Beberapa tahun belakangan, Instagram semakin dikenal sebagai media sosial yang memungkinkan para pengguna untuk saling berbagai foto maupun video menarik. Di awal kemunculannya, Instagram hanya dibuat untuk sekadar membagikan foto saja. Namun seiring berjalannya waktu, Instagram memperbarui fitur utamanya sehingga mampu membagikan konten video yang beragam. 

Tentu saja, perubahan ini seakan membuka jalan bagi para pebisnis, baik yang bergerak dalam skala kecil hingga korporat yang cukup besar untuk menjadikan Instagram sebagai salah satu strategi promosi terbaik. 

Diketahui, kegiatan promosi melalui Instagram dengan cara mengunggah video company profile perusahaan terbukti efektif. Sebab, platform media sosial yang cukup digandrungi banyak orang ini memiliki jumlah pengguna aktif yang luar biasa disertai keberagaman karakteristik yang pastinya bermanfaat bagi kelangsungan suatu bisnis. 

Hingga kini, jumlah pengguna Instagram di Indonesia mencapai angka 56 juta orang. Sementara Indonesia sendiri menduduki peringkat ke empat sebagai negara dengan pengguna Instagram terbanyak di dunia. 

Fitur Instagram yang bisa dijadikan media pemasaran brand

Ada beberapa fitur yang terdapat pada Instagram untuk Anda jadikan media pemasaran perusahaan. Berikut ini di antaranya:

  • Instagram video post

Sesuai dengan namanya, fitur satu ini memiliki fungsi untuk mengunggah video dalam format post. Fitur ini memiliki durasi maksimal satu menit sehingga Anda bisa menyesuaikan video tersebut terlebih dulu sebelum diunggah. 

Setelah video company profile diunggah, tak lama kemudian video tersebut bakal muncul di lama feed Instagram Anda. Nah, jika Anda tertarik untuk melakukan promosi atau pemasaran produk dan jasa yang dimiliki oleh perusahaan melalui fitur Instagram satu ini, pastikan saja durasi video tersebut tak lebih dari satu menit. 

Selain itu, Anda harus membuat video company profile berkualitas dan atraktif. Dengan begitu, tampilan video yang tersaji jadi lebih menarik. Jika Anda tidak memikirkan soal kualitas maupun nilai estetika pada video profil perusahaan tersebut, bisa saja audience hanya akan melewati video Anda tanpa memberikan respon apapun karena dianggap tidak menarik. 

Pada dasarnya, Instagram video post adalah fitur terbaik untuk Anda yang ingin memperkenalkan suatu produk secara singkat tapi lengkap. Dengan durasi cukup satu menit saja, Anda sudah bisa melakukan promosi kepada masyarakat secara luas tanpa membutuhkan video yang rumit ataupun bertele-tele. 

  • Instagram story

Bisa dikatakan, Instagram story merupakan fitur Instagram yang paling populer karena memungkinkan para penggunanya untuk mengunggah video, foto, ataupun sekadar tulisan sederhana berdurasi maksimal 15 detik. Sebenarnya, fitur satu ini hanya bersifat seperti sneak peak saja. Banyak pengguna Instagram yang kerap menjadikan fitur Instagram story ini sekadar media untuk mengabadikan momen sehari-hari. 

Tentu saja, perusahaan yang ingin menawarkan produk ataupun jasanya pun bisa melakukan hal serupa. Anda cukup mempersiapkan video company profile yang ingin ditampilkan secara mudah. Jangan lupa untuk menambahkan elemen dekoratif yang menarik disertai musik latar ataupun animasi yang juga tersedia pada fitur tersebut. Cukup menarik, bukan?

Namun sayangnya, fitur Instagram story ini memiliki kelemahan apabila dijadikan media strategi promosi bisnis. Salah satunya adalah keterbatasan waktu unggahan. Ya, fitur ini dibuat oleh Instragram hanya mampu menyimpan konten selama 24 jam saja. Setelah itu, Instagram story Anda akan kembali kosong. Kendati demikian, Anda masih bisa mengaksesnya melalui fitur archived dan melakukan repost konten yang sama. 

Apabila Anda tidak ingin video company profile yang diunggah ke Instagram story menghilang, sebaiknya simpan saja ke bagian highlight. Dengan begitu, video tersebut bakal tersimpan rapi dan muncul di bagian bio Instagram milik perusahaan Anda. 

Sebenarnya, promosi melalui Instagram story bisa dilakukan secara maksimal jika Anda bisa membuat video company profile persuasif disertai informasi yang utuh supaya produk atau jasa yang ditawarkan semakin menarik. Anda pun bisa menyertakan informasi yang lebih detail untuk melihat produk tersebut secara lengkap di website perusahaan misalnya. 

  • Instagram TV

Fitur paling anyar yang disajikan oleh Instagram adalah Instagram TV. Pada dasarnya, fitur satu ini sekilas mirip dengan YouTube. Oleh sebab itu, Anda juga bisa menggunakan fitur Instagram TV sebagai media penayangan video company profile dengan durasi mencapai satu jam. 

Banyak orang beranggapan, bahwa Instagram TV ini nantinya bakal menyaingi YouTube. Terutama untuk kepentingan promosi karena memiliki aksesibilitas secara langsung kepada para penggunanya. 

Selain itu, fitur satu ini sangat cocok untuk perusahaan yang memang ingin melakukan rangkaian kegiatan promosi melalui Instagram secara detail dan utuh. Bahkan, keleluasaan durasi yang diberikan sangat memungkinkan perusahaan untuk berkomunikasi lebih mendalam dengan target audience

Bagaimana cara membuat video company profile yang berkualitas untuk Instagram?

Langkah pertama yang patut Anda lakukan adalah membuat video company profile yang kreatif. Biasanya, para penyedia jasa video company profile akan membuat video yang menggunakan pendekatan storytelling sekreatif mungkin dengan melibatkan emosi audience. Strategi semacam ini bisa menambah keunikan dari perusahaan Anda terkait kebutuhan promosi, baik itu kebutuhan untuk promosi brand atau sekadar membentuk citra perusahaan.  

Di samping itu, video testimonial juga bisa dijadikan ide menarik untuk mengisi konten Instagram resmi perusahaan Anda. melalui video testimonial seperti ini, calon konsumen maupun mitra bisnis bisa mencari tahu produk dan layanan yang tersedia secara lengkap di feed Instagram tersebut. 

Pentingnya voice over dalam video company profile 

Selain memperhatikan aturan yang diberikan oleh Instagram sebelum mengunggah sebuah video company profile, pastikan juga video tersebut telah dibekali dengan unsur-unsur pelengkapnya. Salah satunya adalah kehadiran voice over yang mampu memberikan nilai tambah bagi video profil tersebut secara keseluruhan.  

Bisa dibilang, voice over sangat diperlukan dalam suatu video company profile. Kendati demikian, poin satu ini bukan jadi suatu keharusan karena semuanya tergantung dari kebutuhan video dan selera perusahaan Anda. Setelah memutuskan untuk menggunakan voice over atau tidak, selanjutnya perusahaan Anda harus selektif dalam memilih talent voice over video company profile

Perlu Anda ketahui, pemilihan talent voice over ini perlu dipikirkan dengan baik. Anda juga harus memastikan kriteria mereka sesuai dengan tujuan video company profile perusahaan tersebut dibuat dan cocok dengan naskah yang ditulis sehingga pesan yang tersirat di dalamnya bisa tersampaikan dengan sempurna. 

Lantas, sepenting apa penggunaan voice over dalam sebuah video company profile/

  • Video company profile lebih terkesan mewah dan elegan

Salah satu alasan mengapa Anda membutuhkan kehadiran voice over adalah menciptakan kesan mewah dan elegan pada video company profile yang tersaji. Apalagi jika voice over tersebut diisi oleh orang yang benar-benar berpengalaman di bidangnya. Dengan kesan mewah yang tercipta, dijamin video profil perusahaan Anda bakal lebih meyakinkan para calon konsumen ataupun investor yang menontonnya. 

  • Menjadikan video company profile sebagai media penyampaian pesan yang lebih bebas

Melalui kehadiran voice over, para perusahaan bisa bebas menyampaikan materi video company profile yang dimiliki. Monolog yang terdapat dalam sebuah video bisa menciptakan mood sesuai jenis video itu sendiri. Seperti misalnya untuk keperluan mempromosikan suatu brand, profil perusahaan, kegiatan perusahaan, dan lain sebagainya. 

Secara garis besar, tujuan pembuatan video yang berbeda bisa menampilkan mood yang berbeda pula dari voice over tersebut. Hal ini sangat tergantung pada karakteristik perusahaan dan jenis produk ataupun jasa yang ditawarkan. 

  • Voice over mampu menghidupkan tagline suatu brand

Percayalah, kehadiran voice over mampu memberikan kesan unik seperti melibatkan talent yang memiliki sense of humor di atas rata-rata. Namun tentu saja, keputusan ini harus sesuai dengan konsep yang hendak dibuat oleh perusahaan Anda. 

Melalui media suara, penyampaian tagline maupun slogan perusahaan bakal terasa lebih hidup dan berkesan. Sebagian besar perusahaan sudah pasti memiliki karakter brand masing-masing. Nah, berdasarkan karakter tersebut perusahaan mampu mengimajinasikan bagaimana tagline atau slogan tersebut disuarakan melalui voice over

Dengan adanya bantuan suara yang tepat, calon konsumen bisa lebih mengingat branding product karena melibatkan indra pendengaran. Bukan sekadar visual seperti membaca penjelasan atau deskripsi produk, tagline, dan profil perusahaan bersangkutan.  

Apabila Anda tidak memiliki sumber daya yang memadai untuk membuat video company profile berkualitas, pilih saja production house profesional yang semakin mudah ditemukan melalui internet.