Video company profile adalah salah satu unsur penting yang kerap digunakan untuk mempublikasikan suatu perusahaan. Adapun fungsi dari media satu ini sebagai sarana komunikasi dan wadah penyampaian informasi terkait perusahaan kepada masyarakat secara luas, baik itu internal maupun eksternal perusahaan. 

Namun sayangnya, tak sedikit perusahaan yang menemukan beberapa masalah dalam pembuatan video company profile ini. Mulai dari tahapan pembuatan hingga tujuan yang kurang jelas. 

Fungsi video company profile 

Seperti yang telah disinggung di atas, banyak perusahaan yang menyewa pembuatan jasa video company profile tanpa mengetahui apa fungsi sebenarnya dari media satu ini. Adapun fungsi dari video company profile yang sebenarnya adalah untuk representasi perusahaan, alat marketing, pelengkap proposal atau penawaran, hingga materi branding

Tentu saja, masih banyak fungsi lain yang bisa dikembangkan dari sebuah video company profile suatu perusahaan. Lantas, dari sekian banyak fungsi yang dihadirkan, sudahkah perusahaan Anda memiliki video company profile yang memadai?

Aspek paling penting dalam video company profile

Bisa dikatakan, video company profile merupakan bentuk komunikasi perusahaan yang bertujuan untuk menyajikan suatu data, informasi, dan promosi kepada masyarakat secara luas. Melalui video profil perusahaan semacam ini, klien ataupun calon konsumen bisa mendapat sejumlah informasi terkait perusahaan. 

Bukan itu saja, Anda juga membangun citra perusahaan sesuai keinginan melalui penyedia jasa pembuatan video company profile semacam ini. Mulai dari pengenalan kepada masyarakat, penilaian mereka, dan bagaimana semua kalangan mengingat perusahaan tersebut. 

Nah, ada lima aspek video company profile yang wajib ada untuk membangun citra suatu perusahaan, di antaranya sebagai berikut:

  • Visi dan misi perusahaan

Biasanya, para penyedia jasa video company profile akan memasukkan visi misi perusahaan Anda sebagai cerminan bentuk usaha, cita-cita, penentuan arah, dan fokus bisnisnya. Bahkan, setiap langkah yang sedang atau akan dijalankan pun turut dimasukkan ke dalamnya. Sebab, tanpa adanya visi misi yang jelas, maka tujuan suatu perusahaan tidak akan terlihat. 

Dengan demikian, konsumen bakal sulit percaya. Oleh sebab itu, visi misi perusahaan harus dijabarkan secara lugas, baik tersirat maupun tersurat pada isi video company profile yang dimaksud. 

Ketahuilah, setiap karakter, atmosfer, dan budaya yang dibangun dalam suatu perusahaan ditentukan oleh nilai-nilai perusahaan itu sendiri. Nah, ketika Anda memasukkan salah satu aspek ini ke dalam video company profile, maka masyarakat bakal lebih paham mengenai identitas dan ciri khas yang ingin ditampilkan oleh perusahaan Anda. 

See also  Live Streaming saat Pandemi

Sebenarnya, nilai-nilai perusahaan merupakan bagian dari misi perusahaan itu sendiri. Namun terkadang, nilai perusahaan tidak dipublikasikan dalam satu media yang sama dengan visi misi awal. Seperti ketika Anda melihat poster atau tagline yang ada dinding gedung ataupun lift kantor. 

Rata-rata, nilai perusahaan dan visi misi diletakkan pada dua pigura yang berbeda. Oleh sebab itu, Anda bisa memasukkan salah satu atau keduanya sebagai pendukung isi video company profile perusahaan. 

  • Produk atau layanan yang ditawarkan

Bukan hanya untuk menarik perhatian calon konsumen, aspek satu ini juga bisa dijadikan faktor pembangun identitas perusahaan. Anda bisa meminta kepada penyedia jasa pembuatan video company profile terbaik untuk menyajikan produk dalam bentuk per adegan. Namun pastikan, ada satu atau beberapa shot yang menunjukkan detail setiap produk ataupun layanan yang ditawarkan. 

  • Pencapaian perusahaan

Ketahuilah, keberhasilan suatu perusahaan bisa dilihat dari pencapaiannya selama ini. Dengan kata lain, pencapaian semacam ini adalah bukti atas pertumbuhan perusahaan seiring berjalannya waktu. Dengan memasukkan unsur satu ini sebagai isi video company profile, maka calon konsumen bakal lebih percaya kepada perusahaan Anda. 

Umumnya, poin pencapaian perusahaan disajikan dalam bentuk teks ataupun grafik. Akan tetapi, Anda juga bisa menggambarkannya melalui cerita per adegan. 

  • Human

Apapun jenis bisnis yang Anda lakoni, baik itu berbentuk produk ataupun jasa pasti tak lepas dari peran manusia di dalamnya. Oleh sebab itu, apapun bentuk video profil perusahaan yang Anda buat, jangan lupa untuk memasukkan poin human sehingga kompetensi perusahaan bisa tersaji dengan apik. 

Selain itu, human juga bisa mendukung video company profile Anda menjadi lebih mengundang simpati. Hal ini disebabkan seorang manusia mampu mewakili manusia lain sehingga para penonton bisa memposisikan dirinya di dalam video tersebut. Bahkan bukan tidak mungkin, mereka bisa merasakan hal yang sama dengan apa yang dirasakan oleh talent

  • Isi cerita 

Tak sekadar memperkenalkan identitas perusahaan Anda ke masyarakat umum, video company profile dibuat juga untuk menciptakan suatu kesan yang unik dari perusahaan kompetitor. Oleh sebab itu, Anda membutuhkan cerita yang utuh di dalamnya. 

Menurut para ahli, kunci keberhasilan public relation adalah cerita yang berkesan dan memiliki arti tertentu. Pasalnya, setiap orang memiliki kecenderungan tertarik dengan cerita yang dibuat untuk sebuah produk tertentu. Pada dasarnya, mereka tidak akan ingat dengan fakta ataupun angka yang ada di baliknya, melainkan cerita yang diusung di dalam video tersebut. 

Intinya, ketika Anda ingin membuat suatu video company profile yang berhasil maka buat dengan seunik dan sekreatif mungkin. Pastikan, cerita yang Anda angkat cukup menonjol sekaligus mampu menggambarkan filosofi ataupun ciri khas dari perusahaan tersebut. 

See also  Jasa Sewa Videotron Area Kendal

Cara pembuatan video company profile

Berikut ini cara umum dalam membuat video company profile yang berkualitas, di antaranya:

  • Mempersiapkan konsep dasar

Mengingat video company profile adalah suatu media yang resmi bagi sebuah perusahaan, maka Anda harus membuatnya atas dasar rancangan yang baik dan sempurna. Dengan demikian, pesan untuk para calon konsumen bisa tersampaikan dengan baik dan menarik. 

Salah satu hal paling penting yang harus Anda perhatikan adalah soal gambar. Pastikan dulu apa yang ingin Anda bangun, pesan atau makna yang ingin disampaikan, dan isi dari video company profile itu sendiri. 

  • Merencanakan isi video 

Tak ada salahnya membuat video company profile dari versi cetaknya. Tentu saja, hal ini jadi jauh lebih sederhana. Tapi tak sedikit pula perusahaan yang membuat konten video benar-benar berbeda dengan versi cetak supaya ada sisi menarik tersendiri untuk memikat calon konsumen. 

  • Memperhatikan audio yang dihasilkan

Selain isi, audio pada video profil perusahaan wajib diperhatikan dengan seksama. Sebab, sifat dari audio adalah teknikal sehingga kesesuaian setiap adegan per menit atau bahkan per detiknya harus sempurna. 

Manfaat video company profile secara umum

Di era serba digital seperti saat ini, semua informasi bisa kita dapatkan dengan mudah. Apalagi, internet sudah jadi kebutuhan utama hampir setiap orang demi mendapatkan informasi yang diinginkan. 

Seiring meningkatnya pengguna internet di Indonesia dari hari ke hari, bisa dipastikan setiap informasi bisa diakses melalui internet, termasuk company profile suatu perusahaan. Pasalnya, media satu ini mampu menyajikan informasi secara lengkap dan detail tentang layanan yang diberikan oleh perusahaan di mana pun lokasinya. 

Lantas, apa saja sih manfaat dari kehadiran video company profile ini bagi kepentingan bisnis?

Video company profile mampu memuat banyak informasi terkait perusahaan

Bisa dipastikan, dalam suatu video profil perusahaan, ada banyak hal yang disajikan oleh perusahaan. Bahkan melalui media satu ini, informasi terkait perusahaan bisa dikemas secara powerful dengan tujuan untuk menarik lebih banyak calon konsumen potensial. 

Misalnya, video profil perusahaan menayangkan kegiatan yang dilakukan setiap hari, baik itu menyangkut produk yang ditawarkan, keunggulan, hingga testimoni dari para klien. Dengan demikian, kepercayaan calon konsumen maupun mitra kerja bisa meningkat. 

Video company profile sebagai video marketing

Ketahuilah, video semacam ini bisa jadi strategi paling efektif untuk mempromosikan nama perusahaan kepada calon konsumen. Apalagi jika Anda menyajikan konten seputar kelebihan perusahaan Anda dibandingkan kompetitor. Di samping itu pula, calon konsumen dan mitra kerja bisa menghemat lebih banyak waktu dalam memahami isi company profile secara keseluruhan. 

Video company profile merupakan alat presentasi yang efektif

Saat Anda bertemu dengan calon konsumen, video company profile bisa Anda jadikan alat presentasi yang cukup efektif. Bahkan, Anda bisa menjelaskan apa saja konten dari video tersebut secara detail dalam tiap adegan. 

Demikian penjelasan mengenai video company profile yang perlu Anda ketahui secara lengkap. Jika Anda membutuhkan video profil semacam ini, pastikan Anda menyewa jasa pembuatan video company profile yang terpercaya dan profesional sehingga hasil yang diberikan pun berkualitas.