Sahabat Studio Pelangi baru mulai belajar fotografi? Tertarik latihan memotret? Iri dengan foto Instagram yang kece dan populer? 

Gampang! Artikel ini membahas tips fotografi yang dirangkum Studio Pelangi Semarang. Tips fotografi ini cocok bagi pemula di dunia fotografi. Inilah pembahasan 11 tips fotografi. Selamat mencoba! 

Paham konsep fotografi

Konsep fotografi yang terkenal adalah segitiga eksposur yang terdiri atas ISO, shutter speed (kecepatan rana), dan aperture (bukaan atau diafragma). 

Disebut segitiga eksposur karena menjadi emas dalam tips fotografi. Kombinasi ketiganya menentukan gelap terangnya dan tajam tidaknya sebuah foto. 

Jika disimpulkan, ISO adalah ukuran sensitivitas sensor kamera terhadap cahaya. Kecepatan rana adalah durasi kamera membukan sensor untuk menyerap cahaya. Sedangkan bukaan atau diafragma adalah bukaan lensa kamera agar cahaya masuk. 

Latihan segitiga eksposur

Seperti di poin sebelumnya, segitiga eksposur terdiri atas ISO, kecepatan rana, dan bukaan. 

ISO ditandai dengan rentang 100 – 3200. Di beberapa kamera ada yang sampai 6400 dan 102400. Semakin tinggi ISO, semakin banyak cahaya masuk, semakin terang hasil foto. 

Untuk kecepatan rana, semakin lama durasinya, semakin banyak cahaya yang masuk, dan hasil foto semakin terang. Misalnya kecepatan rana 1/30 cocok digunakan untuk merekam gerak air terjun. 

Sementara kecepatan rana 1/500 – 1/1000 dapat membekukan objek bergerak seperti sepeda, sepeda motor, mobil, atlet yang berolahraga dan sebagainya. 

Bicara soal bukaan, kerap dikenal dengan simbol f/(angka). Misalnya f/1.8, f/5.6, dan sebagainya. 

Semakin kecil angka f, semakin besar bukaannya. Artinya, gambar yang dihasilkan semakin terang, kabur, dan kedalaman ruangnya tipis. Jika angka f semakin besar, bukaan semakin kecil. Gambar yang dihasilkan semakin gelap, namun kedalaman ruangnya tajam dan detail. 

Tentukan kamera yang tepat

Kamera yang tepat adalah kunci. Kamera untuk pemula didesain lebih sederhana dan mudah dioperasikan. Sedangkan kamera semi-pro dan profesional, lebih tahan cuaca, tahan banting, dan canggih.

Varian kamera biasanya jatuh di antara kamera DSLR, mirrorless, atau HP. Pilihan ini tergantung kebutuhan dan tujuan pemotretan

Rawat kamera

Perawatan kamera sangat direkomendasikan agar kamera tetap bersih dan kering. Caranya, simpanlah kamera di tempat kering. Tempat lembab memicu pertumbuhan jamur di lensa dan kaca bidik. 

Usai digunakan, bersihkan kaca lensa dengan kain lembut seperti kain pembersih kacamata. Gunakan sikat kecil khusus kamera untuk membersihkan debu di bodi. Gunakan pula alkohol pembersih khusus kamera. Semprotkan di kain lembutnya. 

Baca karya

Membaca karya fotografi penting guna merekam referensi foto berkualitas. Tips fotografi ini direkomendasikan agar cermat dan terbiasa memilah foto. Referensinya dapat diakses lewat Instagram, Behance, dan buku digital. 

Baca buku manual

Buku manual kamera membahas cara penggunaan, pengaturan sampai perawatan kamera. Sehingga, lebih maksimal saat latihan memotret. 

Rutin memotret

Rutin latihan memotret ampuh dalam menerapkan tips fotografi. Keahlian teknis seperti segitiga eksposur, white balance, metering, pencahayaan, fokus manual akan terasah. 

Sementara keahlian non teknis seperti komposisi, kepekaan, kemampuan komunikasi, dan rasa seni semakin berkembang. 

Santai dan peka

Santai artinya mengerti bidikan objek. Anda paham kondisi pencahayaan, komposisi, atau kondisi objek yang akan dipotret. Pikirkanlah sebelum memencet tombol shutter. Pekalah terhadap sekitar dan pahami etikanya. 

Eksperimen pada tahap pengeditan

Tahap pengeditan atau post-processing umumnya menggunakan perangkat lunak pengolah grafis seperti Adobe Photoshop dan Adobe Lightroom.

Untuk HP Android dan iOS, aplikasi yang umum digunakan Snapseed, VSCO, Afterlight, Adobe Lightroom, dan Adobe Photoshop. 

Tahap pengeditan dapat dilakukan berupa pemotongan atau cropping, pengaturan saturasi, highlight, dan bayangan, penerapan aneka ragam filter serta manipulasi objek foto. 

Gunakan format RAW

Format RAW memudahkan pengeditan seperti tingkat pencahayaan, ketajaman gambar, saturasi, dan lain-lain. Format ini juga baik bagi Anda yang serius mendalami fotografi. 

Publikasi

Publikasi karya fotografi bisa dimulai lewat Instagram, Behance, atau Twitter. Bahkan, lewat blog atau situs web. 

Itulah 11 tips fotografinya. Yuk perbanyak latihan memotret sekarang! 

Studio Pelangi Semarang berpengalaman dalam jasa fotografi wedding, pre-wedding, produk, fesyen, dan dokumentasi acara. 

Kunjungi situs studiopelangi.id. Dapatkan jasa fotografi berkualitas dan terjangkau. Selamat memotret! 


0 Komentar

Tinggalkan Balasan