Siapa sangka, pembuatan video company profile yang banyak dilakukan oleh perusahaan masa kini ternyata bukan tanpa alasan. Terbukti, video mampu meningkatkan image yang dimiliki oleh perusahaan bersangkutan. Melalui video tersebut pula perusahaan bisa menunjukkan keseriusannya dalam berbisnis. 

Berdasarkan upaya tersebut, pelanggan akhirnya bisa melihat sisi positif yang dimiliki oleh perusahaan. Tentu saja, dampak baik dalam berbisnis pun bakal dirasakan oleh perusahaan melalui video profil yang dibuat dengan bantuan jasa pembuat video company profile

Alasan perusahaan membuat video company profile

Sebenarnya, ada beberapa alasan umum di balik pembuatan video company profile oleh perusahaan-perusahaan masa kini. Berikut di antaranya:

  • Video company profile lebih menarik dengan konten informasi lebih banyak

Apabila dibandingkan dengan profil perusahaan berbentuk cetak, video company profile terlihat jauh lebih menarik dan efisien. Apalagi, melalui video semacam ini perusahaan bisa memberikan informasi sebanyak mungkin, tapi dalam kurun waktu yang singkat. 

Selain itu, video company profile memungkinkan perusahaan untuk memberikan informasi tidak hanya berupa tulisan saja, tapi juga dalam bentuk suara dan gambar. Bahkan, perusahaan bisa menunjukkan secara gamblang kreativitas melalui video yang dibuat. 

Tak seperti tulisan yang terkesan monoton sekaligus membosankan, profil perusahaan berupa video terasa lebih menarik. Dijamin, perusahaan Anda bakal lebih mudah dikenal oleh masyarakat melalui video seperti ini dibandingkan dengan tulisan. Di samping itu pula, video mampu menarik perhatian calon pelanggan yang mungkin belum paham dan mengenal perusahaan Anda secara seksama. 

  • Company profile berbentuk video memberi keleluasaan kreativitas tak terbatas

Sementara alasan lain mengapa banyak perusahaan yang akhirnya memiliki membuat video profil perusahaan adalah keleluasan untuk berkreativitas. Seperti yang kita ketahui bersama, video company profile selalu dibuat dengan pertimbangan dan perencanaan yang matang. 

Apalagi selalu ada proses editing video setiap selesai produksi untuk meningkatkan tampilannya di hadapan audience. Bahkan, perusahaan bisa melakukan beberapa perubahan ataupun memodifikasi video berdasarkan tujuan dan pembuatannya. 

Melalui video dokumentasi perusahaan seperti ini pula, Anda bisa membagikan video ke beberapa jenis platform yang ada. Seperti misalnya, YouTube ataupun Instagram. Kesempatan ini tentu bisa Anda gunakan jika ingin mengenalkan perusahaan kepada masyarakat luas. Dengan demikian, perusahaan Anda bisa membangun citra dan reputasi sekaligus memperkenalkan bisnis yang dilakoni. 

  • Video company profile mampu dijadikan media penarik investor

Perusahaan Anda juga bisa memanfaatkan video profil perusahaan sebagai media penarik investor. Dengan demikian, kemungkinan kerjasama ataupun kolaborasi bisnis bisa tercipta dengan lebih mudah. Apalagi jika konsep video company profile yang Anda buat cukup atraktif dan menarik. 

Tips memilih jasa video company profile terbaik di Surabaya

Memperkenalkan latar belakang perusahaan kepada calon konsumen ataupun mitra bisnis merupakan hal paling penting bagi sebagian besar pelaku bisnis. Bukan hanya untuk membangun citra, tetapi pengenalan latar belakang ini juga bisa membuat mereka lebih memahami seluk beluk perusahaan ketika melakukan interaksi bisnis. 

Di era yang serba digital seperti saat ini, banyak perusahaan mulai memanfaatkan video company profile untuk mengenalkan latar belakang hingga visi dan misinya. Bahkan, melalui video tersebut, para pelanggan bisa mengenal segala unsur di balik pendirian perusahaan tersebut. 

Menariknya, saat ini sudah banyak penyedia jasa pembuatan video seperti jasa video company profile di Surabaya yang menawarkan pembuatan profil perusahaan berkualitas. Mengingat tujuannya untuk menarik perhatian konsumen ataupun investor, maka perusahaan harus bijak dalam memilih penyedia layanan tersebut. 

Berikut ini ada beberapa tips penting yang bisa Anda gunakan untuk memilih jasa pembuatan video company profile terbaik dan berkualitas unggulan. 

  • Pastikan kredibilitas yang dimiliki oleh penyedia jasa video company profile

Langkah pertama yang patut Anda lakukan sebelum memilih penyedia jasa video company profile adalah mengetahui tentang kredibilitas mereka. Caranya mudah kok, Anda hanya perlu mengamati profil perusahaan melalui website resmi yang mereka miliki. Jangan lupa untuk mengamati profil perusahaannya, apakah benar-benar dikelola dengan baik, di mana alamatnya, dan bagaimana kemampuan mereka dalam berpromosi. 

Ketika Anda mampu memperhatikan aspek-aspek tersebut, dijamin Anda bakal lebih mudah mengetahui kredibilitas setiap penyedia jasa pembuatan video company profile yang diinginkan. 

  • Ketahui secara pasti jenis jasa yang ditawarkan

Berikutnya adalah mengetahui setiap jenis jasa yang ditawarkan. Misalnya, apakah mereka menggunakan template tertentu atau mampu menghasilkan video hasil olahan sendiri. Jika menggunakan template, maka harga yang ditawarkan pun jauh lebih terjangkau. Lain halnya bila mereka menggunakan video hasil olahan sendiri, pasti harga yang dibanderol sedikit lebih tinggi. 

  • Ragam pelayanan yang diberikan

Penyedia jasa video company profile profesional dan berpengalaman pasti memiliki banyak layanan yang ditawarkan. Oleh sebab itu, pastikan Anda benar-benar mengamati setiap jenis layanan yang mereka berikan supaya tidak tertipu. 

  • Layanan yang diberikan kepada pelanggan

Penyedia jasa yang terpercaya, pasti akan memberikan layanan atau service yang ramah dan mau mendengarkan setiap permintaan pelanggan. Dengan mendengarkan, mereka bisa mengetahui secara jelas apa saja kebutuhan pelanggan sehingga hasil akhir yang diberikan nantinya sesuai harapan. Pastinya, hal tersebut membuat kerjasama yang terjalin jadi kian baik. 

Bukan itu saja, pelayanan yang baik bisa mencegah terjadinya kesalahan yang bisa membuat pelanggan kecewa dalam pembuatan video company profile tersebut. 

  • Biaya dan kualitas pekerjaan 

Setiap masalah biaya tentu berbanding lurus dengan kualitas pekerjaan yang dihasilkan. Jika hasil video company profile yang diberikan sempurna, pastinya biaya yang dikeluarkan pun tidak sedikit. 

Biaya besar tersebut bisa juga karena media promosi yang dibuat tampil dengan semenarik mungkin. Bahkan tidak menutup kemungkinan, video tersebut sarat akan inovasi dan kreativitas yang tidak dimiliki oleh video company profile dari kompetitor. Dengan begitu, perusahaan Anda bisa tampil lebih berkualitas dan menarik banyak konsumen. 

  • Pilih penyedia jasa yang memahami alur pembuatan video company profile

Ketahuilah, video profil perusahaan yang berkualitas tidak bisa dibuat secara sembarangan. Ada beberapa tahapan ataupun alur yang wajib dipenuhi. Oleh sebab itu, pastikan penyedia jasa layanan ini benar-benar paham dan mengetahui tahapan yang dimaksud supaya hasil video nantinya sesuai dengan keinginan Anda. 

Apapun kondisinya, setiap penyedia jasa pembuatan video company profile harus memahami tahapan sejak proses pra produksi, produksi, dan pasca produksi. Biasanya, tahapan pra produksi ini dimulai dari pencarian ide atau brainstorming dengan tujuan untuk pembuatan story board dan script yang menarik perhatian audience. 

Lain halnya dengan tahap produksi yang merupakan pelaksanaan atau proses pengambilan gambar. Untuk video company profile, biasanya Anda bisa memilih lokasi tempat syuting yang diinginkan. Tentu saja, lokasinya tak jauh dari area kantor atau lokasi lain yang memang dibutuhkan sesuai naskah dan story board pada tahap pra produksi. 

Sementara tahap pasca produksi merupakan penyusunan naskah dan semua adegan hasil syuting ataupun foto yang diambil saat tahap produksi dilakukan. Ketika semuanya telah tersusun rapi, maka proses editing bisa diselesaikan tanpa hambatan berarti. 

  • Kelancaran dalam hal komunikasi dan penguasaan skill yang tepat

Sebagai pelanggan, Anda pasti ingin dilayani dengan baik oleh setiap penyedia jasa pembuat video company profile, bukan? Kendati demikian, ternyata tidak semua perusahaan semacam ini memiliki cara komunikasi yang efektif dengan pelanggannya. Oleh sebab itu, pastikan Anda memilih penyedia jasa yang mampu berkomunikasi secara dua arah supaya terjalin kerjasama yang baik antara kedua pihak. 

Jangan lupa juga untuk memastikan, bahwa mereka memiliki skill mumpuni di bidang pembuatan video company profile. Seperti misalnya, skill pengambilan gambar, penggunaan bahasa di setiap narasi video (subtitle), pembuatan jingle, penentuan latar belakang, penggunaan drone, dan lain sebagainya. 

  • Pastikan harga yang ditawarkan sepadan

Cara yang terakhir adalah memastikan harga yang ditawarkan sesuai dengan ketersediaan budget perusahaan Anda. Terkadang, ada beberapa jasa video company profile di Surabaya yang mematok harga terlalu tinggi ataupun terlalu murah. Dari situlah, Anda bisa menilai kualitas video yang diberikan nantinya.

Jangan lupa juga untuk merinci dulu budget secara detail dan bicarakan dengan penyedia jasa tersebut. Jangan ragu untuk meminta mereka menghitung detail apa saja yang diperlukan supaya hasil video tersebut sesuai dengan keinginan dan ketersediaan dana. 

Itu tadi beberapa alasan penting di balik pembuatan jasa video company profile dan cara memilih penyedia layanan yang tepat. Semoga informasi di atas cukup membantu Anda yang mungkin saat ini sedang berencana membuat video company profile paling mutakhir.