Tahukah Anda, bahwa video company profile universitas ternyata memungkinkan para calon mahasiswa untuk mengetahui gambaran kualitas, budaya, dan seperti apa kegiatan perkuliahan di universitas tersebut secara jelas. Kendati hanya berupa visual dari serangkaian data, kehadiran company profile dipercaya ampuh sebagai bentuk identitas sekaligus bukti pertumbuhan lembaga pendidikan satu ini. 

Jika dulu company profile lebih sering diwujudkan dalam bentuk cetak, maka saat ini profil perusahaan lebih populer dibuat dalam bentuk video yang atraktif dan menarik. Bahkan, tak sedikit para ahli yang merekomendasikan supaya Anda membuat video company profile profesional dan berkualitas. 

Mengapa?

  • Publikasi video company profile memiliki peluang lebih besar dalam menjangkau target pasar dalam level global

Diketahui, perusahaan yang memilih untuk menggunakan video company profile dalam kegiatan pemasarannya mengalami pertumbuhan pendapatan sebanyak 49% lebih cepat dari tahun ke tahun. Bukan itu saja, konsumen ternyata lebih menyukai tayangan video daripada sekadar membaca deskripsi suatu produk yang ditawarkan. 

Coba bayangkan dari sudut pandang Anda sendiri, apakah Anda benar-benar suka membaca profil yang memuat satu halaman penuh atau justru merasa lebih asyik menonton video company profile universitas berdurasi pendek?

  • Video company profile jadi media untuk membedakan diri dengan kompetitor

Perlu Anda pahami, bahwa brand memiliki pengaruh cukup besar. Suatu universitas pasti butuh popularitas dan trust dari masyarakat, terutama para calon mahasiswa baru. Apa kelebihan yang ditawarkan oleh universitas dibanding universitas lainnya, seperti apa budaya dan nilai moral yang dijunjung, serta fasilitas apa saja yang didapatkan selama atau setelah menjadi mahasiswa. Seperti itulah contoh pertanyaan yang bisa Anda jadikan inspirasi dalam pembuatan konsep video company profile yang dimaksud. 

Tugas Anda tentu saja bukan sekadar untuk menjawab pertanyaan di atas, tapi juga memilih jawaban yang berbeda dari jawaban universitas pesaing. 

  • Buat video company profile dari sudut pandang mahasiswa

Biasanya, para penyedia jasa video company profile terbaik lebih memilih membuat suatu cerita yang diambil dari sudut pandang mahasiswa daripada menampilkan grafik ataupun data yang rumit. Seperti misalnya mengambil sample dari tiga orang mahasiswa dengan karakter yang berbeda-beda. 

Kemudian, cerita tersebut dibuat fokus pada keseharian mahasiswa tadi. Bagaimana kebiasaan mereka ketika di kampus, budaya apa yang ada di lingkungan mereka, bagaimana cara mereka memecahkan masalah hingga apa yang bisa mereka dapatkan saat sedang berkuliah. Kira-kira seperti itulah topik yang biasa digunakan untuk membuat video company profile universitas yang berkualitas.

Hal semacam ini penting untuk dilakukan karena setiap orang cenderung menyukai hal yang dirasa sangat mewakili perasaan mereka. Anda pun bisa mengambil sample dari para alumni. 

Caranya mudah kok, Anda hanya perlu mewawancarai seorang alumni yang berhasil meraih impian dan tunjukkan bagaimana keberhasilan tersebut bisa diraih. Alangkah baiknya lagi jika Anda memposisikan universitas sebagai jembatan antara alumni tersebut dengan cita-cita yang telah berhasil diraih.   

  • Hindari poin klise, pilih ciri khas tertentu sebagai pembeda

Hampir setiap universitas pasti memiliki identitas yang bisa dijadikan pembeda dengan kompetitor. Seperti misalnya Universitas Terbuka yang menganut sistem pendidikan jarak jauh sehingga semua orang bisa kuliah di tengah padatnya kesibukan di dunia kerja. Poin inilah yang tidak dimiliki oleh universitas konvensional lain sehingga harus ditampilkan secara jelas pada video company profile yang dibuat. 

Anda tak boleh membuang terlalu banyak durasi hanya sekadar untuk menampilkan grafik ataupun teks berupa visi dan misi universitas yang terlalu panjang sehingga terkesan monoton. Sebaiknya, tunjukkan saja secara jelas ciri khas universitas tersebut yang memang tidak dimiliki oleh universitas lain di level yang sama. 

  • Tampilkan poin yang tak kalah penting, PRESTASI

Ketahuilah, keunggulan suatu universitas ternyata bukan hanya dilihat dari perbedaan sistem yang dianut oleh universitas lain. Akan tetapi juga prestasi yang telah didapatkan, baik itu universitas ataupun mahasiswa yang tergabung di dalamnya. 

Hal semacam ini memang perlu dijabarkan pada video company profile universitas karena para calon mahasiswa jelas harus tahu soal kualitas lembaga tersebut. Dan kualitas itu jelas berasal dari prestasi atau pencapaian yang telah didapatkan selama ini. 

  • Tentukan secara cermat bagaimana cara memasarkan video profile universitas

Seperti yang Anda ketahui, ada banyak platform online yang bisa dijadikan pilihan untuk mempublikasikan suatu video company profile. Namun sayangnya, setiap platform tersebut memiliki aturan yang berbeda-beda. 

Contohnya, ketika Anda hendak membagikan video company profile universitas melalui Instagram, maka Anda harus menyesuaikan durasi. Begitu juga saat Anda ingin membagikan video tersebut di suatu layar yang lebih besar, jelas Anda harus menyesuaikan ukuran videonya terlebih dulu supaya bisa dinikmati dengan baik. 

  • Kualitas video company profile memengaruhi tingkat keberhasilan strategi branding

Percayalah, strategi branding suatu universitas tidak akan pernah mendapatkan hasil sesuai harapan apabila tidak diaplikasikan dengan baik berdasarkan medianya. Jika Anda menggunakan media berbentuk video, maka jangan lupa untuk melengkapinya dengan unsur naratif maupun sinematografi yang sempurna. 

Namun jika Anda merasa kurang mampu untuk membuat video company profile yang berkualitas, sebaiknya Anda bekerjasama dengan para penyedia jasa layanan semacam ini. Apalagi saat ini sudah semakin banyak production house yang melayani pembuatan video profil perusahaan berkualitas tinggi. Anda cukup mengkonsultasikan video impian Anda secara detail supaya hasilnya memuaskan. 

Komponen utama video company profile

Ternyata, suatu profil perusahaan seperti video company profile mampu menyediakan informasi bisnis secara profesional yang terdiri dari prospek bisnis, pelanggan, kompetitor hingga peluang akuisisi. Selain itu, video company profile juga memiliki tiga komponen secara umum yang meliputi:

  • Perusahaan informasi

Komponen satu ini jadi penunjuk utama bagaimana suatu perusahaan diatur dan sering dijadikan bahan pengidentifikasi bidang usaha sekaligus menyediakan daftar lokasi kantor beserta anak perusahaannya.

  • Snapshot

Deretan top line data yang termasuk dalam kategori ini adalah jumlah karyawan, penjualan tahunan, peringkat kredit, hingga tahun pendirian. 

  • Deskripsi bisnis

Bisa dikatakan, deskripsi suatu bisnis jadi penunjuk paling jelas tentang bagaimana perusahaan memposisikan dirinya. Secara singkat, deskripsi bisnis memuat tentang sejarah, fokus perusahaan, struktur, hingga posisi kompetitif. 

Selain itu, video company profile juga kerap dikenal sebagai media pengenalan bisnis. Media satu ini memang dijadikan cara paling tepat karena mampu menyediakan penjelasan secara rinci seputar kegiatan, aset, hingga kemampuan perusahaan untuk terus berkembang seiring berjalannya waktu. 

Kelebihan media video company profile dibanding media cetak

Selama ini hampir sebagian besar orang mengenal profil perusahaan berbentuk media cetak. Padahal, seiring berkembangnya teknologi dan masyarakat terjadi perubahan cara yang cukup signifikan dalam mencari sebuah informasi terkini. Salah satunya melalui video company profile. 

Nah, berikut ini ada beberapa kelebihan dari video company profile yang bisa jadi bahan pertimbangan Anda sebelum membuatnya. 

  • Video company profile lebih interaktif

Tentu saja, masyarakat lebih menyukai tampilan tayangan yang lebih interaktif. Apalagi jika dilengkapi dengan audio. Melalui media semacam ini, mereka tak perlu susah payah membaca deretan tulisan yang membosankan. Cukup menonton sebuah video company profile sekitar 5 menit saja demi mendapatkan informasi detail tentang suatu produk atau jasa yang dibutuhkan. 

Bahkan, video seperti ini jauh lebih mudah dan menghemat waktu sehingga masyarakat bisa langsung menilai kehadiran video company profile perusahaan Anda, apakah memang benar-benar sesuai dengan kebutuhan atau tidak. Apalagi, informasi yang diberikan oleh video profil perusahaan mampu menjawab berbagai pertanyaan konsumen daripada media cetak yang terbatas. 

  • Fleksibel

Video company profile terbukti lebih fleksibel karena bisa ditemukan dan dibuka di berbagai platform, termasuk media sosial kekinian. Bukan itu saja, video semacam ini bisa diakses melalui beberapa perangkat yang berbeda, seperti smartphone, laptop, tablet, dan lain sebagainya. 

Menariknya, profil perusahaan yang tersebar melalui jejaring sosial online bisa jadi salah satu strategi pemasaran sekaligus memudahkan konsumen untuk mencari dan mendapatkan informasi yang dibutuhkan. 

Itulah tadi sekilas informasi seputar video company profile universitas beserta segala kelebihannya. Intinya, profil berbentuk video seperti ini memang lebih populer daripada bentuk printed asal Anda benar-benar tahu bagaimana cara memaksimalkan penggunaan video tersebut secara tepat. Dengan begitu, perusahaan bakal menghasilkan keuntungan berlipat melalui strategi promosi online marketing