Video company profile merupakan salah satu bentuk media komunikasi yang berbentuk audio visual. Di mana, di dalam video tersebut terdapat isu ataupun citra suatu perusahaan demi kepentingan meningkatkan brand awareness kepada para calon pelanggannya. 

Beberapa tahun belakangan ini, banyak sekali marketer yang lebih memilih wujud video untuk menyampaikan profil perusahaan. Sebab, video lebih mudah diakses di berbagai platform dan mudah dibagikan di media sosial kekinian. Selain itu, video company profile semacam ini juga bisa menciptakan kekerabatan, loyalitas, dan kepercayaan terhadap brand beserta calon konsumennya. 

Cara membuat video company profile bernilai marketing

Dalam pembuatan konten video company profile yang sarat akan nilai marketing, ada beberapa poin penting yang patut Anda ketahui, antara lain:

  • Video company profile tidak harus memuat banyak data penting seputar perusahaan

Sebenarnya, tidak ada masalah jika Anda membuat isi video company profile berupa data penting tentang perusahaan. Namun jika tujuan dibuatnya video tersebut untuk menampilkan impact, meningkatkan brand awareness, membangun citra, hingga menjual produk ataupun jasa tertentu, ada baiknya jika dibuat berupa cerita. Dengan demikian, audience tidak merasa seperti sedang menonton video sales promotion yang monoton. 

  • Buat video company profile yang fokus pada cerita atau naratif

Setiap teknik sinematografi mampu menghadirkan cerita yang kuat dan menarik secara konsisten. Untuk mendapatkannya, para penyedia jasa video company profile terbaik biasanya mengambil latar belakang cerita yang tak jauh dari keseharian target konsumen. 

Misalnya, perusahaan Anda bergerak di bidang jasa asuransi pendidikan. Maka, Anda bisa membuat ide cerita seputar orang tua yang tidak bisa membiayai sekolah sang buah hati di masa depan, kemudian pilih beberapa adegan yang mampu mewakili kehidupan mereka sehari-hari. Dijamin, video semacam ini bakal melekat di hati dan benak audience

  • Jangan ragu untuk tampil beda dan unik agar lebih mudah dikenali oleh audience

Meniru isu atau video yang sedang viral memang tidak salah. Namun perlu Anda pahami, video company profile merupakan salah satu bentuk identitas dari perusahaan yang jika dibuat dalam bentuk berbeda dan menarik, sudah pasti bakal meningkatkan awareness consumer. 

Supaya lebih mudah, Anda bisa merujuk pada visi dan misi perusahaan ketika membuat perencanaan awalnya. Bisa juga dari sisi keunikan ataupun keunggulan produk dan jasa yang ditawarkan oleh perusahaan Anda kepada para calon konsumen serta mitra bisnis. 

  • Tempatkan brand bisnis Anda sebagai solusi atas permasalahan pelanggan

Jika Anda hendak mengangkat cerita terkait orang tua yang khawatir dan cemas tidak bisa membiayai pendidikan sang buah hati di masa depan, maka tempatkan perusahaan Anda sebagai solusi atas permasalahan tersebut. Anda bisa membangun citra perusahaan secara tersirat melalui cerita pada video company profile tersebut. 

Namun ingat, jangan terlalu banyak menonjolkan logo ataupun nama brand dari perusahaan supaya kesan yang didapat oleh audience terasa lebih kuat. 

  • Melibatkan emosi audience untuk konten video company profile 

Perlu Anda ketahui, video company profile paling menarik adalah video yang mampu diingat dan memberi kesan mendalam di hati audience. Untuk mewujudkan hal tersebut, Anda bisa membuat pembangunan dramatisasi video yang epik. 

Jika Anda berharap mewujudkan suasana yang bahagia dan penuh keceriaan, maka ciptakan visual dan audio yang memang bisa menampilkan hal tersebut. Pun sebaliknya, jika Anda mengharapkan suasana yang sedih dan penuh haru, pilih visual dan audio yang mendukung suasana semacam itu. 

  • Pastikan kualitas video company profile di 10 detik pertama penayangan

Setiap audience bebas memiliki kesan terhadap video company profile yang Anda sajikan di 10 detik pertama penayangannya. Menarik atau justru membosankan video tersebut memang akan selalu ditentukan sejak durasi permulaannya. Oleh sebab itu, poin satu ini menjadi skor paling penting dari poin sebelumnya. Sebab, ketika Anda sudah mengetahui dan memahami lima skor sebelumnya, maka bisa dipastikan Anda akan terbantu untuk menentukan adegan di 10 detik pertama video profil perusahaan tersebut.  

  • Jangan ragu untuk membuat anggaran setinggi mungkin demi video company profile berkualitas

Percayalah, video profil perusahaan memiliki impact cukup baik terhadap ROI atau yang dikenal sebagai Return of Investment. Ketika Anda memiliki sebuah video company profile berkualitas, maka dijamin perusahaan Anda bisa lebih muda meningkatkan consideration, awareness, dan juga action dari pelanggan maupun mitra bisnis. 

Oleh sebab itulah sering dikatakan, Anda tak perlu ragu untuk membuat anggaran sekaligus mengeluarkan tarif yang tinggi jika ingin mendapatkan video company profile yang berkualitas. Apalagi media semacam ini memungkinkan Anda untuk lebih mudah bersaing di era digital yang serba bebas.  

Langkah awal untuk mempersiapkan pembuatan video company profile bisnis

Ada beberapa langkah yang perlu Anda perhatikan saat mempersiapkan pembuatan video company profile, di antaranya sebagai berikut:

  • Pikirkan secara matang konsep video company profile yang diinginkan

Langkah pertama yang wajib Anda lakukan adalah memikirkan konsep video company profile yang hendak dibuat. Konsep ini sering dikenal dengan istilah storyline yang jadi inspirasi pokok dari suatu gagasan lewat sebuah cerita supaya video tersebut terasa lebih menarik bagi para audience. 

Selain itu, Anda juga harus menentukan tujuan dari pembuatan video company profile semacam ini. Diketahui, tujuan bakal membuat Anda lebih gampang dalam memperbaiki alur storyline yang kurang sesuai. 

  • Menentukan durasi video company profile yang akan dibuat

Alangkah baiknya jika video company profile yang Anda buat memiliki durasi penayangan yang tidak terlalu lama. Apalagi, setiap metode pembuatan video serupa tidak memiliki batas durasi, sehingga Anda seharusnya memikirkan juga seberapa panjang video tersebut. 

Apabila durasi video company profile yang Anda buat terlalu panjang, sebaiknya pikirkan solusi terbaik agar video tersebut tidak terlihat membosankan. Umumnya, video seperti ini memiliki durasi sekitar 2-3 menit saja yang memang terasa cukup. 

  • Proses syuting pengambilan gambar

Berdasarkan definisinya, syuting adalah komponen yang tiba dilupakan dalam proses pembuatan video company profile. Perlu Anda ingat, jangan pernah terburu-buru dan terlalu mengejar waktu ketika sedang mengambil gambar untuk keperluan video profil perusahaan. 

Akan lebih bagus lagi jika pengambilan gambar setiap adegan dilakukan berulang-ulang daripada hasilnya kurang memuaskan. Bukan itu saja, ada hal lain yang tak kalah penting untuk Anda perhatikan yaitu cara pengambilan gambar dengan garis besar yang telah ditentukan di awal perencanaan. Baik itu untuk scene, angle, dan hal lain yang harus dibuat sesuai rencana konsep. 

  • Proses editing video

Ketika bahan sudah tersedia dan lengkap, maka penyedia jasa pembuatan video company profile ini bakal menggabungkannya jadi satu bagian video yang utuh. Proses satu ini tidak boleh dilakukan sembarangan sehingga Anda membutuhkan tenaga editor profesional seperti yang dimiliki oleh jasa video company profile Bekasi ataupun lainnya yang terpercaya. 

Umumnya, aplikasi yang digunakan oleh para editor tersebut memang dikenal memiliki kualitas super, seperti misalnya Adobe Premier, Edius Final Cut Pro, hingga Corel Video Sanggar. 

  • Tampilan video harus seimbang dan menarik secara visual

Umumnya, video company profile memiliki visual yang sempurna dan menarik demi mempersembahkan pesan untuk para audience. Ditambah juga dengan audio visual yang diwujudkan dalam bentuk voice over hingga musik latar belakang yang mumpuni. 

Pada dasarnya, audio visual memang sepatutnya memberikan sekaligus menambahkan kekuatan visualisasi yang ditampilkan dalam video profil perusahaan. 

  • Proses finishing pembuatan video 

Ketika video company profile usai dibuat, seharusnya Anda tidak mudah merasa puas. Anda disarankan untuk memutar ulang video tersebut sampai beberapa kali sampai menemukan komponen yang dirasa kurang sesuai. Untuk melalui proses ini, pastikan orang yang melakukan pengecekan dan editing adalah orang yang berbeda. Pasalnya, kekurangan suatu proyek tidak bisa diamati oleh si pembuat konten tersebut. 

Berbeda ceritanya jika yang melakukan perbaikan adalah orang lain. Bahkan lazimnya, orang-orang ini bakal jauh lebih mudah dalam mengenal komponen yang kurang pas dari suatu proyek. 

Demikian tadi yang seharusnya Anda pelajari untuk membuat konten video company profile perusahaan. Berdasarkan informasi di atas, Anda disarankan untuk membuat konten yang seunik dan sekreatif mungkin. Jangan lupa juga untuk menonjolkan cerita yang mampu membuktikan filosofi ataupun ciri khas dari perusahaan Anda. 

Jika Anda merasa itu terlalu sulit untuk dilakukan sendiri, maka tak ada salahnya untuk menyewa jasa pembuatan video company profile yang profesional. Dengan begitu, memiliki profil perusahaan yang berkualitas tak lagi jadi hal yang mustahil. 

Tonjolkan cerita yang dapat membuktikan filosofi maupun ciri khas dari perusahaan Anda.