Dalam situasi pandemi seperti ini dalam mengadakan sebuah acara yang menghadirkan massa yang banyak memanglah dilarang oleh pemerintah, sehingga pemerintah menganjurkan dalam pengadaan sebuah acara hanya boleh dihadiri oleh 25%-50% kapasitas tempat diselenggarakannya sebuah acara. Sehingga kita harus menemukan sebuah solusi agar acara tetap berlangsung akan tetapi bisa dihadiri dari semua anggota yang ada dalam suatu wadah organisasi. Dan live streaming menjadi solusi  untuk semua masalah anda.

 

Kebutuhan Live Streaming

Seperti yang sudah disampaikan di atas kebutuhan live streaming sangatlah penting terutama disaat pandemi seperti saat ini, kebutuhan live streaming pastinya akan meningkat. Dengan banyaknya acara event yang dibuat pastinya kebutuhan dari  live streaming akan meningkat dikarenakan dengan dibatasinya menghadirkan tamu undangan yang banyak maka live streaming bisa digunakan sebagai solusi apabila ingin mengadakan acara yang dihadiri banyak tamu.

 

Karena dengan menggunakan live streaming tamu tidak perlu menghadiri acara secara langsung, akan tetapi tetap bisa mengikuti prosesi jalannya acara tersebut dan tentunya aman dari jangkauan virus. Tamu yang melalui live streaming dapat mengaksesnya dimana saja karena cukup membuka youtube atau link zoom yang telah diberikan tamu undangan dapat mengikuti prosesi acara tersebut.

 

Penggunaan live streaming pada situasi pandemi seperti ini sangatlah cocok diaplikasikan, karena dengan mudahnya penggunaan kemudian aman dari penyebaran virus covid-19. Membicarakan Live Streaming Studio Pelangi merupakan salah satu vendor yang menyediakan jasa Live streaming khususnya daerah Purbalingga dan sekitarnya, studio pelangi sudah berdiri selama bertahun-tahun, tentunya sudah banyak pengalaman yang kami miliki, dan tidak sedikit juga client yang sudah bekerjasama menggunakan jasa Live Streaming studio pelangi. Klein studio pelangi tersebar di berbagai daerah yang ada di indonesia, dari event lokal hingga nasional pernah studio pelangi kerjakan, salah satu klien yang menggunakan jasa studio pelangi yaitu dari  Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP).

 

Profile Studio Pelangi

Pada kesempatan kali ini mendapat kepercayaan dari dinas Kelautan dan Perikanan provinsi Jawa Tengah merupakan salah satu organisasi pemerintah di Jawa Tengah, dalam rangka melaksanakan pembangunan perikanan mempunyai visi, “Terwujudnya Sumberdaya Kelautan dan Perikanan Sebagai Sumber Utama Penghidupan, Pendapatan dan Kesejahteraan yang berkelanjutan”.

 

Acara yang diselenggarakan yaitu acara Perluasan Gemarikan Dalam Rangka Penanganan Stunting dan Gizi Buruk.

Pada 29 Juni 1954. Acara idi dimulai dengan Registrasi Peserta dan Persiapan (09.00 – 09.15), kemudian acara berlanjut dengan Edukasi Manfaat Ikan Bagi Kesehatan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Purbalingga (09.15 – 10.00 ). Setelah penjelasan tentang edukasi manfaat ikan bagi kesehatan acara dilanjutkan dengan sambutan dan pembukaan tamu VIP oleh MC (10.00 – 10.05). Dilanjut dengan pembacaan doa dan menyanyikan lagu Indonesia Raya oleh panitia (10.05 -10.15). Acara selanjutnya yaitu sambutan dari kepala Dinas Perikanan Kabupaten Purbalingga, lalu oleh kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Tengah, selanjutnya sambutan oleh kepala Balai Besar Pengujian Penerapan Produk Kelautan dan Perikanan, dan yang terakhir sambutan oleh Komisi IV DPR RI – Bapak Ir.KRT.Darori Wonodipuro,MM (10.15 – 11.00). Acara berlanjut dengan penyerahan paket gemarikan secara simbolis kepada perwakilan oleh tamu VIP kepada perwakilan penerima 5 orang, dan dilanjutkan foto bersama.

Penutupan oleh (11.15 – 11.20), dan yang terakhir  distribusi paket gemarikan ole tim kepada masyarakat kabupaten Purbalingga.

 

Acara ini berjalan dengan lancar sesuai dengan susunan acara yang telah dibuat sebelumnya, dikarenakan dalam situasi pandemi seperti saat ini acara ini tidak menghadirkan banyak tamu, akan tetapi semua jajaran anggota dapat mengikuti acara ini melalui live streaming sehingga tetap bisa mengikuti acara ini dan mematuhi protokol kesehatan, dikarenakan kita dalam masa pandemi covid-19 yang belum usai melanda negeri kita tercinta ini.

 

Studio Pelangi sebagai penyedia sewa live streaming menyelesaikan tugasnya dengan baik tanpa adanya kendala, live streaming yang kerjakan tim studio pelangi berjalan dengan lancar tanpa adanya kendala, koordinasi yang baik dan ketepatan waktu yang sesuai dengan susunan acara, maka acara yang diselenggarakan di kampung tangguh candi, desa kalitinggar kidul, kecamatan padamara, Purbalingga sukses diselenggarakan. 

 

Studio pelangi sebagai event organizer yang berpengalaman tentunya tidak hanya menyediakan jasa live streaming saja, studio pelangi juga menyediakan penyewaan alat untuk melakukan live streaming secara mandir, ingin tau apa saja alat yang disewakan untuk live streaming? Simak penjelasan berikut ini .

 

Alat kebutuhan Live Streaming

 

Laptop atau komputer

Sudah barang tentu peralatan ini wajib dimiliki untuk melakukan live streaming. Namun, yang perlu diperhatikan adalah jumlah RAM yang cukup besar dan bisa terhubung dengan internet yang memadai agar live streaming lancar tanpa hambatan berarti. 

 

Kamera

Memang sekarang semua laptop dan hampir semua komputer telah dilengkapi kamera built-in, tapi kebanyakan kurang jernih dan tajam untuk live streaming yang memang ingin dibawakan secara proper.

Karena itu, demi memanjakan dan membuat audiens betah menonton berlama-lama, setidaknya gunakan kamera yang menghasilkan kualitas video 720p. Kamu bisa menggunakan jenis kamera Digital Camcorder Webcam, 4K Live Stream Camera with Lens Hood, kamera mirrorless, bahkan kamera DSLR, dan semua itu baiknya di-support dengan tripod.

 

Lighting

 

Untuk event online yang cukup komersil, lighting mesti ada di daftar peralatan live streaming, terlebih ketika ruangan yang digunakan memiliki cahaya yang kurang.

Setidaknya kamu memiliki tiga jenis lighting, yakni fill light, yang diposisikan di belakang kamera; main light dengan cahaya yang lebih terang dari subjek; dan background light agar background tidak terlalu kontras dengan subjek. Untuk cahaya yang lebih lembut disarankan untuk menggunakan lighting softbox daripada ring light.

 

Mikrofon

 

Alat live streaming yang satu ini sama sekali tidak boleh dilewatkan. Apapun jenis event online-mu, baik itu workshop, demo masak, apalagi konser online, wajib menggunakan mikrofon yang berkualitas, yang bisa sinkron dengan kamera dan laptop. Setidaknya perangkat bisa menangkap audio hingga 16 bit/48kHZ dan mengurangi background noise.

Namun, jika kamu sudah cukup percaya diri dengan kualitas mikrofon bawaan dari laptop atau komputer kamu, plus event live streaming yang kamu adakan tidak begitu formal, kamu tidak perlu mikrofon tambahan asalkan suara yang dihasilkan bisa jelas terdengar.

 

Software

 

Software seperti OBS adalah kunci untuk memiliki tampilan live streaming yang profesional dan tentunya bisa dikomersialisasi.

Terlebih, jika event kamu memiliki sponsor atau partnership. Dengan, software kamu bisa menyisipkan “iklan” tentang mereka yang menjadi sponsor dan partner kamu.

 

Studio Pelangi menyediakan alat terbaik untuk segala kebutuhan event anda, kami sudah dipercaya oleh banyak klien yang telah menggunakan jasa kami, dari event kecil maupun event besar pernah menggunakan alat yang disewakan oleh studio pelangi jadi anda jangan ragu- ragu dalam menggunakan jasa studio pelangi.

 

Info

Untuk anda yang tertarik dengan jasa kami dan ingin menyewa atau hanya sekedar konsultasi saja, anda dapat menghubungi nomor berikut 0821.3867.4412, dan kami merupakan vendor yang berpengalam sudah bertahun tahun dengan operator dan crew professional yang sudah berpengalaman.

 

Sekian artikel ini kami buat, semoga bermanfaat dan sampai jumpa di lain artikel