Sejak beberapa tahun belakangan, video company profile explainer digunakan di berbagai bidang. Baik itu pendidikan, kuliner, hingga start up yang semakin menjamur di kota-kota besar. Bukan hanya sekadar untuk menjelaskan apa yang dimiliki, melalui video semacam ini penonton bakal mendapatkan gambaran yang lebih jelas mengenai produk ataupun jasa yang ditawarkan. 

Namun, pernahkah Anda membayangkan ada berapa banyak video yang berseliweran di internet hingga kini?

Mengingat banyaknya konten video company profile yang lalu-lalang di dunia maya, maka kompetisi antar video ini juga kian ketat seiring berjalannya hari. Dengan begitu, membuat sebuah video company profile explainer saja tidak akan cukup. Anda juga harus memperhatikan kualitas video yang dibuat oleh penyedia jasa video company profile

Tips membuat video company profile yang jauh dari kesan monoton

Lantas, apa tujuan membuat video company profile explainer? Salah satunya sebagai upaya brand building atau membangun merek perusahaan. Berikut ini ada beberapa tips yang perlu Anda terapkan supaya audience betah berlama-lama menonton video yang telah Anda unggah di website maupun jejaring sosial. 

  • Tampilkan ciri khusus pada brand

Pastikan Anda memiliki brand yang dilengkapi ciri secara khusus untuk membedakan produk yang dijual dengan kompetitor. Biasanya, ciri khusus semacam ini bisa berupa tagline, maskot, atau keunggulan lain yang memang tidak dimiliki oleh produk lain. Nah, sederet ciri tersebut bisa Anda masukkan ke dalam video company profile explainer yang dibuat. 

  • Temukan target konsumen potensial

Sebelum Anda menyerahkan pembuatan video kepada penyedia jasa video company profile terbaik, lakukan riset terlebih dulu tentang target konsumen potensial produk tersebut. Ketika Anda berhasil mendapatkan daftarnya, maka video sudah bisa dibuat sesuai data tersebut. Misalnya, produk yang Anda jual ditargetkan khusus bagi para millennial, maka pastikan video company profile yang dibuat menggunakan warna cerah disertai solusi bagi target konsumen melalui produk tersebut. 

  • Melibatkan audience

Video company profile yang melibatkan audience artinya mengajak mereka untuk bercermin dari apa yang telah mereka alami selama ini. Di dalam video tersebut, Anda bisa mengajukan berbagai pertanyaan yang mungkin saja sedang dialami para target konsumen. Hal semacam inilah yang bakal membangun hubungan personal antara mereka dengan brand Anda. 

  • Pilih cerita yang fokus pada konsumen

Anda tidak boleh selalu berjualan dalam video yang dibuat. Sebaiknya, buat video company profile yang menceritakan kisah-kisah sukses nan inspiratif dari konsumen ketika sedang menggunakan produk Anda. Melalui sumber yang natural semacam itu, dipastikan target konsumen lain pun bakal merasa lebih dekat dengan brand Anda. 

Kesalahan fatal dalam membuat video company profile dengan tujuan marketing

Anda pasti pernah melihat video yang sedang viral, bukan? Terkadang, konten video tersebut terkesan receh dan biasa saja tanpa ada makna khusus di baliknya. Lantas, mengapa bisa terkenal? Pernahkah Anda memikirkan hal serupa?

See also  Jasa Pembuatan Video Company Profile Semarang dan Keunggulannya

Bisa dikatakan, tak ada satupun orang yang tidak suka menonton video berupa kombinasi antara gambar, suara, dan tulisan. Apalagi jika video tersebut dibuat sedemikian rupa untuk memanjakan mata. Bahkan, video bisa jadi sumber inspirasi terbaik ketika Anda tengah meluangkan waktu di sela kesibukan sehari-hari. Nah, dari sekian banyak jenis video, ada juga yang disebut sebagai video company profile marketing

Sesuai namanya, video satu ini jadi media untuk memasarkan suatu produk ataupun jasa. Menariknya, video company profile dengan tujuan marketing seperti ini tidak selalu berbentuk video shooting. Ada juga yang berbentuk video animasi menarik dan atraktif. 

Namun sayangnya, dari sekian banyak video company profile berlatar belakang marketing yang beredar di luar sana, ditemukan beberapa kesalahan dalam pembuatannya. Penasaran apa saja?

  • Video company profile terlalu bersifat hard selling

Apabila video profil perusahaan Anda sarat akan jualan suatu produk ataupun jasa, jelas bisa membuat audience merasa tidak nyaman. Sebab, secara tidak langsung mereka merasa sedang dipaksa untuk membeli produk yang ditawarkan. Lalu, bagaimana solusi yang tepat? Sebaiknya, berikan contoh dari masalah yang dialami oleh target konsumen sehingga tercipta ikatan emosional dengan produk yang sedang Anda tawarkan. 

  • Video company profile tidak memiliki kekuatan SEO

Percayalah, video company profile dengan tujuan marketing tanpa kekuatan SEO yang baik tidak akan pernah dilirik oleh audience. Ketika video Anda tidak mengantongi bekal SEO, maka video tersebut kemungkinan tidak akan pernah ditemukan oleh siapapun. 

Apalagi saat ini hampir semua orang selalu menggunakan Google. Ketahuilah, algoritma Google adalah membaca keyword yang Anda berikan dalam deskripsi video supaya lebih mudah dicari. Apabila deskripsi tersebut tidak sesuai, jelas hasilnya tidak akan pernah sesuai harapan Anda. 

  • Ketidakseimbangan konten video 

Penyedia jasa video company profile profesional bakal selalu memperhatikan komposisi gambar, suara, tulisan, dan lain sebagainya. Pasalnya, ketika video yang dibuat mengabaikan salah satu dari unsur tersebut, jelas hasilnya bakal kurang maksimal. 

  • Durasi terlalu lama

Percayalah, audience lebih menyukai video company profile yang singkat, padat, dan jelas. Semakin lama durasi sebuah video, maka tingkat kejenuhan audience pun turut meningkat. 

  • Video menyimpan makna yang terlalu sulit dipahami

Di dalam sebuah video profil perusahaan, Anda harus mampu memberikan apa yang terlihat kompleks menjadi lebih mudah dipahami siapa saja. Apabila Anda memasukkan semua hal yang hanya Anda anggap penting, jelas bakal membuat audience kebingungan. 

Ada beberapa cara menghindari kerumitan semacam itu. Mulai dari tidak menggunakan terlalu banyak gambar, menghindari penggunaan jargon, hingga membuat video yang sifatnya personal. 

  • Video dibuat sembarangan tanpa memikirkan kualitas

Ketika Anda menghasilkan video yang tidak berkualitas, bisa saja audience mengasosiasikan video tersebut dengan produk yang Anda tawarkan juga kurang berkualitas. Anda tentu tidak mengharapkan hal seperti, bukan?

See also  Jasa Videeo Shooting Wisuda

Video company profile yang kurang berkualitas biasanya memiliki beberapa ciri khusus, seperti gambar yang tidak jelas, suara kurang jernih, menyematkan watermark, dan lain sebaiknya. Video semacam ini bisa membuat audience menghindari produk yang Anda tawarkan secara tidak langsung. Jadi, ketika Anda hendak membuat video company profile bertujuan marketing dengan kualitas tinggi, tak ada salahnya untuk mencari jasa pembuatan video company profile terbaik di kota Anda. 

Deretan industri yang sebaiknya memiliki video company profile untuk keperluan marketing

Tak bisa dipungkiri, perkembangan teknologi saat ini semakin cepat dan dinamis sehingga menuntut kita agar sebisa mungkin mengikuti tren yang ada. Anda mungkin tak pernah membayangkan sebelumnya, jika kita bisa membeli sesuatu melalui smartphone atau mendapatkan informasi dari internet seperti saat ini. Jadi jangan heran, jika di era digital seperti sekarang, para generasi millennial telah terbiasa menggunakan teknologi demi mendapatkan informasi yang mereka butuhkan. 

Seiring meningkatkan teknologi dan tumbuhnya media sosial di kalangan masyarakat, jelas cara mempromosikan suatu brand juga tengah mengalami perubahan cukup signifikan. Salah satu cara berpromosi yang kian diminati adalah video company profile. Bahkan, tak sedikit perusahaan yang menggunakan media satu ini untuk disebarkan di media sosial karena memang lebih mudah dipahami oleh siapa saja. 

Lantas, industri apa saja sih yang sebaiknya memiliki video company profile berkualitas untuk kepentingan promosi?

  • E-commerce

Bagi Anda yang memiliki toko online di beberapa platform media sosial, cara paling tepat untuk menggaet calon konsumen adalah banner berupa gambar dan tulisan yang mampu menarik perhatian mereka. Misalnya, banner seperti ini ternyata belum cukup untuk mempromosikan kualitas produk yang Anda tawarkan. 

Berbeda dengan video company profile yang mengedepankan keunggulan, manfaat, hingga promo produk tersebut dalam satu tayangan singkat. Percayalah, hasil dari video semacam ini jelas jauh lebih nyata dan menarik sehingga meningkatkan trust pada brand perusahaan Anda.  

  • Perhotelan dan biro perjalanan

Pergerakan industri pariwisata di Indonesia semakin meningkat seiring bertambahnya kesadaran masyarakat untuk menjelajah alam di negeri sendiri. Ketika Anda memiliki penginapan sekaligus biro perjalanan, Anda jelas ingin memberikan deskripsi ataupun promosi dengan cara-cara menarik dan terlihat nyata, bukan? 

Melalui video company profile marketing semacam ini, foto obyek wisata, pemandangan, ataupun penginapan yang Anda sediakan bakal tampak lebih menarik sehingga minat audience pun turut meningkat. 

Demikian tadi beberapa tips untuk membangun rasa percaya audience terhadap video company profile yang Anda buat beserta informasi seputar pembuatan dan industri yang membutuhkan video semacam ini. Semoga bermanfaat ya!