Semua orang bisa belajar membuat video sendiri. Anda bahkan bisa belajar cara membuat video company profile secara mandiri. Jika Anda adalah pemilik usaha UKM, membuat video company profile bisa mahal jika pesan di studio.

 

Sebagai alternatif, coba buat video company profile perusahaan sendiri. Siapa tahu cara ini akan lebih memuaskan bagi Anda. Untuk membantu Anda buat video company profile yang baik, berikut beberapa tips yang bisa digunakan:

Mulai Dari Konsep dan Planning

Tips buat video company profile perusahaan pertama adalah membuat konsep dan planning terlebih dahulu. Perhitungan peralatan rekaman, biaya staff untuk merekam dan edit serta isi dari video tersebut.

Membuat draft awal ini bisa dimulai dengan ide simple dan membuat catatan tentang itu. Perlahan Anda pastikan catatan menjadi lebih kongkrit dan mulai direalisasikan. Semakin jelas planning dan gambaran konsep awal, makin mudah juga Anda membuat video.

Buat Sketsa dan Script Video

Setelah mendapatkan ide yang bagus untuk video, sekarang waktunya membuat tatanan isi video. Pastikan membuat script video dan sketsa per scene. Konsep cerita video company profile adalah susunan scene yang harus muncul berderetan. Tanpa script yang jelas, susunan informasi dan cerita ini tidak akan bisa disampaikan.

Sketsa ini juga penting untuk mengarahkan actor. Ekspresi apa yang harus ditunjukan, kata – kata apa yang harus dikatakan dan akting yang harus ditampilkan bisa ditulis semua di dalamnya. Anda juga bisa komposisi direksi kamera dari planning sketsa tersebut.

Buat Jadwal Merekam dan Logistik Shooting

Setelah mendapatkan gambaran tepat soal apa yang akan direkam, sekarang waktunya menyusun rencana shooting. Untuk hal ini, Anda harus jadwalkan waktu rekaman. Jadwal ini penting dikonfirmasi terlebih dahulu. Anda tidak ingin proses rekaman mengganti produktivitas perusahaan. Jika merekam di area pabrik misalnya, pastikan memiliki izin karena lokasi tergolong kurang aman.

See also  Inilah Alasan Menggunakan Jasa Video Company Profile Semarang Terbaik

Logistik juga penting diperhatikan. Hal seperti kru make up, kamera, akses lighting dan kostum penting dipersiapkan dari awal. Logistik ini harus bisa dibawa ke lokasi shooting dan harus lengkap. Jangan sampai shooting video company profile perusahaan karena peralatannya belum tersedia.

Editing Dibuat Beberapa Versi

Saat file shooting sudah dimiliki, lakukan editing untuk membuatnya jadi video menarik. Pastikan buat beberapa versi editing untuk membandingkan mana yang paling baik. Opsi yang banyak ini akan lebih baik daripada satu versi dan harus membuat ulang saat tidak puas.

Evaluasi dan Re-Take

Buat video company profile sendiri bisa saja salah evaluasi. Karena hal ini, pastikan coba cari perspektif banyak pihak lain untuk menilai. Apakah ada shooting error, apakah video kurang memuaskan dan apakah ada informasi yang kurang pas tercantum di situ. Setelah evaluasi dilakukan, coba lakukan re-take jika belum puas. Jika sudah beres, barulah Anda masuk ke tahapan finishing.

Sekian bahasan tentang tips membuat video company profile perusahaan sendiri. Mudah – mudahan bahasan ini berguna bagi Anda yang ingin coba buat sendiri. Terima kasih sudah baca artikelnya!