Memotret butuh trik dan tips fotografi tersendiri. Trik dan tips fotografi dapat dipelajari dengan mudah. Misalnya tips merawat kamera, tips menerapkan komposisi, serta trik membingkai atau framing saat memotret. 

Studio Pelangi Semarang merangkum 4 trik dan 6 tips fotografi. Sahabat Studio Pelangi dapat melatih keterampilan memotret lebih mudah dan prakits. Inilah pembahasan trik dan tips fotografi. Selamat membaca!

  1. Trik
  2. Edit dengan aplikasi pengolah foto

Mengedit foto di aplikasi di komputer atau HP memberi sentuhan estetis pada foto. Hasil foto lebih menarik dengan sentuhan filter. Ditambah kecerahan, kontras, cropping, atau saturasi. 

Aplikasi pengolah foto terkenal yakni Adobe Photoshop dan Adobe Lightroom. Jika menggunakan HP Android atau iOS, ada Adobe Photoshop, Adobe Lightroom, Afterlight, VSCO, dan Snapseed. 

Manfaatkan mode burst

Mode burst berguna untuk memotret berturut-turut dalam jumlah banyak dan sekali jepret. Mode ini bermanfaat untuk pemotretan objek bergerak cepat dan singkat. Dan mungkin saja tidak akan terulang. 

Dengan mode burst, Sahabat Studio Pelangi berkesempatan memilih foto terbaik meskipun dalam kondisi decisive moment atau momen genting. Pastikan ISO, kecepatan rana (shutter), dan diafragma dalam kondisi optimal dalam membekukan objek. 

Buatlah foto bercerita

Foto bercerita yakni foto yang memberi kesan dan menyampaikan sebuah makna pada audiens. Foto bercerita dapat disampaikan dalam bentuk sequence yang terdiri atas 2 atau lebih foto yang saling terkait. 

Foto bercerita akan memberi nilai plus bagi Sahabat Studio Pelangi. Kemampuan bercerita Anda juga semakin terasah bukan? 

Gunakan properti

Properti yang ada di rumah sangat memungkinkan dijadikan objek foto menarik saat memotret. Misalnya daun artifisial, keranjang kecil, bingkai jendela yang dimanfaatkan untuk framing dan menciptakan bayangan kece. 

 

Untuk menciptakan kesan hangat, api lilin bisa didekatkan ke lensa kamera. Hasilnya, akan ada gradasi pada objek foto. Menciptakan kesan greeny atau hijau tropis juga mudah. Lakukan saja di taman rumah atau gunakanlah karpet rumput artifisial sebagai latar belakangnya. 

Tips

Pastikan kamera stabil

Tips fotografi berikutnya, pastikan kamera tetap stabil. Sehingga saat memotret, hasil fotonya tidak kabur atau blur

Caranya, usahakan tangan Sahabat Studio Pelangi tidak goyang atau gemetar. Lakukan dengan bersandar pada lutut, sedikit berjongkok, atau bersandar ke tembok atau benda yang kokoh. Jika memungkinkan, gunakan stabilizer atau tripod. 

Amati kondisi pencahayaan

Dengan mengamati kondisi pencahayaan, Sahabat Studio Pelangi lebih leluasa mengatur sudut bidik atau angle dan perspektif saat memotret. 

Jika kondisi pencahayaan terlalu terang, pindahlah ke posisi yang agak teduh. Begitu pula sebaliknya. Tujuannya, pencahayaan yang cukup akan menghasilkan objek yang seimbang. 

Maksimalkan kaki

Memaksimalkan kaki justru membuat hasil foto Sahabat Studio Pelangi lebih tajam dan detail. Hindari penggunaan zooming. Karena hasil foto rentan buram, berguncang dan resolusi gambar pecah. Trik dan tipsnya, beranikan diri untuk mendekati objek dan subjek foto. 

Jelajahi varian sudut bidik

Sudut bidik atau angle sebenarnya cukup kaya untuk dijelajahi. Sahabat Studio Pelangi bisa mulai dari sisi kanan, kiri, atas, bawah, 45 derajat dan sebagainya. Varian sudut bidik ini bisa diperkaya lewat aneka referensi foto, baik di media sosial atau pun buku-buku tutorial fotografi. 

Pelajari komposisi

Komposisi itu penting dan menjadi kunci dalam trik dan tips fotografi. Misalnya warna, bentuk, garis, latar belakang (background), dan sebagainya. Lebih kompleksnya, komposisi rule of third, golden ratio atau rasio emas, spiral, pola, repetisi lazim digunakan fotografer. 

Peka dan cepat tangkap momen

Kepekaan penting agar cepat menangkap momen. Sahabat Studio Pelangi bisa ciptakan atau temukan momen dengan memperhatikan situasi sekitar. Perbanyaklah hunting atau latihan memotret.

Nah itulah trik dan tips fotografi. Trik dan tips fotografi berguna untuk mengerjakan proyek-proyek klien seperti foto produk, fesyen, wedding, dan pre-wedding

Studio Pelangi Semarang juga berpengalaman di bidang jasa foto wedding, pre-wedding, fesyen, produk, dan dokumentasi acara. Jadi, jangan sampai salah pilih jasa fotografi di Semarang ya! Kunjungi studiopelangi.id untuk lebih lanjut ya!


0 Komentar

Tinggalkan Balasan