Di artikel sebelumnya, Studio Pelangi Semarang membahas “Belajar Memotret Mudah Lewat 5 Tips Fotografi Pemula”. Di artikel kali ini, Studio Pelangi Semarang melanjutkan tips fotografi untuk pemula agar lebih mudah diterapkan. 

Memahami konsep fotografi, menerapkan segitiga eksposur, memilih kamera yang tepat, merawat kamera, dan membaca karya-karya fotografi penting dilakukan. Tips fotografi untuk pemula berikut ini akan menyambung bahasan sebelumnya. 

Inilah pembahasan tips fotografi untuk pemula. Yuk disimak, Sahabat Studio Pelangi!

Baca buku petunjuk kamera

Walaupun ada banyak artikel tutorial dan tips fotografi untuk pemula, tetapi buku petunjuk kamera sudah ada jawabannya. 

Kitab ini perlu dikuasai bagi tiap fotografer pemula, apa pun merek dan jenis kamera. Karena, buku petunjuk kamera memuat cara penggunaan kamera yang dimiliki Sahabat Studio Pelangi. Misalnya cara menghidupkan kamera, merawat baterai, mengatur format penyimpanan, dan sebagainya. 

Tidak hanya itu, dengan membaca buku petunjuk atau buku manual, Sahabat Studio Pelangi menjadi lebih paham kondisi dan pengaturan kameranya. Jadi, Sahabat Studio Pelangi lebih maksimal saat latihan memotret. 

Latihan memotret tiap hari 

Tips fotografi untuk pemula ini dinilai ampuh dalam mengembangkan skill atau keahlian fotografi. Latihan memotret tiap hari menjadi kunci, habiskan waktu berjam-jam untuk mengasah keterampilan Sahabat Studio Pelangi. 

Dengan latihan memotret, keahlian teknis seperti segitiga eksposur, white balance, metering, pencahayaan, fokus manual akan terasah. Sementara keahlian non teknis seperti komposisi, framing, dan rasa seni juga semakin berkembang. 

Tidak kalah penting, kepekaan dan kemampuan komunikasi terhadap sekitar juga meningkat lho. 

Santai dan peka

Santai dalam memotret artinya mengerti apa yang akan dibidik Sahabat Studio Pelangi. Di sini, Anda paham kondisi pencahayaan, komposisi, atau kondisi subjek atau objek yang akan dipotret. 

Pikirkanlah pula sebelum memencet tombol shutter. Pekalah terhadap sekitar, apakah layak untuk dipotret atau tidak? 

Bereksperimen pada tahap pengeditan

Tahap pengeditan dikenal sebagai proses pasca pemotretan atau post-processing. Berbagai perangkat lunak pengolah grafis yang kerap digunakan untuk pengeditan foto. Misalnya Adobe Photoshop dan Adobe Lightroom.

Untuk HP Android dan iOS, aplikasi yang umumn digunakan adalah Snapseed, VSCO, Afterlight, Adobe Lightroom, dan Adobe Photoshop. 

Tahap pengeditan dapat dilakukan berupa pemotongan atau cropping, pengaturan saturasi, highlight, dan bayangan, penerapan aneka ragam filter serta manipulasi objek foto. 

Simpan foto dalam format RAW

Jika biasanya Sahabat Studio Pelangi memotret dalam format JPEG Normal atau JPEG Fine, saatnya hijrah ke format RAW. Format RAW memudahkan Sahabat Studio Pelangi dalam pengeditan seperti tingkat pencahayaan, ketajaman gambar, saturasi, dan lain-lain. 

Dengan memotret format RAW, Sahabat Studio Pelangi lebih serius mendalami tips fotografi untuk pemula. Jadi naik kelas deh Sahabat Studio Pelangi! 

Perbanyak baca buku dan foto

Memperbanyak baca buku dan karya fotografi mampu merekam ingatan Sahabat Studio Pelangi lho. Tips fotografi untuk pemula ini dinilai manjur karena dapat menstimulus kreativitas Anda dan menambah wawasan. 

Referensi foto bisa dilihat di Instagram dan Behance. Sementara itu, buku digital karya fotografi juga bisa diakses lho, Sahabat Studio Pelangi.

Tidak kalah penting, mengikuti kelas daring atau kursus fotografi online di Masterclass, MIT Open Learning, Coursera, LinkedIn Learning, dan Skillshare juga akan meningkatkan keterampilan dan literasi visual Sahabat Studio Pelangi. 

Publikasi karya foto

Yuk saatnya publikasi karya fotografi pertama Sahabat Studio Pelangi! Bisa dimulai lewat Instagram, Behance, Pinterest, Twitter, atau bahkan Facebook. Bahkan, Sahabat Studio Pelangi juga bisa membuat konten cerita foto lewat blog lho. Lumayan sekali bukan? 

Menarik sekali bukan tips fotografi untuk pemula yang dirangkum Studio Pelangi Semarang ini? Nah kalau begitu, yuk perbanyak latihan memotret dimulai dari yang sederhana dan hari ini. 

Studio Pelangi Semarang juga berpengalaman dalam jasa fotografi wedding, pre-wedding, produk, fesyen, dan dokumentasi acara. Bahkan, Sahabat Studio Pelangi juga bisa berdiskusi soal konsep foto pemotretan lho! 

Yuk kunjungi situs studiopelangi.id! Dapatkan layanan jasa fotografi wedding, pre-wedding, produk, fesyen, dan dokumentasi acara yang berkualitas dan terjangkau. Selamat memotret! 


0 Comments

Leave a Reply