Banyak orang yang bertanya, apa saja gear atau peralatan yang cocok digunakan saat foto pernikahan atau wedding. Beragam sumber mengatakan, peralatan ini haruslah ringan dan menunjang sesi pemotretan foto pernikahan. 

Karena itu, untuk menghasilkan foto yang sempurna dan pas momennya, dibutuhkan peralatan kamera yang mendukung. Salah satunya adalah lensa kamera yang cocok. 

Lensa untuk foto wedding biasanya memiliki kemampuan untuk memberi sentuhan detail yang tajam dan jernih. Tidak hanya itu, lensa ini juga digunakan untuk pemotretan banyak orang saat acara pernikahan. 

Umumnya, lensa-lensa untuk foto wedding ini disediakan dalam dua kamera. Satu kamera untuk lensa dengan panjang fokal pendek dan satunya lagi untuk panjang fokal panjang. 

Studio Pelangi Semarang merangkum lensa untuk foto wedding atau foto pernikahan. Inilah 4 lensa untuk foto wedding yang bisa Sahabat Studio Pelangi gunakan saat hari H.

  1. Lensa zoom

Berbagai sumber dan artikel fotografi mengatakan, lensa zoom cocok digunakan untuk foto wedding. Lensa untuk foto wedding ini sering digunakan untuk pemotretan dari jarak cukup jauh. Tujuanya, agar pasangan pengantin tidak terganggu dan tidak sadar kalau sedang dipotret. 

4 Pilihan Lensa untuk Foto Wedding

4 Pilihan Lensa untuk Foto Wedding

Hasil dari lensa zoom cenderung ada efek bokeh, namun pose pasangan pengantin jadi tampak lebih natural. Namun, agar gambar tidak shaky atau terguncang dan kabur, dibutuhkan tripod yang memadai. 

Sebagai tips, lensa zoom yang direkomendasikan adalah lensa kit. Misalnya ukuran 18-55 mm, 15-85 mm, 18-135 mm, atau 18-200 mm. 

Selain itu, lensa zoom dengan focal length 24-70 mm dengan f/2.8 dan 70-200 mm dengan f/2.8 juga disarankan. Bukaan atau aperture lebar seperti ini andal digunakan saat kondisi minim cahaya. 

  1. Lensa prime

Selain lensa zoom, lensa untuk foto wedding yang direkomendasikan adalah lensa prime. Lensa prime memiliki focal length atau panjang fokal 35 mm dan 85 mm dengan aperture atau bukaan lebar. 

Lensa prime 35 mm memiliki panjang fokal yang cukup lebar. Lensa untuk foto wedding ukuran ini biasa digunakan untuk memotret banyak orang. 

Sementara lensa untuk foto wedding ukuran 85 mm dapat memotret subjek foto dengan sudut pandang sempit. Sehingga menghasilkan detail yang tajam. Tidak heran kalau lensa prime ukuran 85 mm selalu siap siaga, Sahabat Studio Pelangi. 

Agar lebih maksimal, perhatikan pula bukaan atau aperture lensa prime. Gunakanlah lensa prime dengan bukaan atau aperture f/1.4. 

Lensa prime dengan bukaan f/1.4 dapat mengisi bingkai atau fill in frame. Hasilnya, detail gambar lebih maksimal, jernih, dan tajam. 

  1. Lensa makro

Lensa untuk foto wedding berikutnya adalah lensa makro. Mungkin Sahabat Studio Pelangi kaget. Tetapi, lensa makro memiliki sudut pandang sempit dan mampu menghasilkan detail yang tajam. 

Lensa makro seperti ukuran 60 mm dapat memotret detail-detail di acara pernikahan. Misalnya perhiasan, aksesoris, gaun pengantin, atau bahkan menu katering. 

  1. Lensa tele

Lensa untuk foto wedding yang terakhir adalah lensa tele. Banyak sumber menyarankan penggunaan lensa tele. Bahkan dianjurkan. 

Meski begitu, lensa tele nyaris disamakan dengan lensa zoom. Padahal, lensa tele tidak harus zoom. Ada lensa tele fix, seperti lensa tele ukuran 100 mm dan 200 mm. 

Lensa tele pada dasarnya berperan mengisolasi subyek foto terhadap latar belakang atau background. Lensa tele juga memiliki kemampuan untuk mengompresi dimensi, agar menjadi datar. 

Ukuran lensa tele yang digunakan untuk foto pernikahan atau wedding yakni lensa tele 50 mm atau 200 mm. Lensa tersebut dapat menciptakan ketajaman maksimal dan tahan banting saat cahaya minim. 

Itulah 4 lensa untuk foto wedding atau foto pernikahan. Semoga tips fotografi wedding ini bermanfaat bagi Sahabat Studio Pelangi ya! 

Sahabat Studio Pelangi pusing mau pakai lensa untuk foto wedding yang cocok? Sesuaikan kebutuhan Anda. Studio Pelangi Semarang membantu Anda dalam jasa foto wedding, dokumentasi, event, dan produk.

Serahkan pada Studio Pelangi Semarang. Harga terjangkau dan berkualitas. Yuk pesan jasa fotografi wedding, dokumentasi, event, dan produk di Studio Pelangi Semarang. Untuk lebih lanjut, kunjungi studiopelangi.id ya!