Ketahuilah, jasa video company profile animasi jadi solusi terbaik untuk Anda yang ingin membuat media pemasaran bagi perusahaan berkualitas unggulan. Pada dasarnya, video berbentuk animasi semacam ini memiliki daya tarik tersendiri untuk memikat para penonton sehingga tujuan pembuatannya bisa tercapai semaksimal mungkin. Mulai dari tahap sosialisasi, promosi, hingga untuk hiburan semata. 

Namun sayangnya, membuat video company profile berbentuk animasi berkualitas baik tidak mudah dilakukan. Dibutuhkan keterampilan tinggi dalam hal animasi video. Kendati demikian, Anda tak perlu khawatir karena ada banyak jasa pembuat video company profile yang bisa membantu Anda. Sebelum itu, ketahui dulu jenis animasi supaya Anda tidak salah pilih layanan. 

  • Animasi sel 

Sesuai dengan namanya, jasa video company profile animasi sel adalah animasi yang berbentuk tunggal seperti lembaran. Dengan kata lain, setiap sel video tersebut merupakan bagian yang terpisah. Selain itu, obyek dan latar belakang memang dibuat terpisah sehingga tiap komponennya bisa bergerak sesuai keinginan, tanpa mengganggu obyek atau sel lain. 

  • Animasi frame

Berikutnya adalah animasi frame yang kerap ditawarkan oleh jasa video company profile animasi terpercaya. Secara umum, animasi frame memiliki teknik pembuatan yang sangat sederhana seperti obyek atau gambar yang dibuat pada sebuah lembaran buku. Selanjutnya, buku tersebut dibuka secara cepat sehingga gambar atau obyek terlihat bergerak sedemikian rupa. 

Meski terkesan mudah, tapi ternyata tidak semua orang mampu melakukan hal tersebut dan menghasilkan video company profile animasi berbentuk frame yang memuaskan. Anda harus mempersiapkan obyek maupun gambar yang berbeda. Namun pastikan, ada perbedaan yang terlihat dalam pergerakannya supaya menciptakan ilusi gambar yang memang bergerak sebagai video animasi. 

  • Animasi sprite

Jenis animasi dari penyedia jasa video company profile lainnya adalah animasi sprite yang memungkinkan suatu obyek untuk bergerak sendiri sehingga obyek lain di layar yang sama hanya berperan sebagai background tak bergerak. Dengan kata lain, obyek tak bergerak ini hanya berfungsi layaknya hiasan ataupun pendukung suasana animasi tersebut. 

  • Animasi path

Secara garis besar, teknik pembuatan animasi path berasal dari obyek yang memang sengaja digerakkan mengikuti garis yang telah ditentukan. Garis ini dibuat langsung oleh sang kreator supaya hasil animasi sesuai dengan harapan. Bahkan, Anda juga bisa membuat garis tersebut sehingga pergerakan obyek bisa ditentukan sesuai konsep. 

Ada beberapa aplikasi yang bisa digunakan dalam pembuatan animasi path. Dalam proses penggunaannya, Anda bisa memanfaatkan layer khusus sebagai lintasan obyek ketika ingin membuat animasi dengan teknik satu ini. Meski begitu, hanya jasa video company profile profesional yang mampu menghasilkan animasi berkualitas tinggi. 

  • Animasi spline

Sesuai namanya, teknik pembuatan video company profile berbasis animasi dengan teknik spline menggunakan lintasan garis lurus yang kemudian dijadikan lintasan gerak atas obyek yang dibuat. Biasanya, lintasan ini dibuat dalam bentuk kurva. 

  • Animasi clay 

Clay merupakan media tanah liat yang juga bisa dijadikan teknik pembuatan animasi untuk suatu video company profile. Berdasarkan namanya saja, Anda pasti sudah bisa menebak bagaimana proses pembuatan video tersebut dilakukan. Ya, video ini menggunakan tanah liat untuk obyek yang diinginkan. Menariknya, hampir semua jenis tanah liat bisa digunakan dalam proses pembuatan animasi satu ini. 

Diketahui, tanah liat ini merupakan plastisin yang terkenal elastis dan lentur. Dengan demikian, Anda bisa membuat beragam bentuk obyek secara mudah sekaligus tepat. 

  • Animasi vektor

Salah satu jenis animasi yang dikenal paling rumit adalah animasi vektor karena menggunakan rumus matematika dalam proses penggambaran obyeknya. Namun bisa dipastikan, video company profile yang dibuat dengan animasi vektor bakal menghasilkan video berkualitas terbaik dan sesuai harapan. 

  • Animasi karakter 3D

Memang tak bisa dipungkiri jika animasi karakter 3D jadi jenis animasi yang paling sering digunakan dalam industri perfilman maupun jasa video company profile. Pasalnya, setiap karakter ataupun obyek di dalam video tersebut memiliki ciri khusus disertai gerakan yang berbeda sehingga audience bisa lebih memahami isi dari video yang disajikan. 

Begini cara jasa video company profile animasi andal bekerja 

Seperti yang kita ketahui, ada banyak hal yang patut dikuasai untuk menjadi seorang pembuat video company profile andal, apalagi video berbentuk animasi. Berkat bantuan teknologi yang semakin canggih, video semacam ini bisa dibuat sebaik mungkin sesuai keinginan. Kendati demikian, ada banyak tantangan yang harus dihadapi untuk membuat sebuah video berkualitas tinggi. 

Jika dibandingkan dengan membuat video biasa, jasa video company profile animasi membutuhkan pengetahuan dan keterampilan mumpuni supaya menjadi penyedia jasa yang andal. Di antaranya sebagai berikut:

  • Teknik menyusun naskah video company profile 

Langkah awal yang biasanya dilakukan oleh para penyedia jasa video company profile animasi adalah membuat rencana matang berupa naskah cerita. Tujuannya untuk memudahkan proses pembuatan animasi sesuai keinginan. 

Hal pertama yang dilakukan adalah penentuan tujuan dari pembuatan video animasi tersebut. Apakah untuk kepentingan sosialisasi, promosi, dan lain sebagainya. Di samping itu juga, penyedia jasa video company profile ini bakal memperhatikan target audience, pesan apa yang hendak disampaikan beserta tindakan apa yang diharapkan. 

  • Proses pembuatan storyboard

Tentu saja, pembuatan naskah tidak akan cukup untuk menciptakan video company profile berbasis animasi sesuai harapan. Dibutuhkan juga storyboard sebagai gambaran kasar dari keseluruhan video tersebut. Langkah satu ini dikatakan sangat membantu para kreator untuk memperkirakan bagaimana hasil animasi yang nantinya bisa dibuat sehingga video tersebut memiliki gambaran yang lebih nyata. 

Secara garis besar, storyboard memiliki tingkat kemiripan yang sama dengan komik strip sederhana disertai panel untuk memuat perkiraan gambar. Bukan itu saja, storyboard juga bakal membantu sang kreator mengetahui dari angle mana saja gambar tersebut akan diambil sehingga menghasilkan video company profile berkualitas dan sesuai dengan naskah. 

  • Menentukan jenis video animasi yang tepat

Sebelum Anda membuat video company profile animasi, ketahui dulu jenis-jenis video animasi yang paling tepat. Ada lima jenis video yang paling populer, yaitu animasi 2D, 3D, whiteboard, tipografi, dan terakhir adalah infografis. Anda hanya perlu memilihnya sesuai kebutuhan perusahaan masing-masing. 

Tentu saja, setiap jenis video company profile animasi ini memiliki kegunaan masing-masing sehingga Anda wajib memperhatikan setiap detail karakternya. Contohnya untuk animasi 2D yang hanya digunakan oleh para pemula karena lebih mudah. Sementara video animasi paling rumit adalah video 3D dengan anggaran yang juga tidak sedikit. 

  • Proses pembuatan video 

Apabila semua persiapan telah selesai dilakukan, maka kreator video company profile profesional bakal memulai pembuatan video tersebut sesuai rencana. Peralatan paling umum yang dibutuhkan untuk membuat video ini, baik untuk pemula maupun profesional adalah perangkat komputer, software khusus, dan koneksi internet yang stabil guna kelancaran proses pembuatan video. 

Umumnya, para penyedia jasa pembuatan video company profile semacam ini akan bekerja semaksimal mungkin demi menghasilkan video berkualitas sesuai permintaan pelanggan. Melalui berbagai kematangan persiapan, tentu saja jasa satu ini bakal menghasilkan video yang berkualitas luar biasa. 

  • Menambahkan detail latar musik

Ketika animasi sudah selesai dibuat, bukan berarti pekerjaan tersebut usai. Sebab, masih ada beberapa bagian dari video company profile animasi tersebut yang harus dilengkapi. Salah satunya adalah latar musik. Walaupun visualnya telah dibuat sesempurna mungkin, Anda tetap harus mampu memilih musik yang tepat supaya hasil video semakin maksimal. 

Ada banyak efek suara yang bisa Anda gunakan sesuai kebutuhan guna mendukung suasana di setiap adegan video. Kendati demikian, Anda harus mencari tahu dulu bahwa musik yang hendak digunakan tidak melanggar hak cipta atau bebas digunakan siapa saja. 

  • Membuat narasi cerita sesuai konsep awal

Langkah terakhir yang bisa Anda lakukan untuk melengkapi video company profile animasi supaya terlihat sempurna adalah membuat narasi cerita. Sebab, tanpa adanya narasi yang tepat, video apapun pasti terasa kurang lengkap. Apalagi, narasi berfungsi untuk memberikan pemahaman kepada para audience. Biasanya, narasi dibuat dengan cara merekam suara sendiri ataupun meminta bantuan para ahli narasi. 

Demikian tadi beberapa jenis video company profile berbentuk animasi sekaligus penjelasan tentang cara kerja pembuatannya. Semoga bermanfaat.