Videografi merupakan sebuah proses dalam pengambilan video atau gambar bergerak menggunakan media elektronik seperti handphone, kamera, dan lain-lain. Sumber dari Adobe juga mengatakan, videografi juga melibatkan proses pengeditan video dan juga pasca produksi. Dalam melakukan videografi juga diperlukan teknik yang baik dan tepat agar bisa menghasilkan sebuah video yang baik dan menarik. Ada banyak teknik yang bisa digunakan agar bisa menghasilkan sebuah video yang baik. Teknik videografi adalah kumpulan prinsip dan teknik yang digunakan untuk menghasilkan video yang berkualitas tinggi dan menarik.

Beberapa Teknik Dasar dalam Videografi

Berikut adalah beberapa teknik dasar dalam videografi:

  • Steady Shot:

Menggunakan tripod, stabilizer gimbal, atau teknik stabilisasi lainnya untuk menghindari getaran atau guncangan kamera yang dapat membuat video terlihat gemetar. Selain itu juga mengatur kecepatan rana yang sesuai dengan framerate (jumlah bingkai per detik) yang Anda gunakan untuk menghindari efek buram atau gemetar dalam gerakan cepat.

  • Komposisi:

Prinsip dasar komposisi seperti aturan pertigaan, garis panduan komposisi, dan penggunaan ruang negatif untuk menciptakan tata letak visual yang menarik. Jangan lupa juga untuk mengatur fokus dari objek-objek yang akan di rekam.

  • Pengaturan Cahaya:

Memahami pencahayaan adalah kunci dalam videografi. Anda perlu tahu cara menggunakan sumber cahaya alami dan buatan, serta mengatur pencahayaan agar sesuai dengan mood yang Anda inginkan.

  • Suara yang Berkualitas:

Menggunakan mikrofon yang baik dan memastikan bahwa audio dalam video Anda bersih dan jelas.

  • Pemilihan Warna dan Grading:

Menggunakan teknik grading untuk menyesuaikan warna dan kontras dalam video Anda, menciptakan tampilan visual yang sesuai dengan mood dan estetika yang diinginkan.

  • Penyuntingan (Editing):

Proses penyuntingan adalah kunci untuk merangkai adegan, menambahkan efek visual dan suara, serta menciptakan naratif yang sesuai dalam video Anda. Hal ini juga bisa termasuk dengan menambahkan musik atau backsound yang sesuai dengan tema dari video. Jika dirasa menambahkan narasi dalam video juga penting, kita juga bisa memasukkannya kedalam video. 

  • Menggunakan Lensa yang Tepat:
See also  Jasa Video Multicamera Semarang

Pemilihan lensa yang tepat untuk situasi tertentu dapat mempengaruhi estetika visual video Anda.

  • Menggunakan Slow Motion atau Fast Motion:

Teknik ini dapat memberikan efek dramatis atau artistik dalam video Anda.

  • Pengaturan Frame Rate:

Memilih frame rate yang tepat (misalnya, 24fps untuk tampilan film atau 30fps untuk tampilan video TV) untuk menciptakan tampilan yang diinginkan.

  • Penggunaan Timelapse:

Membuat timelapse dengan mengambil foto pada interval tertentu untuk menunjukkan perubahan seiring waktu.

  • Menggunakan Jib atau Crane:

Penggunaan perangkat seperti jib atau crane dapat memberikan perspektif yang menarik dalam pengambilan gambar. Atau kita juga bisa menggunakan drone untuk angle yang lebih tinggi.

Penutup

Setiap teknik yang dilakukan tersebut memiliki peran penting dalam menciptakan video yang profesional dan menarik. Memahami dan menguasai teknik-teknik ini akan membantu Anda menjadi seorang videografer yang lebih baik. Selain itu kita juga bisa menghasilkan video yang baik jika kita bisa melakukan teknik videografi yang tepat. Atau Anda jika ingin lebih mudah, Anda bisa menggunakan jasa shooting video agar bisa menghasilkan video yang lebih maksimal. Jika menggunakan jasa shooting video tentu saja akan bisa menghasilkan video yang baik karena sudah ada orang-orang yang berpengalaman dalam melakukan shooting video.