Seiring berkembangnya teknologi digital saat ini, hampir semua corporate video memiliki kualitas gambar yang nyaris serupa dengan media audio visual lain. Misalnya saja seperti iklan televisi ataupun film. Teknisnya, proses pembuatan video semacam ini kurang lebih sama meski memiliki skala produksi yang berbeda.

Sebagian besar corporate video diproduksi oleh Production House yang diawali dengan briefing bersama klien. Di saat seperti inilah, Anda bisa memberikan informasi menyeluruh kepada tim PH mengenai video apa yang hendak dibuat. Kemudian, tim PH bakal mengembangkan konsep tersebut ke dalam bentuk storyline sekaligus membuat script.

Selanjutnya, Anda dan tim jasa video company profile terbaik ini membuat kesepakatan tentang anggaran, jadwal produksi, tanggal pengiriman hasil akhir video, dan lain sebagainya. Biasanya, waktu pengerjaan dan skala produksi dari video profil perusahaan ini bervariasi.

Ada beberapa video dengan skala produksi yang rendah pasti menggunakan kru yang lebih sedikit dan peralatan ala kadarnya. Tapi ada juga produksi video yang menggunakan skala produksi lebih dari sebuah produksi iklan televisi.

Tahapan proses produksi corporate video

Adapun tahapan yang sudah pasti dilakukan oleh perusahaan penyedia jasa pembuatan video seperti jasa video company profile Jakarta ini adalah sebagai berikut:

  • Pra produksi

Di tahapan pra produksi, tim pembuat video bakal melakukan pengembangan konsep, penulisan naskah, merencanakan anggaran, menentukan lokasi syuting, hingga penentuan talent dan seluruh kru yang terlibat. Nah, setiap proses perencanaan tersebut akan dilaporkan kepada pihak klien hingga mendapat persetujuan.

  • Produksi

Di tahapan ini, para kru akan melakukan pengambilan gambar video company profile di lokasi yang telah ditentukan dengan para talent yang terlibat.

  • Pasca produksi

Secara garis besar, tahapan pasca produksi adalah kegiatan pengolahan hasil materi syuting melalui proses editing oleh tim terkait. Setiap hasil materi syuting bakal digabungkan menjadi satu kesatuan yang utuh sesuai isi script. Nah, proses pasca produksi ini mencakup mixing audio, voice over audio, color grading, hingga penambahan grafis secara visual. Setiap proses tersebut dilakukan demi mendapatkan hasil akhir video yang maksimal.

Sebagai bentuk upaya untuk memberikan semacam kekuatan komunikasi kepada calon klien, video company profile memiliki beberapa macam pendekatan kreatif. Di antaranya adalah story driven atau pendekatan bercerita, pendekatan dokumenter, atau penggabungan dari keduanya.

See also  Jasa Zoom Teleconference Semarang

Diketahui, corporate video berupa video company profile yang ditonton melalui situs web perusahaan mampu meningkatkan kualitas trafik pada mesin pencarian. Bahkan ada beberapa penelitian yang membuktikan, bahwa video online semacam ini memiliki kemungkinan 50 kali lebih besar dalam meningkatkan SEO.

Dengan begitu, web perusahaan bisa masuk ke halaman pertama mesin pencarian seperti Google dan lebih mudah diakses oleh calon konsumen ataupun mitra bisnis.

Web series juga bisa dijadikan alternatif video company profile yang kekinian

Berdasarkan definisinya, web series merupakan produk audio visual yang dirilis secara episodic dalam platform berbasis web seperti misalnya, YouTube. Tak heran jika sebagian orang mengasosiasikan web series ini dengan film seri. Sebab, pola penayangannya memang sengaja dibagi menjadi beberapa bentuk video yang memiliki keterkaitan dengan tema yang diusung.

Siapa sangka, web series juga bisa dijadikan video company profile yang kekinian dengan satu tema utama yang menjadi pokok cerita atau pembahasan secara episodic. Eksekusinya pun sering dilakukan dalam dua pendekatan utama, yakni substansi yang berbeda di tiap episodenya tapi masih jadi rangkaian sub bahasan tema utama.

Sementara pendekatan kedua, video company profile ini dibuat sebagai lanjutan dari episode sebelumnya yang bisa dikatakan bersambung. Biasanya, pendekatan semacam ini digunakan dalam gaya short film.

Tujuan dari pembuatan web series sebagai video company profile

Bisa dibilang, web series bertujuan untuk menyampaikan pesan dari perusahaan Anda. Ada beberapa perusahaan yang bahkan membuat tantangan untuk menghasilkan suatu video company profile dengan tiga budget yang berbeda. Secara tidak langsung, hal semacam ini adalah cara kreatif untuk mengkomunikasikan produk atau layanan yang ditawarkan kepada masyarakat secara luas.

Bukan hanya sekadar menyampaikan pesan atau beriklan melalui video company profile yang kekinian, web series juga bisa Anda manfaatkan sebagai media edukasi ataupun tutorial. Tentu saja, hal ini tergantung dari bidang yang Anda geluti.

Sementara itu, tujuan lain dari pembuatan web series ini adalah media berkampanye bagi perusahaan Anda untuk menarik perhatikan publik. Seperti salah satu web series yang diproduksi oleh Sequis. Gaya yang digunakan adalah short film bertemakan cinta. Melalui video company profile semacam ini, Sequis ingin mengkampanyekan bahwa generasi millennial harus mempersiapkan segala hal tak terduga dalam hidup yang serba berisiko ini. Dan tentu saja, tema ini sesuai dengan citra Sequis yang dikenal sebagai perusahaan asuransi.

Bisa disimpulkan, web series bagi perusahaan bisa jadi video company profile yang menyampaikan pesan paling efektif di era digital sepergi saat ini. Bahkan, melalui web series pula, perusahaan Anda bisa menyampaikan pesan dengan cara-cara yang kreatif dan menjangkau target konsumen dengan lebih luas.

See also  Tips Memilih Jasa Video Company Profile Terbaik di Semarang

Nah, pertanyaan selanjutnya adalah apakah perusahaan Anda tertarik untuk membuat media serupa pada penyedia jasa video company profile terbaik? Apabila iya, maka tentukan dulu tujuan pembuatan dan kenali siapa target audience Anda dan jangan lupa siapkan juga ide kreatif untuk membuatnya.

Penggunaan talent pada video company profile

Terkait dengan web series yang telah kita bahas di atas, apapun bentuk video company profile yang hendak dibuat pasti membutuhkan talent. Setiap talent juga tidak bisa dipilih sembarangan karena harus sesuai dengan konsep video itu sendiri.

Pada dasarnya, talent merupakan orang dengan bakat atau kemampuan tertentu, seperti melakukan suatu adegan di depan layar kamera. Tentu saja, talent memiliki sejumlah kelebihan yang tidak dimiliki oleh karyawan perusahaan biasa. Ketika Anda memutuskan untuk menggunakan talent dalam proyek video company profile, maka perusahaan Anda bakal mendapat hasil yang lebih maksimal dari segi storytelling.

Namun, bisakah perusahaan hanya mengandalkan karyawan untuk berakting pada video company profile? Jawabannya tentu bisa, tetapi Anda harus paham bahwa karyawan bukan orang yang memiliki keahlian spesifik seperti itu. Terkadang, Anda butuh talent dengan kemampuan lebih supaya pesan dari video yang dibuat bisa tersampaikan secara sempurna.

Secara garis besar, video company profile yang berupa storytelling juga harus melibatkan emosi dan simpati para audience. Oleh sebab itu, perusahaan bisa lebih menyampaikan pesan secara emosional dengan bantuan talent yang mumpuni. Selain itu, talent juga bisa meningkatkan efisiensi proses produksi. Sebab, talent terbiasa tampil di depan kamera dan lebih mudah memahami arahan dari tim produksi.

Bagaimana jika menggunakan talent karyawan perusahaan sendiri?

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, Anda boleh menggunakan karyawan dalam pembuatan video company profile. Tentu saja, hal ini harus disesuaikan juga dengan konsep yang diusung. Sebab, penting juga bagi perusahaan untuk menampilkan karyawan sebagai bentuk representasi perusahaan itu sendiri.

Sebagian orang mengira, bahwa brand perusahaan adalah sebatas logo saja. Padahal, kepribadian karyawan juga bisa menunjukkan kepribadian perusahaan tersebut. Dengan begitu, video yang dihasilkan bisa terlihat natural dan berbeda jika Anda menggunakan jasa talent.

Di samping itu, menggunakan karyawan dalam video company profile juga bisa meminimalisir biaya produksi yang dikeluarkan. Namun jika karyawan tersebut tidak terbiasa berinteraksi di depan kamera, bisa dipastikan mereka akan terlihat kaku sehingga mengurangi nilai estetika video yang dibuat.

Namun perlu Anda ingat, karyawan yang akan tampil dalam video company profile harus memiliki kriteria yang baik dan cukup dalam mempresentasikan kepribadian perusahaan. Selain itu, Anda juga harus memilih penyedia jasa pembuatan video company profile yang berkualitas supaya hasilnya lebih memuaskan.