Fotografi adalah sebuah seni pengambilan gambar dan cahaya melalui sebuah film. Sementara orang yang bertindak dalam proses pengambilan gambar tersebut diistilahkan dengan Fotografer. Gambar-gambar yang diambil oleh fotografer ada yang dibuat untuk tujuan komersil, ada juga yang diambil untuk dikoleksi.

8 Aliran/ Genre dalam Fotografi

Apa pun tujuan pengambilan gambar tersebut, para fotografer biasanya dibedakan berdasarkan aliran  atau genre yang mereka tekuni. Adapun aliran-aliran atau genre tersebut, di antaranya:

  • Landscape Photography

Landscape photography merupakan suatu jenis genre pengambilan foto yang memfokuskan objek pada pemandangan alam.

  • Portrait Photography

Portrait photography biasanya menghasilkan gambar berupa seseorang yang menatap langsung pada kamera. Hal ini karena portrait photography merupakan teknik foto yang menampilkan rupa, kepribadian, dan mood.

  • Still Life Photography

Still life photography berfokus pada 3 hal: pencahayaan, property, dan komposisi. Objek foto still life photography ini adalah benda mati yang bisa diatur tata letaknya oleh fotografer.

  • Fashion Photography

Fashion photography adalah jenis fotografi yang menonjolkan pakaian dan barang fashion lainnya dengan tujuan agar baju-baju itu dapat bersifat komersil.

  • Street Photography

Street photography adalah seni pengambilan gambar yang mempertontonkan hasil gambar sesuai dengan kehidupan sehari-hari. Foto ini bersifat apa adanya.

  • Journalism Photography

Kebalikan dari street photography, journalism photography justru menampilkan hasil gambar yang bermaksud memberikan berita atau informasi penting terkait suatu kejadian.

 

  • Wedding Photography

Wedding photography adalah jenis foto yang digunakan saat acara penting pernikahan. Foto jenis ini mewajibkan fotografer untuk mampu menangkap momen-momen membahagiakan secara spontan.

  •  Commercial Advertising Photography

Commercial advertising photography adalah jenis pengambilan foto yang ditujukan untuk kepentingan pemasaran. Jenis foto ini menggunakan bantuan proses editing dan grafik komputer.

Bagi para warga Semarang yang akan mengadakan acara dan membutuhkan jasa fotografer Semarang, bisa langsung intip studiopelangi.com. Studio Pelangi ini merupakan jasa fotografer Semarang yang murah dan berkualitas baik. Ayo, kapan lagi dapat hasil yang bagus dengan harga bersahabat?