Sebuah produksi pembuatan video terbagi atas dua hal, tergantung dari kamera yang digunakan. Yang pertama adalah Single Cam, yaitu sebuah produksi yang dalam proses syutingnya menggunakan 1 kamera saja. Yang kedua adalah Multicam, yaitu sebuah produksi yang dalam proses syutingnya menggunakan lebih dari 1 kamera.

 

Kebutuhan Video Multi Camera 

Berbagai acara yang biasanya menggunakan system multicam adalah berbagai acara yang sering kita nonton di televisi, seperti acara music, acara varietas, acara permainan, situasi komedi, dan talkshow. Di televisi tentunya kita sering menemukan tayangan dengan keterangan Live di ujung kanan atas. Nah, tayangan televisi yang seperti ini menggunakan system multicam.

Dalam pengambilan video menggunakan system multicam, jenis-jenis peralatan yang digunakan akan lebih beragam jika dibandingkan dengan sistem single cam. Setidaknya ada 11 daftar alat yang wajib dibawa jika akan shooting dengan menggunakan system multicam. Alat-alat tersebut di antaranya:

  1. Audio Mixer
  2. Audio Set (Clip On, Microphone, dsb)
  3. Camera Control Unit/ CCU
  4. Character Generator
  5. Kamera
  6. Monitor
  7. Talkback
  8. Teleprompter
  9. Vision Mixer/ Switcher
  10. Video Tape Recorder
  11. Waveform

 

Profile Studio Pelangi

 

Membicarakan perihal multi camera studio pelangi merupakan salah satu vendor yang menyediakan jasa layanan sewa videotron terutama yang berada di kota semarang dan sekitarnya. Studio pelangi sebagai vendor yang berdiri puluhan tahun tentunya banyak pengalaman yang dimiliki oleh studio pelangi. Dengan pengalaman yang banyak juga studio pelangi memiliki banyak client yang bekerjasama dengan studio pelangi dan mempercayakan video shootingnya kepada studio pelangi.

Pada kesempatan kali ini kami studio pelangi dipercaya oleh client yaitu dalam acara wisuda SMA Negeri 1 Semarang. SMA Negeri 1 Semarang atau lebih dikenal dengan Smansa Semarang, merupakan salah satu sekolah menengah atas negeri favorit yang ada di Semarang Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Terletak di Jalan Taman Menteri Supeno No. 1 Semarang.

See also  Peran Penting Event Organizer

 

Acara berlangsung pada sabtu, 29 mei 2021 yang bertempatan di aula SMA Negeri 1 Semarang. Acara Wasana Warsa Purnawiyata yang diadakan oleh SMA Negeri 1 Semarang kali ini menggunakan wisuda secara virtual, sehingga semua siswa tidak menghadiri secara langsung pada tempat tersebut hanya sebagian siswa saja yang datang ke SMA Negeri 1 Semarang sebagai perwakilan dan lainya melaksanakan wisuda secara online dari rumah melalui link zoom yang telah dibagikan oleh pihak sekolah. 

 

Acara ini diawali dengan pembukaan oleh kepala sekolah kemudia dilanjutkan menyanyikan lagu kebangsaan indonesia raya yang dinyanyikan oleh semua peserta yang ada dalam aula SMA 1 Semarang. Kemudian dilanjut dengan prosesi wisuda satu persatu dan bagi yang dirumah melalui zoom yang disiarkan live oleh studio pelangi. Setelah selesai dilakukannya prosesi wisuda kemudian dilanjut serangkaian acara lainnya hingga menuju acara terakhir yaitu pembacaan doa.

 

Wasana Warsa Purnawiyata SMA Negeri 1 Semarang berlangsung dengan lancar tanpa adanya kendala, peserta wisuda dapat mengikuti prosesi wisuda dengan baik. Studio Pelangi sebagai vendor yang bertanggung jawab dengan layar Videotron yang berada di panggung acara dapat memberikan hasil yang terbaik, sehingga kualitas gambar maupun video yang ditampilkan di layar display juga sangat bagus sehingga peserta dan guru pembimbing dapat menyaksikan apa saja yang ditampilkan di layar display dengan baik dan nyaman untuk dipandang.

 

Kamera Yang Digunakan Studio Pelangi

 

Pada Wasana Warsa Purnawiyata SMA 1 Semarang studio pelangi menggunakan kamera SONY NX100 dan Kamera SONY MC 88 dengan Spesifikasi :

 

SONY NX 100

  • Single 1″ Exmor R CMOS Sensor.
  • 1920×1080 up to 60p.
  • Sony G Lens with 12x Optical Zoom.
  • 24x Clear Image Zoom, 48x Digital Zoom.
  • Discrete Manual Focus, Zoom, Iris Rings.
  • XAVC S, AVCHD 2.0, DV Recording Codecs.
  • Create & Share Picture Profiles.
  • Slow and Quick Motion Function.
See also  Jasa Video Multicamera Semarang

 

SONY MC 88

  • 14.2MP 1″ Exmor RS CMOS Sensor.
  • BIONZ X image processor.
  • Record up to Full HD 1080p60 at 28 Mb/s.
  • 29mm ZEISS Lensa Wide-Angle.
  • OLED Viewfinder dengan 2.36 Million Dots.
  • Sony Multi Interface (MI) Shoe.
  • 3.5″ OLED touchscreen LCD monitor.
  • 0.39″ viewfinder.

 

Dengan kualitas kamera yang dimiliki oleh studio pelangi tentunya hasil streaming yang dihasilkan sangat memuaskan terlihat jelas dan hidup dan enak untuk dipandang.

 

Info

Untuk anda yang tertarik dengan jasa kami dan ingin menyewa atau hanya sekedar konsultasi saja, anda dapat menghubungi nomor berikut 0821.3867.4412, dan kami merupakan vendor yang berpengalam sudah bertahun tahun dengan operator dan crew professional yang sudah berpengalaman.

 

Sekian artikel ini kami buat, semoga bermanfaat dan sampai jumpa di lain artikel