Sebagian dari Anda pasti pernah menyaksikan sebuah video company profile yang isinya membuat bingung atau kontennya tidak jelas membahas soal apa. Sebenarnya, apa sih yang kurang dari video semacam ini? Padahal video tersebut dibuat sedemikian rupa dengan melewati beberapa tahapan yang sebagaimana mestinya. 

Ketahuilah, salah satu poin paling penting dalam video company profile adalah naskah atau script. Oleh sebab itu, Anda perlu mempersiapkan naskah video company profile ini dengan baik karena kehadirannya sangat membantu setiap proses pembuatan video sehingga lebih terarah. Naskah juga membuat video lebih sesuai dengan konsep yang telah direncanakan di awal. 

Tips membuat naskah video company profile yang baik dan benar

Berikut ini ada beberapa tips yang bisa diterapkan untuk mendapatkan naskah atau script video company profile yang baik dan benar. 

  • Mempersiapkan checklist script video 

Ada beberapa daftar bahasan yang harus masuk ke dalam video company profile perusahaan, di antaranya adalah:

  • Nama calon konsumen

Sebagai sebuah perusahaan, Anda harus membuat nama sapaan bagi para calon konsumen. Melalui nama sapaan tersebut, Anda bisa membangun kedekatan emosional dengan target konsumen. 

  • Coba angkat masalah yang sedang terjadi

Jika Anda teliti, pasti ada masalah yang bisa dikaitkan dengan produk yang Anda tawarkan. Nah, ketika audience melihat masalah yang mereka juga alami, dipastikan bakal tercipta ikatan emosional yang terjalin.

  • Daftar solusi masalah

Dari sederet masalah yang berhasil Anda temukan, jangan lupa untuk menyematkan solusinya. Namun pastikan, salah satu solusi tersebut merupakan produk atau jasa yang sedang Anda tawarkan. 

  • Keuntungan penggunaan produk

Jangan ragu untuk menonjolkan keuntungan sekaligus bagaimana cara kerja dari produk yang sedang Anda tawarkan sehingga audience mendapat nilai tambah bagi hidup mereka ketika membelinya. Misalnya, Anda menjual makanan untuk keluarga, maka tunjukkan keuntungannya seperti bahan dasar organik atau dibuat tanpa menggunakan bahan-bahan berbahaya. 

  • Call to Action 

Di bagian akhir video, Anda boleh mengajak audience untuk menggunakan atau memakai produk yang ditawarkan. Bahkan, Anda disarankan untuk menggunakan Call to Action supaya mereka semakin tertarik. 

  • Psikologi paling tepat dalam penulisan naskah video company profile 

Ketika membuat naskah sebuah video company profile, Anda juga harus memperhatikan beberapa hal supaya video tersebut bisa diterima dan dipahami secara mudah. Adapun langkah yang sebaiknya Anda terapkan seperti berikut ini:

  • Pilih kalimat yang gampang dipahami

Sebaiknya, gunakan kalimat yang singkat, padat, dan mudah dipahami saat membuat script video company profile. Jangan pernah sekalipun menggunakan kalimat negatif karena bisa mengurangi atau bahkan mengaburkan pesan yang hendak disampaikan oleh produk atau jasa yang ditawarkan. 

  • Gunakan pilihan kata yang terukur dengan baik

Anda sangat disarankan untuk menggunakan statement yang terukur. Misalnya seperti, “Ada 1512 orang yang telah mengunduh aplikasi kami di berbagai platform”. Melalui penggunaan kata ataupun angka yang terukur semacam itu, dipastikan audience video company profile Anda telah menangkap pesan yang ingin disampaikan. 

  • Menggunakan banyaknya jumlah orang sebagai pembanding ketimbang persentase

Perlu Anda ketahui, memberi sejumlah data yang akurat kepada audience bisa membangun kepercayaan mereka pada brand Anda. Ada baiknya jika Anda menggunakan pembanding supaya lebih mudah dipahami ketimbang menyematkan angka berupa persentase. 

Contohnya, “8 dari 10 orang merasa lebih bugar”, berbeda dengan “80% orang merasa lebih bugar”. Kendati demikian, tidak semua harus melewati pembanding sedemikian rupa. 

  • Pilih kata ganti orang pertama yang sesuai

Anda disarankan untuk menggunakan kata ganti orang pertama (tunggal/jamak) karena menggunakan kata tersebut mampu memberi emosi positif di mana, audience diajak untuk turut serta dalam melakukan apa yang ada di video company profile tersebut. 

  • Bebaskan calon konsumen untuk memilih

Arti dari pernyataan di atas adalah tidak memaksakan audience untuk mengikuti setiap detail video company profile Anda. Percayalah, ketika Anda memberi kebebasan kepada mereka untuk memilih, rasa ingin mencoba pasti terbangun lebih alami di benak audience

  • Jangan gunakan promosi secara langsung di awal video

Berikan argumen yang padat, singkat, dan jelas pada setiap video company profile perusahaan Anda. Namun pastikan, hal tersebut tidak dilakukan tepat di awal video karena bakal merusak mood audience. Sebaiknya, pastikan durasi awal penayangan video tersebut terdapat motif atau aksi yang ingin Anda sampaikan tanpa membuat audience menyadarinya. 

  • Pilih kata-kata paling tepat yang bisa diilustrasikan

Seharusnya, sebuah video company profile memiliki dampak bagi setiap audience. Artinya, Anda wajib menggunakan kata-kata yang bisa lebih mudah diilustrasikan. Contoh, “Apakah Anda menemukan setumpuk kertas kerja di kantor setiap harinya?”, lalu coba bandingkan dengan “Apakah Anda memiliki banyak pekerjaan setiap harinya?”. Berdasarkan dua kalimat tersebut, tentu kalimat pertama jauh lebih mudah dibayangkan oleh audience

  • Pastikan video company profile mampu memberi hiburan sekaligus edukasi

Pada dasarnya, video yang berkesan di hati audience adalah video yang memiliki manfaat dan menghibur di segala suasana. Dikatakan bermanfaat karena audience bisa mendapat informasi yang mungkin belum pernah didapatkan sebelumnya. Sementara dikatakan menghibur karena mampu membuat audience sadar atas apa yang pernah atau mungkin saja bakal terjadi suatu hari nanti. 

Memang tidak semua video company profile harus memiliki dua unsur tersebut. Namun jika Anda berhasil menggabungkannya, jelas penonton bisa lebih menangkap tujuan dari video yang Anda buat. 

  • Penekanan kata dan intonasi naskah 

Ketika membuat suatu naskah, Anda patut memberikan tanda ataupun kode di bagian mana saja dari kalimat tersebut yang memang membutuhkan penekanan. Trik satu ini memudahkan para voice over ketika membaca scrip video company profile yang hendak dibuat. Hal semacam ini juga bisa membantu audience untuk mengetahui karakter dari brand perusahaan Anda. 

  • Menulis seperti berbicara

Pernyataan di atas bukan berarti menulis secara sembarangan atau tidak memperhatikan nilai-nilai yang terdapat di dalam naskah video company profile tersebut. Anda diharuskan untuk memberi informasi secara padat, jelas, dan terstruktur supaya audience lebih mudah memahami isi video tersebut.  

  • Memanfaatkan penggunaan struktur teks naratif

Ketahuilah, video company profile yang baik merupakan video yang mampu bercerita sekaligus berpromosi di saat yang sama. Oleh sebab itu, gunakan komposisi apa, siapa, mengapa, dan bagaimana untuk naskah video profil perusahaan Anda. 

Apa berisi tentang pembahasan yang dialami oleh audience di awal video. Hal semacam ini bisa membantu mereka mengetahui produk atau jasa yang hendak Anda jelaskan. 

Siapa adalah penjelasan singkat tentang perusahaan Anda sehingga audience tahu dengan siapa mereka berinteraksi di sepanjang video tersebut. 

Mengapa berisi tentang penjelasan soal solusi dari produk atau jasa yang ditawarkan mengapa dinilai lebih baik daripada kompetitor. Sebaiknya, Anda memberi pesan yang jelas tanpa basa-basi.

Faktor yang memengaruhi jumlah kata dalam naskah video company profile

Lantas, berapa sih jumlah kata yang sebaiknya terdapat pada naskah video company profile?

Berdasarkan penelitian yang dilakukan di lapangan, naskah video umumnya memiliki durasi 60 detik yang berisi sekitar 60-180 kata atau 2,5-3,5 kata per detik. Tentu saja, jumlah tersebut juga dipengaruhi oleh beberapa faktor lain seperti berikut ini.

  • Perbedaan kecepatan membaca

Setiap voice over di dalam video company profile pasti memiliki kecepatan yang berbeda. Oleh sebab itu, Anda patut memastikan siapa voice over yang paling cocok untuk video tersebut. 

  • Intonasi suara

Intonasi ataupun penekanan kata-kata jadi hal paling penting supaya pesan yang disampaikan terdengar jelas di telinga audience. Sementara itu, jeda pada kata-kata juga harus diperhatikan supaya terlihat tetap natural. 

  • Jenis naskah video company profile

Ketahuilah, voice over yang menggunakan dialog bakal lebih lama dibandingkan voice over monolog jika dilihat dari sisi durasi video. 

  • Aspek visual video 

Secara umum, faktor visual seperti misalnya potongan tutorial turut memengaruhi panjang suatu naskah video. Hal ini disebabkan karena voice over juga harus menyesuaikan kecepatan setiap potongan gambar yang tersaji.

Demikian tadi deretan tips untuk menulis naskah video company profile. Apakah Anda sudah siap untuk membuat naskah atau script terbaik berdasarkan tips di atas? Apabila Anda merasa kurang yakin, sebaiknya alihkan pekerjaan tersebut kepada jasa video company profile  profesional sehingga hasilnya tetap berkualitas.