Kali ini, Studio Pelangi Semarang membahas tips fotografi landscapeagar tetap stabil dan menarik.

Tips fotografi landscapediperlukan agar Sahabat Studio Pelangi lebih terlatih saat eksplorasi dan menjelajah sambil memotret. Inilah pembahasan 7 tips fotografi landscapeyang dirangkum untuk Anda.

  1. Adaptif dengan cuaca

Adaptif dengan berbagai macam cuaca adalah kunci penerapan tips fotografi landscape. Hal ini bisa dimaklumi karena cuaca tidak dapat diprediksi. Sementara Sahabat Studio Pelangi mau tidak mau harus menunggu waktu tepat untuk memotret.

Anti Shaky dengan 7 TipsFotografi Landscape

Anti Shaky dengan 7 TipsFotografi Landscape

Yang jelas, anggapan “foto yang bagus adalah saat hari cerah” perlu diluruskan. Memotret saat badai, mendung, hujan, langit gelap, atau kondisi ekstrem justru membuat foto Sahabat Studio Pelangi lebih unik dan berkesan.

Karena itu, cobalah untuk adaptif dengan cuaca saat memotret lanskap ya, Sahabat Studio Pelangi.

  1. Ambil detail

Fotografi lanskap atau landscapebukan melulu soal foto pemandangan yang luas dengan wide-angle. Tetapi juga bisa detail.

Gunakan lensa super tele atau fish-eyeuntuk mendapatkan detail lanskap lebih unik dan menarik. Siapa tahu Sahabat Studio Pelangi menemukan hal yang tidak biasa, bukan?

  1. Coba filter

Menggunakan filter saat memotret landscapediperbolehkan. Filter tersebut antara lain circularpolarizer(CPL), neutraldensity(ND), graduatedND, graduatedcolor, dan bubble level.

Filter-filter ini mampu memperbaiki hasil foto. Misalnya memperhalus atau mengaburkan  gerakan air terjun dan awan, membuat langit lebih biru, membuat pergerakan orang tampak menghilang, serta membuat ruang fokus atau depthoffieldlebih sempit.

Selain filter secara manual, filter juga bisa diaplikasikan lewat aplikasi pengolah foto seperti Adobe Photoshop, Adobe Lightroom, Snapseed, VSCO, dan Afterlight. Filter ini dapat berupa warna-warna tertentu seperti analog, vintage, dan sebagainya.

  1. Gunakan tripod

Tips fotografi landscapeberikutnya adalah gunakan tripod saat memotret di luar ruangan. Tepatnya saat Sahabat Studio Pelangi memotret di pantai, sawah, atau tempat-tempat yang butuh kestabilan pegangan kamera.

Tripod berguna untuk menahan guncangan dan membuat kamera tetap seimbang. Kelebihan tripod adalah, Sahabat Studio Pelangi dapat mengatur shutterspeedsangat lambat tanpa khawatir blurdan terguncang.

Sebagai tips, pilihlah tripod yang terbuat dari bahan fiber karbon (carbon fiber). Bahan fiber karbon diklaim sangat ringan dan kuat. Pilihlah gagang tripod yang kuat dan stabil, agar kamera tidak mudah terjatuh.

  1. Perhatikan ISO

ISO tetap berperan penting dalam fotografi landscape. Tips fotografi landscapedengan ISO berguna untuk mengidentifikasi gambar yang noise(titik-titik berwarna di gambar).

ISO adalah ukuran sensitivitas sensor kamera. Semakin tinggi nilai ISO, semakin sensitif sensor saat menangkap cahaya. Dengan ISO yang tinggi, maka semakin banyak pula noiseyang dihasilkan. Apalagi kalau memotret di malam hari dan kondisi minim cahaya.

Sebagai tips, perhatikanlah ISO-nya. Gunakan ISO rendah saat memotret, seperti ISO 100. Lalu, pasang bukaan atau apertureyang lebar agar foto terlihat jernih dan tajam di setiap sudut.

  1. Pilih kamera yang tepat

Tips fotografi landscapeini kerap dilupakan. Memilih kamera yang tepat perlu agar mudah dioperasikan, tahan banting terhadap lingkungan dan cuaca, serta mampu menangkap detail.

Pilihlah kamera yang beresolusi tinggi dan tajam. Pastikan DR (dynamicrange) dan bit depth-nya luas agar mampu menangkap gradasi dan warna lebih kaya.

Jangan lupa, kamera yang tahan cuaca ekstrem sangat direkomendasikan. Pilih yang berdesain ergonomi dengan tombol-tombol kamera yang mudah dikendalikan. Yang simpel, yang ringan.

  1. Ubah perspektif

Memiliki banyak perspektif sangat berguna bagi fotografer landscape. Sangat dianjurkan agar tidak hanya terpaku pada satu titik pemotretan. Tetapi cobalah di segala sisi.

Selain perspektif, bebaskanlah imajinasi. Carilah sudut pandang yang sesuai dengan pengalaman visual dan imajinasi.

Agar perspektif ini terlatih, banyaklah membaca foto landscape di Instagram, Pinterest, dan Behance. Dengan begitu, Sahabat Studio Pelangi bisa mengekspresikan imajinasinya ke fotografi landscape.

Bicara soal tips fotografi landscape, Studio Pelangi Semarang berpengalaman memotret foto wedding, pre-wedding, dan dokumentasi acara dengan mode lanskap lho!

Pesan sekarang jasa fotografi Studio Pelangi Semarang! Kunjungi studiopelangi.id untuk lebih lanjut.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan