Pemosisian lighting yang tepat di panggung sangat penting untuk menciptakan tampilan visual yang baik dan memaksimalkan efek pencahayaan. Ada banyak lokasi yang biasanya dipasangi lighting agar bisa menghasilkan efek pencahayaan yang bagus. Posisi pencahayaan adalah salah satu konsep pencahayaan panggung dasar yang harus diketahui. Jika posisinya tepat tentunya akan menghasilkan pencahayaan yang bagus. Tujuan dari adanya lighting panggung selain untuk menerangi panggung adalah mengarahkan audiens, setting scene, dan menciptakan suasana pada panggung agar lebih mempengaruhi suasana hati para penontonnya. 

Posisi Lighting yang Umum Digunakan

Berikut ini adalah beberapa posisi lighting yang umum digunakan di panggung:

  • Front Lighting (Pencahayaan Depan): Pencahayaan depan adalah pencahayaan yang ditempatkan di depan atau di atas panggung, mengarah ke arah pemain atau penampil. Tujuannya adalah untuk menerangi wajah dan tubuh penampil dengan pencahayaan yang merata, memastikan penampil terlihat dengan jelas oleh penonton. Jenis posisi pencahayaan ini adalah yang paling penting dalam panggung. 
  • Side Lighting (Pencahayaan Samping): Pencahayaan samping ditempatkan di samping panggung, mengarahkan cahaya pada penampil dari samping. Hal ini dapat menciptakan efek pencahayaan yang dramatis, menghasilkan bayangan dan penekanan bentuk tubuh sang pengisi acara. Pencahayaan samping dapat memberikan dimensi visual dan memberikan efek yang lebih menarik pada penampilan panggung. Jenis pencahayaan ini penting karena untuk membuat ekspresi wajah sang pengisi acara agar terlihat jelas.
  • Backlighting (Pencahayaan Belakang): Pencahayaan belakang ditempatkan di belakang penampil, mengarahkan cahaya ke arah penonton dari belakang. Tujuannya adalah untuk memberikan efek siluet atau efek pencahayaan yang menyorot kontur tubuh penampil, menciptakan suasana dramatis. Pencahayaan belakang biasanya menggunakan lampu spot atau lampu PAR yang ditempatkan di belakang panggung. Kita juga bisa mengubah warna dan intensitasnya untuk menyesuaikan tampilannya. 
  • Top Lighting (Pencahayaan Atas): Pencahayaan atas ditempatkan di atas panggung, mengarahkan cahaya secara merata ke seluruh panggung. Pencahayaan atas digunakan untuk memberikan cahaya umum yang merata di panggung, memastikan penampil dan set properti terlihat dengan jelas. 
  • Downlighting: Pencahayaan ini biasanya untuk menambah dimensi pada panggung. Lampu biasanya diarahkan di kaki dan memancarkan cahaya dari atas. Lightingnya bersinar lurus kebawah dari atas panggung. 
See also  Jasa Dokumentasi Semarang

Selain posisi pencahayaan tersebut, juga dapat digunakan efek pencahayaan tambahan seperti gobo (gambar bayangan), strobo (kilatan cahaya), atau efek pencahayaan yang bergerak untuk menciptakan suasana yang lebih dinamis dan menarik.

Penutup 

Pemosisian lighting harus disesuaikan dengan tata letak panggung, kebutuhan acara, dan efek visual yang diinginkan. Penting untuk bekerja sama dengan profesional pencahayaan atau desainer pencahayaan untuk mendapatkan hasil terbaik sesuai dengan kebutuhan acara Anda. Anda juga bisa menggunakan jasa sewa lighting untuk memudahkan pengaturan panggung di dalam acara Anda. 


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder