Apa Anda pernah dengar Podcast? Kemungkinan mayoritas dari Anda belum pahami apakah itu Podcast. Podcast adalah media komunikasi yang dapat kita gunakan bukan untuk berbicara sama orang lain tetapi juga sama-sama share info yang memikat dan penting. Walau seringkali disebutkan serupa dengan radio, tetapi dapat disebut podcast lebih ringkas daripada radio. Sudah pasti karena podcast lahir di angkatan digital yang serba mudah dan cepat untuk dijangkau.

Podcast ini sudah sering dipakai oleh warga untuk dengarkan informasi, ilmu dan pengetahuan, dan share ilmu dan pengetahuan yang memiliki sifat bisa diulangi. Dapat diulangi, karena telah didownload pada awal. Ini menjadi kelebihan tertentu dari Podcast dibanding dengan radio.

Kelebihan Khusus Podcast

Jadi apa sebetulnya kelebihan podcast dibandingkan radio atau dengarkan rekaman audio MP3? Kelebihan khusus podcast menurut saya ialah:

  • Ada beberapa pilihan podcast yang dapat Anda dengar. Ada beberapa ratus kelompok dan beberapa puluh atau bahkan juga beberapa ratus ribu podcast yang dapat Anda tentukan sesuai ketertarikan dan hoby Anda. Bandingkan dengan radio, ada seberapa banyak stasiun radio di kota Anda? Ada radio untuk orang usaha, radio untuk wanita dan lain-lain, tetapi ada seberapa banyak? Paling 15-an.
  • Tidak ada iklan terlalu berlebih seperti radio, yang rasanya setiap 10 menit ada iklan atau penyeling lagu.
  • Anda dapat dengarkan podcast sesuai saat yang Anda punyai . Maka contoh Anda jogging jam 5 pagi, Anda dapat dengarkan podcast yang berguna atau yang Anda gemari. Jika radio jam 5 pagi ya hanya kembali instrument, karena penyiar radio masih tidur
  • Anda automatis terima adegan baru di handphone (telah di unduh dan siap didengar) dari podcast yang Anda berlangganan . Maka tak perlu repot kembali harus unduh di computer, lalu alihkan filenya ke handphone (itu jika Anda tahu triknya).
  • Podcast yang telah didengarkan, dapat automatis dihapus hingga tidak habiskan ruang memory di handphone Anda.

Supaya hasil podcast yang dibikin jadi sangatlah baik dan nikmat untuk didengarkan tentu saja perlu memakai beragam alat yang berkualitas dan oke hingga anda perlu pintar pilih alat podcast yang bakal anda pakai berikut alat yang penting anda pakai saat akan membuat podcast :

Alat Untuk Membuat Podcast

1. Mikrofon

Mengulas berkenaan alat apa yang diperlukan untuk podcast pasti jangan ketinggal dengan yang bernama mikrofon. Bagaimana tidak? Untuk membikin suaramu bisa kedengar secara jelas, kamu tentunya akan memerlukan kontribusi dari mikrofon. Umumnya, pendengar yang cermat bisa membandingkan di antara mikrofon berkualitas rendah dan mirkofon dengan kualitas tinggi.

See also  Faktor yang Memengaruhi Penggunaan VHS, Betamax, dan Hi8

Disamping itu, saat sebelum memilih untuk beli mikrofon kamu perlu untuk pilih tipe mikrofon apa yang bakal kamu pakai, apa itu mikrofon USB atau mikrofon analog (XLR). Mikrofon USB bisa mengkonversi suara analog jadi digital hingga kamu bisa menghubungkan mikrofon itu ke computer mana saja dan memulai merekam tanpa memperoleh banyak masalah.

Sedang untuk mikrofon analog memakai connector XLR yang mana kamu akan membutuhkan piranti yang lain untuk mengkonversi audio ke computer. Karena tidak memerlukan piranti tambahan, mikrofon USB pasti mempunyai harga yang lebih murah dibanding mikrofon analog, tetapi hal itu malah akan memberinya kekuatan untuk hasilkan kualitas audio yang lebih rendah dibanding dengan memakai mikrofon analog.

2. Perekam XLR Portable

Alat rekam XLR Portable masuk barisan mengenai alat apa yang diperlukan untuk podcast, terutamanya bila kamu memilih untuk memakai mikrofon analog. Alat rekam XLR portable diperlukan untuk tangkap audio analog kamu dan mengkonversinya jadi digital.

Disamping itu XLR protable dapat tangkap beberapa suara aliran mikrofon dan memungkinkannya untuk lakukan rekonsilasi volume suara dan mematikannya secara cepat. File audio secara automatis bisa ditata dan diletakkan dalam kartu memory yang bisa dimasukkan pada pembaca kartu atau slots di computer.

3. Audio Interface

Bila kamu ingin merekam langsung ke computer dengan memakai mikrofon analog, karena itu kamu membutuhkan audio interface sebagai salah satunya alat apa yang diperlukan untuk podcast ini. Piranti ini memungkinkannya kamu untuk memasukkan satu ataupun lebih mikrofon analog dan mengkonversi audio analog jadi digital.

Mayoritas audio interface bisa tersambung ke computer lewat USB atau Firewire. Audio interface ini dapat kamu peroleh pada harga yang bervariasi, bergantung dari sesuatu yang kamu perlukan.

4. Komputer

Selainnya mikrofon, computer sebagai salah satunya alat yang penting saat membuat podcast. Hal itu karena computer tersebut kamu butuhkan untuk merekam, mengubah, sampai mengupload podcast yang telah kamu bikin. Untuk mengubah audio, kamu tidak membutuhkan banyak daya komputasi.

Tetapi, langkah kamu merekam podcast malah punya pengaruh pada piranti computer yang kamu perlukan, baik itu merekam dengan memakai computer langsung atau memakai piranti khusus. Bila kamu memutuskan untuk memakai piranti khusus, karena itu seharusnya kamu mempunyai port yang akurat.

See also  Jasa Sewa Alat Podcast

Sebagai contoh, bila kamu memutuskan untuk memakai mikrofon analog dengan alat rekam XLR portabel atau piranti audio interface, karena itu kamu akan membutuhkan jack audio-in 3,5 mm, port USB, atau dalam beberapa kasus, kamu akan memerlukan port Firewire juga. Oleh karena itu, saat sebelum kamu habiskan uang untuk beli beragam perlengkapan, ada baiknya kalau kamu yakinkan jika kamu mempunyai computer yang bisa memberi dukungan.

5. Digital Audio Workstation (DAW)

Untuk hasilkan rekaman dan editan yang bagus, kamu akan membutuhkan Digital Audio Workstation atau yang dipersingkat sebagai DAW. Terhitung sebagai alat apa yang diperlukan untuk podcast, banyak pilihan atau opsi DAW yang dapat kamu pakai. Tapi, lisensi untuk DAW tersebut umumnya habiskan ongkos yang lumayan besar, yaitu sekitaran $300 sampai $900 untuk lisensi DAW tingkat professional seperti Reason atau Pro Tools.

Tetapi ada pula Adobe Audition yang cuman memerlukan $20 untuk ongkos berlangganan bulanannya. Tapi, sebagai podcaster pemula, kamu tak perlu buang uang banyak untuk perlengkapan yang kemungkinan dirasakan belum begitu penting. Sekarang ini telah banyak software gratis seperti Audacity yang dapat dijadikan opsi.

6. Pop Filter

Alat apa yang diperlukan untuk podcast paling akhir ialah pop filter. Makin terang suara audio kamu, maka semakin baik juga podcast yang kamu menghasilkan. Walau alat satu ini tidak begitu diperlukan, tapi rupanya pop filter bisa menolongmu dalam hasilkan suara yang baik. Harga lumayan murah, tapi kamu tak perlu membeli. Kamu bahkan juga dapat membuat sendiri dengan memakai beberapa barang yang ada di dalam rumah.

Jasa Sewa Alat Podcast

Studio pelangi sebagai salah satunya penyuplai jasa service sewa alat podcast khususnya untuk anda yang berada tinggal di Kendal dan sekelilingnya. Studio pelangi banyak memiliki alat yang dipakai untuk pembikinan podcast, yang tentu saja berkualitas dan baik untuk keperluan anda.

Studio Pelangi berdiri semenjak tahun 2008 tentu saja studio pelangi banyak memiliki pengalaman dalam sewakan alat keperluan podcast, banyak client yang telah memakai jasa dari studio pelangi dan mereka senang akan servis alat yang dikontrakkan oleh studio pelangi.

Informasi Pemesanan

Bagaimana anda tertarik memakai jasa studio pelangi? Janganlah sampai anda salah tentukan saat menentukan penyuplai jasa sewa alat Podcast, pilih penyuplai jasa service yang telah eksper dalam sektornya. Studio pelangi dengan kisah hidupnya sepanjang tahun tentu saja akan memberinya hasil terbaik. Bila anda tertarik memakai jasa studio pelangi anda dapat selekasnya mengontak kami di 0821-3867-4412.

Demikian artikel ini kali salam sukses untuk semuanya