Memotret makanan membutuhkan banyak latihan rasa dan suasana. Banyak tips fotografi makanan yang menganjurkan fotografer agar menggunakan peralatan fotografi yang mudah, mumpuni, dan ringkas. Namun tidak semua teknik memotret makanan ditekankan.

jasa foto makananPadahal, komposisi fotografi makanan adalah kunci dalam membangun rasa dan suasana gambar. Komposisi juga membuat audiens tertarik melihat detail dan tekstur sebuah makanan. Tidak jarang kalau komposisi perlu diketahui Sahabat Studio Pelangi.

Komposisi fotografi makanan inilah yang membuat foto mudah diingat audiens. Karena itu, penting untuk mengetahui macam-macam komposisi fotografi makanan.

Studio Pelangi Semarang akan membahas komposisi fotografi makanan. Komposisi fotografi makanan menjadi bagian dari teknik memotret makanan yang sebaiknya perlu dikuasai.

Apa saja komposisi fotografi makanan? Berikut tips fotografi makanan dari Studio Pelangi Semarang.

  1. Komposisi elips

Komposisi elips adalah komposisi yang menekankan bentuk lonjong atau elips pada cawan, mangkuk, dan piring. Komposisi elips termasuk komposisi fotografi makanan yang paling mudah ditemukan dan dikuasai.

Jika Sahabat Studio Pelangi memotret piring, mangkuk, atau cawan, maka secara otomatis makanan yang ada di dalamnya menyatu bersama wadah tersebut.

Untuk mendapatkan komposisi ini, Sahabat Studio Pelangi dapat memotret dengan angleatau sudut bidik 45 derajat. Agar, lengkungan komposisi elips muncul lebih nyata. Selain itu, komposisi ini sering dipadukan dengan komposisi ROT (ruleofthird).

  1. Komposisi deadcenter

Sahabat Studio Pelangi, apakah sering memotret makanan dengan menempatkan makanan tepat di posisi tengah? Posisi di tengah inilah yang dinamakan komposisi deadcenter.

Komposisi fotografi makanan deadcenter membuat makanan presisi dan seimbang di tengah. Cara melakukannya, bagi bingkai atau frame foto menjadi 4 bidang. Lalu, letakkanlah makanan tepat di tengah-tengah persinggungan garis yang membagi 4 bidang tersebut.

Agar lebih mudah, tampilkan garis bantu di kamera atau layar ponsel Sahabat Studio Pelangi. Dengan begitu, persinggungan garis tepat berada di objek foto.

Efek dari komposisi ini adalah ruang gambar terasa lebih sempit. Namun, audiens langsung fokus pada makanan yang ada di gambar. Komposisi deadcentersering menggunakan frame 1:1.

  1. Komposisi diagonal

Komposisi fotografi makanan diagonal akan membuat gambar terasa lebih dinamis dan dramatis. Untuk membuat komposisi diagonal lebih seimbang, aturlah objek foto dengan diagonal frame di kamera.

Artinya, makanan yang akan dipotret ditata atau di-styling secara diagonal. Saat memotret, jangan miringkan kamera. Tetaplah potret lurus seperti biasa. Gunakan angle atau sudut bidik 45 derajat agar komposisi diagonal lebih terlihat.

  1. Komposisi segitiga

Teknik memotret makanan dengan komposisi segitiga membuat gambar tampak tersusun rapi. Komposisi fotografi makanan yang menyerupai segitiga ini sering dipakai untuk menata kue-kuean, cookies, dan sebagainya.

Gunakanlah lensa makro atau lensa fix agar komposisi segitiga tampak lebih detail. Pastikan makanan tidak tumpah atau jatuh. Kemudian, susunlah makanan menyerupai bentuk tumpeng.

  1. Rule of third (ROT)

Komposisi fotografi makanan yang terakhir adalah ruleofthird (ROT). Teknik memotret makanan dengan komposisi ruleofthird menempatkan objek foto berada di 3 bidang garis baik secara vertikal dan horizontal.

Komposisi ROT bisa dilakukan dengan menempatkan obyek foto pada 9 bidang garis. Kemudian, pilihlah 3 bidang garis tersebut hingga bertemu titik garis berpotongan atau persinggungan garis. Tentunya, Sahabat Studio Pelangi dapat melihat bidang garis ini lewat fitur garis bantu di kamera dan layar ponsel.

Bidang garis ini juga bisa dilihat saat pengeditan di Adobe Photoshop atau Adobe Lightroom. Pilihlah mode crop untuk melihat apakah gambar Anda sudah memenuhi aspek komposisi ROT ini.

jasa foto makananItulah tips fotografi makanan mengenai 5 komposisi fotografi makanan. Semoga tips fotografi makanan ini memudahkan Sahabat Studio Pelangi dalam latihan teknik memotret makanan. Pastinya, foto makanan Anda akan lebih menarik, dinamis, dan mudah diingat orang.

Agar lebih praktis dalam memotret makanan, Studio Pelangi Semarang menyediakan jasa fotografi makanan, wedding, dan dokumentasi di Semarang. Hubungi studiopelangi.id untuk lebih lanjut ya!

Selamat latihan komposisi fotografi makanan ya!