Sahabat Studio Pelangi, memotret dengan ponsel atau HP (handphone) kini sudah cukup familiar. Terlebih lagi kalau HP menjadi benda yang jarang lepas pada rutinitas harian kita

Beruntungnya, HP zaman sekarang dilengkapi fitur kamera yang canggih. Sehingga, HP tersebut bisa digunakan untuk memotret.

Di media sosial, tagar pengguna yang memotret dengan HP juga cukup banyak. Bahkan, memotret dengan HP saja sudah didukung oleh aplikasi editor foto seperti VSCO, Snapseed, Afterlight, bahkan Adobe Photoshop dan Adobe Lightroom. 

Kali ini, Studio Pelangi ingin berbagi tips fotografi HP Android. Bagaimana ya cara menghasilkan foto cantik dan berkualitas tinggi hanya dengan HP Android? Berikut pembahasan tips fotografi HP Android. 

  1. Gunakan kaki

Memotret dengan HP Android terasa lebih praktis dan dinamis. Pengaturan kamera juga bersifat otomatis. Tidak seperti memotret dengan kamera DSLR atau mirrorless yang butuh pengaturan tertentu. 

Karena itu, pengguna HP Android dituntut lebih aktif untuk memotret. Lebih tepatnya, gunakan kaki untuk mendekat pada objek dan subjek foto. Sehingga, Sahabat Studio Pelangi lebih presisi menentukan komposisi, jarak, sudut bidik (angle) dan perkiraan cahaya yang masuk ke kamera HP Android. 

  1. Kurangi penggunaan fitur zoom

Meski HP Android zaman sekarang dilengkapi fitur zoom hingga belasan atau puluhan kali zoom, namun bukan berarti Sahabat Studio Pelangi tergantung padanya. 

Menggunakan fitur zoom kamera HP Android justru akan menurunkan kualitas dan resolusi foto. Jika Anda membukanya lebih detail di Adobe Photoshop, akan tampak noise atau guncangan di sekitar gambar. Akibatnya, foto yang dihasilkan menjadi tidak tajam. 

  1. Pastikan cahaya mencukupi

Cahaya menjadi kunci dalam memotret, baik itu fotografi HP Android maupun kamera DSLR dan mirrorless. 

Karena itu, pastikan cahaya yang menerangi objek atau subjek sudah cukup. Akan lebih baik jika cahaya berasal dari luar ruangan atau outdoor. Efeknya, gambar menjadi lebih tajam dengan kualitas tinggi. 

Jika terpaksa memotret di dalam ruangan, gunakanlah lampu flash khusus, bukan lampu flash bawaan HP Android. Pastikan jarak efektifnya sekitar 2-3 meter dari objek foto. 

  1. Usahakan posisi HP stabil

Meski HP Android lebih ringan dari kamera, bukan berarti rentan guncangan. Jagalah kestabilan posisi HP Android dengan menyandarkan punggung ke tembok atau dinding.

Bila perlu, tahanlah napas sesekali agar gerakan tubuh tidak mengganggu fokus kamera HP Android. 

  1. Potret dengan komposisi

Komposisi fotografi diperlukan saat mengeksekusi tips fotografi HP Android. Misalnya rule of thirds (ROT), komposisi diagonal, komposisi segitiga, komposisi dead center, komposisi garis, dan sebagainya. 

Eksplorasilah terhadap komposisi-komposisi yang cocok untuk fotografi HP Android. 

  1. Beri efek filter yang pas

Sesudah memotret, berilah efek filter yang pas sesuai komposisi dan suasana foto. Berilah efek filter sesuai porsi dan kebutuhan. Tujuannya, agar kesan foto muncul. 

Efek filter ini bisa digunakan lewat editor bawaan kamera HP Android, atau aplikasi lainnya seperti VSCO, Snapseed, dan Adobe Lightroom. 

  1. Hindari edit yang berlebihan

Memberi efek filter sudah cukup mengubah kesan gambar. Editlah seperlunya, misalnya yang berhubungan hal teknis seperti cropping, saturasi, bayangan, highlight, resize, atau sekedar memberi watermark pada gambar. 

  1. Backup data foto

Tips fotografi HP Android yang terakhir adalah backup data foto. Mengapa demikian? 

Memotret dari HP Android artinya menghabiskan ruang penyimpanan di HP. Apalagi kalau kualitas resolusi tinggi, maka ruang penyimpanan yang dibutuhkan semakin banyak. 

 

Lakukanlah backup atau transfer data foto Sahabat Studio Pelangi ke hardisk atau penyimpanan awan seperti Google Photos, Google Drive, dan One Drive. Jadi, Sahabat Studio Pelangi tidak perlu panik saat HP Android hilang, rusak, atau mati. 

Itulah 8 tips fotografi HP Android versi Studio Pelangi Semarang. Studio Pelangi Semarang juga menyediakan jasa fotografi wedding, dokumentasi, produk, dan jasa foto lainnya di Semarang.

Dapatkan jasa fotografi dengan harga terjangkau dan berkualitas tinggi di Studio Pelangi Semarang. Hubungi studiopelangi.id untuk lebih lanjut ya, Sahabat Studio Pelangi! 

Selamat memotret dengan HP Android!


0 Komentar

Tinggalkan Balasan