Jika ditelaah lebih lanjut, digital marketing merupakan suatu upaya bisnis yang dilakukan melalui media online seperti internet. Kegiatan satu ini bukan sekadar untuk tujuan memasarkan suatu produk ataupun jasa saja, tapi juga sebagai media branding perusahaan. 

Teknologi internet yang sedemikian canggih memang dikenal memiliki kemampuan untuk menghubungkan konsumen dan mitra bisnis ke website resmi perusahaan. Jadi jangan heran, jika saat ini ada banyak perusahaan yang memanfaatkan website sebagai lahan untuk meningkatkan profit. Nah, hal semacam inilah yang dikatakan sebagai digital marketing

Tentu saja, hal semacam ini sangat memudahkan perusahaan. Sebab, upaya ini layaknya sales yang melakukan berbagai penawaran dengan datang ke rumah-rumah calon konsumen. 

Di samping itu, digital marketing juga bisa dilakukan di mana saja asal masih terjangkau oleh internet. Baik itu melalui media sosial, website, hingga platform populer lainnya. Untuk media sosial sendiri, perusahaan bisa memberikan sejumlah informasi secara mudah karena memang aksesibilitas jejaring sosial yang mumpuni untuk menyebarkan berbagai jenis informasi. 

Namun, Anda juga membutuhkan cara penyampaian informasi yang paling efisien untuk para calon konsumen ataupun investor. Salah satunya menggunakan video company profile

Keuntungan digital marketing melalui video company profile 

Ternyata, video company profile sangat dibutuhkan dalam kegiatan digital marketing. Sebab, media satu ini dinilai menarik dan persuasif sehingga mampu menggaet para calon konsumen potensial. 

Secara umum, video company profile dibuat dan dipadukan dengan logo, simbol, latar belakang, musik, grafik, hingga narasi yang membuat tampilannya jadi lebih menawan sekaligus mampu menyampaikan informasi seputar brand sehingga lebih bisa diterima. 

Tentu saja, video company profile lebih efektif dan efisien jika dibandingkan dengan sederet tulisan pada profil perusahaan berbentuk printed. Selain itu, corporate video semacam ini meliputi segala informasi perusahaan yang dikemas dalam waktu sekitar 3-5 menit saja sehingga calon konsumen bisa melihat seperti apa gambaran langsung perusahaan. Alasan inilah yang menjawab mengapa video profil perusahaan cocok digunakan sebagai digital marketing tools

Bukan itu saja, ada beberapa keuntungan lain yang Anda peroleh dari kehadiran video company profile ini. Di antaranya sebagai berikut:

  • Segala bentuk informasi dikemas secara interaktif

Setiap kegiatan digital marketing dengan media video sudah pasti mampu memberikan informasi seputar perusahaan dengan lebih interaktif. Sebab, media satu ini didukung oleh gambar, audio, dan penjelasan lengkap tentang produk yang ditawarkan melalui infografis.

  • Membantu meningkatkan brand awareness secara visual

Tahukah Anda, menggunakan video company profile ternyata mampu meningkatkan brand awareness publik. Melalui video tersebut, masyarakat bisa mengetahui seperti apa brand perusahaan Anda secara mudah, singkat, dan jelas. 

  • Menjadi media testimonial

Testimonial dari pelanggan sudah pasti penting untuk dijadikan agen opini yang positif terhadap pemakaian produk atau jasa suatu perusahaan. Ketika Anda membuat video company profile, tak ada salahnya menyematkan beberapa testimonial supaya tercipta rasa percaya dan citra yang lebih baik di hadapan masyarakat. 

Perlu Anda ketahui, pada dunia digital marketing, setiap perusahaan dituntut untuk selalu unggul di tengah ketatnya persaingan. Sebab, bukan hanya perusahaan Anda saja yang melakukan pemasaran secara digital seperti ini. Oleh sebab itu, Anda harus mampu memikirkan bagaimana cara memproduksi video company profile paling kreatif. 

Video promosi untuk perkembangan bisnis 

Selain video company profile, bisnis Anda juga membutuhkan video promosi sebagai salah satu bagian dari strategi pemasaran. Biasanya, video semacam ini dikhususkan untuk mempromosikan produk atau jasa yang dipasarkan oleh perusahaan kepada masyarakat. Promosi sendiri adalah salah satu upaya paling penting bagi perusahaan ataupun brand. Bahkan, tak sedikit perusahaan yang akhirnya harus gulung tikar karena kurang gencar berpromosi sehingga tingkat penjualannya mengalami kemerosotan. 

Melalui video promosi, Anda bisa memperlihatkan kualitas suatu produk atau jasa yang ditawarkan secara langsung kepada target konsumen. Anda juga bisa memperlihatkan seperti apa kondisi produk tersebut dan bagaimana cara penggunaannya. 

Dibantu oleh berbagai efek visual, tulisan, ataupun grafis yang menarik, video promosi ini bisa memikat para pelanggan sekaligus jadi bahan pertimbangan terbaik untuk membeli suatu produk yang ditawarkan brand tertentu. 

Bukan itu saja, penggunaan video promosi juga bisa membantu perusahaan dalam memperkenalkan merek dagang yang dimiliki. Ketika mengunggah suatu video promosi produk ke media sosial, Anda harus ingat untuk mencantumkan alamat website perusahaan sehingga brand yang dimiliki semakin dikenal banyak orang. 

Aspek penting di dalam video promosi perusahaan

Ada beberapa aspek penting yang juga harus Anda perhatikan dalam video promosi perusahaan, di antaranya:

  • Video harus mampu merepresentasikan kualitas produk yang ditawarkan

Setiap konten yang Anda buat harus bisa merepresentasikan kualitas produk atau jasa yang ditawarkan kepada konsumen. Bahkan, pesan yang tersirat pun harus fokus kepada kualitas produk yang dimaksud. Anda juga bisa melengkapinya dengan penjelasan seputar kegunaan, kelebihan dan manfaat produk tersebut. Supaya lebih menarik, sebaiknya sematkan ilustrasi grafik sehingga semakin memikat target audience Anda. 

  • Gunakan komposisi gambar, audio, dan tulisan yang tepat

Pastikan video promosi perusahaan Anda menampilkan kombinasi antara gambar, audio, dan tulisan yang tepat. Artinya, seluruh aspek tersebut dicantumkan dengan seimbang. Selain itu, perhatikan juga pemilihan font dalam tulisan yang harus sesuai pula dengan gambar. Anda juga bisa menampilkan gambar atau tulisan bergerak supaya video tidak terlihat membosankan. 

  • Menyesuaikan dengan target audience

Sebenarnya, ada banyak media promosi yang bisa digunakan dalam kegiatan promosi perusahaan Anda. Mulai dari Instagram, Facebook, Twitter, dan juga YouTube. Pastinya, setiap platform tersebut memiliki karakter masing-masing sehingga Anda pun harus membuat video sesuai pengguna media tertentu, termasuk pengaturan durasi dan caption. 

Bagaimana cara memilih agensi jasa video company profile terbaik?

Berikut ini ada beberapa hal yang perlu Anda garis bawahi ketika hendak memiliki agensi atau perusahaan penyedia jasa pembuatan video company profile terbaik

  • Periksa portfolio 

Bisa dipastikan, agensi jasa video company profile berkualitas selalu memiliki portfolio atas pekerjaan sebelumnya yang tentu tersedia bagi siapapun yang berminat untuk bekerjasama dengan mereka. Biasanya, portfolio semacam ini bisa diakses di website resmi perusahaan tersebut. 

Melalui karya mereka sebelumnya, Anda bisa memastikan bahwa video yang mereka buat mampu memenuhi standar Anda sebagai klien. Bahkan, sample tersebut bisa Anda jadikan sumber informasi mengenai kualitas video yang nantinya dihasilkan. 

  • Membandingkan portfolio dengan ide yang dimiliki 

Tentu saja, Anda memiliki visi tersendiri untuk mempromosikan bisnis yang sedang dilakoni. Oleh sebab itu, Anda patut memastikan, bahwa agensi video company profile tersebut mampu menghasilkan video sesuai konsep yang dikehendaki. 

Apabila Anda telah memeriksa portfolio pekerjaan mereka sebelumnya, maka cari tahu juga apakah gaya mereka selaras dengan yang Anda cari. Upaya semacam ini bisa membuat keputusan kerjasama jadi jauh lebih mudah. 

  • Mengetahui detail proses pembuatan video company profile 

Ketika Anda melakukan outsourcing ke perusahaan penyedia jasa video company profile, maka kemungkinan besar itu terjadi karena ketidaktahuan Anda dalam membuat video sendiri atau Anda terlalu sibuk untuk sekadar menyewa videographer in-house

Terlepas dari apapun alasan Anda, pastikan Anda menggunakan jasa agensi yang memang mampu menangani setiap aspek dalam proses produksi. Mampukah mereka bertukar pikiran dengan Anda berdasarkan visi yang telah dibuat sebelumnya? Apakah penyedia jasa ini menyediakan talent profesional? Apakah tersedia jasa penulisan naskah ataupun konsep? Bagaimana kualitas peralatan yang dimiliki?

  • Cari tahu soal jaringan pemasaran

Ketahuilah, memasarkan suatu video perusahaan sama pentingnya dengan proses produksi yang dilakukan. Oleh sebab itu, Anda tak boleh terjebak dengan stigma, bahwa satu platform sudah cukup menjangkau target audience Anda dan mampu membuat mereka bersemangat untuk membeli produk atau jasa yang ditawarkan. 

Pada dasarnya, mempromosikan bisnis menggunakan video company profile merupakan proses yang berkelanjutan. Ketika Anda memutuskan untuk bekerjasama dengan perusahaan penyedia jasa video company profile, jangan lupa untuk menanyakan tentang cara memasarkan video Anda di berbagai platform kekinian demi mendapatkan banyak audience potensial. 

  • Penawaran harga

Harga memang tidak selalu menjadi indikator kualitas dari suatu agensi jasa video company profile. Dengan demikian, pastikan Anda telah melihat portfolio pekerjaan sebelumnya. Bandingkan dengan harga agensi lain, tapi tetap pertimbangkan soal kualitas yang dihasilkan. 

Selain itu, Anda juga harus memastikan bakal mendapat harga terbaik dengan kualitas terbaik pula. Tak lupa untuk memastikan tujuan dan visi yang hendak disampaikan melalui video company profile tersebut sehingga perusahaan Anda mampu menjangkau audience sebanyak-banyaknya. 

Itu tadi sekilas ulasan mengenai digital marketing melalui video company profile yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat.