Di era digital seperti sekarang, video company profile sangat berperan besar dalam membantu para pebisnis untuk memasarkan produk ataupun jasanya. Jadi jangan heran, jika sekitar 81% perusahaan beralih menggunakan video semacam ini sebagai tools marketing di dunia yang serba online ini. 

Seiring pertumbuhan dunia digital yang semakin pesat disertai dengan penggunaan smartphone yang kian meningkat dari hari ke hari, peran video company profile jadi bagian dari strategi marketing yang efektif. Bahkan, upaya satu ini memiliki banyak manfaat bagi keberlangsungan bisnis suatu perusahaan. 

Berdasarkan survei, ada sekitar 95% konsumen yang menggunakan video untuk sekadar mengetahui informasi seputar produk dan jasa pada suatu bisnis. Sementara sebanyak 81% konsumen lainnya lebih tertarik untuk membeli suatu produk maupun jasa setelah menonton video company profile perusahaan bersangkutan. 

Setelah melihat data tersebut, bisa disimpulkan bahwa video company profile merupakan sarana terbaik untuk menarik perhatian calon konsumen hingga investor di dunia bisnis. 

Peran penting video company profile untuk keperluan strategi marketing

Lantas, apa saja peran video company profile dalam strategi marketing?

  • Video company profile mampu menciptakan trust di benak pelanggan

Percayalah, ketika suatu produk atau jasa muncul ke hadapan konsumen bakal tercipta sensasi emosional yang langsung membekas di benaknya. Dengan kata lain, video company profile tersebut memberikan peran pandangan baru tentang produk yang ditawarkan sekaligus meningkatkan rasa percaya konsumen terhadap brand Anda. 

Tak sedikit konsumen yang merasa skeptis ketika hendak membeli suatu produk atau jasa secara online karena takut mengalami penipuan dan kecurangan yang memang kerap terjadi. Namun ketahuilah, video company profile yang efektif mampu mengubah persepsi konsumen sekaligus membangkitkan kepercayaan mereka terhadap produk yang Anda tawarkan. 

  • Google lebih menyukai unggahan berupa video

Mengingat saat ini Google memiliki YouTube, jelas ada peningkatan yang signifikan pada beberapa video serupa sehingga memengaruhi peringkat di mesin pencairan. Begitu juga dengan video company profile Anda yang memiliki potensi sama untuk muncul di peringkat Google Search

Selain itu, video company profile perusahaan tersebut bisa Anda unggah di YouTube atau disematkan ke dalam website resmi perusahaan sehingga memungkinkan pemangkasan waktu yang dihabiskan oleh konsumen untuk sekadar memahami produk yang ditawarkan. 

  • Video company profile terlihat lebih menarik di smartphone

Perkembangan teknologi yang kian pesan saat ini sangat membantu siapa saja dalam mengakses berbagai informasi. Salah satu perangkat yang populer adalah smartphone karena dianggap sebagai sarana dengan akses tercepat yang dimiliki hampir semua orang di dunia. Bahkan, video company profile perusahaan Anda bisa tampil lebih menarik ketika dilihat melalui smartphone

  • Video company profile bisa jadi sarana marketing terbaik

Percayalah, sebuah video mampu menjelaskan berbagai tahapan yang ingin Anda sampaikan terkait produk yang ditawarkan. Anda hanya perlu memilih untuk menggunakan animasi atau tampilan secara nyata untuk menyampaikan hal tersebut kepada konsumen. 

  • Video jadi sarana paling cocok untuk semua kalangan

Banyak orang yang merasa malas untuk sekadar membaca deskripsi produk, apalagi jika dibuat terlalu panjang sehingga terkesan membosankan. Melalui kehadiran video company profile, calon konsumen ataupun mitra bisnis perusahaan Anda bakal lebih mudah dalam mencerna informasi yang ingin disampaikan. Melalui kehadiran video company profile, konsumen dari berbagai kalangan bisa lebih mudah mencerna pesan dari produk yang Anda tawarkan. 

  • Durasi video company profile

Hampir sebanyak 50% konsumen sepakat, bahwa 1 menit merupakan durasi paling ideal bagi sebuah video company profile untuk sekadar menjelaskan suatu produk maupun layanan tertentu. Sementara 33% lainnya berpendapat, durasi yang paling tepat adalah 1-2 menit. Sedangkan 17% sisanya lebih menyukai video company profile di bawah 1 menit. 

5 hal penting yang wajib diperhatikan sebelum membuat video company profile

Pada dasarnya, video company profile adalah suatu media yang memiliki fungsi untuk memberikan informasi secara lengkap seputar detail perusahaan tertentu. Secara umumnya, profil perusahaan ini berperan sebagai media marketing yang bertujuan untuk mendapatkan pelanggan. Bisa dibilang, video semacam ini wajib dimiliki oleh setiap perusahaan yang ingin berkembang atau meningkatkan omzet penjualan. 

Video company profile hadir sebagai solusi terbaik dan kreatif akan berbagai tantangan marketing yang kurang efektif untuk mempertahankan pelanggan ataupun menarik perhatian konsumen baru. Melalui video satu ini, kegiatan promosi, presentasi, hingga peluncuran produk terbaru bisa semakin menarik dan mencuri banyak perhatian. 

Ketika sebuah video company profile berhasil menggaet minat khalayak, maka video tersebut berpeluang menghasilkan respon positif bagi kepentingan perusahaan. 

Namun perlu Anda ketahui, video profil perusahaan tidak bisa dibuat asal-asalan. Anda harus benar-benar memperhatikan setiap hal sesuai kaidah pembuatannya. Sebab, jika Anda melewatkan satu poin saja, bisa jadi video tersebut justru kehilangan beberapa fungsi utamanya. 

Apa saja poin tersebut? Berikut pemaparannya secara lengkap. 

  • Konsep dasar pembuatan video company profile

 Sebelum Anda membuat suatu video profil khusus perusahaan, Anda pasti membutuhkan konsep dasar. Biasanya, para penyedia jasa video company profile ini mengutarakan alasan di balik pembuatan video tersebut sebagai konsep utamanya. Apa tujuan Anda dalam membuat video tersebut? untuk memperkenalkan perusahaan atau sekadar menarik minat pelanggan?

Tentu saja, pertanyaan semacam ini harus bisa Anda jawab terlebih dulu sebelum video company profile dibuat. Intinya, konsep dasar video tersebut harus benar-benar tersusun dan direncanakan secara baik maupun rapi. 

  • Penyajian dan penyampaian konten video company profile

Hal paling penting berikutnya adalah soal penyajian sekaligus penyampaian konten video tersebut. Anda harus bisa menentukan, apakah video ini nantinya bakal disampaikan secara gamblang atau justru lebih kompleks. 

Tak jarang pula beberapa perusahaan membuat jenis video company profile yang menyajikan konten berupa gambaran yang berbeda. Tujuannya untuk membuat audience merasa lebih penasaran hingga membangkitkan ketertarikan pada produk ataupun jasa yang ditawarkan. 

  • Memberikan visual yang menarik pada video company profile

Tak sekadar bergantung pada konsep dasar maupun isi dari video profil itu saja. Sebuah video company profile yang berkualitas juga harus dikemas dengan visual yang menarik. Pasalnya, video ini bakal menjadi alat untuk memperkenalkan perusahaan kepada publik secara luas. Tentu saja, perusahaan Anda mengharapkan semua audience bisa mengerti dan memahami setiap detail pesan yang tersampaikan melalui video tersebut. 

  • Menentukan durasi yang paling ideal

Setiap pebisnis pasti ingin memiliki sebuah video company profile yang berbeda dan mampu menarik perhatian siapa saja. Namun ingat, durasi video ternyata sangat mampu memengaruhi respon dari audience. Jadi, Anda tak boleh melupakan durasi video tersebut hanya karena ingin menampilkan sajian yang berbeda. 

Percayalah, sebagian besar audience bakal merasa jenuh dan bosan saat melihat tayangan video company profile yang terlalu panjang. Idealnya, video semacam ini dibuat sekitar 2-5 menit saja. 

Anda disarankan untuk membuat durasi video company profile yang tidak terlalu lama supaya lebih efektif. Apalagi, jika video tersebut dibuat dengan rincian gambar dan isi yang singkat, padat, sekaligus informatif sehingga tak butuh waktu lama bagi konsumen untuk memahami pesan dari video tersebut. 

  • Penyajian visual dan audio yang seimbang

Tidak selamanya video yang tidak menggunakan audio berarti video yang buruk. Ada banyak juga jenis video company profile yang tidak memiliki audio apapun alias bisu. Namun tetap saja, video tersebut bisa dimengerti dan menarik bagi audience. Meski demikian, Anda tak boleh meremehkan soal audio dalam pembuatan suatu video company profile

Bagi sebagian besar orang, menonton video company profile dengan audio yang seimbang bakal terasa lebih menyenangkan. Apalagi jika seluruh isi yang disampaikan tergambar secara jelas melalui audio tersebut. Dengan demikian bisa disimpulkan, poin terbaik dan paling penting dalam hal pembuatan video company profile adalah keseimbangan antara visual dan audio yang tersaji.

Itu tadi beberapa peran penting dari video company profile beserta poin pendukung yang wajib Anda perhatikan sebelum proses pembuatannya dilakukan. Semoga informasi dari artikel ini bisa membantu Anda dalam membuat video profil yang informatif dan gampang dipahami banyak orang.