Tak banyak orang tahu, bahwa video company profile bisa dibuat dalam berbagai media. Namun, bisakah video semacam ini dibuat dalam bentuk iklan advertorial?

Berdasarkan definisinya, iklan advertorial merupakan jenis iklan yang disampaikan menggunakan gaya jurnalistik yang khas. 

Advertorial diambil dari kata advertising yang berarti periklanan, lalu kata editorial yang berarti opini resmi dari suatu redaksi. Pada dasarnya, advertorial ini berbeda dengan advertising. Sebab, advertising adalah pesan promosi terhadap produk atau jasa yang bersifat gamblang sekaligus sengaja mempersuasi konsumen untuk membeli atau menggunakan jasa tersebut dengan bahasa-bahasa promosi. 

Sementara advertorial merupakan jenis iklan yang metode penyampaiannya berupa artikel ataupun feature. Isinya tentu seputar informasi terkait topik yang memiliki korelasi terhadap produk ataupun jasa yang ditawarkan suatu brand. Itulah sebabnya, advertorial dikenal memiliki sifat edukatif. 

Berdasarkan informasi edukatif itulah, iklan advertorial memiliki kemampuan untuk menggiring pembacanya supaya mengetahui informasi dari suatu produk dan jasa perusahaan. Caranya, menyajikan data empiris tentang suatu produk yang relevan daripada menggunakan kata-kata. 

Bisa dikatakan pula, iklan advertorial ini merupakan cara kreatif dari pihak perusahaan dalam melakukan kegiatan promosi yang bukan sekadar memengaruhi produk dan jasa saja, tapi juga brand awareness yang mereka miliki. Oleh sebab itu, pembuatan iklan satu ini membutuhkan kemampuan menulis yang baik dan pengetahuan mendalam seputar produk yang dimaksud. 

Bukan itu saja, pembuat iklan advertorial juga harus membekali dirinya dengan pengetahuan terkait produk ataupun jasa yang ditawarkan oleh perusahaan. 

Kembali ke pertanyaan pada judul di atas, bisakah video company profile berbentuk iklan advertorial? Apakah Anda bisa menjawabnya? Jika belum dan masih bingung, coba deh simak lagi ulasan di bawah ini.  

Karakteristik iklan advertorial untuk pembuatan company profile 

Secara garis besar, iklan advertorial ini lebih didominasi oleh informasi seputar perusahaan. Contohnya, brand sabun A yang memiliki kegunaan sebagai pembersih antiseptik akan memberi informasi tentang bagaimana pentingnya menjaga kebersihan tubuh, cara menggunakan sabun supaya efektif, dan apa yang harus dilakukan supaya terhindar dari berbagai penularan bakteri dan virus berbahaya. 

Bahkan, brand tersebut juga bisa menjelaskan sederet manfaat yang bakal diperoleh konsumen jika menggunakan sabun tersebut untuk kesehatan kulit dan tubuh. 

Lalu, di mana mempublikasikan iklan advertorial?

Umumnya, iklan advertorial ini dipublikasikan di media massa, seperti jurnal, radio, majalah, ataupun koran. Namun seiring berkembangnya teknologi masa kini, advertorial juga bisa dipublikasikan di media digital seperti website dan juga YouTube. Oleh sebab itu, iklan ini tak sekadar berbentuk cetak tapi juga video. 

Diketahui, video advertorial memiliki prinsip yang nyaris serupa dengan iklan cetak. Namun, format yang digunakan jelas berupa video sehingga informasi yang disuguhkan lebih mendalam dan didukung dengan tampilan infografis yang menarik. Selain itu, video juga bisa memungkinkan penjelasan produk secara lengkap disertai ilustrasi yang terlihat lebih menawan. 

Ketika Anda memutuskan untuk memproduksi sebuah video company profile advertorial, maka jelas perusahaan bakal mampu menjangkau berbagai platform video kekinian, seperti YouTube, Instagram, hingga Tiktok. 

Adapun manfaat dari penggunaan format video company profile advertorial ini adalah sebagai berikut:

  • Media untuk memperkaya konten perusahaan

Jelas, video company profile bisa jadi konten menarik bagi perusahaan Anda. Seperti halnya di dalam website, perusahaan bukan hanya bisa memasukkan advertorial berupa artikel saja tapi juga video yang atraktif. Dengan demikian, konten di dalam website tersebut bakal jauh lebih kaya dan memengaruhi citra perusahaan itu sendiri.  

  • Video advertorial jauh dari kesan monoton

Biasanya, iklan video advertorial diisi dengan berbagai jenis informasi yang jika disajikan melalui tulisan biasa akan terlihat membosankan, apalagi bagi Anda yang kurang suka membaca. Nah, kehadiran video seperti video company profile ini bisa menambah daya tarik tersendiri sehingga publik lupa bahwa sebenarnya mereka sedang menonton video promosi perusahaan

  • Kemampuan menjaring konsumen secara luas

Tak bisa dipungkiri, video merupakan media paling efektif untuk menyebarkan pesan di zaman serba canggih seperti sekarang. Apalagi jika kita mengingat betapa banyaknya pengguna media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter, dan juga YouTube. Dengan mempelajari perilaku dan kebiasaan para konsumen tersebut, perusahaan Anda bisa memasang iklan secara kreatif berbentuk video. 

Jika Anda hanya menyajikan iklan advertorial dalam bentuk tulisan di jejaring sosial tersebut, bisa dipastikan kecil kemungkinannya hal tersebut mampu mempersuasi pengguna untuk membaca informasi secara lengkap. 

Contoh konsep pembuatan video company profile di berbagai sektor

Hampir sebagian besar perusahaan di bidang apapun membutuhkan video company profile yang berkualitas untuk mempresentasikan perusahaannya ke hadapan calon konsumen maupun investor. Namun, sebelum Anda memutuskan untuk membuat video semacam ini, Anda harus mengerti dan tahu seperti apa tahapan pembuatannya. 

Dengan mengetahui tahapan ataupun langkah pembuatan video company profile yang baik, maka bisa dipastikan video tersebut memiliki kualitas yang maksimal. Berikut ini tiga tahapan penting dalam hal pembuatan video company profile perusahaan di berbagai sektor. 

  • Proses pra produksi

Tahapan awal untuk mempersiapkan pembuatan video company profile adalah mengumpulkan materi outline sekaligus informasi yang berasal dari klien. Di antaranya seperti tempat atau setting yang diinginkan, target audience, durasi video company profile, budget produksi, peralatan dan perlengkapan, hingga shooting objective

Bila semua materi tersebut sudah dikumpulkan dan terseleksi dengan baik, maka sang pembuat naskah video sudah bisa mengolahnya menjadi script yang sesuai konsep. Biasanya, naskah ini memuat narasi yang berfungsi untuk menjelaskan isi video atau adegan yang tersusun berdasarkan alur cerita. 

Naskah video company profile yang sudah siap bakal dibuat dan dikonfirmasi kepada Anda sebagai pelanggan dari penyedia jasa company profile tersebut. Apabila terdapat revisi naskah, maka naskah tersebut akan diubah sesuai keinginan Anda. 

Jika sudah tidak ada lagi revisi pada naskah, maka tim jasa video company profile akan melakukan breakdown untuk penjadwalan pengambilan gambar, menentukan lokasi, casting talent, persiapan peralatan, dan lain sebagainya. Semua itu perlu dilakukan demi mendapatkan hasil video yang sesuai rencana dan keinginan Anda.  

  • Proses produksi

Tahapan selanjutnya adalah proses produksi yang membutuhkan kecermatan dan ketelitian. Perlu Anda ketahui, setiap proses pengambilan gambar video company profile tidak harus sesuai dengan urutan adegan yang tertera pada storyboard. Biasanya, pengambilan gambar ini dilakukan secara acak mulai dari adegan yang paling mudah dan berada di lokasi yang sama dengan adegan lainnya. 

Sebenarnya, ada beberapa kendala yang jadi bahan pertimbangan penyedia jasa video company profile profesional dalam melakukan proses pengambilan gambar, yaitu talent yang terlibat di dalamnya dan juga lokasi. Terkadang, ada beberapa lokasi syuting yang cukup jauh dan membutuhkan waktu lebih lama sehingga harus dilakukan survei lokasi terlebih dulu sebagai upaya untuk menyesuaikan apakah memang lokasinya sesuai dengan konsep video tersebut. 

Selain itu, pembuatan video company profile harus mengambil banyak gambar sebagai upaya preventif apabila terdapat kekurangan materi shoot gambar. Bisa juga jadi alternatif ketika ada beberapa shoot yang mengalami crash sehingga tidak perlu dilakukan pengulangan pengambilan gambar. 

  • Pasca produksi

Ketika semua bahan dan materi video company profile tersebut sudah terkumpul rapi, selanjutnya adalah tahapan akhir berupa editing dan pasca editing. Sebelum proses ini dilakukan oleh tim jasa video company profile andalan Anda, semua stok gambar dan materi syuting harus tertata rapi sekaligus lengkap. 

Adapun proses editing video company profile ini dilakukan dalam berbagai tahapan. Mulai dari merangkai secara kasar, rough cut atau editing secara offline dari semua bahan video yang tersedia. Apabila rangkaian alur cerita sudah bisa dibentuk dengan rapi, maka berikutnya adalah memberi sentuhan grafis pada video tersebut supaya tampak lebih epik. 

Selain itu, tim editing juga akan melakukan penghalusan gambar dan pemberian warna grading sebelum dilakukan video preview. Baru setelah itu, video company profile tersebut akan diberikan kepada Anda sebagai klien untuk disetujui. 

Itu tadi sekilas informasi seputar video company profile dan kaitannya dengan iklan advertorial. Semoga dengan adanya artikel ini, Anda tak lagi pusing untuk menentukan media promosi mana yang paling sesuai.