Jika diingat lagi, rasanya sudah tak terhitung ada berapa macam model video yang telah Anda lihat hingga kini. Mulai dari video iklan promosi produk ataupun jasa yang kerap muncul di layar televisi hingga beragam jenis video lain yang muncul serentak sejak internet dikenal oleh berbagai kalangan masyarakat. 

Nah, salah satu jenis video yang cukup populer adalah video animasi. Menariknya, jenis video satu ini juga mulai digunakan sebagai video company profile berkualitas tinggi. Lantas, apa saja sih bentuk video animasi yang mungkin saja sudah pernah Anda lihat sebelumnya?

  • Video animasi 2D

Bisa dikatakan, video animasi 2D sangat mungkin dibuat berdasarkan karakter dan warna yang ingin digunakan. Bahkan, Anda bisa menyesuaikannya secara bebas ke dalam video company profile kekinian seperti yang mulai banyak terlihat di berbagai media sosial.  

  • Video whiteboard animation

Sebenarnya, penggunaan whiteboard animation yang mulai sering dibuat oleh para penyedia jasa video company profile ini sangat terstruktur dan memiliki pesan to-the-point. Biasanya, audience yang paling cocok untuk penggunaan video jenis ini adalah kalangan pemuda berusia 25 tahun ke atas. 

Dikatakan, penggunaan whiteboard animation untuk video company profile ini bisa sangat membantu rasa penasaran audience terhadap pesan yang ingin Anda sampaikan. Apabila Anda ingin meyakinkan penonton terhadap informasi secara efektif tanpa mempedulikan efek mengejutkan, maka jenis video satu ini bisa jadi pilihan terbaik. 

  • Video stop motion 

Pada dasarnya, video stop motion dan clay motion mampu memberikan efek kreatif yang seakan karakter di dalamnya hidup dalam video company profile Anda. Tentu saja, video semacam ini terlihat menarik bagi sebagian orang, terutama generasi millennials. 

  • Video motion graphics

Secara garis besar, video company profile motion graphics mampu memberikan banyak warna dan menyampaikan pesan secara singkat, jelas dan padat. Sekilas, jenis video satu ini nyaris serupa dengan video whiteboard animation. Namun, motion graphics menggunakan lebih banyak warna sehingga terlihat lebih kreatif dan atraktif. 

Pada video motion graphics, ada banyak style dan jenis font yang bisa digunakan. Umumnya, jenis video seperti ini cocok untuk audience kalangan profesional karena mampu menjelaskan hal yang rumit dengan cara sederhana. 

Lalu, bagaimana cara paling tepat dalam menentukan style video company profile supaya cocok dengan target audience Anda?

Langkah pertama yang patut Anda lakukan adalah membuat daftar apa saja yang Anda inginkan dalam video tersebut. Langkah satu ini bisa membantu mempersempit apa yang akan ditampilkan sehingga lebih fokus. Kemudian, pikirkan soal pesan apa yang ingin disampaikan atau ditekankan kepada audience. Tentu saja, setiap proyek maupun perusahaan memiliki pandangan yang berbeda. 

Selanjutnya adalah memberikan sesuatu yang terlihat kreatif sehingga target audience Anda bisa lebih mudah mengingat video company profile yang dibuat. Jangan lupa untuk menghitung setiap biaya pengeluaran sehingga Anda bisa mengalokasikan budget dalam pembuatan sebuah video profil perusahaan. 

See also  Bisakah Video Company Profile Berbentuk Iklan Advertorial?

Bagaimana cara menentukan target audience video company profile?

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, setiap orang bisa dipastikan pernah melihat video, entah itu berupa video animasi ataupun video dengan metode sinematografi berkualitas unggulan. Mengingat banyaknya jenis video yang bisa dijadikan media penjabaran profil perusahaan, coba ketahui dulu bagaimana cara menentukan target audience video company profile yang dibuat supaya pesan yang hendak Anda sampaikan tepat sasaran dan bisa diterima. 

Namun sebelumnya, coba Anda cocokkan dulu pernyataan berikut dengan kondisi perusahaan saat ini:

  • Demografi

Pertanyaan ini terkait dengan usia, jenis kelamin, latar belakang pendidikan, pekerjaan, status, hingga kondisi keuangan dan lain sebagainya. 

  • Lokasi

Sesuai judulnya, pertanyaan ini terkait dengan tempat audience Anda. Hal ini juga terkait dengan tradisi, budaya, dan bahasa yang bisa Anda jadikan bahan pertimbangan saat membuat sebuah video company profile perusahaan yang tepat. 

  • Hobi atau kegemaran

Anda bisa mencari tahu apa saja kesukaan target audience video company profile perusahaan. Selain itu, poin ini terkait dengan produk atau jasa yang Anda tawarkan. Berdasarkan jawaban atas pertanyaan ini, Anda bisa meningkatkan brand awareness melalui topik yang jauh lebih relevan. 

  • Keyword, hashtags, dan topik

Pastikan Anda mampu mencari keyword, hashtags, dan juga topik yang biasa digunakan oleh target audience. Jangan lupa untuk membuat daftar dari ketiga hal tersebut supaya Anda bisa menggunakannya secara optimal. 

Video explainer jadi sarana tepat untuk menjelaskan company profile perusahaan 

Selama Anda bersekolah ataupun bekerja, pasti pernah melakukan presentasi di depan umum, bukan? Rasanya, hampir semua orang pernah melakukan presentasi untuk berbagai kepentingan. Apalagi jika Anda sudah terjun ke dunia profesional, pasti lebih sering melakukan presentasi, baik untuk kepentingan internal maupun eksternal. 

Bagi sebagian orang yang memang terbiasa melakukan presentasi, tentu hal semacam ini tidak memiliki arti khusus dan bahkan tidak membuat grogi sedikitpun. Namun bagaimana dengan orang yang ingin melakukan presentasi tapi malah gugup dan tak sanggup berkata-kata?

Memang tak bisa dipungkiri, melakukan presentasi di depan umum adalah hal yang menakutkan bagi sebagian orang. Bahkan, bagi orang yang terbiasa melakukan presentasi, jika bahan kurang lengkap dan tidak dipersiapkan secara matang, jelas presentasi tidak bisa berjalan optimal. Apalagi jika dalam presentasi tersebut memberlakukan batasan waktu tertentu sehingga materinya harus dipadatkan sedemikian rupa. 

Jika sudah begitu, apakah audience bisa menangkap segala materi yang tersaji? Tentu jawabannya, bisa ya ataupun tidak. Semua itu tergantung dari sang penyaji materi presentasi tersebut. Lantas, apakah ada cara untuk meminimalisir materi presentasi ataupun video company profile jadi lebih padat tapi tetap menarik?

See also  Tips Jitu Membuat Isi Video Company Profile Bernilai Marketing

Seiring berkembangnya teknologi masa kini, salah satu hal yang bisa Anda lakukan adalah membuat video explainer. Video yang memiliki durasi sekitar 1-2 menit ini kerap dijadikan alternatif video company profile karena memuat penjelasan soal produk, materi, dan topik yang memang bisa menjawab pertanyaan mendasar para audience. 

Terkadang, video explainer ini berupa video animasi sehingga tampak menarik dan tidak membosankan. Lalu, bagaimana jika tidak bisa membuat video explainer ini secara mandiri? Tenang saja, ada banyak jasa video explainer seperti halnya jasa video company profile yang bertebaran di internet saat ini. Anda hanya perlu memilih salah satu di antara mereka dengan cara memperhatikan kualitas sekaligus jaminan pekerjaan yang ditawarkan. 

Keuntungan di balik penggunaan jasa video company profile berbentuk explainer 

Berikut ini ada beberapa keuntungan yang bisa Anda peroleh sat menggunakan jasa video company profile berbentuk video explainer, antara lain:

  • Lebih menghemat waktu

Ketika Anda hendak melakukan presentasi dengan cara yang sudah ada, terkadang Anda bakal merasa kehabisan waktu hanya untuk menjelaskan satu poin saja. Padahal, masih banyak topik yang harus dibahas. Melalui video company profile explainer, hal semacam ini bisa diminimalisir. Dengan begitu, Anda bisa lebih fokus pada hal-hal yang lebih penting sehingga waktu presentasi tidak habis begitu saja. Anda hanya perlu memutar video company profile explainer tersebut dan perlihatkan poin yang dibutuhkan saja. 

  • Video company profile explainer mampu memberikan visual yang rumit hingga sederhana

Anda pasti pernah kebingungan dalam menyampaikan sesuatu berdasarkan kata-kata. Nah, melalui video explainer, hal semacam ini tidak akan pernah terjadi. Bahkan, Anda bisa membuatnya secara singkat dan lebih mudah dipahami. 

  • Materi di dalam video company profile jadi lebih mudah dipahami

Saat Anda menyampaikan presentasi terkait informasi seputar perusahaan dan audience justru bingung dengan apa yang disampaikan, jelas bisa membuat Anda tertekan, bukan? Nah, melalui jasa video company profile  explainer, ketakutan tersebut bisa diminimalisir sedemikian rupa. Melalui materi yang dibuat lebih padat tapi menarik, bisa dipastikan audience bakal lebih paham dengan pesan yang ingin disampaikan oleh perusahaan. 

Demikian tadi beberapa cara memilih style video company profile beserta keuntungan menggunakan video explainer sebagai media penyaji profil perusahaan Anda. Apabila Anda merasa kesulitan untuk menentukan jenis video yang cocok dengan latar belakang perusahaan, tak ada salahnya jika Anda mencari jasa pembuat video company profile yang sudah ada. Namun pastikan dulu, produk dan portfolio yang mereka miliki supaya tidak kecewa di kemudian hari.