Perlu Anda ketahui, bukan hanya perusahaan besar saja yang memiliki video company profile, akan tetapi bisnis kecil seperti UMKM pun juga sudah banyak yang melengkapi bisnisnya dengan sebuah video corporate. 

Meski begitu, bisnis UMKM tidak memiliki aturan yang mengharuskan mereka membuat video company profile yang proper. Hal ini tergantung pada kebutuhan akan video company profile bagi bisnis tersebut. Seperti misalnya dijadikan media informasi bagi para pemangku kepentingan atau untuk memperkenalkan produk baru ke publik.  

Bagi para pelaku bisnis UMKM, video company profile ini biasanya dibuat dengan sederhana karena hanya akan dipublikasikan di akun media sosial mereka. Itulah sebabnya, konsep video profil perusahaan pada bisnis berskala kecil sangat berbeda dengan perusahaan besar. Baik itu dari segi gambar, musik, hingga talent yang digunakan. 

Bahkan, biaya produksi video company profile yang dibutuhkan tidak akan sebesar perusahaan yang telah berkecimpung lebih lama di industri tersebut.

Jadi, apa alasan pelaku bisnis UMKM harus memiliki video company profile?

  • Sarana promosi terbaik

Alasan yang pertama adalah video company profile bisa dijadikan media promosi terbaik bagi setiap brand bisnis. Percayalah, video semacam ini bisa dijadikan promosi yang menarik dan kreatif bagi kelangsungan sebuah bisnis kecil. 

Melalui kehadiran video company profile, bisnis UMKM bisa menunjukkan produk ataupun jasanya secara langsung kepada calon konsumen. Apalagi jika Anda mengunggahnya melalui berbagai platform online dan jejaring sosial, seperti Instagram, YouTube, ataupun Facebook. 

  • Koneksi terbaik bagi calon konsumen dan mitra bisnis

Melalui video profil perusahaan, Anda bisa menyajikan kesan tentang apa yang hendak Anda lakukan melalui brand tersebut dan apa tujuan Anda dengan adanya produk yang ditawarkan. Para konsumen ataupun calon mitra bisnis bakal lebih yakin dengan kehadiran brand Anda. Video company profile juga bisa dijadikan tanda keseriusan Anda untuk terus berkembang di bidang bisnis tersebut. 

  • Materi paling tepat untuk kebutuhan SEO

Perlu Anda ketahui, memproduksi video company profile yang akan diunggah ke YouTube ataupun website, ternyata bisa membantu bisnis kecil Anda untuk lebih dikenal secara luas. Di balik kecanggihan internet, terdapat sebuah prinsip penting yang dikenal sebagai SEO atau Search Engine Optimization atau bagaimana mesin pencari seperti Google melakukan penjelajahan konten sesuai kata kunci yang ditentukan. 

Apa pentingnya membuat video company profile berupa testimonial bagi perusahaan?

Banyak orang bertanya-tanya, sebenarnya apa sih pentingnya membuat video company profile yang memuat testimonial para pelanggan untuk perusahaan? 

Tahukah Anda, salah satu hal yang wajib ada pada website resmi perusahaan adalah testimonial dari para pelanggan yang telah menikmati produk atau jasa Anda. Pasalnya, testimonial adalah cara paling tepat untuk membuat calon konsumen yakin akan produk dan jasa yang ditawarkan. 

Ketika suatu video company profile memuat testimonial, audience bakal mendengar secara langsung pendapat dari pelanggan lain. Semakin banyak testimonial yang Anda miliki, jelas semakin besar pula pengaruh sosial yang terbentuk atas brand Anda. 

Pada dasarnya, testimonial merupakan salah satu faktor pertimbangan saat seorang konsumen hendak melakukan pembelian produk atau jasa tertentu. Ketika Anda tidak bisa memanfaatkan testimonial secara baik dan benar, maka Anda bisa saja kehilangan kesempatan. Sebab, secara tidak langsung, Anda mendapat bantuan penjualan secara cuma-Cuma dari testimonial tersebut. 

Oleh sebab itulah, video company profile yang berisi testimonial sangat dibutuhkan dalam rangka menciptakan citra positif bagi brand dan produk yang Anda tawarkan. 

Secara garis besar, testimonial ini bersifat persuasif dengan cara menceritakan pengalaman secara langsung para pelanggan dalam menikmati produk perusahaan Anda. Dengan demikian, Anda telah melakukan persuasi kepada calon konsumen dengan memaparkan sejumlah manfaat dan keuntungan yang telah didapat oleh pelanggan-pelanggan sebelumnya. 

Ketahuilah, testimonial video company profile perlu dibuat karena bersifat evaluative bagi perusahaan supaya mampu mengembangkan kualitas yang lebih baik di setiap kegiatan produksinya. 

Lalu, bagaimana cara paling tepat membuat video company profile yang memuat testimonial pelanggan secara khusus?

  • Meminta testimonial secara langsung dari pelanggan

Jangan pernah ragu untuk meminta testimonial dari pelanggan melalui media sosial ataupun email perusahaan. Namun sebaiknya, Anda tanyakan terlebih dulu, apakah pelanggan tersebut tidak merasa keberatan jika nama dan testimonialnya dijadikan cerita untuk video company profile perusahaan. Nantinya, cerita tersebut bisa Anda kumpulan dan buat jadi satu konten video company profile yang utuh serta berkualitas. 

  • Mendengarkan keluh kesah pelanggan

Cara selanjutnya adalah membuat percakapan dengan pelanggan melalui media sosial dan email. Bicarakan soal penilaian mereka terhadap produk dan jasa yang Anda tawarkan. Tentu saja, ini bukan sekadar testimonial, tetapi Anda bisa berbincang secara langsung dengan para pelanggan untuk mendengar penilaian mereka. Dengan begitu, Anda bisa memperbaiki layanan atau meningkatkan kualitas yang telah terbentuk. 

Infografis video company profile

Siapa sangka, infografis video company profile ternyata sangat dibutuhkan demi meringkas informasi yang terlalu banyak menjadi lebih singkat dan mudah dimengerti. Pada dasarnya, infografis merupakan penyampaian informasi menggunakan pendekatan visual, seperti gambar, tabel, chart, maupun grafis.  

Para ahli berpendapat, infografis pada video company profile memiliki tingkat efektivitas dalam penyampaian suatu informasi karena melibatkan ilustrasi dari data yang hendak disampaikan. Umumnya, hasil akhir dari infografis ini berupa gambar yang dijelaskan secara singkat melalui sejumlah tulisan. 

Infografis sendiri terdiri dari beberapa jenis, di antaranya sebagai berikut:

  • Infografis statis

Jenis infografis satu ini sengaja dibuat dengan gambar yang tidak bergerak, seperti di media cetak atau media lain yang tidak perlu menggunakan infografis dengan format animasi.

  • Infografis animasi

Sesuai dengan namanya, infografis ini tersaji dalam gambar 2D ataupun 3D. Tentu saja, bentuk infografis satu ini terlihat lebih berkesan dan dinamis karena mampu menjelaskan informasi detail yang dilengkapi ilustrasi gambar bergerak. Biasanya, infografis semacam ini ditemukan pada media-media digital terkini, seperti YouTube, video company profile, dan lain sebagainya. 

Secara garis besar, infografis animasi memadukan konsep visual yang didukung dengan penjelasan secara lisan melalui voice over. Inilah yang kemudian membuat tampilannya jauh lebih efektif dalam menyampaikan suatu informasi. Apalagi, infografis animasi selalu dilengkapi dengan musik latar yang pas sehingga terasa lebih hidup. 

Alasan menggunakan infografis untuk kebutuhan video company profile 

Umumnya, infografis memang digunakan saat suatu informasi tidak bisa disajikan secara mudah atau tidak mungkin disampaikan melalui live shoot. Di antaranya seperti sejarah perusahaan yang teramat panjang disertai penjelasan yang sedemikian kompleks. Melalui infografis, perusahaan bisa lebih mudah menyampaikan data sejarah tersebut menjadi lebih singkat, tapi tetap berkesan historis. Apalagi jika Anda melengkapinya dengan gambar ataupun ilustrasi timeline. 

Rangkaian proses produksi yang dilakukan oleh perusahaan juga bisa tersampaikan dengan baik melalui infografis. Sebab, proses produksi semacam ini pasti memiliki durasi yang terlalu panjang dan sulit ditampilkan secara langsung. Melalui infografis, perusahaan Anda bisa menjelaskan detail setiap proses tersebut secara mudah dan tidak membosankan. 

Terkadang, ada beberapa perusahaan yang juga membutuhkan ilustrasi untuk mendukung statement jangkauan distribusi. Contohnya, perusahaan XYZ ingin menampilkan pesan bahwa bisnis yang mereka lakoni menjangkau dua benua dengan beberapa negara yang termasuk di dalamnya. Nah, statement semacam ini bisa dibantu oleh ilustrasi animasi ataupun data infografis sehingga terwujud kesan yang jauh lebih meyakinkan terhadap cakupan bisnis perusahaan tersebut. 

Manfaat infografis dalam video company profile perusahaan

Infografis mampu meringkas segala jenis informasi perusahaan yang kompleks jadi ilustrasi yang lebih sederhana dan gampang dipahami melalui tampilan video company profile berdurasi singkat. Selain itu, infografis juga memudahkan pemahaman target audience tentang data-data penting terkait perusahaan karena adanya ilustrasi grafik. 

Di samping itu, infografis juga mampu meningkatkan engagement audience terhadap berbagai informasi yang dimiliki oleh perusahaan, sebagai konten publikasi media sosial, dan meningkatkan citra perusahaan. menariknya, infografis pada video company profile ini memiliki biaya yang cukup terjangkau. 

Itulah tadi jawaban atas pertanyaan seberapa penting video company profile bagi para pelaku bisnis UMKM beserta unsur-unsur pendukung di dalamnya. Jika Anda ingin membuat video profil perusahaan menggunakan infografis dengan hasil yang optimal, hubungi saja jasa video company profile terbaik di kota Anda.