Seiring berkembangnya dunia teknologi dan multimedia, metode pemasaran yang efektif serta efisien juga mengalami perubahan cukup signifikan. Memang harus diakui, bahwa pemasaran berbasis digital telah menjadi alternatif pilihan yang sangat efektif.

Media digital yang cukup populer, seperti halnya infografik dan video telah menjadi pilihan utama para pebisnis untuk memberikan informasi menarik seputar brand yang mereka miliki. Hal ini tentu saja bukan tanpa alasan jika kita ingat kembali perkembangan jejaring sosial dan komunikasi digital telah mengalami perkembangan begitu pesat.

Salah satu cara yang paling banyak dipilih demi meningkatkan brand awareness kepada masyarakat adalah dengan membuat video company profile. Umumnya, video ini berisi informasi tentang suatu perusahaan dengan tujuan memperkenalkan badan usaha atau bisnis yang tengah dijalankan.

Informasi yang tersaji juga bisa berisi beragam informasi yang sudah pasti berguna bagi siapapun yang menontonnya. Sebaiknya, media ini dipersiapkan dengan baik, secara garis besar maupun mendalam.

Definisi video company profile

Video company profile merupakan suatu media informasi perusahaan dalam bentuk grafis bergerak yang meliputi gambaran perusahaan secara singkat dan jelas. Gambaran ini tak sepnuhnya detail dan mendalam. Sebab, video company profile bertujuan untuk memberikan informasi secara praktis dan juga efektif.

Konten video company profile

Perlu diketahui, company profile berisi gambaran umum tentang suatu bisnis yang di dalamnya memuat informasi penting perusahaan yang ingin ditunjukkan bagi para calon pelanggan maupun investor. Anda sebagai pemilik perusahaan bisa memilih poin apa saja yang ingin disampaikan kepada calon pelanggan secara terbuka sesuai dengan kepentingan sasaran calon pelanggan.

Video company profile juga bisa dijadikan alat pencitraan untuk perusahaan dan jadi media promosi yang efektif karena mencakup unsur visual. Mulai dari layout, konten, dan gambarnya. Dengan tampilan yang menarik, video company profile ini diharapkan mampu membuat calon pelanggan terkesan.

Lantas, bagaimana seharusnya konten video company profile? Berikut ulasan selengkapnya.

  1. Sejarah perusahaan

Umumnya, bagian sejarah perusahaan berisi informasi mengenai latar belakang berdirinya perusahaan tersebut. Mulai dari waktu pendirian, siapa pendirinya, hingga jajaran direksi yang terlibat dalam pengelolaan perusahaan tersebut.

Meskipun sejarah perusahaan ini tidak mencakup informasi yang bisa dibilang lengkap, namun hal itu sudah cukup untuk memberi pembaca gambaran umum mengenai perusahaan saat melewati tahun-tahun perkembangannya.

  1. Visi dan misi perusahaan

Tak bisa dipungkiri, bahwa visi dan misi merupakan komitmen perusahaan untuk senantiasa melakukan yang terbaik bagi calon pelanggannya. Komitmen ini juga bisa menunjukkan bahwa perusahaan harus dijalankan dengan cermat dan terarah.

Suatu perusahaan juga harus memiliki perencanaan yang matang sebagai jaminan bisnis berkelanjutan di masa datang. Pada akhirnya, pencantuman ini yang akan menciptakan kepercayaan calon pelanggan bahwa masa depan perusahaan benar-benar terjamin.

  1. Struktur perusahaan

Poin satu ini mengulas tentang jajaran direksi, staf, hingga jumlah karyawan yang ikut andil dalam keberlangsungan perusahaan. Sebab, mereka memiliki peran dan tanggung jawab yang berbeda-beda demi memenuhi kebutuhan perusahaan.

  1. Data keuangan

Tak sedikit perusahaan yang memasukkan laporan keuangannya sebagai konten company profile. Hal ini bertujuan untuk memperoleh gambaran secara singkat tentang bagaimana perusahaan tersebut berkembang dari masa ke masa.

Termasuk juga di dalamnya mencakup aset perusahaan, pendapatan, dan keuntungan perusahaan tiap tahunnya. Data ini bisa disampaikan pada company profile perusahaan yang berkaitan dengan jasa keuangan dan perbankan.

  1. Kontak perusahaan

Mencantumkan media yang bisa dihubungi oleh calon pelanggan, seperti nomor telepon, alamat email, ataupun alamat kantor yang didatangi adalah hal yang cukup penting. Minat atau tidaknya calon pelanggan kepada produk dan jasa yang ditawarkan bisa diukur dengan cara seorang pelanggan menghubungi perusahaan tersebut.

  1. Prestasi

Dalam perusahaan yang dibangun pasti mampu memberi manfaat untuk kepentingan publik. Oleh sebab itu, Anda perlu mencantumkan keunggulan perusahaan dalam company profile untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat, khususnya calon pelanggan. Masyarakat bukan hanya sekadar menuntut kualitas produk atau jasa saja, tapi apa yang bisa perusahaan lakukan demi meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

  1. Rencana jangka pendek dan jangka panjang

Memasukkan rencana masa depan bisnis ke dalam isi suatu company profile juga penting untuk dilakukan. Hal ini bisa meliputi rencana ekspansi dalam hal lokasi perusahaan maupun inovasi dalam produk atau jas yang ditawarkan.

Alasan mengapa video company profile dianggap penting

Ada banyak definisi company profile yang seringkali disampaikan. Salah satunya menyatakan, bahwa company profile merupakan grafik atau ikhtisar yang mengungkap beragam fakta dan hal-hal khusus, tentang suatu perusahaan dalam rangka menunjukkan identitas ataupun ciri dari perusahaan tersebut.

Dari banyaknya definisi yang berkembang di kalangan masyarakat, tujuan dari company profile ini tetaplah sama, yaitu sebagai sarana mengenalkan perusahaan menggunakan sarana yang tersedia.

Nah, berdasarkan definisi tersebut, video company profile adalah salah satu jenis media yang digunakan untuk menyebarkan company profile perusahaan yang telah dirancang. Dengan demikian, seberapa pentingnya video company profile sama dengan pertanyaan seberapa penting company profile itu sendiri.

Berikut sekilas penjelasan pentingnya sebuah company profile, terutama yang berbentuk video.

  1. Video company profile dianggap ampuh sebagai alat promosi dan media informasi

Ada banyak cara yang dipilih para pengusaha untuk memperkenalkan perusahaan ke masyarakat secara luas dengan company profile. Salah satunya berupa video company profile yang diketahui memiliki banyak sisi keunggulan.

Fungsi utama yang membuat suatu perusahaan pada akhirnya memutuskan untuk menyusun profil perusahaan adalah untuk memberikan informasi secara utuh dan menyeluruh. Informasi yang diberikan pun bukan sekadar informasi sepele tapi informasi yang dikemas untuk menunjukkan kekuatan yang dimiliki suatu perusahaan.

Sebab, tujuan utamanya adalah menarik investor luar. Misalnya, pabrik yang menjalankan bisnis pakaian anak, company profile akan menekankan pada penjelasan produk-produk pakaian terpopuler yang pernah diproduksi. Di dalamnya pun akan memuat soal kualitas pakaian, klien yang pernah bekerja sama dan kelebihan lain yang hanya dimiliki oleh perusahaan tersebut.

Pada bagian awal mungkin akan sedikit dijelaskan tentang latar belakang sejarah pabrik pakaian anak tersebut didirikan dan orang-orang yang memiliki peran penting di dalamnya. Dengan demikian, bisa dikatakan juga bahwa company profile ini merupakan kumpulan informasi penting dari perusahaan Anda.

Sebagai pemilik perusahaan, Anda pasti akan memperkenalkan perusahaan secara menyeluruh ketika bertemu dengan calon klien, mitra, atau bahkan investor baru.

Sebenarnya, sah-sah saja jika company profile yang Anda sajikan berbentuk presentasi power point, brosur, atau buku saku sekalipun. Namun coba Anda bandingkan sisi menariknya jika dihadirkan dalam bentuk video company profile. Tentu saja hasilnya akan lebih menarik dan mengesankan bahwa perusahaan Anda cukup profesional serta berkelas.

Alasan kedua adalah faktor efisiensi. Media berupa video juga bisa memberikan informasi yang lebih banyak dalam waktu relatif singkat. Suatu video bukan hanya bisa menyampaikan informasi berupa tulisan saja, tapi juga suara dan gambar pada saat yang bersamaan. Dengan demikian, kreativitas pun jadi lebih mudah untuk dituangkan.

  1. Menyediakan banyak ruang untuk kreativitas

Keuntungan selanjutnya yang bisa Anda peroleh dari video company profile ini adalah ketersediaan banyak ruang untuk kreativitas. Ketahuilah, video profil perusahaan bisa dirancang sedemikian rupa dengan beragam tema dan detail yang menarik.

Anda juga bisa memodifikasi cerita atau menambahkan editing yang unik guna menjadikan video tersebut memiliki kesan lebih. Penambahan berbagai ide kreatif ini tentu saja sulit dilakukan di media lain. Inilah yang kemudian menjadikan video profil perusahaan jadi pilihan tepat untuk menunjukkan kreativitas perusahaan.

  1. Company profile berbentuk video jadi media marketing yang ampuh

Alasan berikutnya yang mengharuskan Anda menggunakan company profile berbentuk video adalah keampuhannya sebagai salah satu marketing tools. Anda memang bisa memvisualisasikan perusahaan menggunakan bahasa dan ungkapan yang dikuasai. Namun, sejauh apa kesiapan Anda untuk mempromosikan perusahaan yang Anda kelola di setiap pertemuan dengan calon klien?

Tentu saja, di era teknologi yang sudah sedemikian canggih seperti saat ini, mempromosikan sesuatu dengan alat ala kadarnya dinilai sudah tidak efektif lagi.

Berbeda halnya dengan video company profile yang bisa diunggah ke YouTube, website, ataupun media sosial sehingga lebih mudah diakses, bahkan disebarkan oleh pengguna internet. Apalagi jika video yang Anda hadirkan cukup unik dan menarik. Pada poin inilah company profile berbentuk video dinyatakan lebih unggul dalam hal pemasaran.

  1. Video company profile sebagai bentuk rencana bisnis

Bisa dibilang, company profile merupakan suatu perpanjangan dari rancangan bisnis yang dijalankan. Namun, data yang disuguhkan harus berupa fakta dan hasil nyata. Tak sekadar harapan dan rencana saja. Oleh sebab itulah, video company profile perlu mengungkapkan hal-hal yang telah tercapai sekaligus rencana yang akan dilakukan.

Selain itu, video company profile harus menarik bagi pihak-pihak yang ditargetkan untuk tertarik. Ingat, salah satu keunggulan video adalah Anda tidak perlu bersusah payah mengungkapkan segala retorika, calon klien pun tidak perlu lelah membaca brosur atau jenuh mendengar pemaparan Anda. Sebaliknya, Anda hanya perlu melengkapi segala hal yang tertuang dalam bentuk video.

  1. Video company profile lebih berkesan dan berkelas

Melalui company profile berbentuk video seperti ini, perusahaan Anda pasti akan tampak lebih berkelas dan profesional. Hal ini juga membuktikan bahwa Anda tidak ketinggalan zaman dan menegaskan bahwa, perusahaan Anda siap menerima serta mampu beradaptasi dengan kemajuan teknologi.

Dengan membuat video profil perusahaan semacam ini saja sudah menunjukkan kesungguhan perusahaan Anda dalam menjalankan bisnisnya. Apabila video memiliki kualitas yang baik dan memberikan kesan yang positif, tentu saja pandangan audiens terhadap perusahaan Anda pun juga akan semakin luar biasa. Hal ini bisa dipastikan membawa dampak yang baik untuk keberlangsungan bisnis yang tengah dijalankan.

  1. Bisa dibagikan di berbagai platform pilihan

Alasan terakhir mengapa video company profile jauh lebih efektif karena kemudahannya untuk dibagikan di berbagai platform pilihan. Apalagi, hampir semua platform media sosial menyediakan fitur berbagai konten berupa video. Tentu saja, hal ini memungkinkan Anda untuk membagikan video tersebut di website dan media sosial.

Misalnya, jika sebelumnya video company profile ini hanya bisa muncul pada saat rapat pemegang saham saja, maka ke depannya video ini juga bisa jadi sarana promosi untuk menarik lebih banyak investor.

Tips dasar yang perlu diperhatikan dalam membuat video company profile

Video company profile adalah salah satu media komunikasi suatu perusahaan atau bisnis. Tidak seperti printed company profile pada umumnya yang berupa tulisan dan dicetak, profil perusahaan ini cenderung lebih mudah dinikmati informasinya.

Biasanya, penayangan video company profil ini dilakukan pada saat-saat tertentu dan membutuhkan tempat khusus. Misalnya, disematkan ke dalam website perusahaan ataupun channel YouTube resmi perusahaan.

Tak jarang juga diputar ketika acara-acara seremonial maupun launching produk terbaru. Apabila Anda berniat membuat video company profile, maka perhatikan beberapa hal paling mendasar berikut ini.

  1. Mempersiapkan konsep dasar

Video company profile merupakan media resmi perusahaan sehingga harus dibuat dengan rancangan yang baik. Dengan begitu, pesan di dalamnya bisa tersampaikan kepada setiap kalangan yang menyaksikannya.

Perlu Anda ketahui, hal yang paling penting untuk disusun secara benar adalah soal image atau citra yang ingin dibangun. Kemudian, pesan apa yang ingin disampaikan dan lain sebagainya. Melalui penyusunan konsep berdasarkan pertanyaan mendasar seperti ini, maka naskah video bisa disusun sebagai jawabannya.

  1. Merencanakan isi video dengan matang

Video company profile bisa berisikan hal-hal yang dirangkum dari versi cetaknya. Hal ini bisa dibilang lebih sederhana. Tapi ada juga perusahaan yang secara sengaja membuat konten video berbeda dengan versi cetaknya. Bisa jadi, tujuan dibuatnya konten yang berbeda ini untuk menampilkan sisi menarik tersendiri dari video tersebut.

Perkara apakah video tersebut harus menampilkan data-data manajemen atau tidak, Anda harus tetap mempertimbangkan segala kemungkinan yang ada. Misalnya saja, pergantian manajemen yang bisa terjadi kapan pun.

Apabila Anda memutuskan untuk menghadirkan tim manajemen dalam video, maka ketika terjadi pergantian pemimpin perusahaan otomatis video company profile pun harus diperbarui. Namun, secara mendasar memang video profil perusahaan tetap harus diperbarui minimal setahun sekali.

  1. Perhatikan durasi video

Sebenarnya, tak ada batasan pasti berapa lama sebaiknya durasi sebuah video untuk profil perusahaan. Namun, sebagian pebisnis berpendapat sebaiknya tak lebih dari 3 menit. Sebab, durasi ini dianggap masih dalam batasan normal. Tidak terlalu cepat sehingga pesan yang disampaikan pun juga bisa dimaksimalkan.

Jika memang durasi video tersebut harus agak panjang, maka isi dari video tersebut harus menarik dan memikat. Jangan terlalu kaku sehingga terkesan kurang santai. Jangan pula terlalu santai sehingga perusahaan Anda terkesan kurang profesional.

  1. Aspek audio di dalam video harus tetap seimbang dan menarik

Audio dan video merupakan dua hal paling penting dalam proses pembuatan video company profile. Sebab, sifatnya teknikal sehingga kesesuaian menit per menit bahkan detik per detiknya tetap harus diperhatikan.

Namun, elemen video sebagai tampilan visual sebenarnya sangat menentukan tersampaikannya pesan kepada audiens. Bahkan, sebuah video company profile meski tanpa suara sekalipun bakal tetap mampu menyampaikan informasinya dengan baik.

Nah, aspek audio pun tak kalah pentingnya. Setelah tampilan visual yang nyaris sempurna, maka audio juga harus menunjang. Entah itu suara voice over-nya ataupun suara musik latar, Anda harus bisa memilih dan menambah kekuatan pesan dari visualisasi yang ditampilkan.

Demikian beberapa hal mendasar yang perlu Anda perhatikan ketika akan membuat video company profile. Anda cukup memastikan saja pembuatannya memanfaatkan tangan-tangan orang yang berpengalaman di bidang videografi.