Fotografi kopi atau coffeetography  cukup populer di media sosial. Khususnya Instagram dan Pinterest. Banyak orang ingin mempelajari fotografi kopi di Instagram. Tetapi sebenarnya, fotografi kopi adalah bagian dari fotografi makanan (food photography). 

Meski pahit ketika diminum, ternyata kopi cukup menarik untuk dipotret. Misalnya di kedai kopi atau kafe. Barista yang menyeduh kopi itu seringkali terpapar asap kopi. Asap kopi ini bisa dibekukan atau freeze dengan kamera yang Sahabat Studio Pelangi punya. 

Tidak hanya soal asap kopi, memotret tampilan kopi dari atas dengan teknik foto flat lay  juga sering dilakukan. Nah, lalu apa sih sebenarnya fotografi kopi itu? 

Apa itu fotografi kopi?

Fotografi kopi atau coffeetography  adalah fotografi yang khusus mengabadikan kopi dan segala sesuatu yang berkaitan dengan kopi ke medium foto. Karena kopi termasuk minuman, secara tidak langsung fotografi kopi juga bagian dari fotografi makanan. 

Siapa yang disebut fotografer kopi? 

Sama halnya seperti fotografer makanan, maka fotografer kopi juga tidak terbatas siapa pelakunya. Orang-orang yang memiliki minat terhadap kopi, gemar minum kopi, senang mengabadikan ritual minum kopi, dan penyeduh kopi, dapat menjadi fotografer kopi. 

Tidak terkecuali juga, orang-orang yang hobi memotret dan kebetulan mendapat job  memotret kopi. Dapat dikatakan fotografer kopi. Termasuk pula Studio Pelangi Semarang yang berpengalaman memotret fotografi makanan dan minuman di Semarang. 

Pengguna media sosial seperti Instagram dan Pinterest juga bisa dikatakan fotografer kopi. Bahkan fotografi kopi di Instagram ini yang meramaikan tren di media sosial. 

Asalkan, fotografer tersebut bisa membekukan momen barista membuat latte art  atau mengabadikan cangkir yang mengepulkan asap kopi panas. 

Artinya, tidak terbatas. Siapa pun bisa menjadi fotografer kopi.

Peralatan apa yang digunakan untuk memotret? 

Untuk memotret kopi, peralatan yang digunakan tidak terbatas. Boleh menggunakan ponsel, kamera DSLR, atau mirrorless

Bagi pengguna kamera, ada baiknya menggunakan lensa fix. Lensa fix menghasilkan gambar tajam dengan tingkat DoF atau kedalaman ruang tinggi. Misalnya lensa fix ukuran 50mm. Direkomendasikan juga menggunakan lensa lebar atau wide angle  seperti lensa ukuran 22mm. 

Apa yang perlu diperhatikan dalam fotografi kopi? 

Meski tampaknya mudah dan hasil foto yang dihasilkan cukup menarik. Tetapi ada hal-hal yang perlu diperhatikan agar berhasil memotret kopi. 

Hal-hal yang perlu diperhatikan antara lain sebagai berikut.

Pencahayaan

Direkomendasikan menggunakan pencahayaan alami, yakni cahaya yang berasal dari sinar matahari. Karena itu, sebaiknya lakukan pemotretan pada pagi atau sore hari. 

Perhatikan pula arah cahaya. Cahaya yang lembut berasal dari arah samping. Jika masih menghasilkan bayangan keras, gunakanlah reflektor atau diffuser

Properti

Sesuaikan properti untuk mendukung pemotretan kopi. Misalnya buku, serbet, piring dan kue tart, atau bahkan peralatan makan. 

Pemilihan warna

Sesuaikan warna objek dengan latar belakang agar terlihat lebih menarik. Bila perlu, gunakanlah latar belakang polos untuk menonjolkan kopi dan hidangan pendampingnya. 

Penyusunan properti

Penyusunan properti foto atau styling  diperlukan untuk mempercantik hasil. Gunakanlah teknik flat lay  agar memberi ruang luas antar objek. 

Pengeditan

Untuk menyempurnakan hasil, lakukan pengeditan foto. Misalnya saturasi, kecerahan, highlight, kontras, dan sebagainya. Edit seperlunya agar hasil foto tampak natural. 

Nah, itulah 4 serba-serbi fotografi kopi di Instagram. Fotografer tepat akan merekam prosesi ritual minum kopi dengan santai dan menarik. Tertarik mulai belajar fotografi kopi di Instagram?

Atau… Sudah siap memilih fotografer kopi yang tepat? Sekian dulu ya pembahasan serba-serbi fotografi kopi di Instagram. 

Sahabat Studio Pelangi ingin memiliki foto kopi atau coffeetography  yang Instagramable  dan dikenang sepanjang masa? Yuk, serahkan pada Studio Pelangi Semarang! 

Studio Pelangi Semarang berpengalaman dalam jasa fotografi kopi di Instagram. Selain itu, juga berpengalaman dalam jasa fotografi makanan dan minuman, pernikahan, prewedding, produk, dokumentasi acara, bayi baru lahir, dan fesyen. 

Studio Pelangi Semarang juga menyediakan jasa videografer dengan peralatan lengkap di Semarang. Komplit sekali bukan?  

Yuk diskusikan konsep pemotretan fotografi kopi di Semarang ke situs studiopelangi.id ya!


0 Komentar

Tinggalkan Balasan