Halo sobat pelangi, kali ini kami akan membahas menengenai Audio Video Teleconfrence. Teleconfrence akhir-akhir ini menjadi media popular disebabkan karena kondisi sekarang yang memasak semua pihak untuk tidak melakukan acara pertemuan secara langsung. Nah, perkenankan kami kali ini membuat pembahasan lengkap mengenai apa dan bagaimana teleconference dijalankan.

Teleconference adalah konsep pertemuan yang kerjakan oleh dua orang atau bisa lebih yang dilakukan menggunakan telefon, video live  atau koneksi jaringan. Rapat dapat menggunakan audio atau audio-video yang memungkinkan semua peserta konferensi agar bias saling melihat dan berdiskusi seperti rapat normal dan mendengarkan satu dengan yang lain, sebagaimana rapat yang dilakukan biasanya.

Dalam pertemuan telekonferensi ini juga memungkinkan memakai whiteboard / share screen sehingga masing-masing peserta bias melihat bahan presentasi dan juga dikendalikan oleh admin yang juga berbagi aplikasi.

Sistem telekomunikasi yang digunakan harus mendukung untuk teleconference, oleh karena itu harus disediakan beberapa peralatan yang dibutuhkan diantarantanya sebagia berikut ini : peralatan audio, video atau data dengan bahan satu atau lebih perlengkapan seperti halnya telepon, komputer, telegraf resentasi, radio dan televisi.

Di Indonesia, terdapat beragai layanan teleconference melalui telepon seluler (konferensi audio) yang dapat menahan panggilan hingga 30 penelepon dalam suatu konferensi. Jumlah peserta dapat disesuaikan dengan keinginan penyelenggara.

video conference live semarang

video conference live semarang

Teleconference Adalah

Sistem conference ataupun konferensi pula dapat dilengkapi dengan PIN ( Personal Identification Number) buat membenarkan kerahasiaan konferensi oleh penelepon yang tidak diundang ke panggilan konferensi ataupun panggilan konferensi.

Telekonferensi merupakan komunikasi langsung di antara sebagian orang yang umumnya terletak di dalam ataupun di luar ruangan serta dihubungkan oleh sistem telekomunikasi.

Perlengkapan Teleconference

Device ataupun Fitur. Pasti saja kamu membutuhkannya, dapat tablet, smartphone ataupun yang universal serta aman digunakan merupakan pc.

Fitur lunak. Saat sebelum melaksanakan teleconference, kita memerlukan fitur lunak( aplikasi). saat sebelum kami bisa mengadakan panggilan konferensi. Terdapat banyak fitur lunak yang bisa kita pakai. Skype sangat universal digunakan pada laptop ataupun pc. Tipe seluler Skype pula biasa digunakan pada ponsel pintar serta tablet. Tidak hanya Skype, terdapat WhatsApp( buat ponsel) serta VMEET( buat pc).

Koneksi Internet. Koneksi internet ini dapat kamu miliki baik dari LAN, modem, serta Wi- Fi ataupun wifi. Bila Kamu memakai ponsel, Kamu bisa memakai informasi/ wifi seluler ataupun Wi- Fi.

Perlengkapan pendukung audio. Bila kita mau melaksanakan audio conference, dibutuhkan perlengkapan pendukung audio. Buat laptop, smartphone serta tablet, mereka umumnya telah sediakan layanan audio buat speaker serta mikrofon. Tetapi, ini berbeda dari Komputer desktop yang memerlukan pengeras suara eksternal. Speaker eksternal ini berarti dalam mencermati suara orang lain dalam panggilan konferensi. Bila Kamu memakai mikrofon, suara nya bisa didengar oleh orang lain yang ialah mitra obrolan kami.

Perlengkapan pendukung video. Bila kita mau melaksanakan video conference, tidak hanya memerlukan Perlengkapan Pendukung Audio, kita pula membutuhkan Perlengkapan Pendukung Video. Bila Kamu memakai Komputer, Kamu membutuhkan webcam. Namun bila Kamu memakai laptop, tablet, ataupun smartphone, Kamu tidak membutuhkannya. Buat tablet, smartphone serta laptop saat ini dilengkapi dengan kamera( kamera depan dengan smartphone serta tablet).

Jenis- jenis Teleconference

  1. Audio Conference( Conference Call)

Audio Conference ataupun diucap pula conference call merupakan obrolan antara 2 ataupun lebih partisipan memakai struktur telepon di mana komunikasi antara partisipan berlangsung cuma dalam wujud audio.

Di antara seluruh tipe konferensi telepon, panggilan konferensi lebih terkenal sebab menawarkan khasiat berikut:

Partisipan cuma butuh memakai telepon biasa buat melaksanakan panggilan konferensi tanpa perlengkapan ataupun fitur lunak bonus.

Bisa digunakan kapan saja, di mana saja tanpa wajib mengkonfigurasi fitur buat digunakan.

Tanpa butuh koneksi internet yang kilat. Sebab layanan telekonferensi ini memakai saluran telepon, tidak butuh koneksi internet yang kilat.

Buat melaksanakan conference call, para partisipan diwajibkan memanggil no tertentu yang menghubungkan mereka ke jembatan konferensi yang disediakan oleh penyedia panggilan konferensi( perlengkapan spesial yang menghubungkan saluran telepon yang masuk satu sama lain). Secara universal pengguna penyedia konferensi dikenakan bayaran bonus.

  1. Video Conference

Video conference merupakan teknologi komunikasi yang mengijinkan komunikasi dari bermacam posisi sembari mentransmisikan foto serta suara video.

Konferensi video bisa memakai teknologi jaringan IP( lewat Internet) serta teknologi Jaringan Digital Layanan Terpadu( ISDN).

Walaupun konferensi video mempunyai khasiat tampilan visual( video), pemakaian perlengkapan telekonferensi di Indonesia apalagi kurang terkenal sebab alibi berikut:

Perlengkapan spesial semacam input video( kamera video ataupun webcam) serta output video( monitor), input audio( mikrofon) serta output audio( speaker) serta layanan transmisi informasi( ISDN, LAN ataupun jaringan telepon Internet) dibutuhkan.

Biayanya relatif mahal

Dikala ini video conference lebih banyak digunakan oleh media tv serta perusahaan- perusahaan berskala besar. Tidak hanya konferensi video yang memerlukan perlengkapan spesial terdapat pula layanan konferensi video yang cuma membutuhkan satu pc/ laptop. Tipe konferensi video ini pula bisa diucap bagaikan konferensi video awan ataupun pertemuan cloud. Kenapa itu diucap cloud/ cloud computing? Sebab cuma dengan laptop/ pc biasa serta koneksi internet yang bagus, kamu dapat melaksanakan video conferencing.

  1. Website Conference

Website conference ataupun biasa pula diucap webinars merupakan sarana telekonferensi interaktif yang sediakan fitur aliran informasi yang lebih lengkap yang membolehkan partisipan buat berbicara secara bertepatan lewat bacaan, audio, video ke file ataupun tampilan slide.

Buat melaksanakan website conference umumnya memakai aplikasi( aplikasi) yang disediakan oleh penyedia konferensi website lewat berlangganan umumnya digunakan, memakai teknologi Internet, spesialnya koneksi TCP/ IP.

Berbeda dengan video conference, buat melaksanakan website conference yang dilengkapi dengan fitur multimedia yang cocok semacam webcam, mikrofon, speaker, serta koneksi Internet buat melaksanakan konferensi website.

Dengan fitur yang lebih banyak, fitur website conference lebih simpel dibandingkan video conference biasa. Website conferencing kerap digunakan buat aktivitas semacam seminar ataupun workshop online.

Tujuan Teleconference

Teleconference betujuan buat melaksanakan komunikasi jarak jauh dengan orang lain. Dengan telekonferensi ini kami bisa mentransmisikan sebanyak bisa jadi data yang berbeda serta berdialog tentang video ataupun audio tentang sesuatu topik berarti. Jadi kita bisa mengirit waktu serta duit buat berjumpa langsung.

Kelebihan serta Kekurangan Teleconference

  • Meningkatkan produktivitas dengan keahlian VTC buat dengan gampang berbagi dokumen, ilham, ataupun gambar
  • Hemat waktu serta bayaran buat pertemuan
  • Sederhanakan dalam berbicara jarak jauh
  • Mudah diaplikasikan

Kekurangan:

  • Harganya masih relatif mahal, sehingga cuma sebagian industri ataupun organisasi yang mempunyai sumber energi yang memiliki lumayan dana
  • Alat yang dibutuhkan susah didapat
  • Penginstalan sulit, hingga wajib ekstra hati- hati supaya tidak salah.
  • Langkah– Langkah Memakai Teleconference
  • Siapkan fitur semacam Komputer, headphone, webcam, serta fitur lunak( Skype, WhatsApp, VMEET, dll.) Bergantung pada sistem pembedahan. Yakinkan webcam serta headset Kamu kompatibel dengan Komputer Kamu.
  • Siapkan account buat fitur lunak yang Kamu pakai ataupun buat account baru.
  • Tentukan lawan Kamu lewat teleconference, pasti saja, dengan fitur lunak lain.
  • Buat pengaturan serta konfigurasi catatan aplikasi buat dilihat bagaikan menu.
  • Saat tersambung, Kamu bisa berbicara dengan lawan bicara Kamu.
  • Sekian postingan tentang Teleconference ini mudah- mudahan dapat berikan khasiat untuk kita seluruh, Terimakasih.