adapun kelebihan lain yang dimiliki oleh Cyberlink PowerDirector ini sangat ringan sehingga bisa digunakan untuk PC dengan spesifikasi terbatas. Namun sayang, hasil dan kualitas videonya tidak sebaik aplikasi lain, seperti halnya Sony Vegas Pro ataupun Adobe Premiere Pro. Bahkan, tidak semua fitur cocok untuk kebutuhan editor profesional dan juga industri.

Aplikasi editing video gratis

  1. Lightworks

Tak sedikit orang yang memilih Lightworks sebagai salah satu aplikasi alternatif karena memang sangat direkomendasikan bagi Anda yang ingin memiliki hasil editing video layaknya seorang profesional. Tentu saja, aplikasi ini juga menyematkan berbagai macam fitur yang pastinya menambah kualitas dari video yang dihasilkan.

Menariknya, Lightworks mampu menyunting video dengan beragam dukungan resolusi. Mulai dari NTSC hingga HD. Hal ini telah dibuktikan oleh banyaknya editor video profesional sehingga Anda tak perlu ragu lagi dengan aplikasi satu ini.

Lightworks memiliki sejumlah kelebihan lain, di antaranya adalah user interface yang didesain dan lulus uji, gratis, dan tersedia di berbagai platform. Namun, kekurangan dari aplikasi ini adalah efek audio yang ditawarkan kurang beragam dan tidak memiliki dukungan FireWire.

  1. HitFilm Express

Tak hanya gratis, HitFilm Express juga jadi salah satu aplikasi editing video terbaik yang direkomendasikan. Bahkan, aplikasi ini telah dirancang untuk bisa memberikan hasil video yang keren dan berkualitas.

Selain Windows, Anda juga bisa menggunakan aplikasi satu ini pada Mac. Fitur yang ditawarkan pun sangat beragam dan tentunya mampu menunjang segala proses penyuntingan video yang dibutuhkan.

Selain memungkinkan untuk diunduh secara gratis dengan beragam pilihan efek yang keren, Hitfilm Express juga cukup mudah digunakan. Namun, Anda harus membayar biaya tambahan jika menginginkan efek tambahan di luar versi standar yang tersedia.

  1. VSDC

Aplikasi berikutnya yang akan kita bahas adalah VSDC. Aplikasi tanpa watermark ini bisa dengan mudah Anda install pada laptop ataupun PC. Menariknya, Anda tak perlu merasa bingung untuk mengedit atau menambahkan transisi. Sebab, VSDC memiliki interface yang nyaman dan mudah alias user friendly. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan aplikasi ini untuk mengubah format video secara mudah.

VSDC kerap dipilih karena telah mendukung beberapa format video terpopuler dan memiliki timeline yang nyaman untuk bagian audio serta video. Proses install pun tergolong cepat dan mudah diberi sisipan transisi pada setiap frame-nya.

Namun sayangnya, VSDC ini tidak sesuai untuk pengguna pemula yang masih belum paham dengan keterampilan komputer. Selain itu, aplikasi ini tidak mampu menangkap video CAM.

Aplikasi editing video khusus pemula
  1. Camtasia Studio

Aplikasi ini memiliki fitur cukup beragam, bahkan terbilang lengkap untuk level aplikasi kelas pemula. Apalagi didukung dengan cara penggunaan yang sangat mudah. Meski Anda belum pernah menggunakan aplikasi editing video apapun, dijamin Anda tetap bisa mengoperasikan aplikasi ini.

Camtasia Studio menawarkan banyak fitur tambahan yang bisa menjadikan hasil sunting video semakin maksimal. Seperti misalnya fitur screen recording atau perekam layar komputer.

Menariknya lagi, aplikasi ini bisa digunakan untuk Anda yang memiliki OS Windows ataupun Mac. Bagi Anda yang memiliki channel YouTube dan hobi mengunggah video hasil screen recording, maka aplikasi ini adalah pilihan yang paling tepat. Selain cocok untuk editor pemula, Camtasia Studio juga memiliki kelebihan lain berupa ukuran aplikasi yang terbilang ringan dan kecil.

  1. Corel Video Studio Pro

Bagi Anda yang sudah sering melakukan proses editing, tentu sudah tidak asing lagi dengan aplikasi yang dikembangkan oleh Corel ini. Corel Video Studio Pro tergolong ringan dan cocok untuk digunakan sehari-hari. Meski demikian, fitur yang ditawarkan pun sangat lengkap sehingga pas untuk para pemula.

Corel Video Studio Pro telah teruji oleh berbagai pengembang aplikasi yang paling populer. Saking ringannya, software ini pun cocok bagi Anda yang memiliki PC atau laptop dengan spesifikasi terbatas. Sementara itu, color adjustment yang disediakan masih sangat sederhana dengan fitur musik super terbatas.

  1. Pinnacle Studio

Pinnacle Studio cukup populer di kalangan editor video karena memiliki fitur cukup mumpuni dengan tampilan user yang interaktif. Menariknya, aplikasi ini juga bisa digunakan sebagai alat pemotong video yang mudah dan anti-ribet.

Tak sekadar mendukung fitur screen recording saja, aplikasi ini juga menawarkan efek yang jumlahnya lebih dari 1500 dan tersedia beragam template yang pastinya bermanfaat untuk kebutuhan editing video Anda.

Pinnacle Studio memiliki keunggulan berupa fitur screen recorder berkualitas tinggi. Tapi Anda harus menyiapkan dana khusus karena ada beberapa fitur berbayar jika Anda ingin mengaksesnya.

Aplikasi editing video tanpa watermark
  1. VideoPad Video Editor

VideoPad hadir sebagai aplikasi editing video tanpa watermark dengan tampilan sederhana dan ukuran file yang terbilang ringan. Pastinya, aplikasi ini bisa Anda dapatkan secara cuma-cuma alias gratis. Selain itu, aplikasi ini mendukung beragam format file video, seperti MPEG, AVI, WMV, RM, dan lain sebagainya.

VideoPad diketahui memiliki ukuran file yang sangat kecil sehingga cocok diinstal pada laptop atau PC dengan spesifikasi rendah. Aplikasi ini juga menyediakan fitur video stabilization dengan versi trial yang bisa Anda coba. Sayangnya, aplikasi ini memiliki tampilan kurang eksklusif sehingga terkesan kuno. Sementara itu, fitur zoom di dalamnya justru membuat cursor jadi terlihat kurang simple.

  1. CineFX Jahshaka

Tak sedikit orang yang kadang bingung saat mencari aplikasi editing video khusus sistem operasi Linux. Jika Anda termasuk dalam salah satunya, maka kini tak perlu bingung lagi. Sebab, CineFX Jahshaka telah hadir sebagai aplikasi yang paling direkomendasikan untuk Linux.

Meski begitu, aplikasi editing video ini juga bisa digunakan oleh pengguna Windows. Mulai dari Windows 10, 7, hingga Vista jika memang masih ada yang menggunakannya. Menariknya, CineFX juga mendukung banyak format video, seperti MOV, MP3, MPEG, AVI, WAV, dan lain sebagainya.

  1. AVS Video Editor

Software untuk menyunting video yang direkomendasikan berikutnya adalah AVS Video Editor. Aplikasi ini memiliki tampilan sangat interaktif dengan fitur cukup beragam sehingga membuatnya lumayan populer di kalangan para editor video dan movie maker.

Ukuran aplikasinya juga tergolong kecil. Meski begitu, fitur di dalamnya tidak kalah dengan kompetitor sekelas profesional lainnya. Keunggulan lain dari AVS Video Editor ini adalah soal teknologi video cache yang membuat proses editing video Full HD bisa berjalan lebih cepat tanpa hambatan.

Aplikasi editing video yang ringan digunakan

  1. Windows Movie Maker

Apabila Anda ingin membuat video yang tidak terlalu membutuhkan banyak efek profesional tanpa harus berhadapan dengan menu aplikasi yang kompleks, pilih saja Windows Movie Maker.

Aplikasi yang dikembangkan oleh Microsoft ini dibuat secara eksklusif untuk para pengguna Windows. Meski gratis, tapi fitur yang ditawarkan lumayan beragam. Sayangnya, kemampuan dari aplikasi satu ini bisa dibilang sangat terbatas. Tampilannya pun sangat sederhana sehingga kurang cocok bagi para editor profesional.

Windows Movie Maker sangat direkomendasikan bagi para pengguna pemula yang ingin belajar dasar-dasar proses editing suatu video.

  1. VirtualDub

Aplikasi satu ini mungkin terdengar tidak asing bagi Anda yang berkecimpung di dunia editing. VirtualDub memang dianggap mampu untuk dijadikan salah satu pilihan aplikasi editing gratis dan mudah digunakan, terutama pada sistem operasi Windows. User interface yang diusung oleh VirtualDub tergolong sederhana sehingga memudahkan para penggunanya saat ingin menyunting suatu video.

Keunggulan VirtualDub ini memiliki fitur untuk mengganti dan menghapus audio hanya dalam satu aplikasi. Bahkan, Anda juga bisa merekam video menggunakan aplikasi tersebut. Uniknya, VirtualDub memiliki batch-processing yang bisa memproses beberapa file besar sekaligus. Namun, aplikasi ini tidak memiliki kapasitas untuk melakukan editing dengan hasil layaknya profesional seperti Adobe Premiere Pro atau Sony Vegas Pro.

  1. Avidemux

Jika Anda baru saja memulai karir sebagai YouTuber, mungkin bisa jadi Anda akan suka dengan aplikasi satu ini. Avidemux hadir sebagai software editing video terbaik karena dirancang sangat sederhana dan memiliki banyak fitur menarik. Mulai dari menambahkan filter, memotong video, menyisipkan lagu, dan lain sebagainya.

Dukungan dalam hal jenis format file-nya pun juga cukup banyak. Misalnya, seperti AVI, MPEG, MP4, DVD, ASF, dan lain sebagainya. Selain itu, aplikasi ini bersifat open source sehingga mudah dimodifikasi oleh siapapun. Namun sayangnya, fitur yang ditampilkan kelewat sederhana.

  1. Kate’s Video Toolkit

Apabila Anda menginginkan aplikasi editing berukuran super ringan yang telah didukung dengan format video lengkap, maka rekomendasi terbaik yang bisa diberikan adalah Kate’s Video Toolkit. Aplikasi ini mendukung beberapa format video, seperti MOV, ASF, WMV, DIVX, MPEG1, MPEG2, MP4 dan lain sebagainya.

Bukan hanya itu saja, Anda dan para pengguna lain juga bisa melakukan convert video dengan cara teramat mudah. Apalagi banyak fitur yang ditawarkan di dalamnya, seperti efek 3D transition yang mampu membuat aplikasi tersebut memberikan hasil dan kualitas editing yang baik.

Namun sayang, apabila aplikasi ini dibandingkan dengan aplikasi editing milik kompetitor lain, tentu akan sangat tertinggal. Kate’s Video Toolkit memiliki user interface yang terlalu kaku dan kuno. Hal ini terjadi karena pihak pengembang belum melakukan pembaruan terhadap tampilannya agar tampak semakin modern.

Kelebihan dari Kate’s Video Toolkit ini antara lain mendukung berbagai macam format video dan bisa digunakan pada laptop atau PC yang masih menggunakan Windows Vista ataupun Windows 7. Akan tetapi, aplikasi ini bisa sangat lambat saat mengonversi file-file video berukuran besar.

Ketahuilah, aplikasi profesional untuk editing video di atas sangat direkomendasikan jika Anda tengah menekuni bidang editing. Tiap aplikasi pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jadi, pastikan Anda telah memilih aplikasi sesuai dengan fitur yang dibutuhkan.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan