Memotret dokumentasi acara atau kegiatan, dianggap mudah bagi sebagian fotografer. Namun, ada baiknya fotografer dan Sahabat Studio Pelangi memperhatikan hal-hal berikut ini. 

Agar tidak ketinggalan momen, yuk intip dulu 8 tips foto dokumentasi acara yang dirangkum Studio Pelangi Semarang. Inilah pembahasanya.

Tambah Jam Terbang dengan 8 Tips Foto Dokumentasi Acara

Hadirlah lebih awal

Menghadiri acara atau kegiatan lebih awal sangat direkomendasikan lho, Sahabat Studio Pelangi. Tujuannya, agar Sahabat Studio Pelangi mengenal lokasi dan menggali informasi tentang acara atau kegiatan yang akan dipotret. 

Sahabat Studio Pelangi juga bisa memanfaatkan waktu untuk berkenalan dengan tim panitia, narasumber, atau bahkan peserta. Nantinya saat acara dimulai, pemotretan yang dilakukan tidak terlalu kaku dan Sahabat Studio Pelangi akan mendapatkan momen yang diekspektasikan. 

Kenali sumber pencahayaan

Setelah mengenali lokasi dan konten acara atau kegiatan, saatnya untuk mengenali sumber pencahayaan. 

Apakah sumber pencahayaan berasal dari lampu sorot tambahan atau lampu flash? Atau dari pancaran sinar matahari langsung? 

Jika sudah mengenal sumber pencahayaannya, Sahabat Studio Pelangi bisa mengatur sudut bidik atau angle beserta komposisi pemotretan. Jangan lupa pula, pastikan ISO kamera diatur dengan baik ya! 

Kuasailah teknis dan kamera

Nah, tips foto dokumentasi acara berikutnya adalah menguasai teknis dan kamera. Sebagai fotografer, Sahabat Studio Pelangi wajib menguasai teknis dan teori dasar fotografi. Anda juga harus menguasai kamera baik itu fiturnya maupun kekurangannya. 

Dengan begitu, Sahabat Studio Pelangi mudah menyesuaikan diri dalam kondisi yang dinamis saat acara berlangsung. 

Lakukan kerja sama tim

Kerja sama tim yang baik akan membuahkan hasil. Baik dari segi komunikasi maupun hasil foto. Dari segi komunikasi, kerja sama tim yang baik akan mengurangi miskomunikasi antara fotografer dengan panitia acara. 

Sementara dari hasil foto, fotografer mengetahui detail mata acara. Sehingga, fotografer terus mengikuti sampai mendapatkan momen bagus untuk dipotret. 

Gunakan teknik established shot

Established shot atau teknik pemotretan dengan cakupan luas. Teknik pemotretan ini berguna untuk mengambil suasana lokasi dan kegiatan yang sedang berlangsung. Tips foto dokumentasi acara ini memudahkan audiens memahami apa saja yang dilakukan sebuah organisasi atau perusahaan saat melangsungkan acara atau kegiatan. 

Untuk memudahkan penerapan tips foto dokumentasi acara ini, sebaiknya gunakan lensa lebar (ultra wide atau wide). Lensa lebar biasanya berukuran panjang fokal sebesar 16-35mm, 17-35mm, atau 14-24mm. Tergantung kebutuhan fotografer ya, Sahabat Studio Pelangi. 

Potret tokoh utama dalam acara atau kegiatan

Saat acara atau kegiatan berlangsung, tentu saja menghadirkan moderator, narasumber, atau tokoh-tokoh yang menjadi “tokoh utama”. 

Untuk itu, penting sekali mengetahui siapa saja tokoh utama yang akan menjadi bintang di acara atau kegiatan. Nah, Sahabat Studio Pelangi bisa mengetahuinya dengan bertanya pada pihak penyelenggara atau EO. 

Komunikasikan pula bagaimana si tokoh utama ini ingin dipotret. Agar citra diri atau brand tokoh tersebut tetap terjaga dengan baik. 

Tangkap detail dan objek yang menarik

Memotret foto dokumentasi acara tidak seharusnya sembarangan. Sebagai fotografer, Sahabat Studio Pelangi dituntut kreatif untuk menangkap detail-detal dan objek yang menarik. 

Detail-detail dan objek yang menarik ini bisa dipotret secara close up. Tujuannya, untuk menggambarkan bagian penting dari sebuah acara dan menegaskan bahwa itu termasuk bagian dalam sebuah cerita acara atau kegiatan. 

Tidak lupa, gunakan teknik fotografi secara kreatif. Sahabat Studio Pelangi bisa gunakan teknik refleksi, siluet, slow shutter, atau mungkin dengan bantuan cahaya tambahan yang akan menghasilkan side slight dan slow sync

Berinteraksilah

Walaupun Sahabat Studio Pelangi hanyalah fotografer, tetapi penting melakukan interaksi dengan peserta atau tamu pada sebuah acara atau kegiatan. Foto yang menarik berasal dari interaksi yang cair bukan? 

Untuk melakukan tips foto dokumentasi acara ini, awali dengan menyapa. Ajaklah mengobrol. Pastikan Sahabat Studio Pelangi mengambil gambar yang tepat dan tidak terlihat jelek di foto. 

Nah, itulah 8 tips foto dokumentasi acara. Studio Pelangi Semarang berpengalaman dalam jasa foto dokumentasi acara, bayi baru lahir, wedding, pre-wedding, produk, dan fesyen. Yuk diskusikan konsepnya ke studiopelangi.id!


0 Komentar

Tinggalkan Balasan